Home » Software » Game » 3 Cara Memilih Komputer yang Baik untuk Gaming

3 Cara Memilih Komputer yang Baik untuk Gaming

by Elang Hendy Subrata

Kegunaan komputer di zaman sekarang tidak hanya untuk keperluan umum saja. kini banyak komputer yang dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti editing video, gambar, atau bermain game. Bagian terakhir kini menjadi salah satu alasan utama membeli sebuah PC.

Semenjak perkembangan jaringan komputer serta kompetisi resmi game online, permintaan akan perangkat komputer gaming semakin meningkat. Hal ini tentunya membuat produsen berlomba-lomba membuat komputer gaming yang sesuai dengan keinginan pasar. Untuk Anda yang akan membeli komputer gaming, sebaiknya baca dulu Cara Memilih Komputer yang Baik berikut ini.

1. Perhatikan kebutuhan Anda

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu elemen penting mengenai lancar tidaknya sebuah game adalah motherboard pada CPU. Jenis motherboard gaming pun bermacam-macam, ada yang tingkat terendah hingga tingkat tertinggi. Nah, dibagian ini anda harus memikirkan akan menggunakan jenis motherboard yang mana. Jika tidak terlalu menginginkan game yang terlalu berat, maka menggunakan motherboard tipe rendah hingga menengah bisa menjadi pilihan terbaik. Sebaliknya jika ingin memainkan game yang sangat berat, maka Anda perlu motherboard tipe menengah hingga ke atas. Anda bisa coba pelajari juga mengenai tips memilih motherboard gaming di berbagai sumber.

2. Sesuaikan dengan anggaran yang Anda punya

Anggaran merupakan elemen paling penting saat akan membeli komputer. Jika Anda memiliki anggaran yang sangat besar, tentunya akan lebih mudah dalam membeli komputer yang terbaik. Akan tetapi, akan menajdi sangat sulit jika anggaran yang tersedia sangat terbatas. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan agar anggraan yang tersedia dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil untuk anggaran yang terbatas. Pertama adalah membeli komputer baru atau membeli komputer rakitan. Perbedaan keduanya adalah dari sisi harga serta kualitas barang tersebut.

Jika membeli komputer baru, sudah tentu kualitas barangnya sudah tidak diragukan lagi. Hanya saja. dari sisi harganya tentu mahal dibandingkan dengan komputer rakitan. Jika Anda memilih komputer rakitan, Anda bisa pilih komponen komputer mana yang sebaiknya beli baru dan bagian mana yang sebaiknya menggunakan barang seken. Dari sisi harga tentunya lebih murah karena kita dapat membeli komponen pentingnya saja yang masih baru. Akan tetapi dari segi kualitas, masih diragukan karena ada beberapa bagian yang kualitasnya dari barang seken. Hal ini kembali lagi pada kejelian Anda.

3. Perhatikan komponen utamanya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa membeli komputer gaming harus memerhatikan kompone-komponen pentingnya agar dapat dijalankan dengan baik. Beberapa komponen penting tersebut adalah seperti ini.

  • Processor

Processor merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komputer. Fungsi processor adalah sebagai otak di dalam kinerja komputer. Bagian inilaih yang menjadi kunci performa sebuah komputer. Untuk dapat menjalankan sebuah game, diperlukan tipe processor generasi keempat, yakni minimal 4 Core. Untuk jenis Intel, maka Anda perlu menggunakan jenis Intel QuadCore, I3-7100, I5-7400, atau I7-7700. Sedangkan untuk jenis AMD, Anda bisa gunakan jenis AMD 1500, 1500x bahkan sampai 1800.

Kapasitas RAM menjadi pilihan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Untuk dapat lancar dalam memainkan game, sebaiknya Anda membeli kapasitas RAM minimal sebesar 4GB. Akan tetapi, jika Anda ingin kapasitas yang lebih aman, minimal 8GB sudah termasuk ke dalam kapasitas ideal untuk dapat menjalankan PC gaming.

  • VGA Card

Bagian selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bagian VGA card. Fungsi VGA card adalah untuk memaksimalkan tampilan grafis di dalam komputer. Kerja VGA card akan sangat maksimal jika digunakan untuk membuka beberapa program yang berhubungan dengan grafis seperti program desain grafis maupun bermain game. Untuk bagian VGA card, Anda perhatikan saja pada bagian angka yang tertulis di dalamnya. Semakin besar angka yang muncul, maka semakin besar kualitas grafis yang dihasilkan.

  • Perangkat penyimpanan data

Perangkat penyimpanan data yang digunakan ada dua macam. Pertama adalah Harddisk dan kedua adalah SSD. Anda perlu pertimbangkan mana yang paling dibutuhkan di antara kedua storage ini. Untuk Harddisk sendiri seperti yang telah diketahui bahwa perangkat ini memiliki fungsi sebagai penyimpan data-data di dalam komputer. Selain itu, Harddisk juga berperan dalam jalannya sistem program di dalam komputer. Begitu juga dengan SSD yang memiliki fungsi yang sama dengan Harddisk. Hanya saja, SSD lebih unggul dalam kecepatan proses sistem saat dijalankan. Meskipun begitu, kelebihan dan kelemahan SSD masih perlu dipertimbangkan kembali oleh Anda.

  • Casing CPU

Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa casing CPU komputer pun perlu diperhatikan. Bisa Anda bayangkan jika menggunakan casing yang asal-asalan, bisa jadi merusak komponen yang ada di dalam komputer. Casing yang bagus adalah mampu mengalirkan suhu panas di dalam CPU agar dapat keluar dengan tepat. Selain itu, ukuran casing yang kecil pun juga cukup rawan juga terhadap komponen di dalamnya. Kemungkinan terjadinya korsleting listrik sangat besar terjadi.

Itulah 3 cara memilih komputer yang baik untuk gaming. Jika Anda berkenan, maka cobalah beberapa monitor gaming termahal di dunia ini sebagai salah satu pelengkap untuk komputer gaming. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi terbaik untuk pembaca semua.

You may also like