6 Kelebihan dan Kekurangan Matrikulasi

Matrikulasi merupakan salah satu bagian dari penyelenggaraan pendidikan, kebanyakn dilakukan pada perguruan tingkat tinggi seperti sarjana, magister dan juga doctoral. Matrikulasi sendiri biasanya berisi mata kuliah yang termasuk ringan, dengan tujuan utama untuk menyegarkan memory peserta didik di dalam bidang ilmu tertentu, dan bertujuan pula untuk menyetarakan persepsi dan juga pemahaman dari peserta didik mengenai suatu bidang atau disiplin ilmu. Berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan martikulasi: (Baca Juga: Bahasa Pemrograman Web Paling Populer , Fungsi Dropbox)

ads

Kelebihan Matrikulasi

  1. Memberikan penyegaran materi bagi mahasiswa baru

Kelebihan pertama dari matrikulasi adalah sesuai dengan tujuan dari diadakannya matrikulasi itu sendiri. Salah satunya adalah memberikan penyegaran materi bagi para mahasiswa baru. Hal ini perlu dilakukan, mengingat sebelum masuk kuliah, biasanya banyak mahasiswa baru yamg mungkim sudah sedikit lupa dengan pelajaran yang sudah pernah dijalani. Biasanya, dengan adanya matrikulasi, banyak mahasiswa kemudian menjadi lebih paham, dan lebih segar pikiramnya terhadap materi – materi yang akan diajarkan selama mengikuti program studi tertentu. (Baca Juga:  Manfaat Mempelajari Ilmu Komputer , Peran Teknologi Dalam Pendidikan)

  1. Memberikan pandangan dan juga pemahaman yang sama antar mahasiswa baru

Perlu diketahui, biasanya ketika akan baru masuk ke dalam sebuah universitas atau sekolah, mahasiswa yang ada terdisi dari berbagai macam latar belakang, termasuk latar belakang pendidikan, pemahaman, dan pandangan. Hal ini tentu saja akan membuat pandangan dan juga pemahaman pada mahasiswa baru bisa saja berbeda – beda. Maka dari itu dibutuhkanlah matrikulasi, karena salah satu kelebihan matrikulasi ini adalah membantu para mahasiswa baru dalam menyamakan persepsi dan juga pandangan di dalam program studi tersebut. (Baca Juga: Fungsi Software Pengolah Kata , Cara Mendapatkan Banyak Follower di Twitter)

  1. Memberikan dasar – dasar keilmuan awal dari sebuah program studi

Setiap program studi yang ada di dalam sebuah universitas dan juga sekolah pastilah memiliki disiplin dan juga dasar – dasar ilmu yang berbeda – beda. Dan faktanya adalah tidak semua mahasiswa baru tahu dan juga paham akan dasar – dasar keilmuan yang akan diberikan selama mereka menjalani program studi terrentu. Karena itu, dengan adanya matrikulasi, maka setiap mahasiswa baru ini bisa lebih paham dan juga mengetahui gambaran mengenai dasar – dasar keilmuam dari program studi yamg mereka ambil. (Baca Juga: Kampus IT terbaik Di Indonesia , Pekerjaan IT Paling Diminati)

  1. Sebagai pertimbangan untuk melanjutkan program studi tertentu

Kelebihan lainnya dari adanya matrikulasi adalah bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam melanjutkan program studi yang akan dipilih. Misalnya saja, anda memilih program studi teknik pertanian, namun ternyata, selama matrikulasi anda merasa bahwa sepertinya program studi ini tidak cocok dengan diri anda. Nah, dengan begitu anda bisa mempertimbangkan kembali apakah anda bisa melanjutkan program studi yang anda jalani atau tidak. Karena itu, matrikulasi sangat penting dan juga sangat banyak kelebihannya, terutama untuk. Bahan pertimbangan seperti ini. (Baca Juga: Keuntungan Kuliah Jurusan Teknik Informatika ,  Pengertian Software Menurut Para Ahli)


