12 Kelebihan dan Kekurangan OS Android

Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer pada saat ini. Hampir seluruh jajaran smartphone yang dikembangkan dan diluncurkan menggunakan sistem operasi Android ini. Hal ini disebabkan karena, OS android merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki banyak sekali keunggulan. Apa saja keunggulan dari sistem operasi Android ini? (baca juga: jenis sistem operasi)

ads

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari sistem operasi Android;

Kelebihan OS Android

  1. Merupakan sistem operasi open source, sehingga mudah dikembangkan oleh developer handset

Kelebihan pertama dari OS Android ini adalah merupakan sebuah sistem operasi yang sifatnya open source. Hal ini disebabkan karena Android merupakan salah satu sistem operasi yang berbasis linux, sehingga merupakan salah satu OS yang mudah untuk dikembangkan, karena memiliki sistem open source. (baca juga: kelebihan dan kekurangan linux)

Para developer dan pengembang menjadi sangat mudah untuk mengoptimalkan dan mengembangkan sistem operasi ini untuk smartphone yang mereka buat. Sehingga bisa jadi satu smartphone dengan smartphone yang lain memiliki fitur sistem operas Android yang berbeda-beda.

  1. Mudah dikustomisasi dan dimodifikasi

Tidak hanya developer professional yang mengembangkan sistem operasi Android untuk smartphone tertentu, para penghobi oprek sistem operasi pun bisa dengan mudah melakukan kustomisasi terhadap sistem operasi android ini. mulai dari kustomisasi ROM, hingga kustomisasi overclock pada sistem operasi, yang mempengaruhi kinerja dari smartphone OS Android menjaid lebih cepat pun bisa dilakukan. Bagi anda yang masih amatir pun juga masih bisa melakukan kustomisasi kecil-kecilan bagi perangkat android anda, seperti mengganti lock screen, custom icon, font, aplikasi, dan sebagainya.

  1. Perangkat android memiliki harga yang beragam, dari yang termurah hingga termahal

Mungkin dulu smartphone hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu, karena harganya yang mahal. Akan tetapi, berkat munculnya sistem operasi Android ini, kemudian handphone atau smartphone menjadi salah satu hal yang menjadi kebutuhan sekunder, bahkan mungkin menjadi kebutuhan primer, karena memiliki banyak fitur, dan harga yang sangat murah.

Dengan uang hanya 500 ribu pun anda sudah bisa memiliki smartphone dengan fitur OS android. Sangat menarik bukan? Begitu pula dengan harga yang lebih tinggi. Variasi harga dari smartphone dengan sistem operasi Android ini sangatlah beragam.

  1. OS android dapat dijalankan pada banyak pilihan spesifikasi hardware

Kelebihan lainnya dari OS android adalah sifatnya yang sangat fleksibel. Ya, OS Android merupakan salah satu sistem operasi yang tidak rewel. Dan mampu disematkan pada hardware dengan spesifikasi apapun. Mulai dari spesifikasi hardware yang low end dan rendah, hingga spesifikasi hardware high end dan berspesifikasi tinggi sanggup dikontrol dan juga di jalankan oleh OS android ini. Hal ini tentu saja merupakan salah satu keunggulan tersendiri bagi OS android, karena banyak atau paling tidak ada beberapa sistem operasi yang sulit untuk berjalan dan beroperasi apabila tidak memiliki ketentuan spesifikasi hardware yang cukup.

  1. Dukungan aplikasi yang sangat banyak dan beragam

Kelebihan lainnya, dan sepertinya merupakan salah satu hal yang membuat OS android ini begitu luar biasa dan banyak diminati oleh user adalah karena dukungan aplikasinya yang sangat banyak. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kondisi dan status dari sistem operasi Android yang sifatnya open source.

Hal ini membuat para pengembang diijinkan untuk mengembangkan aplikasi berbasis source code dari Android. Berbeda dengan sistem operasi mobile lainnya yang mungkin cukup sulit untuk dibuatkan aplikasinya. Maka dari itu, apabila anda masuk ke dalam Play Store, anda akan sangat dimanjakan dengan ribuan aplikasi sesuai denga kebutuhan anda sehari-hari.

