9 Ciri Ciri Komputer Generasi Pertama dan Contohnya

Komputer Generasi Pertama dibuat sekitar tahun 1937. Pada saat itu sang penemu yang pertama menciptakan konsep komputer  adalah Charles Babbage. Pada saat itu dia mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine sekitar tahun 1882.

ads

Setelah itu, muncul John V. Atanasoff dengan komputer hasil rancangan Atanasoff-Berry Computer (ABC) sekitar tahun 1937. Pada saat itulah komputer buatannya dianggap sebagai komputer elektronik pertama di dunia. Beberapa tahun berikutnya, muncul ENIAC atau singkatan dari Electronic Nimerical Integrator and Computer. Komputer ENIAC sendiri diperkenalkan oleh John Mauchly serta J. Presper Eckert.

Pada Komputer Generasi Pertama banyak ciri-ciri yang berbeda dengan komputer pada generasi selanjutnya. Berikut 9 ciri ciri komputer generasi pertama.

1. Menggunakan Tabung Hampa Udara

Pada Komputer Generasi Pertama, Komponen-kompoenen elektroniknya menggunakan  tabung hampa udara. Tabung-tabung udara ini juga disebut vacum tube. Pada awalnya, vacum tube itu dibuat untuk penguat sinyal. Vacum tube tersebut terbuat dari kaca sehingga mudah pecah dan juga dapat menyalurkan panas.

2. Ukurannya sebesar sebuah ruangan

Pada Komputer Generasi pertama, ciri yang mudah dilihat adalah ukurannya yang bisa menuhi satu ruangan penuh. Hal tersebut disebabkan karena jumlah tabung yang diperlukan agar komputer dapat berjalan, Saat itu, komputer ENIAC memiliki berat sebesar 30 ton, panjangnya 30 M serta tingginya sekitar 2,4 M.

3. Membutuhkan daya listrik yang besar

Karena komponennya banyak dan juga besar otomatis daya yang dibutuhkan juga sangat besar. Tercatat pada saat itu komputer ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 174 kilowats. Dari daya yang dibutuhkan membuat komputer ini sangat boros dengan listrik.

4. Masih menggunakan satu Bahasa Program

Bahasa program yang bisa dibaca oleh Komputer Generasi Pertama hanya satu saja. Bahasa tersebut adalah bahasa mesin yang memang hanya mesin itu saja yang bisa dimengerti. Kode yang digunakan pun dari 0 dan 1 dalam beberapa urutan tertentu.

5. Cukup banyak mengeluarkan panas

Suhu panas yang dihasilkan Komputer Generasi Pertama berasal dari tabung hampa udara atau Vacum tube. Oleh sebab itu, ketika komputer dinyalakan, harus didiapkan kipas dalam jumlah yang banyak.

6. Kapasitas memori kecil

Karena masih pertama dan tidak banyak menyimpan memori, maka jumlah memori yang dibutuhkan pun sangat sedikit. sangat jauh berbeda dengan zaman sekarang yang bahkan sudah ada kapasitas memori yang sebesar 1 TB atau Terabyte.

7. Proses lambat

Proses dalam mengolah data dari awal sampai hasil memerlukan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan program yang digunakan masih sederhana dan juga cara mengolahnya masih ada yang secara manual, hal tersebut yang menyebabkan komputer sering hang dan juga prosesnya lambat.

8. Gunakan Magnetic Tape dan Magnetic Disk

Komputer Generasi pertama menggunakan Magnetic tape dan juga Magnetic Dsk untuk menyimpan data. Magnetic Tape sendiri merupakan sebuah model pertama yang digunakan sebagai alat input maupun output ketika sebuah data dimasukan ke CPU dari sebuah tape dan data yang dari CPU itu disimpan lagi pada tape lainnya.


Sedangkan Magnetic Disk adalah sebuah penyimpanan yang berbentuk piringan hitam. Piringan hitam tersebut memiliki cakram yang memiliki sifat magnetic atau magnet sehingga dapat merekam data. Hasil perekaman datanya disimpan pada bagian permukaan dalam bentuk sebuah kode binary.

9. Fungsinya untuk Aplikasi bisnis

Dengan terciptanya komputer, para ilmuwan menyadari kalau manfaat komputer dalam bidang industri sangat penting. Seperti yang sudah disinggung di awal kalau komputer pertama kali hanya dibuat untuk dapat menghitung lebih cepat. Akan tetapi pada saat itu di beberapa negara Eropa sedang terjadi perang dunia. Hal tersebut juga berimbas dengan fungsi komputer itu sendiri. Pada saat itu, komputer juga digunakan sebagai alat untuk memecahkan kode rahasia.

Itulah 9 ciri ciri Komputer Generasi Pertama. Setelaha mengetahui ciri-cirinya, berikut adalah contoh Komputer yang termasuk ke dalam Komputer Generasi Pertama.

  • ENIAC – Seperti yang sudah disinggung di awal kalau ENIAC adalah komputer generasi pertama yang dioperasikan. Komponennya sendiri terdiri dari 70.000 resistor. Selain itu, komputer ini menggunakan 18.000 vacum tube dan juga lima juta solder.
  • IBM Selective Sequence Electric Calculator –  Komputer ini dibuat oleh Howard H. Aiken. Dia adalah seorang insinyur dari Harvard dan berkebangsaan Amerika Serikat. Komputer ini memiliki panjang yang hampir mendekati setengah lapangan sepak bola. Rentang kabelnya sendiri mencapai 500 mil. Komputer ini juga disebut Mark I
  • Colossus – Komputer ini dibua oleh Inggris sekitar Tahun 1943. Komputer ini sebenarnya dibuat untuk memecahkan kode rahasia yang dibuat Jerman pada saat perang dunia masih berlangsung.
  • Z3 – Komputer ini dibuat oleh Jerman pada tahun 1941. Komputer ini dibuat untuk mendesain sebuah pesawat terbang serta peluru kendali ketika perang dunia masih berlangsung.

Itulah beberapa contoh komputer generasi yang pernah dibuat pada masa itu. Meskipun ada kekurangan dan kelebihan komputer generasi pertama, namun berkat itulah penyebab teknologi  komputer berkembang cepat hingga saat ini dapat digunakan semua kalangan. Saat ini, komputer memiliki berbagai desain yang lebih menarik dan juga performanya jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Semoga artikel bisa memberikan manfaat untuk kamu semua.

, ,