2 Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Android Dengan Cepat

Android merupakan sistem operasi untuk smartphone yang sudah digunakan oleh banyak orang di dunia. Sistem operasi android tersedia untuk versi 32 bit dan juga versi 64 bit yang tidak jauh berbeda dengan PC ataupun laptop. Perbedaan 32 bit dan 64 bit android hampir sama dengan prosesor yang ada pada perangkat lainnya.

ads

Saat kita menggunakan perangkat android untuk menjelajahi internet melalui jaringan WiFi, kadang kita akan mengalami permasalahan yang membuat pengalaman browsing kita terganggu. Salah satu permasalahan yang paling banyak dialami oleh pengguna android adalah lambatnya performa WiFi pada perangkat ini. Kelebihan dan kekurangan dari OS android juga kadang mempengaruhi performa koneksi wifi pada perangkat ini.

Kebanyakan para pengguna android berpikiran bahwa penyebab lambatnya koneksi WiFi pada perangkat mereka dikarenakan adanya kesalahan atau gangguan dari ISP atau providernya. Pada kenyataanya ISP/ provider tidak selalu merupakan penyebab akan lambatnya koneksi WiFi internet pada perangkat android. Koneksi dari WiFi sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan dan kekurangan jaringan wireless  tidak hanya dalam aspek perangkat lunaknya tapi juga dalam hal aspek fisik seperti akses point yang berjauhan, sinyal yang lemah, dan faktor lainnya.

Saat ini sudah terdapat banyak cara mengatasi permasalahan untuk meningkatkan kecepatan internet WiFi di Android yang tersebar di dunia maya. Cara mempercepat koneksi WiFi di Android yang akan dibahas disini akan dibagi dalam dua seksi yakni dengan cara tanpa menggunakan perangkat aplikasi tambahan dan dengan menggunakan perangkat aplikasi tambahan.

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang bagaimana meningkatkan kecepatan internet WiFi pada android dengan menggunakan perangkat aplikasi tambahan. Mari kita ketahui dulu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan internet tanpa menggunakan perangkat aplikasi tambahan.

Meningkatkan Kecepatan WiFi pada Android Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Untuk meningkatkan kecepatan WiFi pada android tanpa menggunakan perangkat aplikasi tambahan merupakan metode yang tepat apabila  anda tidak ingin menginstall perangkat – perangkat tambahan yang kadang dapat menyita ruang yang lebih pada perangkat android anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan WiFi Android yang mana sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan kecepatan internet WiFi pada android anda, yang  pertama dapat anda lakukan adalah anda dapat mencoba untuk merestart WiFi modem anda.
  • Anda bisa mencoba untuk mengupdate browser dan OS android anda ke versi yang terbaru. Kadang perangkat lunak versi yang lama akan membuat koneksi internet anda menjadi lebih lambat dikarenakan proses yang dilalui akan menjadi lebih lama.
  • Silahkan cek aplikasi yang bekerja dibelakang layar yang menggunakan koneksi internet, tutuplah aplikasi yang tidak digunakan ketika anda sedang browsing. Aplikasi yang berjalan dibelakang layar merupakan penyebab yang paling umum dalam memperlambat koneksi internet pada perangkat android anda.
  • Anda bisa mencoba untuk menghapus history, cache, cookies, maupun beberapa konten browser lainnya yang tidak diperlukan untuk meningkatkan performa browser anda, dengan peningkatan performa tentunya juga akan meningkatkan kecepatan internet anda.
  • Yang terakhir adalah anda bisa mengganti browser anda untuk mendapatkan performa kecepatan internet yang lebih baik dalam perangkat android anda. Browser yang paling sering digunakan pada perangkat android adalah Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, UC, Doplhin, dan lainnya.

Selain cara yang diatas terdapat juga cara untuk mengubah konfigurasi secara langsung dalam pengaturan internet android. Berikut cara untuk memaksimalkan koneksi performa Wi-Fi android pada perangkat anda.

  • ketuk tab menu dari home screen pada perangkat android anda
  • pilih bagian settings
  • kemudian pilih bagian wireless dan network options
  • dan ketuk pilihan WiFi Settings, lanjut ke bagian Advance Option
  • yang terakhir pilih bagian WiFi Optimization

Meningkatkan Kecepatan WiFi pada Android Dengan Menggunakan Aplikasi Tambahan

Meningkatkan kecepatan WiFi pada perangkat android dengan menggunakan aplikasi tambahan, merupakan cara yang paling mudah untuk memaksimalkan performa kecepatan WiFi pada perangkat android. Dengan menggunakan metode ini anda hanya perlu mendownload aplikasinya, dan menjalankannya untuk mendapatkan performa WiFi pada perangkat android secara maksimal.

