53 Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya Secara Singkat

Komputer, sebuah alat yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang. Mulai dari pelajar sampai pekerja sering menggunakan alat ini untuk keperluan sehari-hari. Akan tetapi, pernahkah kamu berpikir sebenarnya apa saja komponen-komponennya? Bagi orang awam dan tidak terlalu paham dengan dunia komputer mungkin hanya mengenal bagian luarnya saja, seperti flashdisk, CD, dan lain-lain. Namun, mereka tidak tahu mengenai komponen dalamnya.

ads

Komputer juga sama halnya dengan sebuah kendaraan. JIka pada kendaraan contohnya memiliki roda, stir, persneling, dan komponen lainnya, maka pada komputer juga komponen semacam itu. Hanya saja, bentuknya berbeda dan memilki fungsinya masing-masing. Biar lebih mengerti, berikut komponen komponen komputer dan fungsinya.

1. Mainboard

Mainboard atau juga sering disebut motherboard adalah sebuah papan yang memiliki berbagai macam elektronik. Elektronik tersebut nantinya akan menjadi sentral dalam komponen-komponen lainnya. Sentral di sini adalah sebagai “lalu lintas” penghubung untuk komponen penting seperti RAM, VGA, USB, dan lain-lain.

Fungsinya motherboard sendiri seperti yang sudah disinggung sebelumnya yaitu sebagai jembatan penghubung antara perangkat satu ke dalam komputer.

2. Prosesor

Pasti kamu ga asing dengan nama Prosesor ini. Ya, Prosessor merupakan salah satu elemen penting dari CPU atau singkatan dari Central Processing Unit. Prosesor ini merupakan otak untuk mengendalikan komputer tersebut. Saat ini Prosesor dipegang oleh 7 perusahaan yaitu Intel, AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Transmeta.

Fungsi dari prosesor ini adalah untuk menjadi pusat penerima perintah, lalu mengolah perintah dan juga mengeksekusi perintah tersebut. contohnya, jika kita pencet tombol ESC pada keyboard, maka otomatis kita akan keluar video dengan tayangan full screen.

3. PC Cooler

PC Cooler atau biasa disebut juga heatsink adalah sebuah komponen yang berbentuk seperti kipas angin. Bahannya sendiri terbuat dari tembaga dan juga alumunium. Fungsi utama dari PC Cooler atau Heatsink ini tentu saja untuk menjaga suhu komputer agar tetap dingin dan juga stabil sehingga terhindar dari panas.

4.RAM

RAM atau kepanjangan dari Random Access Memory adalah komponen bpenting berikutnya. Bentuknya sendiri seperti prosesor hanya saja lebih panjang. Fungsinya sendiri adalah sebagai penyimpanan sementara pada saat komputer dinyalakan. Penyimpanan sementara di sini adalah ketika kita membuka sebuah aplikasi, maka RAM akan bekerja menyimpan data aplikasi yang sedang dibuka.

5. Harddisk

Komponen ini pasti sudah tidak asing lagi untuk yang sering mengeluh jika memori selalu penuh. Ya, Harddisk adalah sebuah komponen yang berbentuk kotak (tidak kotak-banget sih ) dan juga tebal. isinya ada semacam cakram yang berbentuk lingkaran. Fungsi dari Harddisk tentu saja sebagai media penyimpanan file secara permanen. Berbeda dengan RAM yang hanya bisa disimpan sementara. Kalau Harddisk dapat menyimpan data secara permanen.

6. Kartu VGA

Kartu VGA atau singkatan dari Virtual Graphic Array adalah komponen yang sangat penting terutama di bagian grafis komputer. Bentuk dari Kartu VGA sendiri hampir mirip dengan mainboard tapi ada semacam kipas ditengahnya. Fungsi VGA Card sendiri untuk mengolah grafis yang lebih halus dan juga mulus. Biasanya VGA sangat diperlukan untuk aplikasi yang berhubungan dengan design grafis, seperti Photoshop, Corel, dan juga untuk bermain game. Untuk kamu yang seorang designer grafis dan juga seorang gamer tentu sangat membutuhkan kartu VGA ini.

7. Kartu Suara

Kartu Suara? ya kamu tidak salah baca. Kalau bahasa familiarnya adalah sound card. Kartu suara sendiri bentuknya mirip dengan mainboard dan juga kartu VGA hanya saja dibagian samping cukup banyak colokan yang beberntuk lingkaran. Fungsinya sendiri tentu saja untuk bagian output dan input hal yang berhubungan dengan suara seperti speaker, mic, dan lain-lain.

8. CD Rom

Komponen penting lainnya adalah CD Rom. Bentuknya sendiri hampir mirip dengan Hardisk dan didalamnya terdapat sebuah optik untuk membaca CD atau DVD. Fungsinya sendiri sudah jelas untuk membaca sebuah data yang disimpan di dalam CD atau DVD dan ditampilkan pada komputer.

9. Monitor

Pa jadinya sebuah komputer tapi tidak memiliki monitor? Pastinya akan kesulitan untuk mengolah data di dalamnya. Monitor sendiri merupakan sebuah layar yang memiliki fungsi sebagai output semua kegiatan yang dilakukan pada komputer. Bentuknya sendiri ada yang LCD maupun LED. Bahkan, dulu ada monitor tabung sebelum kahirnya diganti dengan LCD dan LED.


10. Keyboard

Keyboard adalah komponen penting lainnya dari sebuah komputer. Bentuknya sendiri merupakan sebuah papan yang terdiri dari banyak tombol yang memiliki fungsi masing-masing. Namun, secara umum, fungsi keyboard adalah untuk memasukan berbagai inputan yang nantinya akan dimunculkan pada layar monitor. Jenis-jenis keyboard sendiri ada yang menggunakan kabel, dan ada juga yang menggunakan jaringan.

11. Mouse

Mouse di sini bukan tikus ya, tapi sebuah alat yang berbentuk lonjong dan ukurannya hampir sama dengan kepalan tangan manusia (bahkan ada yang lebih kecil). Jenis-jenis mouse komputer sendiri pun bervariasi ada yang menggunakan kabel, bluetooth, atau menggunakan jaringan. Fungsi mouse sendiri sebagai “tangan” komputer yakni menggerakan kursor dan mengeklik suatu program maupun data di dalam komputer.

12. Power Supply

Bagaimana jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak? Komputer yang dimatikan secara mendadak akan berpengaruh jelek terhadap komponennya dan dapat menyebakan kerusakan yang parah. Maka dari itu power supply atau stabilizer ini menjadi solusi untuk hal tersebut. Jadi, fungsi stabilizer adalah untuk mencadangkan energi listrik. Jadi ketika tiba-tiba ada pemadaman, maka komputer masih dapat menyala meskipun hanya beberapa menit saja.

13. Kartu LAN

Bagaimana cara menghubungkan jaringan pada komputer? Jawabannya hanya satu yaitu kartu LAN. Kartu LAN sendiri sering disebut sebagi NIC atau singkatan dari Network Interface Card. Fungsinya sendiri untuk menghubungkan jaringan dari satu komputer ke komputer lain atau juga menghubungkan jaringan internet ke dalam komputer. Untuk menggunkan Kartu Lan ini, diperlukan komponen kabel UTP.

Itulah Komponen komponen komputer dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat menjadi manfaat untuk kamu semua.

, , ,