Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat dan Generasinya

Komputer, sebuah mesin canggih yang sudah membantu umat manusia sejak lama. Komputer sendiri adalah sebuah alat yang digunakan sebagai pengolah data karena adanya suatu perintah. Pada awalnya, komputer diberikan kepada seseorang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmetika. Bisa itu menggunakan alat bantu maupun tidak. Akan tetapi, pengertian komputer menurut para ahli mengalami perubahan makna yang lebih ke arah mesin. Komputer juga awalnya digunakan hanya unuk mengolah beberapa permasalahan yang berhubungan dengan aritmetika. Sekarang, komputer bisa dijadikan berbagai macam fungsi seperti hiburan, mengolah data, alat transaksi, media pengawas, dan lain-lain.

ads

Sejarah Komputer

Awal pertama kalinya komputer diciptakan ada pada tahun 1822. Saat itu, ada sebuah alat yang diciptakan oleh seorang ahli matematika yang bernama Charles babbage. Dia menciptakan sebuah alat yang dapat menghitung sebuah tabel matematika. Sekitar tahun 1833, Charles mulai mengembangkan mesinnya dengan fitur yang lebih canggih dan juga lebih ramah untuk masyarakat umum. Mesin itu dinamakan Analytical Machine.

Alat tersebut juga bisa dipakai untuk menghitung berbagai hal. Sejak saat itu, alat itu dikenal sebagai Digital Purpose Computer. Berkat alat ciptaan Charles Babbage, banyak orang yang terbantu terutama untuk aktivitas yang berhubungan dalam menghitung. Oleh Sebab itu, Charles Babbage dijuluki sebagai “Bapak Komputer”.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1937, Prof Howard Alkem dari Havard University mencoba memberikan masukan agar komputer dapat melakukan tugas secara mekanik. Berkat Perusahaan IBM, perangkat komputer dapat dibuat secara elektronik. Sehingga komputer tersebut diberi nama Harrard Tandai I Kalkulator pengontrol berurutan otomatis atau bisa juga disebut ASCC sekitar tahun 1944.

Komputer Pertama

Penyerangan yang disebabkan perang dunia kedua, beberapa negara yang terlibat di dalamnya berusaha memajukan komputer untuk dapat mengeksploitasi potensi-potensi yang fleksibel pada komputer. Hal tersebut meningkatkan pendanan dalam pengembangan komputer. Dengan begitu, secara tidak langsung hal tersebut mempercepat kemajuan teknik komputer.

Pada tahun 1943 Inggris menyelesaikan kompouter pemecah kode rahasia yang diberi nama Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Akan tetapi Colossus tidak didesain untuk sebagai komputer serba guna sehingga akhirnya komputer ini tidak digunakan lagi setelah perang dunia kedua selesai.

Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, transistor diciptakan. Hal tersebut memengaruhi perkembangan komputer. Transistor dibuat untuk menyalakan televisi, radio, dan juga komputer. Dengan begitu, ukuran mesin listrik menjadi berkurang. Transistor pada komputer muali digunakan sekitar tahun 1956.

Mesin pertama yang menggunaka teknologi transistor adalah superkomputer. Superkomputer yang dibuat oleh IBM bernama Stretch. Sedangkan Sprery-Rand menciptakan komputer yang disebut LARC. Komputer tersebut dikembangkan untuk keperluan atom energi laboratorium.

Pada komputer generasi kedua, sudah mulai muncul Bahasa pemrograman yang muncul adalah Common Business-oriented Language atau disingat (COBOL) dan juga Formula Translator (FORTRAN).Bahasa pemrograman ini memungkinkan seseorang dapat memprogram komputer. Dengan adanya bahasa pemrograman ini, mulai muncul pekerjaan yang baru di bidang programmer, analisis sitem, dan juga pakar sistem komputer.

Komputer Generasi Ketiga

Meskipun sudah ada konsep transistor, akan tetapi konsep ini memiliki kelemahan yakni mengeluarkan suhu yang panas. Hal tersebut dapat merusak komponen di dalam komputer. Oleh sebab itu, seorang insinyur dari Texas Instrument yang bernama Jack Killby mengembangkan sirkuit terpadu atau disingkat IC pada tahun 1958.

Setelah terciptanya IC, penemu juga berhasil memasukan berbagai macam komponen lagi ke dalam chip yang nantinya disebut semikonduktor. Hasil yang didapat adalah komputer menjadi lebih kecil sebab komponen dipadatkan ke dalam chip.  Komputer generasi ketiga mulai menggunakan sistem operasi sebagai mesin untuk melakukan berbagai program.

Komputer Generasi Keempat

Perkembangan komputer terus mengalami kemajuan, Pihak penemu terus membuat teknologi yang lebih halus, ukuran lebih kecil, dan juga hemat listrik. Pada tahun 1971, Intel membuat chip yang dapat meletakkan semua komponen komputer seperti pusat pemrosesan data, penggunaan memori dan juga konrol input maupun output ke dalam chip yang lebih kecil.


Di generasi keempat inilah komputer tidak hanya digunakan untuk keperluan kantor saja, namun juga dapat digunakan oleh masyarakat umum. Pada tahun 1980-an, konsol video game mulai didistribusikan oleh Atari yakni Atari 2600. Hal tersebut sekaligus mempromosikan penggunaan komputer yang ramah untuk kalangan umum. Sehingga, pada tahun 1981, IBM juga mempromosikan PC  yang mudah dipakai pleh orang awam.

Pada generasi ini juga komputer yang lebih kecil lagi dibuat, yakni laptop. Selain itu, Sistem operasinya pun sudah banyak perkembangan. Mulai dari Intel yang terus memproduksi seri pentium I sampai Pentium IV. Begitu juga dengan pesaing Intel yakni AMD, Athlon, dan lain-lain.

Seiring dengan makin banyaknya komputer kecil, Jaringan internet pun mulai dibuat dan cukup populer digunakan oleh komputer. Contohnhya penggunaan komputer dengan komputer menggunakan kabel LAN atau menggunakan kabel telepon.

Komputer Generasi Kelima

Pada generasi kelima ini perkembangan komputer terus mengalami kemajuan yang cukup pesat. Pada generasi ini mulai dikembangkan teknologi layar sentuh, Teknologi komputer yang lebih mini lagi pada sebuah smartphone, bahkan jam tangan pun juga sudah bermunculan yang menggunakan teknologi komputer. Pada generasi ini Sistem Operasi Android mulai dikenal pada perangkat smartphone. Perkembangan Komputer masih akan terus berlanjut sampai nanti menjelang generasi keenam yang nantinya Teknologi AI atau Artifical Intelegence akan menjadi primadona di dunia komputer.

Itulah sejarah perkembangan komputer secara singkat. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kamu semua.

, , ,