Komputer Generasi Kelima – Pengertian, Komponen dan Contohnya

Teknologi komputer terus berkembang dari generasi ke generasi. Setiap generasi komputer memiliki perbedaan dalam cukup banyak hal, salah satunya dalam hal komponen. Komputer generasi pertama menggunakan Tabung Hampa (Vacum Tube), komputer generasi kedua berbasis Transistor, komputer generasi ketiga berbasis IC (Integrated Circuit), komputer generasi keempat berbasis mikroprossesor VLSI  ( Very Large Scale Integration), dan komputer yang dewasa ini digunakan, yaitu komputer generasi kelima berbasis mikroprosessor ULSI (Ultra Large Scale Integration).

ads

Hingga saat ini perkembangan komputer masih terus berjalan. Perbaikan dan pengembangan teknologi komputer masih terus dilakukan. Inovasi-inovasi dalam berbagai sisi komputerpun masih terus diciptakan. Mungkin saat ini kita merasa teknologi yang kita miliki sudah sangat canggih dan memenuhi apa yang kita perlukan. Namun ditempat lain, para ilmuwan dan semacamnya masih belum puas dan terus melakukan percobaan-penelitian untuk menghasilkan teknologi yang lebih canggih lagi. Mungkin tak lama lagi komputer generasi keenam akan muncul menggantikan teknologi komputer saat ini.

Saat ini kita hidup di jaman dimana komputer generasi kelima sedang digunakan. Sebuah generasi dimana komputer digunakan secara luas di seluruh dunia dan dimiliki oleh milyaran pengguna. Bahkan sebagian besar keluarga menengah keatas di seluruh dunia minimal memiki sebuah komputer di rumahnya. Walau memang belakangan penggunaan komputer sedikit bergeser dengan adanya smartphone, namun jumlah pengguna komputer masih sangat besar. Pada artikel kali ini dosenIT akan membahas seputar komputer generasi kelima.

Baca juga

1. Pengertian dan perkembangan Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima merupakan komputer yang mulai mengunakan mikroprosessor dengan teknologi ULSI. Teknologi yang memungkinkan pemadatan 10 juta komponen didalam sebuah mikroprocessor. Komputer ini mulai berkembang sejak tahun 1980 hingga saat ini. Ciri lain komputer generasi kelima adalah penggunaan parallel processing (pemrosessan secara parallel) dan Artificial Intelegence (Kecerdasan Buatan).

Dengan parallel processing komputer akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pemrosesan yang sangat banyak dengan lebih cepat. Sebab menggunakan beberapa buah processor yang  dapat bekerja bersamaan secara parallel. Untuk Kecerdasan buatan (AI) pada generasi kelima ini masih dalam tahap permulaan (AI tingkat rendah), belum digunakan secara maksimal karna masih dalam tahap pengembangan. Contoh kecerdasan buatan yang ada saat ini misalnya ‘face recognition’ yang digunakan pada kamera atau progam editing foto (baca juga: bahaya virus komputer).

Dalam segi bentuk, komputer generasi keenam masih mirip dengan komputer generasi keempat. Terdiri dari monitor untuk menampilkan display, CPU (Central Pricessing Unit) dimana berbagai hardware inti komputer di simpan, serta keyboard dan mouse sebagai alat input. Semuanya berbentuk fisik, namun memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan. Selain itu dalam hal kecanggihan, pada komputer generasi kelima telah muncul komputer dengan layar sentuh. Sehingga meskipun tanpa keyboard ataupun mouse sekalipun, kita dapat menginput data ke dalam komputer dengan mudah.

Dalam hal bahasa pemograman, masih menggunakan bahasa tingkat tinggi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia (baca juga: cara mengubah bahasa di laptop). Muncul juga bahasa-bahasa pemograman baru, hasil pengembangan bahasa pemograman sebelumnya yang lebih mudah dimengerti dan lebih praktis. Namun tetap masih berupa bahasa tingkat tinggi. Untuk generasi kedepan, dengan semakin berkembangnya kecerdasan buatan, tidak mustahil akan muncul komputer tanpa program (programless computer).

Performa komputer generasi kelima juga sudah jauh meningkat dibanding komputer generasi sebelumnya. Dengan parallel komputer serta teknologi superkonduktor yang dapat mengalirkan informasi elektronik tanpa hambatan dalam kecepatan tinggi, efisiensi dan efektifitas kinerja komputer semakin meningkat. Kualitas grafis yang ditampilkan juga semakin baik. Kapasitas penyimpanan, baik hardiak internal maupun eksternal, mencapai ukuran terrabyte. Kapasita RAM pun semakin besar, memungkinkan kinerja komputer yang semakin baik (baca juga: fungsi virtual memory)..

