Inilah 5 Perbedaan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi yang Gak Banyak Dipahami

Teknologi komputer dan juga teknologi komunikasi pada saat ini sudah seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Semenjak perkembangan dunia komputer dan dunia komunikasi terus-menerus berkembang. Makna dari teknologi komputer dan juga teknologi komunikasi juga mengalami hal yang sama.

ads

Mungkin saat ini masyarakat awam masih belum bisa membedakan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi. Hal itu disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat dan juga kurangnya sosialisasi mengenai salah satu ilmu ini di sekolah-sekolah. Padahal ada perbedaan yang mencolok pada kedua ilmu ini. Bahkan salah satu fakultas dalam perguruan tinggi pun menggunakan singkatan TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi, berikut pemaparannya.

  • Dari sisi definisi

Teknologi Komputer

Jika mengambil dari pengertiannya, maka definisi dari teknologi komputer (atau sekarang lebih dikenal dengan teknologi informasi) memeiliki banyak arti sebagai berikut.

  • Teknologi Informasi merupakan sebuah studi yang menggunakan peralatan elektronika khususnya komputer untuk menganalisis, menyimpan dan mendistribusikan informasi, baik itu kata-kata, angak atau juga gambar (Kamus Oxford, 1995).
  • Teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang fungsinya adalah membantu pekerjaan yang berhubungan dengan informasi serta tugas-tugas yang berhubungan langsung dengan proses informasi. (Haaq dan Keen, 1996).
  • Teknologi informasi merupakan segala aspek teknologi yang diaplikasikan agar dapat memroses serta mengirimkan berbagai informasi yang sifat elektronik (Lucas, 2000).
  • Teknologi Informasi merupakan teknologi yang merupakan gabungan komputasi dengan berbagai jalur komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi sambil membawa data, suara dan juga video. (William & Sawyer, 2003).

Teknologi Komunikasi

Sedangkan pada teknologi komunikasi, definisinya adalah sebuah perangkat keras di dalam sebuah struktur organisasi yang memiliki nilai-nilai sosial. Nantinya perangkat keras tersebut dapat mengumpulkan, memroses, serta saling tukar menukar informasi bersama individu-individu yang lain.

  • Sisi alat yang digunakan

Teknologi Komputer

Pada teknologi komputer, tentu sudah jelas alat yang digunakan adalah sebuah perangkat komputer. Selain komputer, alat lain yang dapat masuk dalam kategori teknologi komputer adalah kalkulator, laptop, dan jam.

Teknologi Komunikasi

Pada teknologi komunikasi, alat-alat yang digunakan adalah alat-alat sering digunakan untuk komunikasi dan juga transfer sebuah file. Contohnya, surat, telepon, radio, ponsel, televisi, faksmile, walkie talkie, dan mic.

  • Sisi fungsi

Teknologi Komputer

Fungsi dari adanya teknologi komputer adalah untuk menciptakan atau membuat sebuah program komputer yang nantinya dapat mengahsilkan seseuatu. Contohnya, program microsoft word, microsoft word sendiri adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk membuat sebuah dokumen. Dengan adanya aplikasi ini, pembuatan suatu tulisan menjadi lebih mudah dan juga cepat. Contoh lainnya adalah web browser. Diciptakannya web browser adalah untuk memudahkan para pengguna agar dapat menjelajah dunia internet.


Teknologi komunikasi

Fungsi dari adanya teknologi komunikasi adalah untuk memudahkan individu satu dengan individu yang lainnya agar dapat menjalin komunikasi yang lebih baik meskipun terpisahkan oleh jarak. Contohnya surat. Dengan adanya surat, orang yang satu dapat menjalin hubungan meskipun terpisahkan jarak yang lumayan jauh. Contoh lainnya adalah telepon dan ponsel. Fungsi utama dengan diciptakannya telepon dan ponsel juga sama dengan surat. Hanya saja , dengan menggunakan telepon dan ponsel, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi jauh lebih cepat dibandingkan surat.

Simpulan

Jika ditarik sebuah simpulan, teknologi komputer atau juga disebut teknologi informasi ini lebih banyak menitikberatkan pada hasil yang dapat diperoleh dari perangkat komputer yang ada sedangkan pada teknologi komunikasi, lebih menitikberatkan pada bagaimana data atau perangkat ini dapat tersampaikan antara orang satu ke orang lain.

Meskipun teknologi komputer dan teknologi komunikasi memiliki perbedaan yang cukup sigmifikan, akan tetapi tidak bisa dipungkiri saat ini kedua ilmu tersebut sudah tidak dapat dipisahkan jika kita meniliki zaman sekarang. Cobalah kita lihat perekembangan dunia komputer dan dunia komunikasi. Sekarang komputer dan ponsel sudah bergabung menjadi sebuah smartphone.

Meskipun dulu juga sudah ada teknologi ponsel yang digabung dengan sistem komputer, namun hal itu hanya oleh kalangan tertentu saja. Ditambah lagi, penghubung antara komputer dan komunikasi juga tidak terlepas dari satu media yakni internet.

Dengan mulai meluasnya perkembangan jaringan internet di dunia, kini komputer dan juga komunikasi sudah benar-benar tidak dapat dipisahkan. Munculnya media sosial merupakan contoh gabungan fungsi teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan. Aplikasi yang dibuat merupakan perkembangan teknologi komputer sedangkan cara dalam berkomunikasi menggunakan media sosial merupakan perkembangan teknologi komunikasi.

Perkembangan smartphone juga merupakan contoh gabungan dari manfaat perkembangan teknologi komputer dan juga komunikasi. Dari sisi komputer, smartphone dapat membuat program-program yang tidak kalah dari komputer seperti mengedit gambar, video, dan juga audio. Namun sisi lainnya, smartphone juga dari sisi teknologi komunikasi dapat digunakan sebagai alat untuk  menjalin hubungan jarak jauh seperti telepon, pesan instan, dan juga mengirim email. Semoga artikel ini memberikan informasi yang banyak untukmu.

, ,