20 Cara Agar HP Android Tidak Lemot Paling Mudah

HP android merupakan HP yang telah banyak digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Sebagai salah satu smartphone yang banyak diminati oleh para vendor dan pengguna. Android merupakan salah satu smartphone yang berkembang dengan cepat. Sama seperti perangkat smartphone lainnya, HP android tidak bisa dilepaskan dari keadaan yang lemot.

ads

Situasi dimana HP android menjadi lambat atau lemot merupakan hal yang normal dan bisa saja dialami oleh perangkat smartphone lainnya. Baik itu android dengan kapasitas RAM yang kecil maupun yang besar dapat mengalami dampak ini apabila tidak diatur dengan baik.

HP yang lemot atau lambat sangatlah tidak nyaman untuk digunakan. Dengan era yang berkembang dengan cepat semua perangkat elektronik diharapkan oleh pengguna untuk dapat berjalan dengan cepat. Akibat yang dapat dirasakan dari HP android yang lemot adalah mulai dari berjalannya HP smartphone dengan lambat, aplikasi yang menutup sendiri dengan paksa, munculnya pesan error, hingga HP mati karena telah bekerja dengan berat.

Faktor – Faktor Penyebab Android Menjadi Lemot

Beberapa faktor utama yang menyebabkan android menjadi lemot adalah sebagai berikut

  1. kapasitas RAM yang tidak mencukupi. Khususnya kapasitas RAM yang kecil yang tidak mencakup jumlah RAM yang diperlukan untuk menjalankan semua aplikasi – aplikasi yang ada pada HP anda.
  2. Spesifikasi smartphone yang kurang memadai atau smartphone android tidak memiliki spesifikasi yang baik.
  3. Penggunaan aplikasi pada HP android yang berlebihan
  4. Pemasangan widget yang berlebihan, widget yang terlalu banyak terpasang akan membutuhkan banyak memori RAM dan pada akhirnya akan membuat HP smartphone menjadi lemot.
  5. Aplikasi yang dipasang atau diinstall terlalu banyak. Pemasangan aplikasi yang anda jarang gunakan hanya akan menambah beban pada media penyimpanan dan juga beban pada RAM.
  6. Multi tasking atau menjalankan banyak aplikasi secara bersama – sama pada HP android.
  7. Banyaknya aplikasi yang tidak terupdate atau masih menggunakan  versi yang lama.
  8. Terlalu banyak cache pada smartphone yang jarang dibersihkan.
  9. Smartphone memilki virus atau junk file yang terllau banyak sehingga membebani beban pada smartphone.

Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Internetan

Dengan membuat HP android tidak lemot tentu akan membuat HP anda menjadi lebih nyaman untuk digunakan. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuat HP androd tidak lemot saat internetan.

1. Perhatikan jumlah memori yang digunakan. Saat memori internal yang tersedia tinggal sedikit maka android anda akan menjadi lemot bahkan saat digunakan untuk internetan. Oleh karena itu adalah hal yang bijak untuk menghindari penyimpanan data internal yang terlalu banyak pada HP. Anda bisa membeli smartphone yang dibekali dengan memori internal yang cukup besar atau memberikan dukungan kartu memori yang baru.

2. Gunakan aplikasi serbaguna. Daripada menginstall banyak aplikasi yang nantinya akan membuat memori internal pada smartphone menjadi penuh, lebih baik menginstall satu aplikasi yang memiliki banyak fungsi. Jika android kamu sudah di-root, salah satu aplikasi serbaguna alias multifungsi yang banyak disukai adalah Apps2Sd.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Antivirus lebih dari satu. Hampir semua aplikasi bawaan sistem terutama aplikasi antivirus pada smartphone dapat berjalan di background smartphone. Apabila anda tidak memperhatikannya, maka tanpa disadari itu akan membuat HP android anda menjadi lemot. Apalagi saat digunakan untuk internetan. Dengan pengetahuan internet yang bijak dan juga hanya satu antivirus yang handal. Itu sebenarnya sudah cukup untuk menangkal virus android paling berbahaya  oleh karena itu anda tidak perlu menginstall antivirus lebih dari satu.

4. Usahakan untuk tidak membuka terlalu banyak aplikasi secara bersmaan. Dengan melakukan ini HP akan menjadi cepat panas, dan tentunya akan membuat HP android anda menjadi lemot. Jika anda tidak memperhatikannya, itu akan menjadi penyebab android cepat panas.


5. Jangan menggunakan HP anda ketika sedang melakukan proses pengisian baterai. Hal ini akan memberikan beban tambahan terhadap HP android dan juga akan membuat HP android anda cepat panas. Android yang panas akan membuat baterai yang ada pada HP anda akan menjadi cepat rusak. Oleh karena itu penting juga untuk mengetahui cara memperpanjang usia baterai android.

