Home » Tutorial » 7 Cara Cek Tagihan Indihome : Via Web, SMS, Aplikasi, ATM

7 Cara Cek Tagihan Indihome : Via Web, SMS, Aplikasi, ATM

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu bila kita ingin berlangganan layanan telepon rumah, tv kabel maupun jaringan internet maka kita harus menghubungi pihak penyedia jasa layanan telekomunikasi satu persatu secara terpisah. Lalu karyawan mereka pun datang kerumah untuk membangun infrastruktur agar layanan (telepon rumah, tv kabel maupun jaringan internet) bisa digunakan.

Dan setelah penggunaannya pun kita harus membayar tagihan setiap bulannya ke kantor cabang penyedia jasa layanan telekomunikasi secara terpisah. Terkadang kita juga terkejut dengan biaya tagihan yang membengkak karena kita tak bisa cek dan kontrol penggunaannya.

Namun kini zaman sudah berubah. Setelah berkembangnya teknologi internet semua masalah bisa cepat diatasi terutama dalam hal sistem informasi. Sehingga pengguna kini mampu mengecek tagihan saat berlangganan layanan telekomunikasi dan jaringan seperti telepon rumah, tv kabel dan paket internet agar penggunaannya tetap bisa di kontrol.

Selain itu Beberapa penyedia jasa layanan telekomunikasi dan jaringan pun saat ini mulai menambah dan menggabungkan paket layanannya jadi satu sehingga memudahkan pengguna saat ingin berlangganan. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan lengkap dalam satu paket adalah perusahaan Telkom dengan nama produk layanan Indihome.

Lalu Apa itu Indihome?
Indihome adalah sebuah produk layanan telekomunikasi dan jaringan yang dimiliki oleh perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia dan dirilis pada tahun 2015. Layanan ini menyediakan Paket komunikasi dan data seperti Paket layanan TV interaktif (USee tv cable & IPtv), Paket data Internet (Internet on fiber atau High Speed Internet), dan Paket berlangganan telepon rumah (Voice).

Selain menyediakan paket 3in1 nya (3 layanan dalam satu paket). Indihome juga menyediakan layanan Portal musik dan Home Automation. Khusus layanan paket internet fiber. Layanan ini merupakan pengganti dari layanan internet sebelumnya (Telkom Speedy) yang sudah disuntik mati oleh perusahaan Telkom tahun 2015.

Setelah kita mengetahui apa itu Indihome. Lalu Jenis Paket Layanan apa saja yang bisa kita gunakan dari produk Indihome?

Jenis Paket dan Layanan Indihome

  1. Paket Single Play. Dengan Paket ini kita bisa mendapatkan layanan koneksi fiber optic dengan layanan internet dengan atau tanpa telepon rumah
  2. Dual Play. Dengan berlangganan paket ini maka kita akan mendapatkan koneksi fiber optic dengan layanan internet dan telepon rumah
  3. Triple Play. Dengan berlangganan paket ini maka kita akan mendapatkan koneksi fiber optic dengan layanan internet, telepon rumah dan layanan tv interaktif (IP TV dan USee TV)

Sedangkan bila kita hanya ingin berlangganan paket telepon rumah saja. Maka kita harus mendatangi kantor plasa telkom yang sudah ada di setiap daerah. Bila kita tak lahu lokasinya bisa kita cari menggunakan aplikasi google map.

Setelah kita mengetahui paket dan layanan apa saja yang bisa kita pilih dari produk Indihome. Lalu apa kelebihan Indihome dibandingkan dengan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan yang lain?

Kelebihan Indihome

  1. Sinyal Internet Stabil. Saat kita berlangganan paket internet Indihome maka kita akan dimanjakan dengan koneksi internet yang tetap stabil dalam berbagai situasi sehingga pekerjaan kita di dunia internet tidak akan terganggu.
  2. Game Online Lancar. Bila kita menggunakan layanan indihome untuk bermain game online. Maka kita tak akan mengalami keadaan ngelag (pergerakan lambat) pada game yang sedang dimainkan. Sehingga kita dapat mengurangi resiko kekalahan dalam permainan
  3. Internet Cepat. Dengan kecepatan data internet hingga puluhan Mbps (Megabyte per second). Tentunya hal itu membuat pengguna menjadi nyaman untuk menggunakan layanan Indihome. Sehingga saat sedang menggunakan internet untuk video conference tampilan video tidak patah-patah.
  4. TV Interaktif dengan Gambar Jernih. Saat kita berlangganan layanan TV Interaktif (USee TV) pada paket yang disediakan Indihome. Maka kita akan mendapatkan tampilan layar di TV dengan gambar yang jernih. Hal itu tentunya membuat kita puas saat menonton acara favorit kita seperti pertandingan sepakbola dan national geographic.
  5. Kemudahan dalam Top Up. Bila Kuota berlangganan Indihome kita sudah habis pemakaiannya. Maka kita bisa langsung melakukan isi ulang Top UP melalui website resmi Indihome yaitu https://subsystem.indihome.co.id/prepaid-system/

Setelah kita mengetahui kelebihan dari paket layanan Indihome. Pada kali ini kami akan membahas cara cek tagihan layanan Indihome yang akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

7 Cara Cek Tagihan Layanan Paket Indihome

1. Melalui SMS Operator Indihome

Cara pertama untuk mengecek tagihan layanan paket Indihome kita adalah melalui sms yang di kirimkan ke nomor operator. Cara ini tentunya cukup mudah asal kita tahu nomornya dan pastikan Hp kita sudah terisi pulsa. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Cek Tagihan Paket Layanan Indihome Melalui SMS

