Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » 8 Cara Membuka File ENC (Encrypt) di Laptop & Hp Android

8 Cara Membuka File ENC (Encrypt) di Laptop & Hp Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Sejak pertama kali di pasarkannya teknologi komputer digital oleh UNIVAC pada tahun 1951, maka penggunaan komputer di kehidupan manusia semakin berkembang hingga saat ini. Baik dalam hal pembuatan dokumen, software, gambar, video, musik dan lainnya yang di simpan dalam bentuk digital.

Secara default semua file yang telah di buat & tersimpan di komputer, bisa di akses oleh semua orang dengan cara mengklik file tersebut. Tentu hal itu menjadi masalah bila file yang kita punya merupakan file pribadi yang bersifat rahasia. Terlebih menurut riset perusahaan teknologi asal Belanda bernama Gemalto ada lebih dari 270 juta data pengguna di internet yang hilang pada tahun 2015 lalu.

Untuk itu di butuhkan cara khusus agar file yang kita miliki di komputer memiliki keamanan tingkat tinggi baik di sembunyikan maupun di beri kata sandi (password). Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan teknik enkripsi file.

Enkripsi File sendiri belakangan di terapkan oleh berbagai perusahaan teknologi dunia yang memiliki layanan chatting seperti Facebook, Whatsapp, LINE dan lainnya dengan metode keamanan berbasis encryption. Hal itu bertujuan agar pesan chatting yang kita kirim atau terima tidak bisa di retas oleh pihak ke tiga.

Namun masalahnya karena metode kemanan encrypted tersebut, membuat file yang telah di kirim oleh orang lain tidak bisa kita buka. Terutama saat mengaksesnya melalui file manager di Hp android, yang di tandai dengan icon berwarna abu-abu dan dengan ekstensi file ENC.

Tentu hal itu sangat membingungkan terlebih file itu di rasa sangat penting. Contohnya seperti video acara keluarga, dokumen kantor, dan lainnya. Dimana bila mengakses langsung lewat pesan chat, file tesebut sudah hilang karena tak sengaja terhapus. Untuk itu di butuhkan cara khusus agar bisa membuka file ENC tersebut. Sebelum menjelaskan caranya, pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu enkripsi file.

Lalu apa itu File?

File Adalah kumpulan Informasi yang terdiri dari beberapa tipe data seperti numeric, character, binery dan program yang tersimpan pada secondary storage komputer maupun gadget. File bisa di akses dan di atur oleh pengguna baik dalam hal lokasi penempatan maupun penamaan file tersebut. Dan alamat direktori dari lokasi sebuah file biasa di sebut path.

Apa itu File ENC (Encrypted)?

File Encrypted adalah Proses Mengamankan suatu informasi dari sebuah file, agar file tersebut tidak bisa di baca maupun di akses oleh orang lain dengan bebas. Dengan menerapkan beberapa teknik keamanan file seperti mengubah metode baca file menjadi hide (tersembunyi) maupun menggunakan kode tertentu untuk mengaksesnya.

File Encrypted bisa di buat baik menggunakan Aplikasi bawaan windows maupun menggunakan aplikasi tambahan seperti Winrar & Zip. Adapun File Encryption hasil konfigurasi Whatsapp dan aplikasi chatting lainnya memiliki extension dengan format (. ENC).

Jenis File Encrypted di Windows

Bitlocker Drive Encryption

Bitlocker adalah fitur enkripsi bawaan yang terdapat pada Sistem Operasi Windows yang hanya mampu mengenkripsi satu drive (cakram) penuh pada partisi hardisk laptop kita. Bitlocker memiliki panjang kunci 128 bit dan bekerja dalam mode CBC (Code Block Chaining) yang di gabungkan dengan elephant diffuser untuk meningkatkan mode keamaannaya.

Encrypted File System

EFS (Encrypted File System) adalah Teknologi yang di miliki oleh system operasi windows yang mengizinkan pengguna untuk mengenkripsi setiap file berkas yang ada pada media penyimpanan di laptop kita menggunakan system berkas NTFS (New Technology File System). Cara ini tentunya berguna untuk mengamankan file yang kita anggap rahasia dalam waktu yang sangat singkat.

Setelah kita mengetahui apa itu file enkripsi dan jenisnya. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara membuka file terenkripsi (.ENC) baik itu yang ada di laptop maupun di hp android.

