Daftar 26 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Kuliah adalah salah satu tahapan hidup selanjutnya untuk mengejar cita-cita. Jika Anda memiliki cita-cita untuk berkecimpung di dunia komputer, Anda harus berkuliah di universitas yang membuka jurusan di bidang komputer. Nah, program studi yang terkait dengan bidang komputer sendiri ada dua, yaitu Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika (TI). Anda bakal pilih SI atau TI? Jika Anda memilih Teknik Informatika, berikut ini kami buatkan daftar universitas jurusan teknik informatika terbaik yang Anda bisa masuki. Berikut ini ulasannya untuk Anda.

ads

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Siapa yang tak kenal perguruan tinggi negeri (PTN) yang satu ini? Yup, PTN yang berlokasi di kota Bandung ini adalah salah satu universitas dengan spesialisasi teknik terbaik di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Sesuai dengan namanya, ITB merupakan PTN yang fokus pada ilmu teknik, seperti teknik mesin, astronomi, dan lainnya. Tak ketinggalan, teknik informatika juga menjadi salah satu jurusan terbaik yang ada di dalam PTN yang lulusannya sudah banyak berkecimpung untuk bangsa Indonesia dan dunia ini. Akreditasi jurusan Teknik Informatika di ITB adalah A, sehingga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mendaftar di kampus yang dikenal juga dengan nama kampus Ganesha ini.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Surabaya ini juga memiliki jurusan teknologi informatika terbaik. Jurusan di kampus ini juga memiliki spesialisasi yang sama dengan ITB. Salah satu jurusan terbaik di sini adalah teknologi informatika, yang memiliki akreditasi terbaik, yaitu A.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta memiliki beberapa universitas terbaik. Salah satunya adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Universitas ini memiliki satu program studi yang berkaitan dengan komputer, yaitu Teknik Informatika. Program Studi ini mendapatkan predikat akreditasi A oleh BAN-PT.

4. Universitas Bina Nusantara, Jakarta

Kita beralih ke Jakarta. Di Jakarta, termasuk juga kawasan Jabodetabek, terdapat banyak sekali kampus bereputasi baik di bidang teknik informatika. Salah satunya adalah Bina Nusantara, atau yang dikenal juga dengan nama Binus. Spesialisasi dari Bina Nusantara sendiri memang lebih condong sebagai universitas komputer dan juga IT. Oleh karena itu, selain jurusan IT atau teknik informatika, di Binus juga terdapat jurusan lainnya yang berhubungan dengan komputer, seperti ilmu komputer, sistem komputer, sistem informasi, dan masih banyak lagi. Akreditasi dari jurusan Teknik Informatika di Binus adalah A.

5. Universitas Esa Unggul Jakarta

Berlokasi di wilayah yang sama dengan Bina Nusantara, Universitas Esa Unggul bisa menjadi salah satu kampus IT terbaik di Indonesia yang dapat Anda diperhitungkan. Berlokasi di Jakarta Barat, dengan akreditasi A, membuat kampus ini layak dijadikan pilihan Anda untuk berkuliah.

6. Universitas Gunadarma, Depok

Universitas yang berlokasi di Depok ini menyediakan beberapa fakultas dan jurusan yang berhubungan dengan komputer, salah satunya adalah Teknik Informatika. Jurusan satu ini mendapatkan peringkat akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, di sini juga terdapat jurusan Sistem Komputer dan Sistem Informasi.


7. Universitas Kristen Petra, Surabaya

Universitas Kristen Petra adalah sebuah universitas yang berlokasi di Surabaya ini memiliki program studi yang berhubungan dengan komputer, yaitu Teknik Informatika. Jangan khawatir, jurusan TI di sini mendapatkan penilaian akreditasi A dari BAN–PT.

8. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Kini kita beralih ke kota bernama Salatiga. Di kota ini, terdapat sebuah universitas swasta yang memiliki program studi komputer terbaik, karena mendapatkan peringkat akreditasi A dan B dari BAN-PT. Universitas tersebut adalah Universitas Satya Wacana. Jurusan Teknik Informatika di kampus ini mendapatkan peringkat akreditasi A dari BAN-PT.

9. Universitas Presiden, Bekasi

Universitas Presiden, atau dikenal juga dengan nama President University, adalah salah satu universitas bertaraf internasional yang pada awalnya berfokus pada bidang bisnis dan ekonomi. Namun saat ini, President University juga mulai terjun di bidang komputer dan menjadi salah satu universitas komputer swasta terbaik di Indonesia. Alasannya karena program studi Teknik Informatika di kampus mendapatkan predikat akreditasi A dari BAN-PT.

