15 Cara Menghapus Cache di Chrome di PC dan Android

Google Chrome merupakan salah satu perangkat browser terbaik yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet pada umumnya. Performanya yang cukup ringan, sederhana dan juga cepat dalam memuat halaman, membuat  Google Chrome menjadi browser yang banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengakses internet. Dengan kehadiran cache tentu akan membantu Google Chrome menjadi lebih efisien dalam bekerja.

ads

Apa itu cache? Mungkin banyak orang yang tidak familiar dengan istilah ini. Akan tetapi perlu untuk diketahui, cache merupakan salah satu elemen penting dalam dunia internet modern yang memudahkan anda untuk mengakses suatu informasi pada internet.

Cache pada browser digunakan untuk menyimpan informasi – informasi tertentu seperti halaman website, gambar atau konten yang didownload secara sementara pada komputer. Jadi ketika anda ingin mengakses halaman atau informasi tersebut pada komputer ataupun smartphone, anda tidak perlu lagi untuk memuat kembali seluruh konten dari halaman yang hendak anda muat.

Tentu dengan pengaplikasian teknologi ini waktu yang digunakan untuk memuat suatu halaman pada suatu website akan menjadi lebih cepat. Karena halaman – halaman tadi sudah pernah terkunjungi maka secara otomatis cache dari browser akan menyimpan informasi – informasi penting yang ada pada halaman yang anda akses tadi.

Apa yang terjadi kalau anda tidak menghapus Cache Browser?

Seiring dengan berjalannya waktu kumpulan data cache pada browser anda akan terus bertambah seiring juga dengan penggunaan akses internet pada browser yang anda gunakan. Karena setiap kali anda membuka halaman tertentu pada browser, browser juga akan menyimpan informasi berupa cache yang berisikan halaman tersebut. Jika dalam jangka waktu yang lama anda tidak pernah menghapus cache browser anda, kumpulan data cache tadi akan terus menumpuk mengikuti jumlah halaman yang anda muat pada browser anda.

Kumpulan cache tadi akan menumpuk dalam jumlah besar dan akan dapat dipastikan memberikan dampak negatif terhadap performa dari komputer anda. Dengan begitu anda tidak akan dapat menerima dampak positif dari kelebihan dan kekurangan browser Google Chrome.

Data cache yang tersimpan merupakan data yang dibuat agar permintaan memuat suatu halaman dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. File cache dibuat untuk menyimpan informasi yang sering digunakan pada proses pemuatan suatu halaman. Menghapus data cache tidak akan memberikan pengaruh pada komputer anda dalam artian negatif. Beberapa orang malah menganjurkan untuk menghapus data cache secara berkala untuk membantu meningkatkan privasi anda. Komputer ataupun perangkat lainnya akan dapat membangun kembali data cache dari halaman yang anda kunjungi dengan mudah dan cepat setelah cache dihapus

Pada android khususnya yang biasanya tidak memiliki banyak memori penyimpanan, keberadaan cache akan membuat android lebih lambat dari biasanya. Karena kapasitas RAM dan juga memori internal pada beberapa HP android biasanya tidak terlalu besar. Maka dampak yang diberikan oleh keberadaan data cache akan sangat terasa membuat smartphone anda menjadi lambat.

Data cache yang terlalu banyak tersimpan pada harddisk akan mengurangi kapasitas media penyimpanan harddisk pada komputer. Adalah ide yang bagus untuk sesekali melakukan proses penghapusan cache pada Google Chrome dengan begitu anda akan terhindarkan dari kumpulan data cache yang menggunung. Ini juga akan membantu trobleshooting komputer yang sering hang.

Karena sifatnya yang sementara maka cache yang dihapus juga tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap komputer anda dan malah akan memberikan manfaat positif karena membantu meningkatkan performa dari komputer anda. Ini juga tentunya akan membantu cara mempercepat kinerja laptop.

Akan tetapi jika anda menghapus cache browser anda, beberapa website akan kembali menjadi agak lambat untuk dimuat. Walaupun hal tersebut hanya untuk beberapa saat dan itu juga tergantung dari koneksi internet yang anda gunakan.

Menghapus Cache di Google Chrome pada PC

Cara menghapus cache umumnya serupa dengan cara menghapus riwayat penelusuran Google Chrome. Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk menghapus cache di Google Chrome pada PC

  1. Buka Google Chrome yang ada pada komputer anda.
  2. Pada bagian toolbar pilih ikon more yang terletak pada bagian pojok kanan atas bagian jendela Google Chrome.

  3. Dari bagian More Tools, tadi klik Clear Browsing data. Ini akan menghapus semua hal yang beruhubungan dengan akses browsing internet anda.
  4. Cara alternatifnya anda bisa menekan tombol Ctrl + Shift + Del.
  5. Nanti akan ada jendela kecil yang berisikan pilihan untuk memastikan data yang akan anda hapus.
  6. Pilih tombol Clear Browsing Data.
  7. Tunggu hingga prosese penghapusan cache di Google Chrome selesai

Menghapus Cache di Google Chrome pada smartphone

Cara menghapus cache di Google Chrome pada smartphone tidaklah jauh berbeda dengan cara yang digunakan untuk menghapus cache Google Chrome pada smartphone


  1. Buka Google Chrome yang ada pada HP anda.
  2. Pada bagian jendela ang terbuka pada smartphone anda,, sama seperti metode sebelumnya pilih ikon more.
  3. Dari sana pilih bagian history.
  4. Kemudian tap clear browsing data.
  5. Pada bagian clear browsing data, jangan lupa untuk mencentang cookies, site data dan cache images and files untuk melengkapi proses penghapusan cache di Google Chrome pada smartpohne.
  6. Pilih waktu riwayat yang ingin anda hapus. Jika anda tidak yakin anda bisa memilih semua waktu yang ada.
  7. Setelah anda yakin untuk melanjutkan proses penghapusan, tap clear browsing data.

Menghapus Semua Data Cache semua aplikasi di Android.

Jika anda ingin menghapus tidak hanya cache pada aplikasi android anda dan untuk menghapus semua cache pada aplikasi yang ada pada perangkat android anda. Anda dapat mencoba langkah berikut ini. Cara ini juga akan membantu anda menghapus data cache yang mungkin telah menjadi corrupt karen atelah lama tersimpan. Berikut merupakan langkah – langkah yang anda lakukan utnuk menghapus semua cache pada aplikasi yang ada di perangkat android.

  1. Pergi ke bagian menu setting yang ada pada HP android anda.
  2. Kemudian cari bagian storage dan tap bagian tersebut.
  3. Setelah itu tap bagian Cached Data.
  4. Nantinya akan ada pemberitahuan yang akan meminta anda untuk memasukkan konfirmasi.
  5. Tap OK untuk menghapus semua data cache dari sistem android anda. Ini termasuk juga cache di Google Chrome apabila terinstall.
  6. Jika sudah selesai nantinya anda akan dapat merasakan peningkatan performa yang terjadi pada HP android anda.

Itu tadi pembahasan mengenai cara menghapus cache di Google Chrome. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Browser