Sponsors Link

32 Daftar Mata Kuliah Teknik Informatika

Berikut ini adalah beberapa daftar mata kuliah Teknik Informatika yang digunakan secara umum di seluruh Universitas di Indonesia. Beberapa Universitas kemungkinan menggunakan istilah dan nama mata kuliah yang berbeda dibandingkan dengan daftar di bawah ini : (Baca Juga: Keuntungan Kuliah Jurusan Teknik Informatika , Pekerjaan IT Paling Diminati)

ads
  1. Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia termasuk ke dalam MKDu alia mata kuliah dasar umum, dimana pada mata kuliah ini akan dipelajari mengenai dasar – dasar dan juga teori mengenai penerapan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (Baca Juga: Macam Macam Bahasa Pemrograman)

  1. Bahasa Inggris

Mata kuliah bahasa Inggris mempelajari mengenai pemahaman mengani bahasa Inggris secara umum, dan bermanfaat untuk membiasakan mahasiswa teknik informatika dalam memahami berbagai macam istilah – istilah Ti yang banyak menggunakan bahasa Inggris. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Generasi Ke 4)

  1. Pendidikan Agama

Pendidikan agama akan mempelajari berbagai macam dasar – dasar ilmu agama, yang disesuaikan denan agama dan kepercayaan masing – masing, terutama agama – agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia saat ini. (Baca Juga: Cara Mendapatkan Banyak Follower di Twitter)

  1. Kewarganegaraan

Kewarganegaraan sebagai sebuah mata kulah dasar umum akan memberikan pemahaman bagi para mahasiswanya mengenai kehidupan bernegara yang baik dan benar, sesuai dengan ideology Indonesia, yaitu Pancasila, dan juga menurut aturan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia. (Baca Juga: Komponen Database)

  1. Matematika

Matematika merupakan mata kuliah dasar yang ada di dalam setiap jurusan Teknik, salah satunya aalah teknik informatika. Mata kuliah ini akan mempelajari mengenai penghitungan dan juga penyelesaian masalah secara matematis, dan berguna untuk meningkatkan daya analisis dari mahasiswa dalam tiap – tiap persoalan yang muncul. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Matrikulasi)

  1. Fisika Dasar

Fisika dasar juga merupakan salah satu mata kuliah wajib di dalam setiap jurusan atau program studi yang bernaung di bawah fakultas teknik. Fisika di dalam program studi Teknik informatika banyak mempelajari tentang dasar – dasar fisika dan juga mengenai sistem elektronik. (Baca Juga: Komputer Analog)

  1. Kimia Dasar

Selain matematika dan juga fisika, kimia juga merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dan merupakan mata kuliah dasar yang dipelajari pada tiap program studi yang bernaung di bawah fakultas teknik. Mata kuliah ini mempelajari mengenai dasar – dasar kimia dan juga teori – teori yang berhubungan degnan penggunaan kimia – kimia dasar, namun tidak sampai ke kimia analisis. (Baca Juga: Peran Teknologi Dalam Pendidikan)

  1. Pengantar Rekayasa dan Desain

Dalam mata kuliah ini, para mahasiswa akan mempelajari mengani dasar – dasar rekayasa perangkat lunak atau software engineering, seperti teori, metode, dan perkembangannya, serta mempelajari mengenai desain – desain software yang tepat dan baik untuk digunakan di dalam sebuah perangkat lunak. (Baca Juga: Fungsi Software Presentasi)

  1. Pengenalan Teknologi Informasi

Mata kuliah pengenalan teknologi informasi ini merupakan mata kuliah yang diberikan untuk mempelajari mengenai dasar – dasar dari teknologi informasi, seperti sejarah, teori, tokoh, serta perkembangan dari teknologi informasi yang ada hingga saat ini. (Baca Juga: Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan)

  1. Pengantar Analisis Rangkaian

Pengantar analysis rangkaian ini merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai metode dan juga teknik – teknik dalam melakukan analisis terhadap rangkaian sistem yang ada. (Baca Juga: Karakteristik Model Waterfall )

  1. Dasar – Dasar Pemrograman

Seperti namanya, mata kuliah dasar – dasar pemrograman ini memberikan materi berupa sejarah, perkembangan dan juga teori – teori terkait pemrograman, hingga mempelajari mengenai bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam pengembagan software. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman C)

  1. Algoritma dan Struktur Data

Mata kuliah ini banyak mengajarkan mengenai dasar – dasar algoritma dan juga pemecahan masalah di dalam sistem serta penyusunan dari struktur data yang digunakan dalam sebuah software atau perangkat lunak. (Baca Juga: Kelebihan Sistem Basis Data)

  1. Matematrika Diskrit

Mata kuliah ini mempelajari tentang teori dan juga dasar – dasar dari penghitungan matematika diskrit, yang berguna untuk pemecahan masalah di bidang pemrograman komputer.

  1. Logika Informatika

Mata kuliah logika informatika ini mempelajari analisis, dan juga dasar – dasar dalam berpikir logis terhadap persoalan – persoalan yang berhubungan dengan sistem informasi dan juga pemrograman. (Baca Juga: Contoh DBMS Relasional )

  1. Statistika

Mata kuliah statistic ini mempelajari teknik – teknik dasar statistic, dan juga penghitungan statistic yang digunakan untuk membantu para mahasiswa teknik informatika dalam menyusun sebuah perangkat lunak, serta membantu proses pemecahan masalah menggunakan prinsip algoritma. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Software SAS)

  1. Aljabar Geometri

Aljabar geometri merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang penghitungan serta dasar – dasar dari penghitungan aljabar yang digunakan dan juga diimplementasikan dalam sebuah peghitungan geometris dan juga bentuk dan ruang.

