Home » Hardware » Motherboard » 8 Tips Memilih Motherboard Komputer yang Bagus dan Berkualitas

8 Tips Memilih Motherboard Komputer yang Bagus dan Berkualitas

by Elang Hendy Subrata

Untuk Anda yang sudah sering berkecimpung di dunia komputer, keberadaan motherboard merupakan salah satu komponen komputer yang sangat penting. Fungsi motherboard adalah sebagai jalan untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer.

Bagi Anda yang lebih suka menggunakan PC rakitan, pemilihan motherboard menjadi sangat penting. Jika salah dalam memilih motherboard, tidak hanya berpengaruh terhadap performa komputer. Hal itu juga berdampak pada daya tahan CPU. Bisa jadi CPU akan mudah rusak atau harus diservis dan berbagai masalah lainnya. Maka dari itu, saat akan membeli motherboard, Anda harus memperhatikan Tips Memilih Motherboard berikut ini.

1. Socket Processor

Tips Memilih Motherboard pertama yang  harus diperhatikan adalah bagian socket processor. Processor merupakan otak dari semua komponen komputer. Maka dari itu bagian ini perlu Anda perhatikan baik-baik. Anda perlu memilih socket processor yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja, jika Anda lebih senang menggunakan processor milik Intel, maka Anda harus memastikan socket processor yang digunakan dapat digunakan untuk processor tipe Intel. Begitu juga dengan socket processor untuk tipe AMD. Jangan sampai Anda membeli processor yang socketnya mendukung AMD tapi Anda memilih processor dari Intel.

Pemilihan socket motherboard ini juga berhubungan dengan versi upgrade dari processor itu sendiri. Seperti yang telah diketahui bahwa upgrade processor baik AMD maupun Intel tersu mengalami perkembangan. Hal ini juga berhubungan dengan ukuran chipset tersebut. Dengan mempertimbangkan soket processor Anda tidak perlu repot-repot mengganti motherboard baru jika ingin upgrade processor.

2. Ukuran motherboard

Ukuran motherboard juga perlu Anda perhitungkan. Umumnya jenis motherboard saat ini memiliki empat jenis. Jenis pertama adalah EATX, kedua adalah ATX, ketiga Micro-ATX dan keempat adalah mini-ITX. Hal ini berhubungan erat dengan casing CPU yang digunakan. Selain itu, ukuran motherboard ini juga berpengaruh terhadap jumlah PCI serta slot di dalam motherboard. Untuk itu, pastikan Anda memilih ukuran motherboard sesuai dengan casing yang Anda gunakan.

3. Fitur di dalam Motherboard

Fitur motherboard juga perlu menjadi perhatian selanjutnya. Contoh Fitur-fitur motherboard seperti M.2 slot, RGB Syncm, USB type C, Wifi, Amplifier, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda memilih fitur-fitur yang pentingnya saja. sebab, semakin banyak fitur yang diinginkan, maka semakin mahal harga motherboardnya.

4. Jumlah Slot RAM

Jumlah slot RAM komputer juga sanagt penting untuk dipertimbangkan. Jumlah slot RAM ini memungkinkan Anda untuk melakukan upgrade RAM suatu saat bila dibutuhkan. Minimal, Anda pilih motherboard yang memiliki dua slot RAM. Dengan begitu Anda bisa menggunakan satu slot untuk RAM utama dan slot selanjutnya untuk penambahan RAM nanti. Namun, akan jauh lebih baik jika Anda memilih motherboard yang banyak menggunakan slot RAM misalnya 4 slot atau bahkan lebih.

5. Jumlah slot PCI Express

Tidak berbeda jauh dengan Tips Memilih Motherboard sebelumnya, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan jumlah slot PCI express yang terdapat di dalam motherboard. Fungsi PCI Express sangat berguna untuk menambahkan port USB, audio card, port SATA, dan berbagai port lainnya. Akan tetapi, ini kembali lagi pada kebutuhan Anda sendiri. Jangan sampai anggaran yang digunakan habis hanya untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

6. Jumlah port dalam motherboard

Port motherboard sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai perangkat yang nantinya akan dbutuhkan. Contohnya adalah USB tipe 3.0 atau 3.1, USB type C, HDMI, LAN, Audio, dan berbagai port lainnya. Sama halnya dengan beberapa poin sebelumnya bahwa pastikan Anda memilih port motherboard sesuai dengan kebutuhan. Jika menggunakan port yang lengkap tentu harganya akan lebih mahal. Apalagi, jika port-nya tidak digunakan sama sekali, tentunya akan sangat mubazir karena suatu saat akan banyak debu yang menempel dan akhirnya rusak.

7. Onboard Audio

Beberapa motherboard modern telah menggunakan onboard audio processor sehingga kita tidak perlu membutuhkan speaker tambahan untuk mengeluarkan suara. Secara kualitasnya pun, audio onboard ini tidak kalah dengan dengan sistem audio yang lainnya. Namun, bagian ini bisa dianggap opsional. Apabila Anda lebih suka menggunakan speaker khusus untuk mengeluarkan suaranya, maka bagian ini bisa Anda lewati.

8. Penampilan Moherboard.

Tampilan motherboard zaman sekarang sudah berbeda dengan zaman dahulu. Kini, Anda bisa melengkapi motherboard dengan RGB LED. Umumnya, motherboard yang menggunakan RGB LED lebih banyak digunakan para gamer. Akan teapi, tentunya dari sisi harga lebih mahal jika dibandingkan motherboard tanpa RGB. Maka dari itu, kembali lagi ke bagian anggaran yang Anda punya.

Itulah 8 tips memilih motherboard yang bagus dan berkualitas terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu mengenai harga motherboard saat ini. Setelah Anda sudah memiliki anggaran yang cukup untuk membeli motherboard, maka Anda akan mudah dalam menyesuaikan anggaran dengan motherboard yang dibutuhkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.

You may also like