Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Cara Membuat Google Form di HP Android

Cara Membuat Google Form di HP Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Untuk menemukan nilai statistik dari sebuah populasi, biasanya dilakukanlah survei sehingga di dapatlah sampel pada tiap individu(responden). Kegiatan survei ini biasanya dilakukan oleh akademisi seperti kuisioner mahasiswa, atau juga di lakukan oleh professional seperti survei elektabilitas yang di lakukan oleh lembaga survei.

Biasanya  untuk menemukan sample tiap individu, yang mereka lakukan adalah terjun langsung ke lapangan dengan cara mewawancarai/memberikan kertas kepada tiap orang secara acak sehingga di dapatlah data statistik hasil survei.

Kini dengan perkembangan tekhnologi, survei bisa dilakukan dengan cara online. Cukup dengan cara membuat halaman form di aplikasi dan link formulirnya kita bagikan ke tiap individu (responden). Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan survei, salah satunya adalah google form.

Apa itu Google Form?
Google Form (Google formulir) adalah sebuah layanan dari google yang di gunakan untuk melakukan survei dan kuisioner bagi pengguna dengan layanan aplikasi survei dan suite kantor seperti google dokumen, google sheet, google slide dan di simpan google drive.

Sejarah Fitur Google Form

  1. Google form di rilis pada 6 februari 2008 yang di kembangkan oleh Google LLC.
  2. Layanan google form di gunakan untuk melakukan survei dan kuisioner yang di personalisasi. Semua informasi itu di kumpulkan di Spreadsheet.
  3. Beberapa kali google form mengalami pembaruan fitur seperti pada fitur : pencarian menu, pertanyaan acak, jawaban yang di batasi satu kali per orang, url link yang bisa diperpendek, dan tema yang dapat di kostum. 
  4. Pada oktober 2014 google merilis add-on pada google form yang memungkinkan pengembang pihak ke tiga membuat alat baru untuk fitur layanan dalam survei
  5. Pada Juli 2017 google memperbarui formulir untuk menambahkan beberapa fitur baru bernama “validasi respon cerdas” dimana fitur ini dapat mendeteksi input teks untuk di koreksi bila terjadi kesalahan penulisan.
  6. Pengguna dapat meminta unggahan file dari individu di luar perusahaannya masing-masing dengan batas awal penyimpanan 1 GB (Gigabyte) dan di perbarui menjadi 1 TB (Terabyte).

Setelah kita mengetahui sejarah fitur google form dari masa ke masa, lalu apa manfaat google form bagi kita khususnya para akademisi mahasiswa dan profesional lembaga survei?

Manfaat Google Form

  • Menghemat Pengeluaran
    Dengan menggunakan google form kita tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mencetak kertas karena aplikasi ini bersifat online
  • Data Aman Tersimpan
    Dengan google form kita tak perlu khawatir bila data akan hilang atau rusak seperti data formulir pada kertas karena data pada google form tersimpan online di google drive
  • Hemat Waktu dan Tenaga
    Dengan google form kita cukup bagikan formulir survei melalui email dan link kepada individu (responden). Sehingga tak perlu lagi sibuk mencari orang untuk di survei dan panas panasan terjun ke lapangan

Lalu apa kelebihan google form di banding aplikasi survey lain sehingga kita harus menggunakannya?

Kelebihan Google Form

  • Gratis
    Kita dapat menggunakan fitur google form secara gratis tanpa mengeluarkan Biaya
  • Terintegrasi dengan Google spreadsheet
    Setiap jawaban dan informasi yang di dapat dari Responden akan di kumpulkan di google spreadsheet
  • Realtime
    Hasil jawaban survei dan kuisioner dari responden di google form akan langsung di update
  • Mudah di gunakan
    Google form dapat di gunakan oleh setiap orang dengan mudah
  • Memiliki diagram summary
    Dengan fitur summary dalam bentuk diagram dan grafik tentunya membantu kita melihat dan menganalisa hasil survei dan kuisioner dari responden.
  • Mudah di bagikan
    Google form dapat di bagikan dengan mudah seperti melaui email, link atau mengembed code form diblog kita 
  • Fitur Adds-Ons
    Dengan modul add-ons kita dapat menambah fungsi pada pembuatan form seperti Formlimiter.

Setelah kita mengetahui kelebihan google form lalu bagaimana cara membuat google form di HP Android? Berikut ini akan kami jelaskan

Cara Membuat Google Form di HP Android

  1. Pastikan kita sudah memiliki akun gmail (google mail)
  2. Buka situs https://docs.google.com/forms/
  3. Pilih template formulir atau klik tanda (+) dengan nama blank dan background putih
  4. Klik kolom untitled form dan buat judul kuisioner yang akan di buat
  5. Pada description form tulis isi deksripsi dari kuisioner tersebut
  6. Buat pertanyaan yang akan kita buat dengan beberapa jenis pertanyaan seperti : Multiple choice (Pilihan ganda), Check boxes (Kotak centang), dan Dropdown (Tarik turun). Dan untuk menambah jumlah pertanyaan bisa klik tanda (+)
  7. Kita bisa membuat responden mengunggah file seperti foto dan dokumen pada fitur add on di sebelah kanan.
  8. Bila sudah selesai klik tombol kirim di sudut kanan atas
  9. Bagikan link google form yang telah di buat kepada responden yang di tuju
  10. Kita juga bisa memperpendek link google form dengan klik tombol “perpendek link”
  11. Untuk melihat hasil dari survei dan kuisioner kita bisa lihat pada menu tanggapan di sebelah kanan pertanyaan

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah, manfaat, kelebihan dan bagaimana cara membuat google form di hp android.

Dengan adanya google form kita tak perlu lagi harus panas panasan terjun langsung melakukan survei kepada responden. Cukup membagikan link formulir di gadget masing masing.

Sehingga bisa lebih hemat tenaga dan biaya. Tentunya hal itu sangat bermanfaat baik untuk akademisi seperti mahasiswa maupun professional seperti lembaga survei. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

You may also like