10 Cara Menghilangkan Malware di Browser Agar Tidak Muncul Kembali

Saat kita sedang asyik berselancar di internet, selalu muncul iklan-iklan yang tidak kita inginkan. Terkadang iklan yang muncul tersebut terjadi saat kita mengeklik tombol sesuatu atau muncul secara tiba-tiba. Nah kejadian tersebut menandakan bahwa browser kita terkena malware.

ads

Malware atau malicious software adalah suatu program yang dibuat agar dapat menyusup ke dalam sistem komputer. Jenis-jenis malware itu bermacam-macam bentuknya. Ada yang berbentuk trojan, worm, syware dan beberapa tipe software lainnya. Malware yang sering muncul dalam bentuk iklan-iklan tersebut pada dasarnya bukanlah virus. Malware seperti itu bertujuan hanya untuk mendapatkan keuntungan untuk situs tersebut.

Ciri-ciri browser kena virus malware biasanya akan selalu muncul seperti berikut ini.

  • Browser eror saat langsung dibuka
  • Kecepatan internet tiba-tiba menjadi lambat
  • Saat pertama kali masuk browser, langsung masuk ke halaman pencarian yang tidak biasa seperti myserch, ask, dan sebagainya.
  • Selalu muncul pop-up iklan yang aneh pada halaman browser

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah 10 cara menghilangkan malware di browser agar tidak muncul kembali.

     1. Masuk ke dalam mode Safe Mode

Pertama-tama kita akan masuk ke dalam mode Safe mode terlebih dahulu. Buat yang belum tahu bagaimana cara masuk ke Safe mode silakan tekan tombol F8 pada keyboard secara berulang-ulang ketika mulai booting. Lalu pilih Safe mode with Networking.

     2. Unduh aplikasi Adwcleaner dan juga Malwarebytes

Berikutnya instal dua aplikasi yaitu Adwcleaner dan juga Malwarebytes (jangan lupa untuk update), kemudian jalankan scan pada kedua aplikasi tersebut. Pada saat selesai melakukan scan, kembali restart komputernya. Oh iya, ketika menyala kembali jangan lupa kembali ke Safe Mode.

     3. Jalankan msconfig.exe

Pada saat keadaan Safe Modeklik start kemudian ketik di kotak search windows msconfig. Nanti akan keluar aplikasi msconfig.exe, klik aplikasi msconfig.exe. Setelah muncul halaman msconfigpilih menu Service, lalu centang Hide all Microsoft service. Setelah itu lihat apa saja services yang terlihat mencurigakan. Ketika sudah menemukannya, matikan atau kosongkan centang services tersebut. Jika perlu, dapat juga memilih untuk Disable all, lalu klik Apply.

     4. Pilih menu “Startup”

Berikutnya masih pada halaman msconfig, pilih menu Startup lalu lihat apakah ada startup item yang mencurigakan. Jika sudah menemukannya, kosongkan centang atau disable startup yang terlihat mencurigakan atau jika perlu klik disable all agar semua startup item kosong semua. Setelah itu klik Apply dan klik OK.


     5. Uninstal browser yang bermasalah 

Proses selanjutnya adalah meng-uninstal aplikasi browser yang bermasalah seperti Chrome, Firefox, Opera, dan aplikasi browser semacamnya. Setelah diuninstal, kembali instal ulang aplikasi browsernya dan usahakan menggunakan versi terbaru. Setelah aplikasi browser sudah terinstal kembali, instal juga ekstensi untuk mencegah malware kembali muncul seperti Addblock plus contohnya.  Setelah ekstensinya sudah di instal, silakan untuk me-restrart kembali komputernya dan kali ini masuk ke windows secara normal.

     6. Jalankan antivirus

Untuk menunjang performa komputermu, sebaiknya instal juga aplikasi antivirus. Aplikasi antivirus juga ampuh dalam menghadapi malware yang sering muncul saat kita sedang berselancar di internet. Kita bisa gunakan antivirus baik yang berbayar maupun yang gratis. Meskipun begitu ada juga cara menghapus virus tanpa menggunakan antivirus.

     7. Cek aplikasi di dalam Control Panel

Berikutnya, setelah tadi kita “memperbaiki” Aplikasi yang ada di dalam msconfig dan juga browser, sekarang kita cek kembali aplikasi yang ada di dalam control panel. Caranya adalah klik menu Start kemudian pilih Control Panel. Setelah itu, klik Uninstall a Program dan di sana kita akan menemukan berbagai macam aplikasi yang ada di dalam komputer kita.  Carilah aplikasi yang menurutmu mencurigakan lalu klik uninstal. Setelah kamu uninstal, silakan merestart kembali komputernya.


     8. Hapus Temporary files pada browser

Selain kita menginstal ulang aplikasi browser, kita juga harus menghapus temporary files pada browser tersebut agar mencegah malware kembali datang. Cara untuk membersihkan temporary files pada browser adalah klik menu kemudian pilih history lalu pilih opsi hapus data penjelajahan. Centanglah semua opsi untuk menghapus semua datanya. Jika ingin menghapus temporary files pada komputer, caranya ketik pada kotak search windows RUN. lalu akan muncul kotak, di dalam kotak tersebut ketik %temp% dan klik OK. Nanti akan muncul isi dari temporary files, hapus semua file di sana dan hapus juga file yang ada di dalam recycle bin.

     9. Menggunakan Live CD 

Biasanya ada beberapa malware yang tetap aktif meskipun windows sudah dalam Save Mode. Salah satu cara menghilangkannya adalah bisa menggunakan Live CD. Gunakan scanning pada Live CD sebelum masuk Windows atau saat proses booting. Cara ini juga ampuh dalam meminimalisir malware yang masuk ke dalam komputer.

     10. Menjalankan Windows Defender

Windows Defender adalah sebuah program yang sudah ada di dalam Windows itu sendiri. Fungsinya sebagai keamanan di dalam sistem operasi windows. Jika komputernya belum memiliki aplikasi antivirus, kita harus tahu cara mengaktifkan windows defender  karena program ini bisa diandalkan sebagai salah satu cara menghapus virus malware.

Itulah 10 cara menghilangkan malware di browser agar tidak muncul kembali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Browser