Hal ini biasanya terjadi saat kita sedang mendownload sebuah file di internet atau mendownload file di aplikasi chatting, namun selesai di download file tersebut tidak bisa di buka karena memiliki format ENC. Untuk itu di butuhkan beberapa cara khusus untuk membukanya. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

8 Cara Membuka File ENC di Laptop dan Hp Android

Compressed to Zip (Laptop)

Cara pertama yang akan kami jelaskan adalah cara membuka file ENC di laptop melalui Compressed to Zip. Dengan cara ini tentunya sangat mudah, karena kita cukup menggunakan fitur bawaan windows dan tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Bagi pengguna yang ingin membuka File ENC yang ada di memori Hp, maka bisa di pindahkan terlebih dahulu file tersebut ke laptop menggunakan kabel data. Adapun cara membuka file ENC di laptop melalui Compressed to Zip akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuka File ENC melalui Compressed to Zip (Laptop)

  1. Pertama – tama Cari File ENC yang ingin kita Buka di laptop
  2. Setelah ketemu Klik Kanan File ENC tersebut lalu Pilih Send To -> Compressed (Zipped) Folder
  3. Kemudian Muncul Jendela Peringatan Compressed. Lalu kita Klik tombol Yes
  4. Selanjutnya Munculah File baru berformat Zip dan memiliki icon baru berbentuk 3 buku berwarna (ungu, hijau, biru)
  5. Lalu kita Klik 2x File Zip tersebut untuk membuka file yang ada di dalamnya
  6. Setelah itu kita Klik tombol Ekstrak Ke yang ada di Kiri atas layar. Lalu Pilih Lokasi Folder tujuan hasil ekstraksi dan Klik Ok
  7. Proses Ekstraksi File pun berjalan hingga selesai. Lamanya proses ekstraksi file tergantung ukuran file tersebut
  8. Selesai. Setelah proses ekstraksi selesai maka secara otomatis kita akan di arahkan ke folder baru dimana file ENC yang tadinya terkunci kini bisa kita buka

Menggunakan Software WinRAR

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk membuka file ENC di laptop adalah melalui aplikasi tambahan bernama Winrar. Aplikasi Winrar sendiri adalah aplikasi pengarsipan dan kompresi yang di buat oleh Eugene Roshal dan di rilis perdana ke publik sejak tahun 1995 lalu.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa mengkompresi (memadatkan) file berkas hingga 40% dari ukuran semula. Selain itu aplikasi ini juga sudah menyediakan fitur Password untuk memberikan kata sandi pada file yang kita arsipkan. Adapun cara membuka File ENC menggunakan aplikasi Winrar akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuka File ENC dengan WinRAR

  1. Pertama – tama Download aplikasi Winrar terlebih dahulu di situs resminya melalui link berikut ini https://www.win-rar.com
  2. Selesai di download. Instal Aplikasi Winrar di laptop atau PC kita
  3. Kemudian Cari file ENC yang ingin kita buka
  4. Setelah ketemu Klik Kanan file ENC tersebut dan Pilih Opsi Tambah ke Arsip
  5. Saat Muncul Jendela Archive, lalu Kita Klik Tombol Ok
  6. Kemudian Munculah File WinRAR hasil ekstraksi file ENC tadi berbentuk 3 Buku
  7. Lalu kita Klik Kanan File WinRAR tersebut dan Pilih Opsi Ekstrak Berkas
  8. Saat Muncul Jendela Winrar maka kita Pilih Lokasi Folder tempat hasil ekstraksi yang ada di kanan layar. Lalu Klik OK
  9. Proses Ekstraksi File ENC pun berjalan hingga selesai
  10. Selesai. Setelah proses Ekstraksi selesai maka otomatis kita di arahkan ke folder baru dan file ENC yang sebelumnya tersembunyi bisa kita buka

Melalui Explore (Windows 10)

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk membuka file ENC di laptop adalah melalui menu explorer (windows 10). File explorer sendiri adalah fitur bawaan windows yang berfungsi sebagai interface untuk mencari lokasi file yang hendak kita buka.

Namun cara ini khusus di gunakan untuk laptop atau PC yang telah terinstal system operasi windows 10. Hal ini di karenakan Sistem Operasi Windows 10 telah memiliki fitur untuk langsung mengubah ekstensi file menjadi tipe kompresi / archive sehingga file bisa di keluarkan. Adapun cara membuka file ENC melalui File Explorer akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuka File ENC Melalui File Explorer (Windows 10)

  1. Pertama –tama Buka Menu Explorer di laptop windows 10 kita dengan cara Klik Kanan tombol Start di Pojok Kiri Layar. Lalu Pilih Opsi Explorer
  2. Setelah Jendela Explorer terbuka lalu Cari File ENC yang ingin kita buka
  3. Setelah ketemu Klik (1x) File ENC dan Tekan tombol F2 pada keyboard
  4. Kemudian kita Ubah format ekstensi .ENC menjadi .RAR yang ada di akhir nama file. Contoh: dosenit.enc
  5. Selanjutnya Muncul Jendela Popup tentang Peringatan Perubahan extension file. Lalu kita Klik tombol Yes
  6. Setelah file berubah jadi file archive .RAR lalu kita Klik Kanan file tersebut dan Pilih Opsi Extrack Here
  7. Proses Ekstraksi File pun berjalan hingga selesai
  8. Selesai. Kini File ENC berubah berbentuk folder dan isinya bisa kita buka