6. Tutup dan matikan aplikasi yang berjalan di belakang layar HP anda. Dengan melakukan hal tersebut ini akan membuat HP anda menjadi lebih ringan dan membuatnya menjadi tidak lemot.

7. Jika HP anda memiliki banyak file yang tersimpan. Pertimbangkan menghapus file – file tersebut untuk memberikan ruang pada media penyimpanan data anda yang dapat juga meningkatkan performa dari HP android menjadi tidak lemot.

8. Gunakan jaringan 4G atau WiFi. Jika anda sering bermain game atau melakukan internetan. Penggunaan jaringan 4G atau WiFi akan membantu HP android anda menjadi tidak lemot. Cara mempercepat koneksi wifi di android dengan cepat akan membuat perangkat anda tidak lemot.

9. Manfaatkan fitur autokill yang ada pada aplikasi yang anda gunakan seperti yang dapat ditemukan pada aplikasi Clean Master. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan pada HP android tidak dapat dipungkiri akan membuat HP smartphone android anda menjadi lemot. Untuk menghindari hal tersebut anda dapat mencoba menggunakan fitur Auto Kill.

10. Gunakan aplikasi berbayar apabila tersedia. Menggunakan aplikasi gratisan memang kadang cukup enak dan juga gratis, tapi apakah anda tahu aplikasi gratis bukan berarti tanpa ada pembayaran sama sekali? Biasanya para pembuat aplikasi ini akan menyelipkan program – program tertentu yang membuat HP anda menjadi lambat. Aplikasi berbayar atau premium memastikan anda sebagai pembeli mendapatkan performa yang premium alias mendapatkan sesuatu sesuai yang anda bayarkan.

11. Selalu update software. Hal ini bertujuan untuk memastikan program ataupun aplikasi yang ada pada HP anda terbebas dari masalah yang ada pada program atau aplikasi sebelumnya.

12. Jangan memasang widget terlalu banyak widget pada smartphone. Penggunaan widget yang terlalu banyak merupakan penyebab HP menjadi lemot. Jadi alangkah lebih baiknya jika anda mengurangi penggunaan Widget pada HP android anda.

13. Jika anda sudah menginstall banyak aplikasi dari playstore dan tidak banyak menggunakannya. Maka alangkah baiknya anda mengurangi aplikasi yang terpasang pada HP smartphone anda.

14. Animasi yang ada di android akan menggunakan RAM di perangkat android untuk dapat beroperasi. Untuk membuat HP android anda menjadi lebih cepat anda bisa mematikan fitur atau mengurangi fitur ini.

15. Bersihkan cache data. Apabila cache dibiarkan menumpuk ini akan menjadi faktor yang membuat HP android menjadi lemot. Adalah hal yang bijak untuk sesekali membersihkan data cache yang ada pada HP android. Anda dapat menggunakan fungsi clean master yang dapat membersihkan cache data yang pada HP android.

16. Bersihkan Cache Partition. Sama seperti data cache yang biasa, cache partition apabila tidak dibersihkan secara berkala dapat membuat HP android anda menjadi lemot.

17. Matikan Auto-Sync. Fitur Auto-Sync membantu komputer anda terhubung dengan semua akun yang terpasang di android anda. Seringkali fitur Auto-sync akan memberikan dampak terhadap kinerja komputer anda. Seringkali fitur Auto-Sync akan memberikan beban tambahan kepada hp android. Ini akan mengakibatkan HP android anda menjadi lebih lambat. Jadi jika anda ingin HP android anda menjadi tidak lemot anda bisa mencoba untuk mematikan fitur Auto-Sync yang ada pada HP android anda.

18. Gunakan launcher lainnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh HP android adalah banyaknya pilihan yang dapat digunakan untuk membantu anda melakukan kemudahan dalam hal kostumisasi. Selain memberikan tampilan baru, beberapa dari launcher ini dapat membuat HP android anda menjadi lebih ringan untuk digunakan. 


19. Lakukan Factory Reset. Mungkin beberapa diantara anda banyak yang sudah sering melakukan factory reset/ mengembalikan data anda kembali ke pengaturan awal. Bisa jadi dengan melakukan hal tersebut anda hanya ingin menghilangkan masalah yang ada pada android anda. Akan tetapi perlu diingat karena fungsinya yang akan mengembalikan semua fitur yang ada pada android maka dengan mengembalikan pengaturan ke pengaturan pabrik juga tentunya akan membantu penyelesaian terhadap permasalahan yang membuat HP android anda menjadi lemot.

20. Gunakan Custom ROM. Dengan menggunakan custom ROM anda dapat meningkatkan performa dari sistem operasi android.

Itu tadi pembahasan mengenai Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Internetan. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Andoid