19 Cara Menghapus Riwayat Maps Dengan Mudah

Google Maps, Apple Maps, dan Waze merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi peta dan melakukan navigasi. Tentu aplikasi ini merupakan hal yang sangat esensial bagi orang – orang yang membutuhkan petunjuk navigasi dalam bepergian. Untuk Google Maps versi webnya anda perlu menggunakan browser untuk menjelajahinya. Browser ini merupakan software yang digunakan untuk mengakses internet.

ads

Cara kerja penyimpanan riwayat aplikasi berbasis maps hampir sama dengan fungsi search engine dimana kedua aplikasi ini akan menyimpan data penggunanya untuk memberikan performa yang lebih baik bagi lagi.

Bentuk pelacakan yang dilakukan oleh aplikasi ini serupa dengan cara melacak orang dengan gps. Jika anda sangat memperhatikan privasi anda miliki, tentu anda tidak ingin orang – orang yang memiliki akses terhadap data pribadi anda menggunakan data tersebut untuk keperluan komersial bagi mereka. Salah satu cara yang dapat mencegah untuk terjadinya hal tersebut adalah dengan menghapus data – data riwayat pada aplikasi maps yang anda gunakan. Disini saya akan berbagi tentang cara menghapus riwayat maps.

Menghapus penelusuran dan lokasi di Apple Maps.

Mencari riwayat lokasi yang ada pada Apple Maps cukup sulit apabila dibandingkan dengan Google Maps, dan Waze. Apple memang patut diakui telah melakukan banyak hal yang menakjubkan. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku dalam aplikasi Apple Maps, dimana untuk dapat mencari dan menghapus riwayat history pada aplikasinya bukanlah salah satu hal yang cukup praktis.

Jika anda ingin menghapus riwayat pada aplikasi Apple Maps berikut merupakan langkah – langkah yang harus ditempuh:

  • Buka aplikasinya dan tap fitur bar pencarian yang diikuit oleh fitur “Favourites”
  • Pada bagian bawah layar, tap bagian ” Recents ” diikuti dengan “Clear” pada bagian sudut atas kiri.
  • Kemudian nantinya anda akan mendapatkan pilihan untuk menghapus semua riwayat penelusuran dan penjelajahan yang anda lakukan pada Apple Maps.
  • Sayangnya jika anda ingin menghapus riwayat secara individiual anda kurang beruntung, karena aplikasi ini tidak menyediakan fitur tersebut.
  • Apabila anda ingin menghapus riwayat di Apple Maps, anda akan menghapus semua riwayat yang anda miliki.

Menghapus penelusuran dan lokasi di Google Maps

Google Maps bila dibandingkan dengan Apple Maps mengambil pendekatan yang lebih sederhana dengan menu dan bagian pengaturan yang mudah diakses. Jika anda ingin menghapus riwayat aplikasi di Google Maps berikut merupakan langkah – langkah yang dapat diambil.

  • Pertama – tama buka Google Maps pada browser anda kemudian pilih icon menu pada search bar, dan pilih bagian “Settings”
  • Setelah itu pilih bagian “Maps History”, nanti anda akan menemukan kumpulan pencarian dan lokasi yang berkaitan dengan data yang anda miliki.
  • Centang lokasi apa saja yang ingin anda hapus dan setelah itu anda akan diminta untuk mengkonfirmasinya.
  • Pilih bagian “Delete” untuk menghapuskan riwayat yang sudah dicentang dari data Google Maps anda.
  • Jika anda ingin menghapus semua riwayat penlusuran google, anda bisa mencoba cara menghapus riwayat penelusuran Google yang nantinya akan menghapuskan data yang anda miliki pada server google.

Menghapus Riwayat di Waze Maps

Waze maps merupakan aplikasi berbasis map yang akan memberikan informasi mengenai keadaan lalu lintas setempat. Ini merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba menghindari kemacetan. Jika anda ingin menghapus riwayat pada aplikasi Waze maps berikut merupakan langkah – langkah yang dapat diambil.