  1. Membantu mahasiswa dalam memahami kurikulum dari sebuah program studi

Selain memiliki kelebihan berupa pemberian materi – materi dasar, matrikulasi juga memiliki kelebiham berupa penjabaran mengenai kurikulum yamg akan dihadapi oleh mahasiswa baru dalam menempuh profram studi yang akan dijalani. Biasanya dalam matrikulasi, akan dijelaskan mengenai kurikulum dan juga kompetensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa baru tersebut selama mengikuti program studi yang dijalani. Dengan begitu, si mahasiswa baru ini nantinya akan lebih paham dan juga mengenal program studi yang akan dijalani oleh mereka, dan trntu saja akan menjalani dengam lebih baik. (Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi , Tujuan Mempelajari Jaringan Komputer)

  1. Penyetaraan mata kuliah terhadap mahasiswa baru yang berasal dari berbagai macam layar belakang

Bagi para mahasiswa baru, banyak sekali kemungkinan dimana terdapat banyak sekali latar belakang mahasiswa baru yang beragam dan juga berbeda – beda disiplin ilmu. Nah dengan adanya Matrikulasi ini, maka pemahamn tiap – tiap mahasiswa baru ini akan disamakan dan disetarakan pemahamannya, sehingga nantinya, meskipun berasal dari disiplin ilmu yamg berbeda – beda, tiap mahasiswa baru tersebut bisa mengikuti mata kuliah di dalam program studi yamg sudah dijalani dengan baik. (Baca Juga: Peran Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa , Fungsi dan Tujuan Mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak)

Kekurangan Matrikulasi

  1. Cukup memakan waktu lama dalam sebuah program studi

Kekurangan pertama dari matrikulasi adalah matrikulasi merupakan sebuah program yang cukup memakan waktu. Apabila anda biasanya ketika baru masuk kuliah dalam masa studi semester satu, maka dengan adanya matrikulasi, maka masa studi anda harus bertambah, selama beberapa minggu, atau bahkan beberapa bulan, sesuai dengan ketentuan dari pihak penyelenggara pendidikan (kampus) (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Generasi Ke 4 , Fungsi Sistem Operasi Komputer)


  1. Tidak ada aturan pasti mengenai matrikulasi

Kekurangan berikutnya dari matrikulasi adalah mengenai aturan dan juga regulasi. Program matrikulasi belum menjadi sebuah standard dalam pendidikan tinggi, sehingga penerapan matrikulasi pun berbeda – beda pada tiap perguruan tinggi, meskipun dalam kapasitas penyelenggaraan program studi yang sama. Selain itu, mata kuliah yang ditawarkan dalam matrikulasi pun tidak standard, dan berbeda – beda tiap kampusnya. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan 4G LTE)

  1. Biaya kuliah yang bertambah

Biaya kuliah dengan adanya matrikulasi pun menjadi bertambah. Beberapa kampus menambahkan biaya matrikulasi di dalam uang pangkal atau uang masuk universitas, dan beberapa universitas membedakan biaya antara matrikulasi dengan biaya pendidikan semester 1 nya, sehingga terkadang cukup memberatkan mereka yang kekurangan dari segi ekonomi. (Baca Juga: Cara Mendapatkan Banyak Like di Facebook , Cara Mendapatkan Banyak Like di Instagram)

  1. Matrikulasi tidak memiliki ferdback yang stnlandar, karena kebanyakan matrikulasi tidak memberikan penilaian tertulis

Matrikulasi juga kebanyakan tidak memberikan nilai secara tertulis, sehingga mahasiswa yang suah mengikuti matrikulasi ini terkadang bingung dan tidak mengetahui secara pasti apa hasil dari mengikuti kuliah matrikulasi ini, dan beberapa mahasiswa juga merasa bahwa matrikulasi tidak terlalu bermanfaat untuk kepentingan perkuliahan. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 4G)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 06:22 Oleh :
Kategori : Info Kampus