11 Cara Install Adobe Flash Player Paling Mudah

Adobe Flash Player merupakan software freeware yang digunakan untuk memuat konten yang dibuat pada platform Adobe Flash. Tugas – tugas yang dapat dilakukan oleh Adobe Flash Player merupakan tugas seperti membuka file multimedia, menjalankan aplikasi internet yang beragam, dan melakukan streaming video dan audio. Adobe flash merupakan salah satu macam – macam software multimedia yang sangat esensial bagi perkembangan awal internet.

ads

Flash Player dapat dijalankan melalui web browser sebagai plugin atau pada perangkat mobile yang telah mendukung penggunaannya. Flash Player dibuat oleh Macromedia dan dikembangkan serta didistribusikan oleh Adobe semenjak Adobe mengakuisisi Macromedia.

Sejak pertama kali dirilis hingga beberapa tahun yang lalu Adobe Flash merupakan perangkat yang penting untuk bisa melakukan streaming Youtube dan ini memberikan manfaat Youtube bagi para pengguna internet pada waktu itu.

Belakangan pada beberapa tahun terakhir Flash Player menuai banyak kritikan atas performanya, dan pengkonsumsian energi baterai yang lebih banyak pada perangkat mobile dan sejumlah celah keamanan yang sangat rentan telah banyak ditemukan pada software ini. Para pengembang browser – browser terbaik seperti Google Chrome mengakui tentang kekurangan yang dimiliki oleh Flash Player.

Pendiri Apple, Steve Jobs sangat kritis terhadap Flash Player, dia bahkan mempublikasikan surat terbuka yang menjelaskan secara detail kenapa Apple melarang penggunaan platform Flash untuk digunakan pada keluarga perangkat iOS.

Penggunaan Adobe Flash Player saat ini mulai tersingkirkan berkat standar web modern yang baru yang mengijinkan penggunaan Flash tanpa harus menginstall Plug in pihak ketiga seperti Flash Player.

Singkatnya Adobe Flash Player merupakan standar lama untuk penggunaan internet yang sempat digunakan oleh banyak orang dalam membawakan berbagai konten dan streaming kepada berbagai browser.

Saat ini pada beberapa website masih ada yang menggunakan Adobe Flash player untuk menyajikan konten mereka. Jika browser anda tidak memiliki Adobe Flash Player, dan anda masih ingin menginstall aplikasi ini, anda beruntung karena disini saya akan mencoba untuk berbagi tentang cara install adobe flash player dengan mudah. Berikut merupakan cara install adobe flash player pada laptop komputer anda.

  1. Buka browser anda dan pergi ke halaman resmi Adobe. Dengan menggunakan browser yang ingin anda installkan Adobe Flash Player, masukkan alamat berikut pada URL browser anda get.adobe.com/flashplayer.
  2. Halaman downloader Flash Player akan mengenali browser dan sistem anda secara otomatis dan akan menawarkan instalasi yang cocok untuk kebutuhan anda.
  3. Perlu diingat pada beberapa browser mereka juga akan menawarkan untuk mendowload browser Google Chrome. jika anda tidak ingin mendownloadnya silahkan hilangkan centang pada kotak tersebut.
  4. Selain akan menawarkan untuk mendownload browser Google Chrome halaman ini juga kan menawarkan untuk mendownload McAfee Security Scan Plus. Jika anda juga tidak ingin mendownloadnya silahkan hilangkan centang pada kotak tersebut.
  5. Klik kotak yang mengatakan Download Now. File yang ada akan didownload langsung ke komputer anda.
  6. Buka Installer dari aplikasi Adobe Flash Player pada folder tempat anda mendownloadnya, dan klik dua kali untuk membukanya.
  7. Jalankan installernya.
  8. Ikuti petunjuk – petunjuk instalasi yang diberikan untuk melanjutkan proses instalasinya.
  9. Jika anda menggunakan Mac jangan lupa untuk sign in, karena nantinya anda akan diminta untuk sign in sebagai admin dengan menggunakan username dan password anda.
  10. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Dan setelah selesai klik tombol Finnish.
  11. Setelah selesai diinstall. Aplikasi Adobe Flash Player siap digunakan pada browser anda.

Di tahun 2017 Adobe mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memberikan dukungan kepada Flash Player di tahun 2020, dan akan terus mendorong penggunaan standar HTML 5 sebagai pengganti dari penggunaan Flash Player. Penggunaan tersebut dikoordinasikan bersama, Apple, Facebook, Google, Microsoft, dan Mozilla.

Sebelum tahun 2016 Google Chrome sesuai dengan kelebihan dan kekurangan browser Google Chrome dulunya sempat memiliki built in flash player sehingga anda tidak perlu menginstall aplikasi ini untuk dapat memuat konten flash. Akan tetapi semenjak tahun 2017 Google Chrome secara resmi menghentikan penggunaan flash player pada browser mereka dan menggantinya dengan penggunaan HTML 5.

Dibalik keuntungan dan penggunaan Adobe Flash Player kita juga harus bijak dalam penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari karena bila kita tidak berhati – hati kita dapat berakhir dengan bahaya kecanduan internet.

Itu tadi pembahasan mengenai cara install adobe flash player. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 29th, November 2017 / 04:00 Oleh :
Kategori : Browser