Pilih SI atau TI ?

Si atau sistem informasi dan juga TI atau teknik informatika (biasa disebut juga sebagai Teknologi Informasi /Teknik Informasi) merupakan dua program studi yang saat ini paling banyak diminati. Hal ini mungkin memang disebabkan karena perkembangan teknologi, terutama komputer yang berkembang sangat pesat, sehingga banyak peminat pada kedua program studi tersebut. Namun demikian, saat ini memang banyak yang bingung akan pilihan program studi yang akan diambil, harus pilih SI atau TI? Kebanyakan orang merasa bingung akan SI dan juga TI karena belum paham betul dengan focus utama dari kedua masing – masing program studi tersebut. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya dalam memilih program studi Si atau TI :

ads

Perbedaan SI dan TI

Tentu saja, kedua program studi SI dan juga TI memiliki perebedaan. Perbedaan antara program studi SI dan juga TI ini mungkin akan memberikan pencerahan bagi anda para pembaca untuk memperoleh keputusan, harus pilih SI atau TI. Apa saja perbedaan antara kedua program studi tersebut? Berikut ini adalah beberapa perebedaan antara kedua program studi tersebut :

  1. Dari fakultas yang menyediakan program

Apabila kita lihat dari fakultas yang menyediakan program, maka SI dan juga TI ini jelas berbeda. SI atau sistem informasi merupakan program studi atau jurusan yang bernaung dibawah fakultas Ilmu Komputer atau FILKOM. Pemilihan program studi ini berdasarkan kebanyakan Universitas yang menempatkan SI. Hampir semua universitas memasukkan SI atau Sistem Informasi ini ke dalam fakultas ilmu komputer atau fakultas Komputer.

TI aau teknik informatika (sering dikenal juga degan teknologi informasi dan juga IT) merupakan program studi alias prodi yang bernaung di bawah fakultas teknik atau juga beberapa universitas menempatkan program studi atau jurusan TI ini di dalam fakultas teknik Industri.

Nah, dari fakultas yang ada, maka kita sudah melihat bahwa SI dan juga TI ini bernaung di bawah fakultas yang berbeda, yaitu fakultas ilmu komputer dan fakultas Teknik / teknik industry.

(baca juga : Keuntungan Kuliah Jurusan Teknik Informatika – Daftar Mata Kuliah Teknik Informatika)

  1. Gelar Sarjana yang dimiliki

Perbedaan berikutnya antara SI dan juga Ti adalah gelar sarjana yang akan diperoleh lulusannya nanti. SI atau sistem informasi, yang bernaung di bawah fakultas ilmu komputer atau FILKOm pada kebanyakan Universitas, para lulusannya akan mendapatkan gelar S.Kom atau S.Si. S.Kom merupakan kependekan dari sarjana komputer, sedangkan S.Si adalah kependekan dari Sarjana Sistem Informasi. Perbedaan ini tergantung dari kebijakan program studi dalam menyelenggarakan program studi Sistem Informasi.

Sedangkan untuk program studi TI, lulusannya akan memperoleh gelar sebagai S.T alias Sarjana Teknik, karena TI merupakan program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik atau Fakultas Teknologi.

(Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Matrikulasi – Kampus IT terbaik Di Indonesia)


  1. Kompetensi yang dimiliki oleh lulusannya

Berdasarkan kompetensi yang dimilki oleh para lulusannya, ada beberapa perbedaan yang bisa kita lihat dari SI dan juga TI.

Kompetensi dari lulusan SI

Kompetensi dari lulusan SI, kurang lebihnya adalah sebagai berikut :

  • Pemahaman dalam pengembangan dan juga maintenance sistem informasi
  • Pengembangan sistem informasi
  • Implementasi dan pembuatan sistem informasi
  • Dasar – dasar pemrograman
  • Pengembangan perangkat lunak
  • Database (Baca juga : Komponen Database – Fungsi Database)

Kompetensi Lulusan TI

Berikut ini adalah beberapa contoh kompetensi yang biasa dimilki oleh lulusan TI :

  • Desain grafis dan desain pemrograman serta desain web
  • Pemrograman
  • Pengembangan dan pembuatan aplikasi atau software
  • Maintenance aplikasi
  • Database
  • Bahasa pemrograman
  • Sistem operasi (Baca juga : Fungsi Sistem Operasi)
  1. Wilayah kerja dan penempatan pekerjaan

Perbedaan antara SI dan juga TI berikutnya juga bisa kita lihat dari wilayah kerja dan juga penempatan, meskipun secara praktisnya, antara lulsan TI dan juga lulusan SI bisa saling berkontribusi dalam bidang pekerjaan yagn sama. Namun demikian, lulusan SI atau sistem informasi ini biasanya wilayah kerjanya lebih terfokus pada pengembangan sistem, implementasi sistem informasi, dan juga maintenance sistem informasi.

