7 Fungsi Perangkat Lunak Sistem Operasi Komputer

Sebagian orang mengenal Android, Apple, Nokia, dan lain-lain. Akan tetapi, beberapa dia antaranya masih ada yang belum bisa membedakan mana nama sistem operasi dan mana nama sebuah merk smartphone.

ads

Contohnya saja yang telah disebutkan di awal. Sebagian orang lebih suka menyebut smartphone dengan android ketimbang menyebutkan merk smartphone tersebut. Padahal sudah sangat jelas bahwa Android adalah salah satu sistem operasi yang digunakan pada smartphone.

Sistem operasi adalah suatu perangkat lunak yang memiliki “kewenangan” dalam mengatur aplikasi dan juga jalannya suatu proses di dalam komputer. Dengan kata lain, tanpa adanya sistem operasi, maka suatu perangkat tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sebab, adanya sistem operasi digunakan sebagai penghubung antara perangkat lunak dan juga perangkat keras sebuah komputer. Oleh sebab itu, Sistem operasi memiliki peran yang sangat penting di dalam dunia komputer.

Selain itu, sistem operasi di dalam komputer memilki  peranan penting lainnya sebagai berikut.

1. Mengoperasikan program dasar komputer

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau salah satu fungsi utama adanya sistem operasi adalah dapat mengoperasikan dasar komputer. Pada dasarnya, sebelum sebuah aplikasi dapat dijalankan, sistem operasi terlebih dahulu “mengecek” apakah aplikasi ini dapat dijalankan pada perangkat atau tidak. Tujuannya adalah agar tidak menimbulkan dampak yang serius pada perangkat.

2. Menjadi pengatur perangkat keras dan lunak

Dengan adanya sistem operasi ini suatu perangkat memiliki “pemimpin” dalam menjalankan sistemnya. Sistem operasi menjamin kalau perangkat keras dan juga perangkat lunak di dalam komputer dapat teratur dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu, dengan adanya sistem operasi ini, fungsi setiap perangkat keras dapat digunakan.

3. Tempat penampung aplikasi dan software

Seperti yang sudah disinggung di awal kalau tanpa sistem operasi, suatu aplikasi maupun software tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Hal tersebut bisa terjadi karena pada dasarnya semua software dan apikasi itu “ditampung” dalam sistem operasi. Jika diibaratkan dengan makanan, aplikasi dan software merupakan sebuah makanan yang tidak mungkin dapat disajikan tanpa piring. Nah, piring tersebut adalah sistem operasi ini.


4. Mengatur Tampilan

Tahukah kamu? Sistem operasi juga mengatur halaman depan komputer yang kamu pakai. Sistem operasi juga bertanggung dalam mengubah perintah yang masuk dari perangkat CPU seperti prosesor ke dalam bentuk yang diinginkan. Contohnya saja, ketika kita ingin mengeklik suatu gambar menggunakan mouse. perintah dari mouse itu diterima oleh prosesor dan sistem operasi yang menampilkan wujud perintah tersebut dengan menampilkan gambar di layar.

Ditambah lagi, tampilan antara sistem operasi itu berbeda-beda. Kamu akan mudah membedakan tampilan Sistem Operasi Windows, Sistem Operasi Macos, dan Sistem Operasi Linux. Sebab setiap sistem operasi memiliki cicri khas masing-masing. Bahkan perbedaannya pun sudah terlihat pada saat booting berlangsung.

5. Memaksimalkan fungsi komputer

Fungsi-fungsi komputer yang saat ini dapat berjalan teratur juga merupakan tugas dari sistem operasi. Ditambah lagi sistem operasi juga dapat memaksimalkan fungsi-fungsi yang ada di dalam komputer sehingga semua fungsinya dapat bekerja secara optimal.

Contohnya saja seperti waktu dalam proses loading ketika membuka suatu aplikasi atau software, lalu waktu jam di dalam komputer yang tetap berjalan denga benar meskipun komputer telah dimatikan.

6. Melindungi program komputer

Pasti kamu pernah tidak sengaja menghapus suatu file. Akan tetapi ketika akan dihapus, akan muncul sebuah pop-up yang isi perntahnya lebih kurang “apa Anda yakin akan menghapus file tersebut?”. Nah, fungsi tersebut merupakan salah satu keunggulan dalam sistem operasi. Sistem operasi akan memberikan peringatan dan juga pemberitahuan kepada pengguna jika ada tindakan yang sering dilakukan pengguna. Contoh lainnya adalah adanya pengumuman update suatu aplikasi. Itu juga merupakan tugas dari sistem operasi

7.  Memudahkan perintah pada perangkat komputer.

Sebelum adanya sistem operasi, cara untuk memanggil sebuah program sangat rumit. Banyak kode-kode yang harus dimengerti hanya unuk membuka sebuah aplikasi maupun mencari sebuah file. Nah dengan adanya sistem operasi, kode rumit tersebut diubah menjadi lebih sederhana dan juga lebih memudahkan sang pengguna. Contohya, jika kita ingin membuka aplikasi browser, cukup klik du kali ikon browser yang ingin digunakan maka aplikasi pun dapat dibuka dengan mudah.

Itulah  fungsi perangkat lunak sistem operasi pada komputer. Setelah kita melihat fungsi-fungsi sistem operasi, bisa dikatakan bahwa sistem operasi memiliki peranan sangat penting dalam pengoperasian komputer. Ditambah lagi, dengan mengetahui fungsinya, para pengguna juga tahu apa tujuan mempelajari sistem operasi komputer.

Dengan macam-macam sistem operasi yang beredar saat ini, sulit menentukan mana sistem operasi yang baik untuk kamu gunakan. Sebab setiap sistem operasi memilki keunggulan dan juga kelemahannya masing-masing. Artinya itu tergantung kebutuhan yang kamu perlukan. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk semua.

, , ,