Home » Jaringan Komputer » Hardware Jaringan » Jenis jenis Kabel Coaxial dan Komponennya

Jenis jenis Kabel Coaxial dan Komponennya

by Elang Hendy Subrata

Kabel-kabel yang digunakan pada komputer bermacam-macam. jenis-jenis kabel yang digunakan pada komputer antara lain kabel fiber optik, twisted dan coaxial. Untuk jenis kabel yang terakhir disebut, mungkin bagi sebagian orang masih asing. Akan tetapi, buat orang yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer, kabel coaxial bukanlah barang baru.

Secara garis besar, kabel Coaxial ini merupakan jenis kabel transmisi data yang terarah. Kabel ini juga sering disebut sebagai BNC atau Bayonet Neur Connector. Pada mulanya, kabel ini lebih sering digunakan untuk kabel penghubung televisi. Akan tetapi, seiring perkembangan jaringan komputer, kabel ini mulai digunakan untuk jaringan komputer. Kabel coaxial ini juga memiliki berbagai jenisnya. Untuk mengetahui apa saja jenis kabel coaxial berikut ulasannya.

  • Kabel Coaxial Berukuran tebal

Jenis kabel yang pertama ini sering juga disebut sebagai Thicnet 10base5. Arti angka 5 dari tersebut lebih merujuk pada maksimal panjang yang dijangkau oleh kabel Coaxial jenis ini. Panjangnya sendiri bisa mencapai 500 meter. Untuk diameternya sendiri, kabel ini memiliki ketebalan sebesar 10mm saja. meskipun begitu, tidak semua kabel coaxial jenis ini berukuran sama.

Berdasarkan fisiknya, kabel coaxial jenis Thick ini lebih sering digunakan untuk standar kabel LAN. Selain dari alasan fisiknya, kabel ini memiliki keunngulan pada bagian bandwithnya yang lebar. Dengan begitu, kabel ini dapat dipakai untuk melakukan komunikasi secara broadband. Kabel jenis ini juga sering disebut kabel RG-8. Maka dari itu, jenis kabel ini juga sering digunakan pada instalasi jaringan komputer tingkat gedung.

Meskipun, begitu, untuk dapat disambungkan pada komputer, dibutuhkan sebuah alat bernama transceiver. Cara menghubungkan Attachment Unit Interface dengan bagian transceiver harus menggunakan drob kabel. Bisa dikatakan, proses intalasi menggunaka kabel RG-8 ini termasuk rumit.

  • Kabel Coaxial berukuran Tipis

Jika ada kabel berukuran tebal, maka ada kabel yang berukuran tipis. Kabel ini kadanag disebut juga dengan Thinnet 10Base2. Angka dua tersebut lebih merujuk pada maksimal panjang kabel coaxial jenis ini. Panjangnya sendiri bisa mencapai 200 meter saja. berbeda dengan jenis kabel sebelumnya, pada kabel jenis ini lebih banyak digunakan pada gedung-gedung kecil seperti sekolah.

Kabel ini juga biasa disebut sebagai kabel RG-58. Ditambah lagi, kabel ini juga disebut sebagai BNC atau British Naval Connector. Kelebihan-kelebihan lainnya dalam menggunakan kabel ini antara lain sangat fleksibel serta mudah dalam sisi instalasi. Selain itu, kabel ini juga dapat langsung dihubungkan pada komputer menggunakan konektor BNC.

Mungkin sebagian orang masih beraggapan kabel coaxial saat ini bisa setara dengan kabel yang digunakan pada antena televisi. Akan tetapi, hal itu sekarang sudah berbeda. Untuk memahami lebih jauh tentang kabel coaxial, ada beberapa komponen yang membentuk kabel coaxial sebagai berikut.

  • Kabel tembaga

Kabel tembaga merupakan salah sal satu komponen utama pada kabel coaxial ini. kabel tembaga dipilih karean digunakan sebagai konduktor listrik. Untuk segi ukuran, sangat tergantung dari jenis kabel itu sendiri. Jika menggunakan kabel RG-8, maka ukuran tembaganya pun lebih besar. Sebaliknya, jika menggunakan kabel RG-58, maka menggunakan ukuran tembaga yang lebih kecil.

  • Lapisan plastik

Komponen berikutnya adalah lapisan plastik atau bisa disebut sebagai dielectric insulator. Bagian ini akan membungkus kabel tembaga yang posisinya berada di tengah kabel coaxial. Kegunaan dari komponen ini adalah sebagai pembatas tembaga dan lapisan bagian metal. Hal in dapat mengurangi terjadinya hubungan arus pendek listrik.

  • Lapisan metal

Selanjutnya adalah lapisan metal atau metallic shield. Lapisan ini memiliki kegunaan untuk melindungi inti pada kabel agar tidak terjadi gangguan secara elektromagnetik. Inti tersebut adalah bagian tembaga. Hal tersebut membuat kabel dapat terjaga daya arusnya. Bentuk dari lapisan metal ini merupakan serangkaian serabut berbahan metal yang membungkus kabel.

  • Plastik pelindung

Bagian terakhir adalah pada bagian plastik pelindung. Fungsinya tentu saja untuk melindungi bagian-bagian penting yang ada di dalam kabel tersebut. Bahannya sendiri dari plastik yang biasa digunakan pada kabel-kabel. Meskipun begitu, jenis pelindung ini jauh lebih tebal dibandingkan beberapa jenis kabel lainnya.

Itulah jenis-jenis kabel coaxial yang digunakan pada komputer. Bisa disimpulkan bahwa jenis kabel ini memiliki perbedaan dengan jenis kabel yang digunakan pada komputer seperti jenis-jenis kabel UTP, jenis-jenis kabel fiber optik, apalagi jenis kabel monitor. Meskipun begitu, kabel ini masih tetap diakui sebagai salah satu jenis-jenis kabel jaringan komputer yang pernah digunakan pada sejarah teknologi jaringan komputer.

Saat ini kabel coaxial mulai menurun. Selain karena pertimbangan kelebihan dan kekurangan kabel coaxial, hadirnya jenis-jenis jaringan nirkabel yang lebih efisien mulai menggusur kabel ini. Akan tetapi, bagi beberapa pihak yang masih menggunakan jenis tipe kabel ethernet pada jaringan komputernya, kabel coaxial masih tetap dibutuhkan. Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu referensi terbaik untuk Anda.

You may also like