Sedangkan lulusan TI atau teknik informatikan / teknologi informasi biasanya penempatan dan wilayah kerjanya lebih banyak kepada pemrograman, pengembangan dan pembuatan aplikasi atau software, serta banyak pula yang bekerja pada pengembangan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

  1. Fokus utama dari program studi

Perbedaan dari SI dan juga TI berikutnya juga bisa kita lihat dari focus utama dari program studi. Apabila kita lihat dari nama program studinya, maka kita bisa menyimpulkan, bahwa program studi SI memilki focus utama pada pengembangan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan SIstem Informasi, dimana pemrograman dan perangkat lunak menjadi focus tambahan.

Sedangkan untuk TI, sesuai namanya, focus utama dari program studi ini adalah pengembangan mengenai teknologi informasi, dimana kebanyakan berfokus pada pemrograman dan pengemabngan aplikasi dan perangkat lunak, dan disertai penambahan kompetensi mengenai sistem informasi.

  1. Mata kuliah yang diajarkan

Perbedaan lainnya yang bisa kita lihat antara SI dan juga TI adalah dari mata kuliah yang diajarkan.

Program studi SI atau sistem informasi ini lebih banyak memberikan mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan sistem. Mata kuliah lainnya yang juga termasuk di dalam program studi Si ini adalah manajemen, bisnis, dan berbagai mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan arus informasi berbasis sistem.

Sedangkan program studi TI ini mata kuliah yang diajarkan kebanyakan merupakan mata kuliah yang bersifat teknis, seperti Perhitungan, fisika, kimia, matematika, bahasa pemrograman, rekayasa perangkat lunak, pengolahan grafis, pengolahan citra, dan semua mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi atau software komputer. Karena itu, program studi TI mewajibkan calon mahasiswanya adalah lulusan SMA dari jurusan IPA, sehingga dapat mengikuti mata kuliah yang ditawarkan dengan baik dan juga lancar, dan masih berada dalam satu kontinum keilmuan.

(Baca juga : Teknologi Digital dalam Fisika – Fungsi Algoritm)

Persamaan SI dan TI

Nah, meskipun memiliki perbedaan, namun program studi Si dan juga TI ini juga memiliki beberapa persamaan. Berikut ini adalah beberapa persamaan dari program studi SI dan TI

  1. Sama sama merupakan program studi yang berkaitan dengan komputerisasi
  2. Sama – sama mempelajari mengenai bahasa pemrograman komputer
  3. Sama – sama mempelajari sistem basis data
  4. Sama – sama mempelajari mengenai sistem matematika lanjut, seperti aljabar, kalkulus dan juga matematika diskrit

Jadi, Pilih SI atau TI?

Nah, mungkin bagi anda masih bingung harus memilih program studi Si atau program studi TI. Untuk memilih diantara kedua pilihan tersebut, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda pelajari untuk memilih SI atau TI :

  1. Apabila anda lebih senang dengan pemrograman dan juga pengembangan dari software dan juga aplikasi, maka lebih baik anda akan memilih TI dibandingkan dengan SI
  2. Apabila anda lebih tertarik dengan ilmu manajemen dan proses bisnis yang diaplikasikan ke dalam sebuah sistem, maka anda lebih baik memilih program studi SI
  3. Apabila anda memang bercita – cita menjadi seorang programmer, maka lebih baik memilih program studi TI dibandingkan dengan SI
  4. Kemampuan pemahaman dan juga analisis lebih banyak dibutuhkan di dalam program studi SI, karena berhubungan dengan fungsi manajemen dan juga fungsi penyampaian informasi, jadi apabila anda memang senang dengan kemampuan pemahaman dan juga analisis informasi, maka SI merupakan program studi yang cocok bagi anda
  5. Apabila anda adalah individu yang juga menyenangi desain grafis, namun juga ingin mempelajari mengenai ilmu kompute dan pemrograman, maka anda bisa memilih program studi TI dibandingkan dengan SI.
  6. Beberapa Universitas masih memperbolehkan lulusan SMA IPS untuk masuk ke dalam program studi Sistem Informasi, sedangkan untuk masuk ke dalam program studi TI, wajib IPA, karena harus mempelajari tentang ilmu fisika dan juga kima, yang tidak diperoleh pada program studi Sistem Informasi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 06:37 Oleh :
Kategori : Kuliah IT