  • Buka aplikasi Waze pada platform  yang anda gunakan, tap bagian ikon Waze untuk menampilkan menu pada Waze.
  • Kemudian pilih “Navigate”  untuk menampilkan pencarian dan tujuan terbaru yang anda miliki.
  • Setelah ditampilkan, disetiap pilihan lokasi yang ada, tap ikon “i” yang kecil pada layar yang ditampilkan.
  • Tekan tombol tersebut, dan scroll ke bawah pada bagian “Actions”
  • Kemudian tap “Remove from history” untuk menghapus item tersebut.

Pada penghapusan riwayat Waze anda hanya bisa menghapus item tersebut satu persatu. Tidak ada pilihan untuk  menghapus semua itemnya secara sekaligus, jadi apabila anda ingin menghapus semua riwayat anda. Anda perlu melakukannya secara manual.

Waze seperti Google Maps menggunakan metode yang sama pada kedua versi perangkat Android ataupun iOS. Hal ini tidak mengherankan mengingat Waze merupakan perusahaan aplikasi yang dimiliki oleh Google.


Mengecek kembali pengaturan riwayat penelusuran yang ada pada HP anda.

Setelah melihat riwayat penelusuran lokasi anda dan mengetahui tentang informasi tersimpannya data – data pribadi anda yang tersimpan pada perangkat telepon anda. Anda mungkin berniat untuk mengetahui tentang apa saja bentuk informasi riwayat penelusuran maps yang tersimpan pada hp anda. Meskipun tampilan pengaturan daris setiap Hp yang menggunakan aplikasi berbasis maps tidak jauh berbeda, setiap orang yang menggunakan smartphone dapat mengakses riwayat penelusuran lokasi pada hp mereka. Berikut langkah – langkah yang dapat digunakan untuk menampilkan fitur tersebut.

  • Buka pengaturan aplikasi pada hp anda, dan kemudian membuka Google Setting app. (ini biasanya direpresentasikan dengan icon berwarna abu – abu dan berbentuk seperti gear).
  • Disana nantinya anda dapat mengetuk informasi  yang akan menampilkan layar pengaturan riwayat lokasi pada HP anda.
  • Setelah terbuka, lihat kembali entri yang bernama “Google Location Reporting” dan tap bagian tersebut.
  • Nantinya anda akan melihat semua akun Google yang aktif pada perangkat yang ada pada catatan perangkat tersebut, dibawah kedua entri tersebut akan terlihat fitur Location Reporting dan Location History.

Pada pengaturan ini anda dapat memilih untuk mematikan fitur ini atau menyalakannya, tetapi sebelum melakukan hal tersebut ada baiknya bagi anda untuk memahami apa yang dapat dilakukan oleh kedua fitur ini.


Location Reporting adalah sebuah layanan yang membantu Google untuk mengetahui dimana lokasi HP anda saat ini, nantinya ini akan membantu aplikasi seperti Google Now dan Google Maps untuk mengetahui secara kasar dimana hp anda saat ini berada. Ini akan memberikan penawaran informasi yang dibuat berdasarkan lokasi anda.

Location History adalah pengaturan yang membantu Google membuat pengaturan jangka panjang tentang tempat dimana telepon anda telah berada. Ketika pengaturan Location History dinyalakan, Google akan melakukan agregat (perhitungan ) terhadap tempat – tempat yang pernah anda kunjungi. Data inilah yang nantinya akan diproses untuk membantu Google memberikan perkiraan terhadap jarak dan suatu perkiraan keberangkatan terhadap suatu lokasi.

Pengaplikasian dari penelusuran aplikasi berbasis maps sbenarnya digunakan juga pada software untuk melacak lokasi nomor handphone. Ini merupakan informasi yang cukup penting untuk anda ketahui apabila anda sangat memperhatikan privasi anda.

Itu tadi cara menghapus riwayat pada maps, sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 04:02 Oleh :
Kategori : Mobile Software