7 Langkah Cara Menghapus Riwayat Penelusuran Google Dengan Mudah

Google merupakan salah satu search engine yang paling banyak digunakan oleh orang – orang diseluruh dunia. Pengertian search engine secara sederhana merupakan mesin pencari yang dapat membantu anda dalam menjelajahi konten – konten yang ada yang ada di internet.

ads

Melalui search engine di Google, kebanyakan orang tidak menyadari hal penting yang berkaitan dengan privasi. Google mengetahui diri anda bahkan lebih dari anda mengetahui diri anda sendiri.

Lewat hasil riwayat penelusuran nya Google menyimpan berbagai catatan riwayat penggunanya mulai dari riwayat pencarian hingga foto -foto yang anda lihat melalui situs google. Melacak hasil pencarian yang dilakukan oleh penggunanya merupakan fungsi search engine yang tidak dapat dihindarkan.

Didalam pembahasan kali ini saya akan mencoba berbagi cara menghapus riwayat penelusuran Google. Perlu diingat bahwa menghapus riwayat penelusuran Google tidaklah sama dengan menghapus riwayat penelusuran pada browser. Anda sebaiknya memahami perbedaan browser dan search engine.

Ketika anda menghapus riwayat penelusuran pada browser, anda hanya menghapus riwayat penelusuran yang disimpan secara lokal pada komputer anda. Sedangkan menghapus riwayat penelusuran Google akan menghapus riwayat penelusuran yang anda  miliki pada server Google.

Kecuali anda menonaktifkannya,  Google Activity akan terus merekam jejak pencarian dan aktivitas browsing yang anda lakukan selama anda menggunakan Google sebagai mesin pencari. Riwayat penelusuran Google mengetahui semua link yang pernah anda klik, semua gambar yang pernah anda lihat, dan semua URL yang pernah anda masukkan pada bar URL.

Riwayat ini akan digunakan untuk membuat profil tentang anda. Nanti profil ini akan berisikan data mengenai umur, gender, bahasa, dan minat anda, yang akan dijadikan panduan untuk membantu pencarian yang relevan dengan profil yang anda miliki.

Hal ini merupakan sesuatu yang efektif, tapi disisi lain ini juga dapat menjadi sebuah invasi terhadap privasi seseorang. Dengan memperhatikan riwayat penelusuran google para penggunanya dapat mengontrol lebih baik lagi tentang dampak positif dan negatif internet.

Jika anda merupakan orang yang sentimental ada baiknya anda membackup riwayat penelusuran anda sebelum anda menghapusnya. Pada April 2015 Google secara diam – diam telah merilis fitur yang mengijinkan penggunanya untuk mendownload semua data – data termasuk riwayat penelusuran yang dimiliki oleh penggunanya. Jadi anda tidak perlu harus mencari cara yang khusus untuk mendownload data tersebut.

Berikut merupakan langkah – langkah untuk menghapus riwayat penelusuran Google.

  1. Buka halaman myaccount.google.com kemudian pilih bagian My Activity.
  2. Jika halamannya sudah terbuka pilih bagian Delete Activity By.
  3. Ubah tanggal awal riwayat penelusuran dan tanggal akhir dari riwayat penelusuran yang ingin anda hapus dan kemudian pilih all product.
  4. Jika sudah, klik delete untuk menghapus riwayat penelusuran anda.
  5. Nanti Google akan memberitahukan bagaimana Google menggunakan data riwayat penelusuran anda utnuk membuat layanan penelusuraan Google menjadi lebih efektif. Klik Ok.
  6. Setelah itu layar anda akan menunjukkan pernyataan “No Activity”
  7. Jika tanda itu sudah muncul berarti anda sudah menghapus semua riwayat penelusuran Google.

Perlu diingat bahwa setelah menghapus riwayat penelusuran Google, anda akan merasakan dampak terhadap pelayanan pencarian google yang sedikit berbeda sebelum anda menghapusnya.

Secara default, Google membantu anda untuk menunjukkan hasil pencarian yang paling relevan berdasarkan data – data riwayat pencarian yang pernah anda lakukan sebelumnya. Sebagai contoh jika sebelumnya anda sering mengunjungi suatu situs yang berhubungan tentang resep. Nantinya ketika anda ingin mencari tahu tentang resep baru, Google akan menunjukkan situs tentang resep yang sering anda kunjungi pada bagian teratas dari mesin pencarian anda.
Jika anda menghapus dan menonaktifkan riwayat pencarian anda, hasil pencarian anda akan menjadi semakin luas, dan menjadi kurang spesifik terhadap diri anda. Ini membuat keefektifan yang dimiliki search engine Google menjadi berkurang.

Itu tadi pembahasan tentang cara menghapus riwayat penelusuran Google. Gunakanlah internet sebaik – baiknya dengan cara yang bijak dengan memperhatikan dampak positif dan negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 29th, November 2017 / 04:08 Oleh :
Kategori : Browser