13 Penyebab Android Cepat Panas Yang Umum Ditemukan

Para pembuat smartphone selalu berusaha untuk memberikan ugrade terbaik dari produk – produk yang mereka keluarkan. Saat ini kita sudah bisa memiliki HP smartphone dengan kapasitas yang cukup canggih dengan berbagai prosesor yang sangat menakjubkan.

ads

Hal ini mungkin kita tidak dapat bayangkan beberapa tahun yang lalu. Android sebagai salah satu pengembang software OS smartphone terkemuka di dunia, juga ikut mengambil peran dalam perkembangan perangkat smartphone didunia. Dibalik kelebihan dan kekurangan os android, perangkat ini berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi penggunanya.

Ukuran yang kecil pada smartphone kadang juga merupakan penyebab banyak permasalahan pada perangkat ini dan yang paling umum adalah permasalahan yang berkaitan dengan panas.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang penyebab android cepat panas, berikut penyebab – penyebab yang dapat membuat perangkat android cepat panas.

1. Menggunakan Gadget Anda Sewaktu Recharge.

Ini mungkin adalah salah satu penyebab panas yang paling umum dialami oleh pengguna android. Kebanyakan para pengguna yang menggunakan android akan menggunakan hp mereka untuk bermain game ataupun menggunakan aplikasi sewaktu recharge.

Tentu ini akan menyebabkan HP anda cepat panas karena beban aplikasi yang dijalankan bersama dengan daya listrik yang diterima sewaktu recharge dapat menimbulkan panas yang tinggi pada perangkat android anda.

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan hp smartphone sewaktu anda merecharge daya dari perangkat tersebut kecuali untuk keperluan yang penting.

2. Bermain Game Terlalu Lama

Bermain game dalam waktu yang lama secara terus menerus akan memberikan beban pada prosesor yang ada pada hp android. Tidak seperti laptop, hp android dan kebanyakan hp smartphone tidak memiliki sistem pendingin yang dapat mengurangi masalah overheating.

3. Faktor Lingkungan

HP android juga dapat menjadi cepat panas atau mengalami overheat akibat lingkungan sekitar. Lingkungan yang panas dapat memberikan panas tambahan pada HP android.

4. Recharge yang Tidak Konsisten

Bahkan jika HP anda memiliki umur baterai yang buruk, sangat tidak dianjurkan untuk selalu mengecas hp anda setiap saat. Sebaiknya dalam sehari jumlah anda merecharge hp anda cukup dibatasi paling banyak dua kali.

Jika anda terlalu sering merecharge secara tidak konsisten ini akan memberikan pengaruh terhadap umur baterai dan dapat menghancurkan bagian sirkuit yang ada dalam HP android. Dengan melakukan recharge yang konsisten anda dapat membantu cara memperpanjang usia baterai android.

5. Tidak Menggunakan Charger Original

Dalam setiap petunjuk manual dari smartphone, para pembuat smartphone pasti akan mengingatkan anda untuk tidak menggunakan charger yang tidak original. Ini karena perangkat itu berkemungkinan untuk merusak baterai anda. Masalah pada bagian baterai adalah salah satu faktor utama dalam penyebab overheated. Dan penggunaan charger yang tidak original adalah faktor yang membuat hal itu dapat terjadi.

6. Tidak Melakukan Proses Pengecasan dengan Benar.
Dalam mengecas HP android anda sebaiknya selalu mengingat untuk selalu menggunakan charger original dan pastikan anda tidak terlalu lama pada siang hari. Cukup charger sekitar 70-80% pada siang hari dan charge secara penuh di malam hari.

Proses pengecasan yang tidak benar dapat mempengaruhi usia baterai dan juga salah satu penyebab hp android overheated.

7. Membuka Banyak Aplikasi Untuk Multitasking.

Dengan banyaknya aplikasi yang terbuka, aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan beban tambahan, dan kadang dapat membuat kerja prosesor pada android menjadi lebih berat.

Jika android anda mengalami panas secara berkala, mungkin saja ada beberapa aplikasi yang tidak bisa ditangani oleh perangkat ini. Ada baiknya untuk menutup aplikasi yang tidak anda gunakan untuk mengurangi beban dari perangkat android

8. Menonton Video Lewat Streaming pada Android

Menonton video pada perangkat android sebenarnya dapat memberikan beban yang cukup berat pada perangkat android. Ditambah dengan beban sambungan koneksi data dari streaming yang lambat, serta kulitas video yang anda putar, ini dapat menjadi faktor yang membuat perangkat android cepat panas.

Dengan melakukan cara mempercepat koneksi wifi di android dengan cepat, anda dapat membantu mengurangi beban koneksi dari streaming video tersebut. Ini nantinya akan berkontribusi dalam mengurangi beban penyebab android cepat panas.

9. Baterai yang Rusak

Baterai yang rusak dapat menjadi salah satu faktor yang membuat baterai cepat panas. Bila hal ini terjadi, sbeaiknya anda menggantinya dengan yang baru secepat mungkin sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

10. Kurangnya Udara yang Diterima oleh Perangkat ini. (Sirkulasi Udara yang Buruk) 

Biasanya perangkat android dapat menjadi lebih cepat panas apabila diletakkan pada kantong ataupun didalam tas. Ini dapat terjadi karena kurangnya udara yang bersirkulasi pada android. Bila ini terjadi ada baiknya anda mengeluarkannya ke tempat yang memiliki udara lebih banyak sehingga panas yang ada dapat berkurang.

11. Memakai HP Android untuk Waktu yang Lama

Sama seperti manusia, HP android bila diapakai dalam waktu yang lama secara terus menerus dapat membuat beban yang sangat berat pada perangkat ini. Bila hal ini terjadi alangkah baiknya anda mengambil waktu sejenak untuk mengistirahatkan perangkat android dengan tidak menggunakannya.

12. Software yang Tidak Terupdate

Software yang tidak terupdate, bukan merupakan faktor utama yang menyebabkan android anda menjadi cepat panas. Akan tetapi perlu diingat bahwa software yang terupdate akan membantu smartpohen anda bekerja lebih mulus dan lebih cepat, yang tentunya akan mengurangi beban. Hal ini akan membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh perangkat ini.

Bila anda menggunakan software yang tidak terupdate, software tersebut dapat memberikan beban tambahan pada perangkat anda.

13. Tidak Membersihkan File Sampah

Seperti komputer, perangkat android seiring berjalannya waktu pasti akan menghasilkan kumpulan file sampah, cookies dan sejenisnya. File sampah ini akan memberikan beban tambahan pada prosesor dan RAM dari android yang dapat menyebabkan android cepat panas.

Anda dapat menggunakan fungsi clean master untuk mempermudah mengurangi file sampah pada file android anda. Itu tadi kumpulan penyebab android cepat panas. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 29th, November 2017 / 03:42 Oleh :
Kategori : Andoid