Home » Software » Search Engine » Google » 6 Fitur Tersembunyi Google Maps yang Jarang Diketahui Banyak Orang

6 Fitur Tersembunyi Google Maps yang Jarang Diketahui Banyak Orang

by Elang Hendy Subrata

Google Maps adalah salah satu aplikasi yang sangat berguna di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya Google Maps, seseorang dapat mengetahui jalan yang baru dilaluinya tanpa takut tersesat. Selain itu, dengan adanya Google Maps ini, munculah aplikasi transportasi online yang kita kenal di antaranya.

Nah, selain digunakan untuk penunjuk jalan serta lokasi-lokasi tertentu, Google maps juga memiliki fitur-fitur yang belum diketahui banyak orang. untuk lebih mengetahuinya, berikut beberapa ulasannya untuk Anda.

1. Menyimpan tempat

Untuk Anda yang ingin pergi ke suatu tempat melalui Google Maps, Kini Anda dapat menyimpannya sesuai dengan tandanya. Di dalam Google Maps, ada tiga jenis tanda yang memiliki ikon berbeda-beda. Pertama adalah ikon berbentuk hati yang memiliki keterangan bertuliskan “Favorit”. Ikon kedua adalah berbentuk bendera atau lencana yang memiliki keterangan “Ingin pergi ke tempat tersebut”. Terakhir adalah ikon berbentuk bintang dan memiliki keterangan “tempat berbintang”. Meskipun memiliki bentuk ikon dan keterangan yang berbeda-beda, tapi pada dasarnya fungsinya sama, yakni sebagai penanda tempat yang ingin dituju.

2. Membagikan tempat

Selain dapat menyimpan tempat, kita pun dapat membagikan tempat yang kita tuju dengan menekan tombol Share. Seperti halnya kita membagikan postingan dari media sosial, kita juga dapat membagikan tempat dengan share atau melakukan copy-paste link Google Maps pada pesan instan maupun media sosial lainnya. Dengan kita dapat memberitahukan tempat tujuan pada orang lain jika ingin kumpul-kumpul.

3. Pesan transportasi online

Pembaharuan pada Google Maps saat ini memudahkan penggunanya untuk memesan transportasi online langsung dari Google Maps. Hal ini lebih menghemat waktu ketika kita tidak mengetahui nama tempat maupun jalan menggunakan aplikasi transportasi online.

Caranya sendiri cukup mudah. Pertama adalah buka terlebih dahulu aplikasi Google Maps. Selanjutnya, Anda tinggal masukan tujuan dengan menekan “Directions”. Setelah peta petunjuknya sudah muncul, Anda tinggal geser ikon yang berada di atas peta ke sebelah kiri sampai ujung. Di sana Anda akna menmukan Directions langsung ke aplikasi transportasi online seperti Gojek atau Grab. Selain jarak temuh yang dilalui, di dalamnya juga ada jumlah nominal yang harus dibayar baik menggunakan motor atau menggunakan mobil. Jika Anda sudah menginstal aplikasi tranportasi online sebelumnya, maka saat kita klik “next” akan langung diarahkan ke aplikasi transportasi online sesuai yang digunakan.

4. Jadwal tansit bus secara real time

Keunikan lainnya dari Google Maps selanjutnya adalah jadwal trasnit bus secara real time. Dengan adanya jadwal ini, Anda dapat memperkirakan jadwal pemberangkatan bus agar Anda tidak terlambat atau ketinggalan bus. Hebatnya lagi jadwalnya pun secara real time, artinya jadwalnya bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara untuk melihatnya cukup mudah, pertama Anda buka terlebih dahulu aplikasi Google Maps. Selanjutnya, anda tentukan perjalanan yang akan dituju. jika sudah muncul petanya, Anda tinggal klik ikon berbentuk bus yang berada di samping ikon motor. Jika berhasil, Anda akan melihat banyak opsi yang diberikan Google Maps agar bisa sampai tujuan. Jika Anda dapat memilih opsi yang diberikan oleh Google Maps, maka Google Assistant akan berjalan.

5. Melihat keramaian jalan

Tentunya kita sering kesal saat menggunakan jalan utama tetapi terkena macet parah. Untungnya di dalam Google Maps, kita dapat mengetahui keramaian jalanan sehingga kita dapat mengetahui jalan mana yang tidak terkena mascet dan jalan mana yang macetnya parah.

Caranya untuk melihatnya cukup mudah. Masuklah ke dalam aplikasi Google maps. Selanjutnya, Anda lihat simbol ketupat yang berada di bawah profil Anda, tekan saja ikon tersebut. Di sana akan ada tiga pilihan yang bisa Anda aktifkan aau tidak. Pertama adalah Jenis Peta, Detail Peta, dan Jelajahi. Untuk dapat melihat keramaian jalan, Anda tekan saja “Lalu Lintas” yang berada bagian ‘Detail Peta”. Nantinya setiap ruas jalan akan berwarna warni sesuai dengan tingkat kepadatannya. Jika berwarna merah cenderung gelap, maka jalanan sedang macet parah. Jika jalan berwarna orange, maka jalanan ramai lancar. Terakhir, jika jalanan berwarna hijau, maka jalanan sedang lancar.

6. Peta Offline

Bagaimana jika Anda ingin mengakses Google map, tapi kuotanya habis atau jaringan internetnya tidak ada? Jangan khawatir, karena Google Map dapat dilakukan secara offline. Untuk dapat membuka Google map secara offline, Anda harus mengunduh terlebih dahulu daerah yang akan dituju. Contohnya saja jika Anda berada di daerah Jakarta, maka unduh saja daerah Jakarta. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan Google Offline hanya untuk daerah Jakarta saja.

Itulah 6 fitur tersembunyi Google Maps yang jarang diketahui oleh banyak orang. Anda bisa coba baca referensi lainnya seperti cara mendaftarkan alamat di Google Map, cara menghapus riwayat maps dengan mudah, penyebab GPS Android tidak akurat, dan masih banyak referensi lainnya. semoga bisa memberikan manfaat.

You may also like