Apa itu Computer Vision ? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kamu tahu robot? Sebuah alat yang dapat digerakan oleh komputer ini pada awalnya hanyalah sebuah rekaan dan imajinasi sang pembuat film. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, robot kini dapat diciptakan secara nyata. Mungkin kamu pernah mendengar ada sebuah kompetisi robot yang cukup sering diselenggarakan oleh perguruan tinggi-perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknologi dan Informasi.

ads

Selain itu, mungkin kamu pernah melihat sebuah alat scanner di supermarket yang dapat mengetahui harga suatu barang hanya dengan mengescan barcode yang ada pada barang itu. Contoh lainnya adalah penggunaan Scan QR pada smartphone yang saat ini mulai banyak digunakan sebagai salah satu alat pembayaran elektronik di Indonesia. Nah, contoh-contoh yang sudah di sebutkan tadi merupakan hasil kerja dari computer vision. Apa itu Computer Vision?

Pengertian Computer Vision

Computer Vision merupakan suau ilmu dalam mata kuliah teknik informatika yang memungkinkan sebuah komputer dapat “melihat” objek disekitarnya. Tujuan “melihat” ini nantinya komputer dapat menganalisis sendiri gambar di didepannya sehingga informasi tersebut dapat berubah menjadi perintah tertentu. Contohnya seperti cara kerja Scan QR. ketika kode Scan QR di deteksi oleh komputer (dalam hal ini merupakan smartphone), maka kode yang telah di scan pada komputer ini akan mengirimkan sebuah kode yang nantinya akan melaksanakan suatu perintah khusus. Bisa itu pembayaran, buka kunci, masuk dengan profil tertentu, dan lain-lain.

Fungsi Computer Vision

Fungsi lain dari computer Vision meliputi hal-hal berikut ini.

1, Mendapatkan informasi yang lebih jelas

Dengan menggunakan computer vision, kita sebagai pengguna dapat mengetahui objek yang lebih jelas. Contohnya saja penggunaan kamera. dengan menggunakan kamera kita dapat menangkap objek yang ditangkap oleh kamera menjadi lebih jelas. Bahkan dengan bantuan computer vision, kita dapat melihat objek -objek yang selama ini susah untuk dilihat menjadi lebih mudah.

2. Peningkatan kualitas gambar

penggunaan computer vision juga membuat gambar yang kita ambil menggunakan kamera menjadi jauh lebih jernih. Hal tersebut dinamakan image processing. Dengan menggunakan sistem image processing ini, kemungkinan banyaknya noise yang ada pada gambar bisa lebih dikurangi.

3. Dapat menganalisis

Seperti yang sudah dicontohkan pada sistem scanner. Selain dapat menangkap gambar, komputer yang menggunakan sistem computer vision juga dapat menganalisis proses selanjutnya. Bisa itu untuk disimpan secara otomatis, ataupun mendapatkan perintah selanjutnya sesuai dengan keinginan.

4. Komputer dapat memahami objek

Dalam industri manufaktur, keberadaan computer vision sangat membantu proses produksi suau barang. dengan computer vision, komputer dapat memahami apa yang harus dilakukan tanpa harus melalui campur tangan manusia. Hal ini berkaitan dengan teknik Artificial Interlligent.

Penerapan Computer Vision

Pastinya penemuan computer vision ini memiliki manfaat yang nantinya sangat berguna untuk umat manusia. Berikut contoh peenerapan computer vision berdasarkan bidang.

1. Bidang Matematika

Computer vision memiliki hubungan dengan bidang matematika. terutama pada bagian statistik, geometri dan juga optimasi. Bagian-bagian dalam matematika tersebut sangat berhubungan dengan komputer. Hal ini berkaitan dengan kecepatan proses data agar tidak memakan waktu yang lama.

2. Bidang Kecerdasan Buatan

Sudah menjadi barang tentu jika penggunaan computer vision ini merupakan metode yang mendekati terciptanya sebuah kecerdasan buatan. Penerapannya sendiri sudah cukup banyak terjadi pada saat ini, yakni dibentuknya sebuah robot, absen sidik jari, scan foto, dan hal-hal lainnya. Dengan adanya kecerdasan buatan ini diharapkan dapat lebih banyak membantu manusia dalam kesehariannya terutama dari sisi kemudahan.


3. Bidang Industri

Saat ini di dalam bidang indutri merasakan manfaat perkembangan komputer. Contoh nyata manfaat komputer dalam bidang industri adalah penggunaan mesin dalam pembuatan barang-barang industri seperti mobil, motor, dan barang-barang lainnya. Selain itu, penggunaan komputer vision juga dapat membuat komputer dapat menyortir sebuah barang.

4. Bidang Kendaraan

Penggunaan komputer vision pada kendaraan saat ini mulai digunakan. Contohnya adalah pada saat melakukan parkir. apad kendaraan yang dibuat 5 tahun terakhir, sudah terapasang alat sensor yag digunakan saat parkir. Jadi kamu dapat mengetahui saat memundurkan mobil apakah ada benda keras di depan atau tidak. Jika mobil mendekati benda keras, maka alarm akan bunyi semakin kencang.

Begitu juga pada pesawat terbang. Beberapa pesawat terbang yang digunakan di dunia saat ini sudah menggunkaan sistem auto pilot. Yakni , pesawat dapat “bergerak” di udara tanpa plotnya sendiri ikut mengendalikan pesawat. Selain itu, sistem navigasi yang digunakan pada pesawat terbang juga menggunakan sistem komputer ini.

5. Bidang Medis

Penggunaan X-Ray,gambar Ultrasonik, dan juga gambar tomografi merupakan contoh adanya campur tangan komputer vision. Dengan adanya alat-alat tersebut, kini dokter dapat mengetahui apa penyakit yang ada di dalam tubuh manusia tanpa harus membedah tubuhnya.

Itulah pengertian mengenai computer vision. Jika kamu ingin mempelajari computer vision, maka kamu bisa mengambil mata kuliah Teknlogi dan informasi. Sebab, ilmu ini masuk daftar mata kuliah teknik informatika. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.

, , ,