Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Cara Membuat dan Mendesain Game Android sendiri di Website AppsGeyser

Cara Membuat dan Mendesain Game Android sendiri di Website AppsGeyser

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Sejak Sistem operasi Android mulai Populer di Indonesia tahun 2013, Bermunculan pula game android yang di gemari para kaula muda,anak anak dan juga orang dewasa. Game Android memang lebih unggul di banding game pendahulunya java. Baik dari tampilan grafik, konektifitas maupun storyline. Tak sia sia bila Google mengembangkan sistem operasi android ini.

Dahulu tahun 2010 kebelakang kita ingat betul Game Online hanya di kuasai oleh perangkat Dekstop Komputer(PC) sebut saja Game online Point Blank (PB), DotA (Defense of the Ancients) dan RF (Rising Force) yang popular pada masanya. Warnet warnet pun saat itu dipenuhi anak anak sekolah dan remaja yang sedang memainkan game online.

Lalu setelah android muncul dengan inovasi layar sentuhnya (Touchscreen) dan dengan promosi pemasaran yang besar besaran akhirnya game online android mulai memenangkan pasar Indonesia bahkan melewati penjualan game berbasis konsol dan desktop (PC).

Sebut saja Game Android Clash of Clans (COC), PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan (Mobile Legend). Lalu setelah itu munculah istilah baru di Indonesia yaitu Mabar ( Main Bareng). Sebelum populernya ke tiga Game diatas sebenarnya Game Mobile sendiri melewati beberapa fase kepopuleran seperti yang ada di bawah ini.

  1. Game Tap and Slide Angri Bird 2009
  2. Game a endless running Temple Run 2011
  3. Game Online COC (Clash of Clans) 2012
  4. Game Arcade Online “Get rich” 2014
  5. Game Augment Reality “pokemon Go” 2016
  6. Game Multyplayer Battle Arena (MOBA) 2016

Ke enam fase di atas adalah fase dimana Game mobile mulai menguasai pasar dunia. Dimana ke 6 game diatas telah sukses di download (unduh) ratusan juta kali pengguna di appstore maupun playstore karena kepopulerannya. Hal itu pula yang membuat perusahaan developers game untung besar dan mulai banyak diminati para investor. Sedangkan kita cukup hanya bisa menjadi penonton dan pemain game abadi.

Lalu Setelah kita bertahun-tahun memainkan game yang seolah tidak ada habisnya ini pernah engga kalian berfikir untuk membuat game sendiri walau game itu sederhana? Namun saat ingin membuat game kita terkendala tak bisa bahasa pemrograman ( Java, C#, Python) untuk membuat game android. Tenang Untuk itu di sini kita akan memberitahu cara membuat game Android sederhana (game memancing) di website Apps Geyser.

Apa itu AppsGeyser?

AppsGeyser adalah situs website pembuatan aplikasi (developers) dengan template dan program yang mereka miliki dan dapat dapat kita gunakan maupun di distribusikan secara gratis.

Cara Membuat Game Android Sendiri di Situs Apps Geyser

Adapun Langkah langkah membuat game android di situs appsgeyser adalah sebagai berikut :

  1. Buat lah Objek tokoh kartun sendiri atau berdua yang sedang duduk di perahu sambil Memegang kail pancing. Juga background tempat memancing. Tokoh kartun ini bisa anda buat dengan wajah anda sendiri dengan software Paint Tool Sai atau bisa juga anda cari di internet.
  2. Langkah ke dua buat karakter ikannya, disini anda juga bisa buat sendiri di software paint tool sai atau pun cari di internet.
  3. Kunjungi Situs https://appsgeyser.com Lalu buatlah akun AppsGeyser (Sign Up) menggunakan email kita sendiri.
  4. Setelah sudah daftar Klik Menu Game Maker.
  5. Pilih jenis model game yang di inginkan. Disini saya memilih Game Fishing.
  6. Lalu Munculah jendela App Setting. Di sini anda bisa mengganti Background tempat memancing, lalu karakter orang yang sedang memancing beserta perahu dan juga ikan ikan yang akan di pancing yang sudah anda buat di atas tadi. Namun bila tidak punya silahkan gunakan gambar yang sudah ada
  7. Klik Next Lalu isi nama game anda beserta deskripsinya lalu ganti gambar icon sesuai keinginan kita. Agar terlihat professional gunakanlah icon dengan gambar diri sendiri yang telah di buat di paint tool sai tadi namun gambarnya harus di perkecil hingga ukuran 120×120 pixel, dengan format .png Lalu klik Next.
  8. Lalu setelah itu klik tombol Create
  9. Tak beberapa lama proses loading pembuatan game pun selesai dan tinggal kita download atau monetisasi bila kalian sudah terdaftar di playstore atau appstore. Contoh hasil jadi gamenya bisa kalian klik disini.

Demikian cara mudah membuat game android sendiri di situs web AppsGeyser. Walaupun game itu masih sederhana.

Namun dengan memanfaatkan game template yang di sediakan secara gratis setidaknya kita bisa dan pernah membuat game android sendiri tak hanya sekedar sebagai pemain (gamers) namun juga sebagai developers walau dengan status amatir. Link Downloadnya pun bisa kita share secara gratis ke media sosial agar teman teman kita tahu hasil karya sendiri.

Selanjutnya bila anda kemudian mulai tertarik membuat game android yang sedikit lebih sulit dan sedikit menggunakan bahasa permrograman anda bisa menggunakan software Game Maker dan Game salad dimana pembuatannya masih bersifat drag and drop dengan koding yang sudah tertanam.

You may also like