  1. Mudah dipahami, sehingga dapat diperbaiki apabila mengalami kerusakan sistem

Kelebihan berikutnya dari OS Android adalah cukup mudah untuk dipahami. Ya, OS android, merupakan salah satu sistem operasi yang cukup simple dan mudah dalam mengoperasikannya. Hal ini membuat banyak sekali user yang menggunakannya. Dengan mudahnya user dalam memahami sistem operasi Android ini, maka hal ini tentu saja akan membantu user dalam melakukan troubleshooting, karena user biasa pun bisa mempelajari troubleshooting di smartphone yang menggunakan android, meskipun masih merupakan troubleshooting dasar.

  1. Dapat diaplikasikan di banyak peralatan elektronik

Kelebihan berikutnya dari OS android adalah dapat diaplikaikan di berbagai macam peralatan, mulai dari smartphone, tablet PC, mini PC, jam tangan, bahkan hingga head unit kendaraan dan juga televisi LED. Hal ini tentu saja merupakan salah satu keungggulan dari OS Android dibandingkan sistem operasi lainnya. Dengan adanya sistem operasi di dalam perangkat elektrobik anda, misalnya televisi, maka hal ini akan membuat televisi anda menjadi bentuk SMART TV, tanpa membuat kantung anda jebol karena harus membayar lisensi tertentu.

  1. Dikembangkan oleh salah satu raksasa telekomunikasi dunia, yaitu Google

Salah satu kelebihan lainnya dari OS Android adalah pengembangannya yang tentu saja terjamin. Hal ini disebabkan karena OS Andorid dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi dunia, yaitu Google, Inc. Google sudah malang melintang di dunia teknologi internet, komunikasi dan teknologi komputer sejak bertahun-tahun yang lalu.

Hal ini tentu saja membuat google menjadi salah satu perusahaan yang sangat concern di bidang teknologi, sehingga anda tidak perlu meragukan sistem operasi android ini. Pengembangan dari sistem operasi Android ini pun terjamin, karena sangat cepat dan juga sangat sering dilakukan pembaruan atau update oleh pihak google.

  1. Merupakan salah satu sistem operasi yang cepat dan responsive

OS android adalah salah satu sistem operasi smartphone yang ceat dan juga responsive. Meskipun hal ini memang dipengaruhi oleh spesifikasi dan juga kualitas dari hardware yang digunakan, namun dari segi statistic, memang sistem operasi Android adalah salah satu sistem operasi yang cukup cepat dan juga responsive.

Hal ini membuat sistem operasi android ini menjadi salah satu unggulang dalam kebutuhan entertainment juga bisnis. Selain itu, apabila anda belum puas, anda pun juga bisa melakukan kustomisasi pada OS Android anda, sehingga anda bisa merasakan kemampuan android yang lebih cepat lagi.


Kekurangan OS Android

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun demikian ternyata OS Android juga memiliki beberapa kelemahan dan juga kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dan kekurangan dari sistem operasi Android.

  1. Memiliki proses kerja sistem yang cukup berat, sehingga memakan RAM cukup banyak

Kekurangan pertama dari OS android adalah proses kerja dari sistem yang cukup berat. hal ini menyebabkan cukup banyak memory, baik RAM maupun ROM yang terpakai. Apabila anda memiliki smartphone dengan kapasitas RAM dan ROM yang kecil, maka hal ini tentu akan menghambat. Namun demikian, belakangan ini, versi terbaru dari OS android sudah mulai bisa dioptimalkan penggunaan kapasitas RAM nya, meskipun mash tergolong menjadi salah satu sistem operasi yang berat, berbeda dengan Windows Phone.

  1. Terkadang apabila disandingkan dengan spesifikasi hardware yang buruk, menjadi kurang responsive

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ketika anda memiliki smartphone ataupun perangkat dengan spesifikasi yang kurang baik kualitasnya, maka hal ini akan menyebabkan sistem operasi Android anda akan menjadi sedikit lelet dan juga kurang responsive. Hal ini berkaitan dengan kapasitas RAM, ROM dan kecepatan processor yang digunakan pada smartphone atau perangkat anda.

  1. Sistem operasi yang di custom sering tidak stabil dan kurang optimal

Meskipun merupakan salah satu sistem operasi yang dapat dilakukan proses kustomisasi, akan tetapi hal ini bukan berarti OS android akan menjadi sempurna. Terkadang sistem operasi android yang dikustomisasi bisa menjadi tidak stabil dan menjadi tidak responsive, yang nantinya dapat berujung pada perangkat keras anda yang menjadi lebih mudah panas dan kapasitas memory yang lebih mudah untuk ‘bocor’.

artikel terkait:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 19th, February 2016 / 10:18 Oleh :
Kategori : Sistem Operasi