  1. Organisasi dan Arsitektur Komputer

Mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer ini mempelajari mengenai dasar – dasar dari arsitektur komputer, serta mempelajari mengenai prinsip – prinsip dalam pengorganisasian sebuah komputer dan juga sistem komputer, hingga software komputer yang sudah ada, atau baru akan dikembangakn.

  1. Pemrograman Berorientasi Objek

Merupakan mata kuliah di bidang teknik informatika yang mempelajari mengenai pengembangan sebuah program yang berbasis objek. Dimana mahasiswa akan dituntut untuk mengembangkan atau membuat sebuah aplikasi dan juga software yang berorientasi pada objek. (Baca Juga: Fungsi Flowchart dalam Pemrograman)

  1. Sistem Operasi

Program studi teknik informatika ini juga mempelajari mengenai sistem operasi. Dimana dalam mata kuliah ini, mahasiswa teknik informatika akan mempelajari mengenai dasar – dasar sistem informasi, sejarah, bahasa pemrograman, hingga perkembangan dari sistem informasi yang ada. (Baca Juga: Fungsi Sistem Operasi Komputer)

  1. Basis Data

Pada mata kuliah ini, mahasiswa teknik informatika akan mempelajari mengenai dasar – dasar basis data atau database. Beberapa diantaranya adalah teori mengenai basis data, manajemen basis data, hingga pengembangan sebuah sistem dan program atau aplikasi menggunakan basis data. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Sistem basis Data Terpusat)

  1. Dasar Rekayasa Perangkat Lunak

Sesuai dengan namanya, pada mata kuliah ini, para mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar – dasar dari pengembangan sebuah perangkat lunak atau software, mulai dari teknik – teknik rekayasa , bahasa pemrograman yagn digunakan, hingga implementasi dari perangkat lunak yang akan digunakan.

  1. Pengembangan aplikasi berbasis Web

Pada mata kuliah ini, para mahasiswa teknik informatika akan berfokus pada web, dimana pada mahasiswa akan mempelajari mengenai pengembangan aplikasi yang digunakan di dalam sebuah web. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari dasar – dasar pembuatan aplikasi di dalam sebuah website. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Javascript)

  1. Jaringan Komputer

Sesuai dengan namanya, pada mata kuliah ini, para mahasiswa teknik informatika akan mempelajari mengenai jaringan komputer, berupa dasar – dasar jaringan komputer, teori – teori jaringan komputer, hingga imlementasi dan juga penggunaan dari jaringan komputer. (Baca Juga: Fungsi Transport Layer)


  1. Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Pada mata kuliah ini, para mahasiswa teknik informatika akan mempelajari mengenai bagaimana proses manajemen terhadap sebuah perangkat lunak, mulai dari bagaimana membuat dan mengimplementasikan sebuah perangkat lunak, hingga bagaimana maintenance dan juga pengembangan dari sebuah perangkat lunak yang sudah ada.

  1. Manajemen Basis Data

Merupakan kelanjutan dari mata kuliah basis data, pada mata kuliah ini, para mahasiswa akan mempelajari mengenai sistem basis data, dan juga manajemen basis data menggunakan aplikasi, seperti oracle, dan sebagainya. (Baca Juga: Fungsi Dropbox)

  1. Interaksi Manusia dan Komputer

Pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer ini, para mahasiswa teknik informatika akan mempelajari mengenai bagaimana manusia sebagai brainware menggunakan komputer. Mata kuliah ini juga mempelajari mengenai hubungan antara manusia sebagai superuser dan juga brainware dalam mengoperasikan sebuah komputer.

  1. Intelegensi Buatan

Intelegensi buatan atau artificial intelligence merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai dasar – dasar pemrograman dalam pembuatan sebuah intelegensi buatan. Intelegensi buatan merupakan sebuah program atau software yang bisa memiliki pola pikir tersendiri, dan banyak membantu manusia dalam bekerja.

  1. Sistem Paralel dan Terdistribusi

Pada mata kuliah ini, mahasiswa teknik informatika akan mempelajari mengenai sistem parallel dan juga terdistribusi di dalam sistem komputer. (Baca Juga: Fungsi Port pada Komputer)

  1. Grafika Komputer

Grafika komputer merupakan mata kuliah yang berkaitan dengan konten grafis dari sebuah aplikasi komputer, mulai dari user interface, hingga desain logo dan juga desain keseluruhan dari sebuah aplikasi, seperti penggunaan 2D atau 3D, teknik pewarnaan, dan sebagainya. (Baca Juga: Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis)

  1. Sosioinformatika dan profesionalisme

Mata kuliah ini menuntut para mahasiswa teknik informatika dalam memahami mengenai hubungan dan juga peran antara sistem komputer, informatika, dan juga teknologi di dalam sistem tatanan sosial masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan materi profesionalisme terkai etika pekerjaan sebagai seorang lulusan teknik informatika. (Baca Juga: Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli)

  1. Kerja Praktek

Kerja praktek merupakan bagian dimana para mahasiswa teknik informatika akan disebar ke beberapa perusahaan dan juga beberapa proyek, dimana para mahasiswa akan bekerja sesuai dengan teori dan juga pengalaman yang sudah mereka pelajari di dalam perkuliahan. (Baca Juga: Sejarah Microsoft Windows)

  1. Tugas Akhir

Tugas akhir dari mahasiswa teknik informatika atau teknologi informasi biasanya berkaitan dengan pembuatan software atau aplikasi, hingga pengembangan dari aplikasi atau software yang sudah ada sebelumnya. (Baca Juga: Kampus IT terbaik Di Indonesia)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 24th, October 2016 / 06:55 Oleh :
Kategori : Info Kampus