Membuka File Encrypted di Hp Android

Menggunakan Aplikasi RarLab

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk membuka File ENC adalah dengan menggunakan aplikasi bernama RarLab. Aplikasi RarLab di kembangkan oleh perusahaan asal Jerman bernama Winrar GmbH, perusahaan yang juga mengembangkan aplikasi Winrar versi Dekstop (PC).

Dengan aplikasi ini pengguna tidak hanya mampu membuat file kompresi berformat Rar & Zip, tapi juga mampu membongkar (ekstrak) berbagai file arsip seperti RAR, ZIP, XZ, HZ, ISO, 7Z, BZ2, dan ARJ Archive. Adapun cara membuka file ENC menggunakan aplikasi RarLab akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuka File ENC menggunakan RarLab

  1. Pertama – tama Download Aplikasi RarLab di Playstore melalui Link Berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rarlab.rar
  2. Selesai di download dan Aplikasi terpasang. Lalu Buka Aplikasi RarLab di Hp Android kita
  3. Setelah berada di Homepage Aplikasi. Lalu kita Klik Tombol Tiga Garis horizontal di pojok kiri atas layar dan Pilih Device Storage (lokasi file ENC yang ingin kita buka)
  4. Setelah File ENC di temukan, Klik Kotak Ceklis di sebelah kanannya. Lalu Klik Tombol icon (anak panah ke atas) yang ada di atas layar untuk melakukan proses ekstraksi
  5. Setelah muncul Jendela Opsi Ekstraksi maka kita Klik tombol Jelajahi untuk menentukan lokasi folder hasil ekstraksi
  6. Kemudian Klik tombol OK dan OK
  7. Proses Ekstraksi File ENC pun berjalan hingga selesai
  8. Selesai. Kini File ENC pun berhasil kita buka dengan lokasi folder yang telah di tentukan sebelumnya

Aplikasi RarLab memiliki nilai rating sebesar 4.4 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.4 ke atas. Aplikasi RarLab memiliki ukuran file sebesar 2,2 MB dan telah di unduh oleh lebih 100 juta pengguna di layanan Google Playstore.

Aplikasi X-plore File Manager

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk membuka file ENC adalah dengan menggunakan aplikasi bernama X-plore File Manager. Aplikasi X-plore File Manager di kembangkan oleh perusahaan asal Slovakia bernama Lonely Cat Games. Adapun cara membuka file ENC melalui aplikasi X-plore File Manager akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuka File ENC Melalui X-plore File Manager

  1. Pertama – tama Download Aplikasi X-plore File Manager melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lonelycatgames.Xplore
  2. Setelah Aplikasi terdownload dan terinstal di Hp kita, lalu Buka Aplikasi X-plore File Manager
  3. Setelah aplikasi terbuka, lalu kita Cari File CNC yang hendak kita buka dengan mengklik tombol Internal Storage / SD Card di kiri atas layar berdasarkan lokasi penyimpanan file ENC yang ada di Hp kita
  4. Setelah File ENC ketemu lalu kita Klik dan Tahan file tersebut, Lalu Pilih Opsi Rename (Ganti Nama)
  5. Kemudian kita Ketikan Nama Baru file ENC tersebut sesuai keinginan kita
  6. Bila nama sudah di buat Klik tombol Ok untuk menyimpan
  7. Selesai. Kini File ENC berubah menjadi format yang di sesuaikan dengan file tersebut sehingga kini bisa di baca oleh HP android kita, entah itu file audio, video, gambar dll

Aplikasi X-plore File Manager memiliki nilai rating sebesar 4.6 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 5.0 ke atas. Aplikasi X-plore File Manager memiliki ukuran file sebesar 6.3 MB dan telah di unduh oleh lebih 10 juta pengguna Playstore

Menggunakan Aplikasi ZArchiver

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk membuka file ENC adalah menggunakan aplikasi bernama ZArchiver. Aplikasi ZArchiver di kembangkan oleh perusahaan asal Rusia bernama ZDevs.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa melakukan management arsip file / berkas seperti membuat arsip, mengedit arsip, melihat isi arsip, dekompresi, memberi kata sandi dll. Selain itu aplikasi ini juga mendukung berbagai format file arsip seperti rar, zip, 7zip, iso, tar, arj, ecm, cab, rpm, zipx, wim, dmg dan banyak format arsip lainnya. Adapun cara membuka file ENC melalui ZArchiver akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuka File ENC Melalui ZArchiver

