Home » Hardware » Motherboard » Cara Kerja Motherboard Komputer Secara Singkat

Cara Kerja Motherboard Komputer Secara Singkat

by Elang Hendy Subrata
by Elang Hendy Subrata

Fungsi Motherboard pada sebuah komputer adalah untuk menghubungkan berbagai macam perangkat keras komputer. Dengan begitu, setiap bagian-bagian motherboard yang terpisah-pisah tersebut bisa dijadikan satu sehingga alur kerja komputer bisa terbentuk dengan sempurna. Melihat alur yang seperti itu, pastinya kita penasaran seperti apa sistem kerja yang dibentuk oleh motherboard ini. Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja motherboard di dalam sebuah komputer dan harga motherboard.

  • Komponen utama untuk menghubungkan berbagai komponen lainnya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa motherboard memiliki fungsi sebagai jembatan aliran data ke seluruh bagian-bagian komputer. Contoh yang paling sudah adalah pada saat kita akan menggunakan mouse. Jika slot mouse tidak pernah dihubungkan pada motherboard, maka mouse pada komputer tidak akan pernah jalan. Begitu juga dengan komponen lainnya seperti adaptor, jika tidak ada adaptor pada bagian motherboard, maka aliran listrik tidak dapat masuk ke bagian komponen-komponen komputer. Otomatis, komputer pun tidak dapat dinyalakan. Dengan kata lain setiap bagian-bagian motherboard sangat penting untuk mengoperasikan komputer.

  • Terdapat berbagai jembatan utama pada motherboard

Layaknya sebuah otak di dalam tubuh manusia, di dalam bagian motherboard terdapat berbagai macam jembatan atau bisa juga disebut sebagai saluran berdasarkan tempat disimpannya beberapa bagian-bagian motherboard. Pembagian motherboard dibagi menjadi beberapa tempat sebagai berkut.

  • Jembatan Utara

Jembatan utara merupakan bagian motherboard yang posisinya ada di bagian atas.contohnya seperti bus memori, FSB atau Front Side Bus, dn terakhir adalah AGP Bus. Dari bus memori tersebut semuanya dihubungkan pada sebuah memori di dalam motherboard. Pada bus sisi depan akan dihubungkan dengan processor. Sedangkan pada AGP bus akan dihubungkan dengan graphic card atau kartu grafis.

  • Jembatan Selatan

Jembatan yang kedua adalah jembatan selatan. Pada jembatan ini, komponen yang dihubungkan meliputi bus ATA dan bus PCI. Pada bagian bus ATA nantinya akan dihubungkan ke bagian disk drive. Di dalam dalam disk drive ini akan dihubungkan lagi dengan motherboard serta driver lainnya seperti CD Drive serta Harddisk. Sedangkan pada Bus PCI berfungsi untuk menghubungkan dengan berbagai perangkat PCI pada bagian motherboard saja. Contohnya seperti tombol “power” atau tombol “restart”.

  • Kecepatan komputer juga tergantung pada kecepatan motherboard

Selama ini kita selalu berpikir bahwa kelancaran komputer selalu dikaitkan pada seberapa besar kapasitas memori pada harddisk dan RAM komputer atau seberapa bagus processor yang digunakan. padahal, kualitas motherboard yang digunakan pun turut menjadi pertimbangan selanjutnya saat akan menggunakan komputer. Hal tersebut disebabkan motherboard berpengaruh terhadap transportasi sistem bus serta transportasi data yang akan didistribusikan.

Jika kita analogikan dengan sebuah jalan, mau secepat apapun kendaraan yang digunakan tapi jika jalan yang dilalui berkualitas rendah, maka tetap saja, kendaraan tersebut tidak dapat melaju sebagai mana mestinya. Hal ini juga berlaku pada bagian motherboard tersebut.

  • Proses pertama ada pada bagian BIOS

Saat CPU dihidupkan pertama kali, maka komponen pertama yang bekerja adalah BIOS. Nantinya BIOS akan melakukan verifikasi setiap bagian-bagain yang telah dipasang pada sistem PC. Misalnya saja, BIOS akan memeriksa apakah Processor, memori RAM, Harddisk, dan perangkat lainnya dalam keadaan siap atau tidak. pada dasranya BIOS dapat mendeteksi secara otomatis beberapa komponen komputer yang telah terpasang pada CPU.

Energi pada BIOS didapatkan dari baterai yang terdapat di dalam motherboard. Baterai ini berfungsi untuk menghidupkan BIOS meskipun komputer telah dimatikan. Sebagai buktinya, Anda bisa melihat jawdal dan waktu yang ditunjukan pada komputer. Cobalah matikan komputer dan hidupkan kembali beberapa menit kemudian. Perhatikan waktu dan tanggal yang ditunjukan oleh komputer yang mwnunjukan angka yang sama dengan jam di rumah Anda, hal tersebut merupakan contoh kerja dari BIOS di bagian motherboard.

Setelah BIOS selesai memverifikasi semua komponen yang terpasang di dalam motherboard, maka tahap selanjutnya adalah proses komputer dipindahkan ke bagian chipset. Chipset ini akan mengatur semua komponen yang telah dinayatkan siap oleh bagian BIOS untuk dijalankan. Nantinya chipset ini akan melakukan proses yang sama seperti poin-poin sebelumnya.

Itulah cara kerja motherboard pada sebuah komputer. Bisa disimpulkan bahwa peran motherboard sangatlah penting dalam jalannya sebuah komputer. Bisa kita bayangkan jika ada salah satu komponen yang tidak berfungsi atau mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan komputer tidak dapat berjalan seperti komputer normal.Apabila Nada pernah mengalami motherboard yang mengalami kerusakan, sebaiknya janganlah terburu-buru ke tempat servis. Anda bisa coba pelajari penyebab motherboard mati total. Setelah mempelajarinya, Anda bisa memahami apakah ciri-ciri kerusakan motherboard ditemukan atau tidak. Jika sudah ditemukan kerusakannya, cobalah Anda perbaiki sendiri sekemampuan Anda. Namun, apabila Anda sendiri sudah tidak sanggup, maka perbaikan ke tempat servis bisa menjadi pilihan terbaik. Semoga artikel ini dpaat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

You may also like