Home » Hardware » Motherboard » 6 Fungsi Socket LGA pada Motherboard Processor Intel

6 Fungsi Socket LGA pada Motherboard Processor Intel

by Elang Hendy Subrata

Socket pada setiap processor komputer selalu berbeda-beda. Hal itu sangat tergantung pada tipe processor serta jenis serinya masing-masing. Bagian ini perlu diketahui agar saat Anda ingin mengganti processor pada PC sudah memahami jenis socket apa yang terpasang pada motherboard. Processor yang populer saat ini salah satunya adalah jenis processor milik Intel.

Processor Intel yang ada di pasaran ada tiga jenis socket motherboard. Pertama adalah LGA series, PGA Series, dan BGA Series. LGA series merupakan jenis socket Intel yang banyak digunakan oleh komputer si Dunia. Untuk mengetahui apa saja fungsi Socket LGA ini, berikut ulasannya.

1. Mudah dibongkar pasang

Pembuatan socket LGA ini adalah dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan bongkar pasang processor. Dengan begitu, Jika Anda ingin melakukan upgrade processor atau mengganti processor yang baru, maka hal tersebut lebih mudah dilakukan dengan menggunakan socket jenis LGA ini.

Contohnya saja kita  lihat processor jenis Intel Core i3 seri 3240. Jenis processor terebut bisa diperbaharui menjadi lebih tinggi jenis Intel Core i7 seri 2600 pada motherboard yang menggunakan jenis socket LGA 1155. Hal tersebut dikarenakan keduanya memiliki jenis spesifikasi yang mirip.

2. Dibuat khusus untuk jenis PC

Socket LGA ini hanya dapat Anda temukan pada komputer jenis PC saja. hal tersebut dikarenakan PC lebih sering dilakukan upgrade beberapa komponen-komponen komputernya dibandingkan perangkat lain seperti laptop. seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jenis socket LGA ini dirancang untuk dapat dibongkar pasang sehingga Anda akan dimudahkan dalam melakukan pembaharuan.

Contohnya, ada pada socket LGA seri 775. Jenis LGA 775 ini terkadang bisa disebut sebagai Socket T. Jenis socket yang satu ini juga sering disebut sebagai rajanya CPU saat itu. Slogan “Intel Inside” didapatkan setelah intel mengeluarkan jenis Socket LGA seri 775 ini.

3. Mencegah terjadinya patahan pada pin

Di dalam sebuah processor, terdapat beberapa pin yang merupakan jalur aliran data dari processor ke bagian-bagian komponen lainnya. jika pin ini mengalami patah atau hilang salah satu komponennya, maka aliran data pun mengalami hambatan atau gagal. Nah, dengan menggunakan socket jenis LGA ini, maka patahan pada pin akan sulit terjadi karena telah dilindungi oelh bagian socket.

Contoh mudahnya bisa Anda lihat pada LGA jenis 775. Di bagian LGA jenis 775 ini, terdapat bagian socket yang berfungsi untuk meredam processor agar tidak terjadi patahan pada bagian pin.

4. Dapat mendukung penggunaan RAM tertentu

Perlu Anda pahami jika jenis RAM komputer itu bermacam-macam bentuknya. Mulai dari ukurannya yang sama dengan processor dan ada yang memiliki ukuran lebih besar maupun lebih kecil. Dengan adanya LGA ini, RAM dengan kapasitas tertentu dapat dipasang dengan mudah. Contohnya saja pada LGA jenis 1366. Pada Socket LGA tersebut, jenis RAM DDR3 dapat dipasang dengan baik.

5. Digunakan pada jenis processor tertentu

Seperti yang sudah disebutkan di awal jika processor Intel sudah mengeluarkan serinya bermacam-macam. dengan banyaknya seri yang sudah diluncurkan, diantaranya memiliki ukuran yang berbeda-beda, atau memiliki ukuran khusus untuk tujuan tertentu. Socket LGA yang diproduksi juga dibuat berdasarkan jenis-jenis processor tertentu agar performanya lebih maksimal. Contohnya bisa kita lihat pada LGA jenis 1150. Jenis socket ini hanya mendukung seri processor Haswell dan Broadwell. Hal itu disebabkan LGA 1150 memiliki pin yang berjumlah 1.150 pin.

6. Mencegah pergerakan processor saat digunakan

Pernahkah Anda membayangkan saat sebuah processor hanya sekadar ditempel saja tanpa penyangga? Tentunya suatu saat nanti processor tersebut akan mudah lepas jika hanya ditempel saja. Maka dari itu, dibuatkanlah sebuah socket LGA ini. dengan adanya jenis socket ini, processor tidak akan mudah bergeser.

Contohnya bisa Anda lihat pada semua jenis socket LGA yang beredar di pasaran. Semua sokcet yang ada saat ini sudah menerapkan model tertentu agar processor yang dipasang tidak mudah longgar dan dapat bertahan selama mungkin.

Itulah  6 fungsi socket LGA pada processor intel yang perlu Anda ketahui. Dari beberapa penjelasan di atas kita bisa simpulkan bahwa socket pada processor jenis Intel dibuat berdasarkan fungsi yang berbeda-beda. Hal tu dimaksudkan agar processornya dapat bekerja maksimal dan dapat menunjang komponen tambahan lainnya seperti RAM.

Jika Anda berencana mengganti proseccor atau mengganti socket-nya pastikan Anda sudah paham jenis-jenis motherboard intel yang ada di pasaran saat ini. selain itu, Anda juga sebaiknya sudah mengetahui macam-macam processor intel dengan mengecek referensi yang telah terpercaya. Apabila Anda berencana untuk membeli motherboard baru untuk mendukung aktivitas maupun bermain game, Anda bisa mencoba cari-cari daftar harga motherboard gaming murah di berbagai sumber, baik itu versi online maupun datang langsung ke toko komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

You may also like