Baca juga:

2. Komponen Komputer Generasi Kelima

Beberapa komponen yang mencirikan komputer generasi kelima antara lain:

  • Teknologi ULSI (Ultra Large Scale Integration), yang memungkinkan pemadatan hingga 10 juta komponen didalam sebuah mikroprocessor.
  • Artificial Intelegenca (AI) atau kecerdasan buatan. Komputer generasi kelima telah memanfaatkan AI, meskipun masih dalam tingkat rendah.
  • Parallel Processing, penggunaan lebih dari satu prosessor yang dapat bekerja bersama secara parallel.
  • Teknologi Superkonduktor (superconductor), yang memungkinkan aliran informasi dengan kecepatan tinggi.
  • Interface yang lebih user friendly. Misalnya mouse dengan sensor optik, mouse tanpa kabel (wireless), serta mouse sensorik. Monitor dengan layar sentuh juga telah banyak beredar di pasaran belakangan ini.
  • Hardware komputer yang lebih kecol, compact, ringan, dan relatif lebih murah namun tentunya lebih canggih.
  • Mulai dikembangkan natular language understanding; pengembangan teknologi yang memungkinkan komputer untuk dapat mengerti bahasa manusia.

Baca juga:

3. Contoh Komputer Generasi Kelima

Tipe komputer generasi kelima meliputi komputer desktop, Laptop, NoteBook, UltraBook, dan ChromeBook. Komputer yang diciptakan pada generasi kelima menggunakan arsitektur processor mikro x86 sebagai standart hingga saat ini.

  • IBM PC 5150

IBM PC adalah sebutan untuk komputer buatan IBM. IBM PC 5150 merupakan  komputer pribadi pertama yang dibuat secara masal oleh IBM. Diluncurkan pada 12 Agustus 1981, IBM PC 5150 dibekali prosesor 16-bit Intel 8088, power supply 63.5W, serta memori berukuran 64 KB. Media penyimpanan berupa floppy disk drive 5.25 inci dengan kapasitas 320 KB atau 360 Kb  (baca juga: cara mencegah cybercrime).

IBM PC memiliki ROM yang dilengkapi dengan interpreter bahasa Microsoft Cassette BASIC. Sehingga jika tidak ada sistem operasi yang dimuat, pengguna dapat melakukan pemrograman sendiri. ROM pada IBM PC 5150 juga dilengkapi dengan fungsi POST (Power-on Self Test), sehingga sistem akan melakukan pengecekan terlebih dahulu pada saat booting.

  • BM 5140 PC Convertible (laptop)

IBM 5140 PC Convertible merupakan laptop pertama yang dipasarkan oleh IBM pada  tanggal 2 April 1986. Laptop ini kurang sukses dipasaran karena kalah saing dengan produk lain yang memiliki kapasitas media penyimpanan yang lebih besar, processor yang lebih cepat, serta ukuran dan harga yang lebih murah. IBM 5140 tersedia dalam dua model/

  • Macintosh 128k

Macintosh merupakan komputer yang diproduksi oleh Apple. Macintosh 128k merupakan komputer pertama Apple, Inc yang diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984. Komputer ini juga merupakan komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka dalam tampilan grafis (GUI). Selain CPU, Mac 128k dilengkapi juga dengan monitor CRT berukuran 9 inchi, serta keyboard dan mouse.

Kelebihan dari Mac adalah bahwa selain memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras; Apple juga menyediakan sistem operasinya. Jadi, alih-alih mengjual komputer kosong – tanpa sistem Operasi seperti IBM-PC, Apple menjual komputer yang telah memiliki sistem operasi terinstal di dalamnya. Berbeda dengan produsen lain, Apple secara ekslusif membuat perangkat keras komputer dan perangkat lunaknya, juga mengatur desain serta harganya.

  • MacBook

Macbook merupakan seri komputer jinjing Macintosh dari Apple. Macbook pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006. Macbook menggunakan processor core 2 Duo, dan merupakan transisi PowerPC ke Intel. Casing macbook yang tipis dan bobotnya yang ringan namun memiliki performa yang baik serta daya tahan baterai yang cukup tahan lama menjadikan Macbook sebagai komputer keluaran apple yang paling laris hingga hari ini.

Baca juga:

Selain 4 komputer diatas, masih banyak lagi contoh komputer generasi kelima. Misalnya komputer-komputer yang menggunkakan processor intel Pentium 1 hingga Pentium 4, atau keluaran terbaru saat ini, menggunakan intel i7. Sekian artikel mengenai komputer generasi kelima ini. sebagai referensi tambahan mengenai komputer generasi kelima anda juga bisa membaca  ciri komputer generasi kelima dan kelebihan dan kekurangan komputer generasi kelima. Semoga bermanfaat. ^^

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 18:04 Oleh :