Sponsors Link

44 Penyebab Komputer Sering Hang , Cara Mengatasi, dan Menghindari

Komputer sering hang memiliki potensi banyak kerusakan seperti kerusakan hardware, kerusakan software, serta gangguan lain seperti virus. Komputer merupakan salah satu bukti dari pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Mulai dari komputer dengan ukuran dan juga sepsifikasi yang standar dan fungsional, hingga komputer dengan ukuran tipis, kecil namun dengan performa yang luar biasa mengagumkan banyak beredar saat ini.

ads

Hal ini juga didukung dengan berkembangnya teknologi jaringan, yang memungkinkan setiap komputer menjadi terhbung satu sama lain, bahkan dengan smartphone sekalipun. Namun demikian, meskipun sudah memiliki teknologi yang tinggi dan memiliki performa yang menawan, ternyata permasalahan hang pada komputer suering sekali terjadi, bahkan dengan komputer dengan spesifikasi yang tinggi sekalipun. Paling tidak, penyebab sebuah komputer mengalami hang dapat terjadi karena dua hal, yaitu :

  • Kerusakan Software
  • Kerusakan Hardware

Hang Karena Kerusakan Software

Kerusakan software merupakan salah satu hal yang paling umum terjadi dan paling sering menyebabkan komputer menjadi hang. Biasanya hal ini berkaitan dengan spesifikasi dari sebuah software. Berikut ini adalah beberapa kerusakan software yang dapat menyebabkan komputer menjadi hang :

1. Gangguan pada sistem operasi

Yang paling sering terjadi adalah kerusakan dari sistem operasi. Kerusakan pada sistem operasi ini bisa terjadi karena banyak hal, dan yang paling sering adalah virus dan juga gangguan kesehatan pada Harddisk. Tidak hanya software windows, namun sistem operasi Mac ataupun Linux juga memilki potensi yang sama mengalami hang akibat gangguan pada sistem operasi. Biasanya terjadi karena kesalahan penggunaan oleh user.

Cara Mengatasi :

Cara paling simple dan mudah adalah melakukan recovery data secara online. Semua sistem operasi akan terhubung ke website resmi, yang secara otomatis akan mendeteksi masalah sistem operasi secara online dan membantu mencari inti permasalahan.

Namun apabila sistem recovery tidak mungkin untuk dilaksanakan, maka pilihan terakhir adalah melakukan Install ulang pada sistem operasi atau flashing.

2. Cache registry yang terlalu banyak

Cache registry merupakan sisa – sisa dari memory yang digunakan oleh software untuk dapat berjalan di dalam komputer. BIasanya ada beberapa cache registry yang memberatkan, sehingga dapat menyebabkan munculnya problem komputer menjadi sering mengalami hang.

3. Spesifikasi dari software yang terlalu berat

Salah satu hal yang menyebabkan komputer menjadi hang adalah spesifikasi dari sebuah software. Hal ini juga memiliki kaitan yang erat dengan spesifikasi hardware pada komputer anda. Biasanya, spesifikasi dari software yang terlalu tinggi, akan menyebabkan komputer sulit untuk menjalankan program tersebut, dan apabila dipaksa, akan menyebabkan komputer mengalami hang. Hal ini bisa diibaratkan seperti baju. Seseorang dengan ukuran badan yang besar pasti akan mengalami gangguan ketika harus menggunakan baju dengan ukuran yang kecil. Untuk menghindari hal ini, maka gunakanlah software yang memilki spesifikasi sesuai dengan komputer anda, atau anda dapat melakukan upgrade pada hardware anda.

Cara Deteksi 

  • Pada sistem operasi windows, anda dapat menekan  tanpa kutip, “Ctrl + ALT + Del ” untuk melihat proses yang tinggi.

4. Missing files

Missing files merupakan salah satu hal yang jarang terjadi, namun dapat menyebabkan terjadinya hang. Missing files merupakan kondisi dimana satu atau lebih file di dalam software hilang dari direktori. Hilangnya file tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah virus.

Untuk mengatasi hal ini, maka anda dapat mencari file apa yang hilang, lalu melakukan system recovery, atau anda juga bisa menginstall ulang software yang mengalmi problem missing file tersebut.