  1. Pertama – tama Download Aplikasi ZArchiver melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=ru.zdevs.zarchiver
  2. Selesai di download dan terinstal di Hp android, lalu Kita Buka Aplikasi ZArchiver
  3. Setelah Aplikasi terbuka lalu kita akan melihat deretan beberapa folder. Lalu kita Cari File ENC yang ingin kita buka atau bisa juga melalui tombol pencarian di kanan atas layar. File ENC sendiri di tandai dengan akhiran .enc sebagai tanda ekstensi file tesebut. Contoh : dosenit.enc
  4. Setelah file Enc di temukan lalu kita Klik dan tahan File tersebut lalu Pilih Opsi Ekstrak
  5. Kemudian kita Pilih Lokasi Folder hasil ekstrasi dan Klik Ok
  6. Selesai. Kini Isi File Enc bisa kita Buka Isinya langsung dari Hp android

Aplikasi ZArchiver memiliki nilai rating sebesar 4.5 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 6.0 ke atas. Aplikasi ZArchiver memiliki ukuran file sebesar 4,0 MB dan telah di unduh oleh lebih 100 juta pengguna playstore.

Membuka File ENC Secara Online

Melalui Situs Extract.me

Cara ke tujuh yang akan kami jelaskan untuk membuka file ENC adalah dengan cara mengakses situs penyedia ekstrak online bernama Extract.me. Situs Extract.me sendiri di miliki perusahaan asal Rusia bernama 123apps LLC.

Kekurangan Situs Extract.me adalah website ini hanya bisa gunakan untuk perangkat laptop/pc saja saat proses upload file ENC. Nantinya setelah berhasil masuk website kita di haruskan mengupload file ENC untuk melakukan proses ekstrasi file. Adapun caranya seperti di bawah ini.

Cara Membuka File ENC Melalui Situs Extrack.me

  1. Pertama- tama Buka situs extract.me melalui browser laptop / PC kita (Mozilla Firefox)
  2. Setelah berada di homepage situs lalu kita Klik tombol Pilih File (warna biru)
  3. Selanjutnya kita akan di Arahkan untuk mencari lokasi file ENC yang ingin di enkripsi
  4. Setelah ketemu Klik File tersebut dan Proses enkrispsi file pun berjalan hingga selesai
  5. Setelah Proses Selesai, muncul keterangan bahwa Arsip berhasil di ekstrak. Lalu kita Klik tombol Simpan semua sebagai ZIP
  6. Proses Download File Zip pun berjalan hingga selesai
  7. Selesai di download Klik Kanan File Zip tersebut dan Pilih Extract here dan File ENC pun kini bisa di buka

Melalui Situs B1.Org

Cara ke delapan yang akan kami jelaskan untuk membuka file ENC adalah melalui situs bernama B1.Org. Kelebihan situs B1.Org adalah di website ini kita bisa menggunggah file ENC langsung melalui perangkat Hp android untuk memulai proses ekstraksi. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuka File ENC Melalui Situs B1.org

  1. Pertama – tama Buka Situs http://online.b1.org/online melalui browser Hp android kita (chrome)
  2. Setelah berhasil masuk ke homepage situs, lalu kita Klik tombol Click Here (berwarna biru)
  3. Selanjutnya Telusuri Lokasi File ENC tersimpan. Dan bila ketemu Klik file ENC tersebut hingga berhasil terupload
  4. Proses Enkripsi pun berjalan hingga selesai
  5. Setelah Proses Enkripis Selesai. Klik icon Folder beserta nama file ENC yang ada di kiri tengah layar
  6. Setelah Folder terbuka dan Isi File terlihat kita Klik tombol Download di sebelah kanan nama file tersebut yang juga di sertai ukuran file
  7. Proses Download berjalan hingga selesai
  8. Selesai. Kini File ENC berhasil kita buka melalui situs B1.org

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu File ENC beserta Jenis- jenisnya. Selain itu di jelaskan pula cara membuka file ENC baik di Hp android maupun laptop. Seperti melalui Compressed to Zip, WinRAR, File Explorer Windows 10, RarLab, X-plore File Manager, ZArchiver, Situs Extract.me dan B1.org.

Dengan membaca penjelasan di atas tentu kini kita jadi lebih tahu apa itu File Enkripsi beserta fungsinya pada keamanan data. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita tidak bingung lagi bila kita menemukan file ENC saat selesai download file di internet atau aplikasi chatting (whatsapp). Dengan menerapkan beberapa cara di atas maka file ENC pun mampu di buka dengan mudah.

You may also like