Aplikasi Android untuk Mencari Sumber Air

Hari demi hari aplikasi android terus menerus diciptakan. Sejak smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dikenal oleh masyaraakat, kini banyak aplikasi-aplikasi yang ditemukan pada Play Store. Dari aplikasi yang berguna sampai aplikasi yang nyeleneh dapat kamu temukan di dalam Play Store.

ads

Aplikasi yang cukup menarik di dalam Play Store adalah aplikasi pencari sumber mata air. Pada dasarnya, aplikasi pencari sumber mata air ini bekerja menggunakan sensor yang ada pada smartphone. Dari segi ukuran pun, aplikasi ini tergolong kecil sehingga tidak memakan banyak RAM smartphone. Kalau kamu ingin tahu, berikut 5 aplikasi android untuk mencari sumber air terbaik.

1. Find Water

Konsep aplikasi ini adalah kamu dapat menemukan sumber air minum serta keprluan lain yang berhubungan dengan air. Di dalam aplikasi ini kamu akan mendapatka pemberitahuan di mana saja lokasi sumber air berada. Tanda jika ada sumber air adalah dengan menggunakan simbol berbentuk air. Jika sudah menemukan tiik sumber air, maka klik saja simbol yang berbentuk air itu, maka kamu akan menemukan alamat lengkapnya.

Selain mempunyai fitur untuk menemukan sumber air, aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk dapat mengurangi sampah plastik, terutama untuk air kemasan. Fitur ini akan memberitahukan kamu lokasi untuk isi ulang air minum dan juga lokasi sumber air yang tidak menggunakan wadah.

Aplikasi ini bisa menjangkau lokasi di seluruh dunia. Hanya saja, sumber air yang mudah ditemukan lebih banyak di daerah perkotaan.

2. Water Detector Simulator

Salah satu aplikasi terbaik dalam menemukan sumber air adalah aplikasi Water Detector Simolator. Selain mencari titik sumber air, aplikasi ini juga dapat menentukan apakah air ini asli ataukah tidak. Dengan menggunakan aplikasi ini, terdapat fitur yang tidak hanya mendeteksi keaslian air, tetapi juga dapat mengetahui berapa dalam sumber air yang ada di tempat tersebut, bagaimana kualitas air yang ada di tempat tersebut, dan juga bagaimana proporsi air di daerah tersebut.

Hal ini disebabkan adanya sensor magnetik yang terdapat di dalam smartphone. Maka dari itu, untuk dapat menggunakan aplikasi ini, smartphone yang dipakai harus memiliki sensor magnetik.

Cara untuk mencari sumber air di daerah yang dituju pertama kamu jalankan aplikasi ini terlebih dahulu. Setelah itu, kamu ikuti jarum sensor yang mendeteksi sumber air. Jika sudah menemukan sumber air yang di cari, kamu dekatkan sensor yang ada pada aplikasi tersebut di area tempat ditemukannya sumber air. Nanti akan muncul informasi-informasi mengenai sumber air yang didapat. Contohnya kedalaman dan kualitas air yang ada.


3. mWater Explorer

mWater Explorer merupakan aplikasi pencari sumber mata air lainnya. Di dalam aplikasi ini, kamu akan menemukan pemetaan air yang berada di wilayah yang kamu tempati. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang hampir sama dengan Water Detector Simulator, yakni adanya informasi lengkap mengenai sumber air yang ditemukan. Contohnya seperti kualitas air yang ada di daerah tersebut dan juga kedalamannya.

Fitur unggulan lain dari aplikasi ini adalah kamu dapat melakukan pemantauan sumber air yang ada di daerahmu. dengan begitu, kamu dapat mengetahui apakah ada penambahan sumber air baru atau tidak.

4. EarthEcho Water Challenge

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang lebih fokus kepada kepedulian masyarakat terhadap sumber air bersih. Aplikasi yang dikelola oleh EarthEcho Internastional ini mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melindungi sumber air yang masih bersih dan segar agar tidak menjadi tercemar oleh sampah maupun limbah.

Keunggulan dalam aplikasi ini adalah informasi yang akurat mengenai air tanah yang ada dalam daerah tersebut. Selain itu, terdapat informasi mengenai kondisi air tanah yang ada di daerah itu. Di dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan foto kondisi sumber airnya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menemukan sumber air yang ditunjukan.

5. mWater Surveyor

mWater Surveyor memiliki kesamaan nama dengan mWater Explorer. Selain memiliki kesamaan dalam menlacak lokasi sumber air dalam daerah tersebut. Aplikasi mWter Surveyor memiliki kelengkapan data yang lebih baik dari mWater Explorer. Di dalam aplikasi ini juga terdapat informasi mengenai sistem air yang digunakan di daerah tersebut, komunitas-komunitas yang peduli sumber air, bahkan sampai informasi  fasilitas-fasilitas yang menunjang sumber air yanglayak dikonsumsi. Ditambah lagi aplikasi ini dapat digunakan pada wilayah di dunia dan sudah mendukung 14 bahasa.

Itulah 5 aplikasi android untuk mencari sumber air terbaik. Kesadaran manusia akan sumber mata air mendorong orang-orang melaukan berbagai cara agar dapat melestarikannya, termasuk dengan memanfaatkan fungsi teknologi dan komunikasi dalam kehidupan. Dengan adanya aplikasi-aplikasi ini, diharapkan masyarakat sekitar lebih peduli lagi. Sebab dengan adanya air bersih dapat mensejahterakan makhluk hidup yang ada di bumi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Andoid