5. Virus

Merupakan salah satu penyebab umum dan paling sering terjadi dari komputer hang. Biasanya virus masuk ke dalam harddisk kita secara tidak kita sadari, bisa melalui hasil transfer file antar komputer, jaringan LAN atau internet, dan bisa juga masuk dari Email dan banyak lagi. Virus dapat menyebabkan kompute menajdi lemot, karena memberatkan sistem. Beberapa virus bahkan bisa menghilangkan file – file tertentu, sehingga dapat menyebabkan komputer menjadi hang ketika menjalankan suatu software.

Untuk mengatasi hal ini, maka anda wajib melakukan scanning setiap bulan, dengan menggunakan antivirus yang kompeten, dan apabila virus sudah menggerogoti komputer anda, anda dapat melakukan pembersihan virus melalui DOS.

6. Gangguan pada software driver

Gangguan lainnya yang juga dapat menyebabkan komputer menjadi hang adalah driver software. Driver software adalah suatu software yang senagaj diinstall agar beberapa hardware dalam komputer, seperti suara, display dan sebagainya dapat bekerja. Gangguan pada software driver misalnya, dapat menyebabkan layar menjadi mati dan tidak optimal resolusinya.

Untuk mengatasi dan menghindari hal ini, maka anda bisa menginstall driver yang sesuai dengan spesifikasi komputer anda, agar tidak mengalami gangguan driver yang dapat menyebabkan komputer menjadi hang.

7. Browser

Percaya atau tidak komputer hang bisa disebabkan oleh browser, terutama jika anda sedang melakukan akses internet. Browser saat ini mengkonsumsi memori sangat besar sekali, jika anda cek, browser modzila, IE, dan chrome adalah “maniak” konsumsi memori anda. Bahkan bisa lebih dari 3/4 memori dipakai oleh browser hingga menyebabkan adanya hang pada komputer anda.

Hang Karena Kerusakan Hardware

Faktor berikutnya yang dapat menyebabkan hang pada kompputer adalah faktor kerusakan hardware pada komputer anda. Kerusakan harware ini biasanya dapat menyebabkan Sistem Operasi ataupun software yang sedang anda jalankan mengalami malfungsi, dan menyebabkan komputer anda menjadi hang. Berikut ini adalah beberapa kerusakan hardware yang dapat menyebabkan komputer anda menjadi hang :

1. Kerja processor yang terlalu berat

Penyebab komputer hang akibat gangguan pada kerusakan hardware yang pertama terletak pada processor. Processor merupakan otak dari sebuah komputer, dimana semua hal yang bisa dilakukan oleh komputer pasti menggunakan kepintaran dan kecepatan dari sebuah processor. Namun demikian, terkadang processor seringkali megalami overheat, karena terlalu berat bekerja. Hal ini akan menyebabkan komputer anda menjadi mudah mengalami hang dan lemot. Selain itu, hal ini akan menyebabkan komputer anda menjadi sangat panas.

Untuk mengatasinya :

  • Anda bisa mengistirahatkan komputer anda sejenak ketika sudah sangat panas
  • Memberikan extra fan untuk mengoptimalkan dan juga memaksilakan pendinginan dari processor
  • Mengurangi beban kerja dari komputer, terutaa apabila mengaplikasikan processor dengan spesifikasi menengah ke bawah
  • Upgrade processor anda menjadi lebih tinggi

2. Kapasitas RAM yang terlalu kecil

Kapasitas RAM komputer juga merupakan salah satu hal vital yang dapat menyebabkan komputer menjadi hang. Kapasitas RAM yang kecil akan menyebabkan kemampuan membaca dan menyimpan memory dari suatu software yang berjalan berkurang, dan efeknya dapat menyebabkan laptop menjadi lemot dan mengalami hang.

Untuk mengatasi hal ini, maka anda dapat :

  • Melakukan upgrade pada RAM
  • Membersihkan file – file serta registry yang masih berjalan pada RAM
  • Menghapus aplikasi yang tidak perlu pada saat startup
  • Menggunakan software yang tidak memberatkan kinerja RAM.

Ketika ingin mengganti ram, anda harus mengetahui cara membedakan RAM ddr 1 Ddr 2 dan ddr 3, karena mungkin komputer anda memiliki soket yang berbeda.

3. Harddisk yang terlalu penuh

Harddisk yang terlalu penuh, terutama ketika harddisk tersebut menjadi satu dengan sistem operasi juga merupakan salah satu penyebab komputer menjadi hang. Hal ini terjadi karena ruang penyimpanan yang sangat terbatas, sehingga membuat sistem operasi juga tidak dapat bekerja dengan optimal.

