Perbedaan Web Developer dan Web Programmer yang Sering Keliru

Perkembangan teknologi bagi umat manusia sudah benar-benar dirasakan. Tak terhitung sudah berapa aplikasi dan software yang sudah tercipta dari zaman dahulu hingga sekarang. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, siapa orang yang menciptakan aplikasi dan software ini?

ads

Di dalam  ilmu teknologi dan informasi banyak profesi-profesi yang dibutuhkan agar dapat menghasilkan sebuah program. Untuk orang yang masih awam, jika ada orang yang bekerja di dunia teknologi dan informasi selalu dikaitkan dengan programmer. Padahal programmer sendiri masih ada bagian-bagian lainnya. Contohnya saja programmer dan developer.

Sama halnya dengan perbedaan software dan aplikasi, sampai saat ini masih ada orang yang belum bisa membedakan antara web programmer dan web developer. Agar tidak bingung apa perbedaannya, berikut ulasannya di bawah ini.

  • Sisi Definisi

Web Programmer

Dari sisi pengertian, programmer merupakan orang yang menulis sebuah kode untuk membuat sebuah program baik itu aplikasi maupun software. Secara umum, orang yang dapat menulis kode-kode suatu program bisa dikatakan adalah seorang programmer.

Dalam pengertian yang lain, programmer juga bisa dibilang seseorang yang membuat sebuah kode-kode program dari pertama kali pembuatan. Di dalam konteks web programmer, maka pengertiannya adalah seseorang yang membuat kode program yang berhubungan dengan pembuatan sebuah website.

Web Developer

Secara harfiah developer adalah seseorang yang mengembangkan, membangun, membuat sesuatu. Jika dihubungkan dengan dunia teknologi dan informasi, maka arti dari developer adalah seseorang atau sekelompok orang yang membangun, mengembangkan, dan membuat sebuah aplikasi maupun sebuah software.

Di dalam konteks web developer, maka pengertiannya adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengembangkan sebuah website hingga layak menjadi sebuah aplikasi yang sudah siap diluncurkan.

  • Sisi tugas

Web Programmer

Tugas dari seorang web programmer mampu dalam menulis kode-kode program yang nantinya akan digunakan pada sebuah web. Kode-kode program tersebut harus dapat berfungsi dengan baik ketika ada seorang user atau pengguna yang akan menggunakan website tersebut. Web programmer harus benar-benar memerhatikan fungsi-fungsi yang ada di dalam web tersebut, seperti fungsi tombol, menu-menu, link, serta sinkronisasi dengan basis data, serta hal-hal yang berhubungan dengan adanya interaksi antara website dengan pengguna.

Web Developer

Tugas dari web developer adalah sebagai jembatan dari sumber-sumber yang dibutuhkan oleh website yang sedang dibuat. Contohnya, membuat basis data, mengatur domain website, dan juga mengubah wajah website agar lebih dinamis. Maka dari itu, ketika sebuah webiste sudah benar-benar siap digunakan dari sisi tampilan, basis data, dan juga kemudahan website, maka tugas web developer pun dianggap selesai.

  • Sisi penguasaan bahasa program

Web Programmer

Macam-macam bahasa program yang harus dikuasai seorang web programmer adalah bahasa program yang lebih fokus pada bagian web server. Selain itu, web programmer juga wajib menguasai sebuah script client. Contohnya Ruby on Rails, NET, Sublim, Editor PHP, PHP, dan juga Java Script.


Web Developer

Bahasa program yang harus dikuasai seorang web developer juga tidak jauh beda dengan web programmer. Pada umumnya web developer minimal mengetahui jenis jenis pemrograman dasar yang populer. Contohnya seperti Java, PHP, MySQL, ASP, dan Phyton. Karena pada dasarnya web developer adalah versi “Upgrade” dari web programmer.

  • Sisi waktu

Web Programmer

Jika kita melihat dari sisi kerumitan dan aspek-aspek yang lain, web programmer jauh lebih “cepat” pengerjaannya. Sebab, seperti yang sudah di singgung pada poin kedua. Web programmer lebih fokus kepada jalannya fungsi-fungsi yang ada di dalam website. Dengan begitu, para user atau pengguna dapat menjalankan layanan-layanan yang ada di dalam website.

Web Developer

Jik dilihat dari sisi tugas yag dibebankan, waktu yang dibutuhkan web developer jauh lebih lama dibandingkan dengan web programmer. Sebab, web developer harus memperhatikan banyak aspek mulai dari desain sampai website tersebut benar-benar siap digunakan oleh user atau pengguna. Artinya, ketika tugas-tugas dari para ahli yang lain sudah selesai, web developer harus meracik hasil karya dari para ahli tersebut hingga membentuk sebuah website sesuai dengan permintaan.

Itulah perbedaan web programmer dan web developer. Meskipun terlihat sama karena memiliki tugas akhir yang sama yakni pembuatan sebuah website yang nantinya digunakan oleh user, namun tetap masing-masing profesi punya tugasnya masing-masing.

Bisa kamu bayangkan jika sebuah website hanya dikerjakan oleh satu orang saja. Selain dari sisi waktu akan sangat lama, website yang dibuat pun belum tentu akan baik. Perlu kamu pahami jika setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seorang web developer belum tentu ahli dalam mendesign sebuah web. Meskipun web developer juga harus memerhatikan dari sisi tampilan, akan tetapi, untuk urusan mempercantik sebuah tampilan website sudah ada bagiannya yakni web design.

Jika kamu tertarik ingin menjadi seorang web programmer dan web developer yang lebih mendalam, kamu bisa belajar di universitas jurusan teknik informatika . Jika kuliah cukup memberatkan, kamu bisa juga ikut kursus atau pelatihan mengenai web developer dan web programmer atau belajar secara otodidak dari internet. Mengapa profesi ini perlu kamu pelajari ? Sebab, profesi web programmer dan web developer merupakan pekerjaan IT paling diminati saat ini.

, , ,