8 Contoh Komputer Generasi Keempat Berserta Ciri-Cirinya

Komputer Generasi Keempat adalah kelanjutan dari Komputer Generasi Ketiga. Generasi keempat ini mulai dibuat sekitar tahun 1971. Awal mula generasi keempat ini datang ketika diemukannya sebuah mikroprosesor yang menggunakan teknologi VLSI. VLSI adalah singkatan dari Very Large Scale Integration. VLSI ini pertama kali diperkenalkan oleh Intel sekitar tahun 1971. Penemunya sendiri bernama Ted Hoff yang merupakan ilmuwan dari Intel sendiri.

ads

Sebelum ke contoh-contohnya, alangkah lebih baik untuk melihat dulu apa saja ciri-ciri komputer generasi keempat berikut ini

  1. Menggunakan mikroprosessor yang menggunakan teknologi VLSI
  2. Harga yang terbilang lebih murah dibandingkan beberapa generasi sebelumnya
  3. Ukurannya jauh lebih kecil dan juga terlihat solid
  4. Dapat dihubungkan dengan jaringan Internet
  5. banyak menggunaan Sistem Operasi MS-Dos dan juga MS Windows
  6. Mulai diproduksinya komputer untuk pribadi

Setelah mengetahui ciri-cirinya, kini kita bahas apa saja contoh-contoh Komputer Generasi Keempat berikut ini.

1. IBM PC

IBM PC merupakan komputer pribadi yang dibuat oleh IBM. Komputer ini dibuat sekitar tahun 1981 dan akhirnya berhenti diproduksi pada tahun 1987. Komputer ini menggunakan sebuah prosesor 16-bit dari Intel 8088. Kecepatannya sendiri sebesar 4,77 MHZ. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 63,5 W serta memori yang dipakai sebesar 64KB saja. Media yang digunakan untuk menyimpan data adalah floppy disk yang berkapasitas 320KB sampai 360 KB.

IBM PC sendiri menggunakan ROM yang dilengkapi dengan interpreter bahasa Microsoft Cassette BASIC. Dengan begitu, user bisa melakukan pemrograman. ROM juga dilengkapi dengan berbagai fungsi seperti diagnosa Power-on Self Test atau disingkat POST  sehingga dapat melakukan pengecekan terhadap perangkat keras komputer yang digunakan sebelum dapat bekerja. Hanya saja proses pengecekannya sendiri memakan waktu yang lama yakni sekitar 10 detik.

2. Macintosh

Macintosh atau sering juga disingkat Mac merupakan salash satu jenis komputer yang berbasis pribadi atau PC yang merupakan poduk dari Apple. Macintosh sendiri pertama kali diluncurkan sekitar tahun 1984. Mac juga menjadi komputer pertama yang mengenalkan sistem antar muka melalui grafis atau bisa disebut GUI. Macintosh juga mengenalkan sistem “tangan” pada komputer yang saat ini kta kenal dengan mouse.

3. Altair 8800

Altair 8800 adalah salah satu komputer pribadi yang termasuk ke dalam komputer generasi keempat. Altair sendiri dibuat oleh sebuah perusahaan yang bernama MITS. Saat itu MITS dipimpin oleh Henry Edward Roberts. Awal pembuatan Altair 8800 ini ketika Roberts berkeinginan membuat komputer yang basisnya dari Intel 8080.

Protoypenya sendiri sudah disiapkan sekitar tahun 1974. Ketika itu banyak komputer yang menggunakan Intel 8080 namun banyak juga komputer yang tidak kuat untuk menjalankan program tingkat tinggi seperti BASIC. Sampai akhirnya, Altair 8800 memiliki performa yang kuat untuk dapat menjalankan BASIC. Selain itu, Altair 8800 ini juga didesain untuk dapat menjalankan aplikasi yang digunakan.

4. Commodore 64

Commodore 64 adalah komputer pribadi yang dibuat sekitar tahun 1982. Komputer ini mempunyai pocessor sebesar 1 MHz. Komputer ini juga memiliki fitur lainnya seperti sound chip yang cukup kuat serta grafik yang terbilang baik untuk tahun 1982. Selain itu, Commodore 64 mempunyai RAM komputer sebesar 64kb.

5. Timex Sinclair 1000

Timex Sinclair 1000 atau sering disebut ZX81 adalah komputer pribadi yang dibuat pada tahun 1981. Ukurannya sendir terbilang kecil dengan menggunakan sistem BASIC. Komputer ini memiliki RAM yang hanya 2kb saja. Processornya sebesar 3,25 MHz.


6. Apple II

Selain Mac, Apple juga merilis komputer pribadi lainnya yakni Apple II. Komputer ini dirilis sekitar tahun 1977. Dari segi desain masih tetap sama dengan Apple I hanya saja ada penambahan casing dan juga keyboard. Processor yang digunakan sebesar 1MHz serta RAM sebesar 4kb.

Dengan penambahan slot expansion pada motherboardnya, komputer ini mudah untuk dilakukan kustomisasi. Hebatnya lagi, sistem operasi di komputer ini dapat diatur oleh kita.

7. ZX Spectrum

Setelah kessuksesan ZX81, sekitar tahun 1982 diluncurkan sebuah komputer baru bernama ZX Spectrum. Desainnya mirip dengan ZX81 hanya saja ukurannya lebih kecil. Penambahan pada komputer ini adalah RAM yang mencapai 16kb. Selain itu, sistem operasinya bisa diandalkan dengan penyatuan keyboardnya dengan kesing. Di dataran Inggris, ZX Spectrum sangat laris di masanya bahkan banyak ahli IT dan juga video game dapat dibentuk berkat komputer ini.

8. Tandy TRS -80

Tandy TRS-80 ini adalah komputer pribadi yang dirilis pada tahun 1977. Komputer ini menawarkan RAM sebesar 4 kb, processor sebesar 1,77 MHz serta layar monitor sebesar 12 Inchi. Selain itu, tipe barunya menambahkan sebuah floppy disk, ekstra port serta tambahan memori.

Sistem DOS pada Tandy merupakan OS yang begitu populer yang bernama TRS-DOS. Perlu dicatat kalau MS-DOS adalah OS pertama Microsoft yang mempunyai kesamaan dengan TRS -DOS. Oleh sebab itu, Tandy menjadi salah satu komputer yang sangat laris di zamannya.

Itulah contoh Komputer Generasi Keempat berserta ciri-cirinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

, ,