Untuk megatasi hal ini, maka anda bisa melakukan :

  • Pembersihan harddisk dari item dan file yang tidak perlu
  • Meningkatkan kapasitas harddisk
  • Memisahkan drive storage untuk sistem operasi dengan file dan document pribadi

4. Bad Sector pada Harddisk

Masih dari harddisk, terkadang meskipun harddisk tidak kepenuhan, namun masih juga berpotensi mengalami bad sector yang menyebabkan hang pada komputer. Bad sector merupakan kondisi dimana sebagian harddisk mengalami kerusakan, sehingga tidak dapat menyimpan data secara optimal. Contohnya, sebuah harddisk yang memiliki kapasitas 1 TB, mungkin hanya bisa digunakan 300 GB saja apabila mengalami bad sector. Biasanya bad sector disebabkan karena harddisk secara sengaja ataupun tidak terlepas dari socketnya ketika sedang mengolah data, atau mengalami guncangan dan terjatuh, sehingga mengalami kerusakan.

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti harddisk komputer anda.


5. Kerusakan pada chipset

Kerusakan pada chipset juga hampir misirp dengan kerusakan pada CPU atau processor. Kerusakan pada chipset dapat menyebabkan komputer anda mengalami hang dan tidak bisa digunakan. Solusi terbaik untuk kerusakan ini adalah dengan cara mengganti chipset dari komputer anda, agar komputer anda bisa berjalan dengan lancar kembali.

6. Kerusakan pada VGA Card

VGA card merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sebuah komputer. Terdiri dari VGA onboard dan juga VGA terpisah. Kedua – duanya sama – sama memiliki potensi dapat menyebabkan komputer menjadi hang. Kerusakan pada VGA Card dapat menyebabkan grafis pada komputer menjadi kacau dan komputer bisa saja tidak bisa menampilkan display apa – apa pada LCD.

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah melakukan penggantian pada komponen hardware VGA komputer anda. (Baca juga : Fungsi VGA Card)

Komputer Hang Karena Jaringan

Jaringan komputer adalah salah satu penyebab yang tidak terduga dari komputer sering hang, jika anda tidak menemukan keanehan dari masalah software dan masalah hardware anda wajib waspada dengan masalah jaringan. Berikut adalah penyebab komputer hang karena jaringan komputer.

1. DDOS

DDOS adalah distributed denial of service, serangan ini dapat menyebabkan komputer hang dan tidak dapat diakses, terutama jika anda menggunakan IP Public.

2. Hardware Jaringan Bermasalah

Hardware jaringan bermasalah akan menyebabkan routing dan koneksi di komputer anda tidak berjalan dengan benar dan terkadang menyebabkan komputer bermasalah.

3. Koneksi Internet

Koneksi internet bisa menyebabkan masalah dengan komputer anda, loading data saat anda menggunakan internet melalui browser bisa menyebabkan komputer hang dan bermasalah. Terutama jika web yang anda akses memiliki data yang besar serta malware atau video.

Cara Mengatasi Hang Secara Umum

Jika anda sedang buru buru, sebaiknya anda menggunakan trik ini untuk mengetahui masalah detilnya.

  • Tekan tanpa kutip “Ctrl + Alt + Del”
  • Lalu lihat / sort aplikasi yang menggunakan memori besar
  • End proses aplikasi yang tidak urgent bagi anda.

Cara Menghindari Komputer Sering Hang

Untuk mencegah agar komputer anda tidak sering mengalami hang, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Berikut ini adalah bebrapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghindari hang pada komputer anda :

  • Insttal software seperlunya
  • Jangan membanting komponen komputer, terutama harddisk dan CPU
  • Pastikan software terinstal dengan baik
  • Gunakan antivirus yang sudah teruji dengan baik
  • Selalu menggunakan extra fan untuk menghindari meningkatnya suhu dari komputer secara berlebihan. Baca : Bahaya main komputer terlalu lama.

Itulah beberapa penyebab dari komputer yang sering mengalami hang, beserta tips dan solusi untuk mengatasi masalahnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.

Baca juga :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 06th, September 2015 / 15:16 Oleh :
Kategori : Troubleshooting