11 Universitas Jurusan Desain Grafis di Indonesia Terfavorit

Anda sudah lulus sekolah? Ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? Tapi bingung memilih jurusan apa? Tenang, ada banyak pilihan jurusan berprospek bagus dan bisa Anda pilih. Salah satunya adalah desain komunikasi visual (DKV).

ads

Desain komunikasi visual atau sebutan lainnya desain grafis adalah bidang studi yang memiliki cakupan luas. Lulusan DKV bisa bekerja di beberapa perusahaan dengan ruang lingkup kerja yang sangat dinamis. Contohnya, Anda  bisa melamar pekerjaan baik full time ataupun freelance di advertising agency, branding agency, studio desain grafis, media massa (seperti surat kabar atau majalah, stasiun televisi, radio) atau juga percetakan. Di perusahaan-perusahaan tersebut, Anda bisa melamar menjadi desainer grafis, fotografer, animator, ilustrator, web designer, desainer logo, art director, creative director atau videografer. Atau, jika Anda punya jiwa kewirausahaan yang tinggi, Anda bisa membuka usaha desain grafis sendiri dengan kemampuan yang Anda miliki.

Jika dilihat dari prospek lapangan kerja dan profesi yang sangat luas tersebut, maka tak ada salahnya bagi Anda untuk memilih jurusan DKV. Pengetahuan mengenai lapangan pekerjaan dan profesi ketika Anda sudah lulus kuliah nanti perlu dipahami agar Anda makin semangat untuk belajar di kampus. Eh bicara soal kuliah, universitas mana yang memiliki jurusan DKV terbaik dan bagus? Nah, Anda bisa memilih jurusan DKV di beberapa perguruan tinggi favorit, baik negeri maupun swasta.

Eittts, sebelum Anda memutuskan kuliah di perguruan tinggi favorit, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah aspek finansial. Anda harus bersiap dengan biaya kuliah yang biasanya terdiri dari uang gedung, biaya kuliah per semester, dan biaya kuliah per SKS. Selain itu, pasti bakal ada biaya untuk tugas-tugas kuliah, hingga biaya hidup jika Anda harus merantau ke luar kota.

Anda juga harus mempertimbangkan beberapa tips memilih laptop untuk desain grafis, agar kegiatan kuliah Anda bisa berjalan lancar dan Anda bisa mengerjakan tugas kuliah Anda dengan baik. Pastinya, laptop Anda tersebut harus terinstal macam-macam software grafis, seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan lainnya.

Dari segi psikologis, kamu harus siap fokus pada materi mata kuliah yang diajarkan, jadwal kuliah yang padat hingga tugas-tugas kuliah dari dosen yang buanyaaaaakkkk banget. Pastika diri Anda agar mampu melewati beberapa hal tersebut agar Anda tidak kesulitan dan kuliah kamu dapat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai universitas jurusan desain grafis di Indonesia. Berikut kami mulai pembahasannya:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

Siapa sih yang gak mau kuliah di ITB? Salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia ini menjadi kampus idaman bagi lulusan SMA/SMK atau sederajat. Meskipun dasarnya kampus ini berfokus pada ilmu teknik, namun ternyata kampus yang terletak di Jalan Ganesha ini membuka beberapa jurusan di luar jurusan teknik. Salah satunya adalah DKV. Program studi DKV ITB dimulai sejak tahun 1967 saat Jurusan Seni Rupa FTSP ITB membuka Studio Grafis. Kurikulum DKV yang dikembangkan oleh ITB lebih condong pada wawasan konseptual dalam berkarya dengan tidak mengesampingkan kemampuan teknis yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Bisa dibilang, DKV ITB menyadari betul peran teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam desain grafis.


2. Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta

Kampus ISI terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya di daerah Sewon, Bantul. Keunikan DKV ISI adalah faktor historis yang kuat. Jadi dulunya, kampus ini bernama ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) yang merupakan perguruan tinggi seni rupa tertua di Indonesia. Selain itu, DKV ISI berada di lingkungan yang dikelilingi oleh nilai-nilai kultural yang sangat kental. Selain itu, ada beberapa event-event kebudayaan dan kesenian di Yogyakarta yang sangat mempengaruhi proses kreatif dan berkarya para mahasiswa DKV ISI.

3. Universitas Negeri Solo (UNS), Solo

Untuk Anda yang mau mengambil jurusan DKV di kota Solo, Anda bisa memilih Universitas Sebelas Maret atau dikenal dengan UNS. DKV UNS menerapkan kurikulum yang mengembangkan kegiatan komunikasi berbasis visual. Yang menarik, DKV di sini mempunyai visi menjadi pusat pengkajian, pengembangan desain komunikasi visual yang berbasis nilai-nilai kultural, kemanusiaan, dan lingkungan.

4. Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Jakarta

IKJ bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mau kuliah di jurusan DKV. Di IKJ, Anda bisa belajar materi-materi desain grafis baik teori dan juga praktik. Jurusan DKV IKJ sendiri memiliki tiga peminatan, yaitu: desain grafis, ilustrasi, dan multimedia.

5. Universitas Negeri Semarang (Unnes), Semarang

Semarang, kota yang terkenal dengan  lumpia ini ternyata memiliki universitas negeri favorit dengan jurusan DKV-nya, yaitu Universitas Negeri Semarang (Unnes). Di Unnes, Anda bisa mempelajari desain komunikasi visual tak melulu lewat teori, tetapi juga melalui praktik. DKV Unnes dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti laboratorium dan studio praktikum kesenirupaan.

6. Universitas Trisakti, Jakarta

Tak hanya universitas negeri saja yang memiliki jurusan DKV yang bagus, ternyata universitas swasta pun juga punya kok. Jika Anda ingin kuliah di kampus swasta dengan jurusan DKV, Universitas Trisakti bisa menjadi pilihan yang bagus. Universitas yang terkenal dengan sebutan “Kampus Reformasi” ini memiliki beberapa fasilitas yang mendukung proses perkuliahan, seperti perpustakaan, laboratorium komputer, studio fotografi, galeri seni rupa dan desain, serta studio proses cetak.

7. Universitas Pelita Harapan (UPH), Jakarta

Masih dari kota Jakarta, universitas swasta lainnya yang memiliki jurusan DKV di kota ini adalah UPH. Kampus ini menawarkan lingkungan pembelajaran yang fokus pada invoasi, konseptual, dan pemikiran strategis dalam menyelesaikan permasalahan desain. Beragam fasilitas lengkap tersedia di jurusan DKV UPH seperti studio lukis, laboratorium komputer, cetak, fotografi, dan lainnya. Ada tiga konsentasi studio yang bisa Anda pilih, yaitu: animasi, sinematografi, dan desain grafis.

8. Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta

Siapa yang tak kenal dengan Binus? Yup, Binus atau Universitas Bina Nusantara adalah universitas swasta komputer terbaik di Indonesia yang membuka jurusan DKV. Berawal dari tahun 1998, ketika Binus memiliki jurusan Desain Grafis dan selanjutnya menjadi jurusan DKV pada tahun 2000. DKV Binus menyediakan beberapa fasilitas untuk menunjang proses perkuliahan, seperti laboratorium multimedia, studio fotografi, perpustakaan, studio gambar, studio rekaman, dan lainnya.

9. Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya

Salah satu kampus swasta di kota Surabaya ini membuka jurusan DKV dengan akreditasi A dan telah dimulai sejak tahun 1998. Jurusan DKV di sana memiliki fasilitas perkuliahan yang lengkap, mulai dari laboratorium digital graphic dan multimedia, studio fotografi, studio menggambar, dan studio tugas akhir. Oh iya, ada juga fasilitas perpustakaan dan poliklinik.


10. Universitas Tarumanegara, Jakarta

Kampus yang dikenal dengan Untar ini memiliki jurusan DKV dengan tiga peminatan, yaitu: desain grafis, desain pemasaran atau desain periklanan, dan desain multimedia. Fasilitas yang ada di DKV Untar diantaranya studio fotografi, laboratorium multimedia, studio grafis, dan illumination and accoustic studio.

11. Telkom University, Bandung

Ternyata, Bandung mempunyai kampus swasta dengan jurusan DKV lohh, yaitu Telkom University atau bisa disebut juga Tel-U. Salah satu kampus IT terbaik di Indonesia yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom ini adalah universitas yang berbasis pada Information and Communication Technology (ICT). Jurusan DKV Tel-U memiki dua konsentrasi yaitu technopreneurship yang berfokus pada penciptaan produk visual berbasis teknologi, serta multimedia marketing yang berfokus pada perencanaan dan riset pemasaran produk visual.

Kuliah di perguruan tinggi favorit dengan jurusan DKV atau desain grafis sudah menjadi idaman bagi banyak lulusan SMA. Selain reputasinya sudah dikenal, kampus tersebut memiliki dosen yang berkualitas hingga fasilitas yang lengkap. Sekarang, tinggal Anda yang harus menyiapkan diri Anda dan semakin semangat untuk belajar agar bisa meraih cita-cita yang diimpikan.

Sekian artikel kami mengenai universitas jurusan desain grafis di Indonesia. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi referensi Anda dalam memilih universitas yang memiliki jurusan DKV. Semoga keterima yahhh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Kampus