10. Universitas Surabaya, Surabaya

Universitas Surabaya, atau sebutan lainnya Ubaya, adalah salah satu universitas swasta lainnya yang berada di Surabaya. Universitas ini bisa disebut sebagai salah satu universitas komputer swasta terbaik di Indonesia, karena program studi Teknik Informatikanya mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

11. Universitas Tarumanagara, Jakarta

Sekarang kita kembali lagi ke Jakarta. Ada sebuah universitas di Jakarta Barat yang juga merupakan universitas ternama, yaitu Universitas Tarumanegara atau Untar. Banyak jurusan di universitas ini yang memilki reputasi dan juga kualitas yang sangat baik. Salah satunya adalah jurusan Teknik Informatika, yang mendapatkan akreditasi A dari BAN–PT.

12. Universitas BSI, Bandung

BSI atau Bina Sarana Informatika adalah salah satu universitas yang cukup populer, dimana universitas ini memiliki beberapa gedung kampus yang tersebar di beberapa kota di seluruh Indonesia. BSI memiliki beberapa program studi yang berkaitan dengan komputer, salah satunya adalah program studi teknik informatika. Jika Anda ingin mendapatkan gelar sarjana di program studi ini, Anda bisa menempuhnya di Universitas BSI yang berlokasi di Bandung.

13. Universitas Komputer Indonesia, Bandung

Dari namanya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa universitas ini berfokus teknologi komputer. Yup, UNIKOM adalah salah satu universitas swasta komputer terbaik di Indonesia. Universitas yang berlokasi di Kota Bandung ini menawarkan 3 program studi dan jurusan yang terkait dengan komputer, yaitu Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Teknik Informatika. Program studi Teknik Informatika di UNIKOM sendiri mendapat penilaian akreditasi B dari BAN-PT.

14. Universitas Mercu Buana, Jakarta

Universitas Mercu Buana adalah salah satu universitas swasta yang terletak di Jakarta. Universitas ini memiliki dua program studi dan jurusan yang terkait dengan bidang komputer, yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Kedua program studi yang ditawarkan oleh Universitas mercu Buana ini mendapatkan penilaian Akreditasi B dari BAN-PT.

15. Universitas Multimedia Nusantara, Jakarta

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) adalah salah satu kampus atau universitas yang bisa menjadi pilihan alternatif Anda dalam mencari universitas jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia. Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu jurusan di bidang komputer yang bisa Anda pilih di universitas ini dan memiliki akreditasi B oleh BAN-PT.

16. Swiss German University, Serpong

SGU atau Swiss German University adalah salah satu universitas bertaraf international yang awalnya berfokus pada bidang bisnis. Namun saat ini, SGU juga mulai melirik bidang komputer seiring perkembangan zaman. Tak main-main, universitas satu ini menjadi salah satu universitas jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia. Karena masih baru, jurusan tersebut baru bisa mendapatkan predikat B dari BAN-PT. Lokasinya kampusnya sendiri berada di kawasan Serpong, Tangerang.

17. Universitas Kristen Maranatha, Bandung

Universitas Kristen Maranatha adalah universitas swasta yang berlokasi di Kota Bandung. Universitas ini memiliki dua buah program studi yang berkaitan dengan komputer, salah satunya adalah Teknik Informatika. Program studi tersebut mendapatkan peringkat akreditasi B dari BAN-PT.

18. Universitas Widyatama, Bandung

Masih dari kota Bandung, kini kita beralih ke universitas swasta lainnya yang memiliki jurusan komputer terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Widyatama. Universitas ini memiliki dua buah program studi yang berkaitan dengan computer, salah satunya adalah Teknik Informatika. Program studi ini mendapatkan penilaian akreditasi B dari BAN-PT.

Selain kedelapanbelas universitas yang telah kami sebutkan di atas, masih ada lagi loh universitas yang membuka jurusan Teknik Informatika, diantaranya adalah sebagai berikut:

19. Universitas Diponegoro (Undip), Semarang
20. Universitas Pancasila, Jakarta
21. Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar
22. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
23. Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung
24. Universitas Gajayana, Malang
25. Universitas Trisakti, Jakarta
26. Universitas Pelita Harapan, Tangerang


Nah, setelah Anda mengenal beberapa universitas yang membuka jurusan teknik informatika, Anda juga harus tahu dong daftar mata kuliah teknik informatika, agar Anda bisa siap menghadapi kuliah lebih awal. Siapkan juga mental karena berkuliah di teknik informatika itu berat, biar penulis artikel ini aja yang kuliah di sana *ehh. Tenang, walaupun berat, tetapi prospek kerja dari lulusan teknik informatika cukup moncer juga loh. Itu salah satu keuntungan kuliah jurusan teknik informatika yang bisa Anda rasakan nanti setelah lulus kuliah.

Sekian artikel kami kali ini seputar universitas jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia. Jika Anda berminat untuk masuk kuliah jurusan desain grafis, Anda juga bisa melirik daftar universitas jurusan desain grafis di Indonesia. Selamat mencoba mendaftar di kampus-kampus yang telah kami sebutkan di atas dan semoga Anda keterima di sana yah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Kampus