Aplikasi yang dibahas disini tidak terbatas pada aplikasi penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk android. Yang dibahas disini merupakan aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengoptimalkan performa wifi pada android. Perlu diketahui bahwa untuk meningkatkan performa WiFi terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan WiFi pada perangkat anda. Aplikasi – aplikasi yang akan disebutkan hanya akan memberikan kondisi terbaik bagi perangkat anda untuk mendapatkan performa terbaik dari WiFi anda. Untuk dapat mendapatkan hasil yang terbaik anda bisa mencoba beberapa aplikasi ini satu per satu hingga anda mendapatkan yang paling cocok buat perangkat android anda. Jadi langsung saja berikut merupakan 3 aplikasi yang dapat membantu anda meningkatkan kecepatan koneksi WiFi pada perangkat android anda.

Veloxity – WiFi & Mobile Network Speed

WiFi & Mobile Network Speed merupakan aplikasi android yang berfungsi sebagai perangkat utilisasi kualitas jaringan dan data pada perangkat android. Aplikasi ini dikembangkan oleh Veloxity salah satu developer yang mengembangkan aplikasi untuk android.

Beberapa fitur yang tersedia bagi Veloxity adalah:

  • perhitungan kecepatan aplikasi secara real time
  • pencarian koneksi WiFi publik terbaik
  • pembersihan Channel WiFi rumah
  • membandingkan WiFi dengan aplikasi data seluler. Hal ini untuk memberikan pilihan koneksi jaringan yang terbaik.
  • pengontrolan penggunaan data internet.

Fitur utama yang tersedia dari aplikasi ini adalah menunjukkan kualitas jaringan WiFi, yang tidak hanya menunjukkan kekuatan sinyalnya tapi juga aspek gangguan dan beban jaringan yang ada.


WiFi Booster & Analyzer

WiFi Booster & Analyzer adalah aplikasi android lainnya yang dapat membantu dalam meningkatkan kecepatan WiFi pada perangkat android anda. Aplikasi ini akan sangat berguna jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jaringan WiFi disekitar anda. Fitur WiFi booster akan membantu mempercepat koneksi internet WiFi pada android anda jika anda membiarkan perangkat tersebut terhubung dengan router untuk waktu yang lama.

Dengan fitur WiFi Adapter dinyalakan, WiFi Analyzer akan mencari semua jaringan wirelsess yang ada di jangkauan jaringan anda dan aplikasi ini akan menunjukkan informasi seperti:

  • SSID jaringan komputer yang tersedia
  • kekuatan sinyal
  • keamanan Jaringan
  • MAC adress dari akses poinnnya
  • frekuensi jaringan dan lainnya.

Wifi Booster akan bekerja lebih efisien dengan semakin lamanya anda terhubung dalam suatu suatu jaringan WiFi. Hal ini dikarenakan aplikasi ini akan membantu anda untuk mengasosiasikan kembali perangkat anda dengan akses point yang tersedia  lebih mudah. Tentu ini akan membantu anda dalam meningkatkan koneksi jaringan dari perangkat android anda.

WiFi Doctor-Detect & Boost

Wifi Doctor adalah aplikasi perangkat utilitas jaringan internet yang sederhana dan gratis. Aplikasi ini didesain untuk dapat menjalankan pendeteksian jaringan dan melindungi aktivitas internet anda. Selain itu perangkat ini dapat mencari semua perangkat yang terhubung dengan hotspot WiFi anda dan mempercepat koneksi jaringan pada perangkat anda dengan cara menutup aplikasi yang berjalan di perangkat android anda.

Berikut beberapa fitur yang tersedia didalam WiFi Doctor Detect & Boost antara lain:

  • Pengecekan Keamanan WiFi
  • Peningkatan Kecepatan jaringan WiFi
  • Pendeteksian jaringan WiFi terhadap penggunaan yang tidak diinginkan, dan
  • Superboost (mematikan aplikasi yang memakan bandwith dibelakang layar secara otomatis)

Itu tadi beberapa tips tentang bagaimana cara mempercepat koneksi Wifi di Android. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 02:53 Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan