Peluang Kerja Teknik Komputer Jaringan bagi Siswa SMK

Ilmu mengenai dunia komputer bisa kamu dapatkan di mana saja. Perkembangan komputer dan juga semakin mudahnya masyarakat dalam mendapatkan akses internet, telah memudahkan siapapun mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Berbicara mengenai ilmu komputer, salah satu SMK terdapat jurusan yang khusus belajar mengenai seluk beluk dunia komputer. Jurusan itu bernama Teknik Komputer dan Jaringan atau biasa disingkat TKJ.

ads

TKJ adalah salah satu jurusan yang cukup diunggulkan dalam berbagai sekolah di SMK. Pada umumnya, TKJ adalah jurusan yang lebih fokus pada mempelajari dan memahami hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Mulai dari komponen-komponen yang digunakan pada komputer sampai kepada jaringan-jaringan yang digunakan pada komputer.

Jika dilihat lebih mendalam, kelebihan-kelebihan memilih jurusan TKJ adalah sebagai berikut.

  • Lebih paham dengan proses informasi pada jaringan komputer

Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini kita sudah berada di zaman perkembangan komputer dan juga perkembangan jaringan komputer yang sudah maju. Saat ini, kita sudah hampir melakukan aktivitas hanya dengan menggunakan smartphone saja. Contohnya, berbelanja, memesan makanan, jasa kurir, dan lain-lain. Dengan mempelajari ilmu Teknik Komputer dan Jaringan, maka para siswa dapat memahami jalannya sistem informasi menggunakan komputer.

  • Dapat membuat dan mengembangkan aplikasi

Dengan mempelajari Teknik Komputer dan Jaringan, siswa-siswa diharapkan dapat membuat serta mengembangkan sebuah aplikasi. Banyaknya faktor pendukung di dalam pembuatan aplikasi seperti akses jaringan yang mudah didapatkan, banyaknya forum-forum atau komunitas di dalam pembuatan aplikasi menjadikan siapapun dapat membuat aplikasi, termasuk siswa-siswi SMK.

  • Dapat merakit dan memperbaiki perangkat komputer

Tidak hanya untuk disiapkan dalam membuat aplikasi, siswa yang belajar Teknik Komputer dan jaringan pun dipersiapkan untuk dapat merakit serta memperbaiki perangkat komputer. Nantinya, para siswa akan diajari apa saja komponen-komponen komputer dan juga apa saja kerusakan-kerusakan yang umum terjadi pada komputer. Dengan begitu, siswa akan mengetahui komponen mana yang mengalami kerusakan dan bagaimana cara memperbaikinya.

Setelah kita mengetahui apa saja kelebihan dalam mempelajari Teknik Komputer dan Jaringan, kini kita akan bahas apa saja peuang kerja untuk siswa yang mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan berikut ini.

  • Administrator Jaringan

Saat ini kebutuhan perusahaan akan administrator jaringan cukup tinggi. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi yang mengharuskan adanya  orang yang ahli pada bidang ini. Administrator jaringan atau Networ administrator sendiri merupakan suatu pekerjaan yang lebih fokus pada pemeliharaan bagian hardware dan juga software pada komputer.Pada umumnya, sebuah perusahaan yang sudah menggunakan sistem komputer sangat membutuhkan adanya  adminitrator jaringan sebab permasalahan biasanya selalu muncul pada bagian jaringan. Oleh karena itu, bagi yang lulusan Teknik Komputer dan Jaringan sangat cocok untuk tugas yang satu ini.

Pada umumnya, sebuah perusahaan yang sudah menggunakan sistem komputer sangat membutuhkan adanya  adminitrator jaringan sebab permasalahan biasanya selalu muncul pada bagian jaringan. Oleh karena itu, bagi yang lulusan Teknik Komputer dan Jaringan sangat cocok untuk tugas yang satu ini.

  • Servis komputer

Jika tidak dapat bekerja untuk perusahaan, maka siswa lulusan Teknik Komputer dan jaringan pun dapat meciptakan lapangan sendiri. Salah satu contohnya adalah membuka usaha servis komputer. Seperti yang sudah disinggung pada bagian awal jika saat ini sudah banyak usaha-usaha yang lebih banyak menggunakan komputer sebagai alat penunjang. Maka dari itu, ketika terjadi masalah pada komputer, kebutuhan seseorang yang ahli dalam memperbaiki komputer pun pasti banyak. Di sinilah peluang kerja dalam memperbaiki atau servis komputer sangat besar.

  • Membuka usaha warung internet

Kebutuhan akan jaringan internet di indonesia juga sangat tinggi. Maka dari itu keberadaan warung internet atau warnet juga dibutuhkan banyak orang, terutama untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Berbeda dengan zaman awal tahun 200-an yang belum begitu dibutuhkan, sekarang hampir setiap daerah memiliki warnet. Selain untuk alasan mencari tugas-tugas kuliah dan sekolah, keberadaan warnet juga dibutuhkan oleh para gamer yang menggunakan sistem online.

  • Membuka konsultan IT

Bagi siswa yang sudah mahir dalam dunia komputer, dia dapat membuka usaha dengan membuat atau bekerja di konsultan yang bergerak di dalam bidang IT. Konsultan IT lebih banyak mengambil proyek dari berbagai macam perusahaan, baik itu perusahaan swasta maupun perusahaan negeri. Banyak hal yang dapat dilakukan ketika masuk di dunia konsultan IT. Mulai dari pembuatan aplikasi dan software, sampai bagian pemeliharaan suatu aplikasi maupun software.

  • Bekerja di perusahaan khusus IT

Lulusan dari Teknik Komputer Jaringan juga dapa bekerja di perusahaan-perusahaan yang berfokus pada IT dan juga bagian jaringan komputer.Banyak pekerjaan yang melibatkan anak SMK seperti pemeliharaan komputer, server dan juga pemasangan jaringan.

Itulah beberapa peluang kerja Teknik Komputer Jaringan bagi siswa SMK. jika lulusan Teknik Komputer Jaringan ingin lebih memperdalam lagi, mereka bisa untuk melanjutkan kuliah di universitas jurusan teknik informatika. Banyak kampus IT terbaik di Indonesia yang dapat mereka pilih sehingga para siswa SMK dapat memperdalam ilmunya kembali. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk semua.

, , ,