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pesan di Hp kita
  2. Lalu kita Pilih menu Tulis Pesan
  3. Kemudian kita ketikan teks berikut ini EBS<spasi>email<spasi>nomor telepon rumah/indihome dan Kirim Ke Nomor (021)- 70757147. Contoh : EBS [email protected]  0813217312 dan Kirim Ke (021)- 70757147
  4. Setelah itu kita Tunggu sms balasan dari Indihome tentang informasi total tagihan Indihome kita

2. Melalui Website Resmi Indihome

Cara Kedua untuk mengecek Tagihan Paket langganan Indihome kita adalah dengan mengunjungi website resmi Indihome secara langsung melalui browser Hp atau Laptop Kita (Chrome). Sehingga dengan cara ini kita tak memerlukan lagi pulsa sms. Pastikan pula kuota internet kita masih ada.

Untuk bisa mendapatkan informasi dan mengetahui berapa total tagihan kita di Paket Indihome di web resminya, maka kita harus Login ke websitenya terlebih dahulu. Baik login menggunakan email yang terdaftar maupun menggunakan nomor telepon.

Pada website resmi Indihome ini kita bisa menggunakan 2 cara untuk melihat cek tagihan paket Indihome yakni melalui Menu Profil myIndihome dan melalui Menu Indira. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Tagihan Indihome di Web Melalui Menu Profil myIndihome

  1. Pertama-tama kita Buka Situs resminya https://indihome.co.id di browser Hp atau laptop kita (Chrome)
  2. Setelah kita berada di Home page situs kita Klik Menu Profil myIndihome yang ada di pojok kanan atas layar berupa Icon bergambar orang
  3. Lalu kita Pilih Menu Tagihan
  4. Kemudian kita Klik Menu Login baik mengunakan Email yang terdaftar di Indihome atau melalui Nomor handphone kita. Lalu Isi Password baru pada kolom yang tersedia
  5. Nantinya Kode Verifikasi OTP (One Time Password) akan dikirimkan melalui Kotak Masuk Email atau kotak masuk Pesan di Hp kita. Sesuai dengan pengaturan kita
  6. Setelah kita berhasil Login ke myIndihome. Maka di Halaman Profil maka akan tampil Nomor Layanan dan jumlah total Tagihan Paket Indihome kita selama satu bulan

Selain melalui Menu Profil myIndihome. Kita Juga bisa mengecek tagihan Indihome melalui Menu lain di website indihome.co.id. Menu tersebut bernama Indira. Indira sendiri adalah Pusat Bantuan PT. Telekomunikasi Indonesia berupa virtual Assistant yang terdapat pada website resmi Indihome.

Tujuan dibuatnya layanan virtual assistant Indira ini adalah sebuah upaya dari perusahaan untuk mendekatkan diri dengan para konsumen dan pelanggan yang menggunakan layanan perusahaan Telkom seperti Paket layanan Indihome.

Sehingga nantinya para pelanggan dan konsumen bisa bertanya tentang segala hal yang berkaitan dengan produk Indihome seperti harga paket Internet, biaya langganan TV interaktif, bagaimana cara mendapatkan add-on dan poin, dompet digital, biaya paket telepon rumah dan juga cara untuk melihat tagihan paket Indihome. Adapun cara untuk melihat tagihan paket Indihome melalui Indira akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Tagihan Indihome di Web Melalui Menu Indira

  1. Pertama-tama kita Buka website resminya https://indihome.co.id di browser Hp atau laptop kita (chrome)
  2. Setelah kita berhasil Masuk ke Homepage situs lalu kita Pilih Menu Pusat Bantuan yang ada di atas halaman web
  3. Kemudian kita Pilih Menu tanya Indira
  4. Lalu kita Pilih Topik Tagihan
  5. Kemudian kita Klik Tombol Selanjutnya
  6. Setelah itu kita Login dengan Email atau nomor Handphone yang telah terdaftar di Indihome
  7. Kemudian Munculah tampilan berupa rincian paket indihome beserta total Tagihan Paket Indihome kita selama satu bulan

3. Melalui Mesin ATM

Cara ketiga untuk mengecek tagihan paket Indihome milik kita adalah melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Namun untuk menggunakan layanan ini kita harus memiliki kartu ATM BCA yang dimasukan ke mesin ATM BCA. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Tagihan Indihome Melalui Mesin ATM

  1. Pertama-tama kita Menuju mesin ATM BCA terdekat dengan membawa kartu ATM BCA. Bila tak tahu lokasi ATM BCA terdekat bisa kita cari di Google Map
  2. Setelah Sampai ke Lokasi kita Masukan Kartu ATM BCA kita ke Mesin ATM BCA
  3. Setelah itu Kita masukan Pin ATM BCA melalui tombol di mesin ATM
  4. Setelah kita masuk ke halaman transaksi. Kita Pilih Menu Transaksi lainnya
  5. Lalu kita Pilih Menu Pembayaran dan Klik Opsi Telepon/HP
  6. Setelah itu kita pilih Produk Telkom dengan memasukan Nomor Telepon dan Kode area
  7. Kemudian Layar d Mesin ATM pun menampilkan informasi tentang Jumlah Tagihan paket layanan Indihome kita

4. Melalui Aplikasi

Cara cek Tagihan paket layanan Indihome milik kita juga bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi di hp android kita. Tentunya sebelum melakukan cara ini kita harus mendowload terlebih dahulu aplikasinya di Google Playstore tau App Store. Adapun beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk cek tagihan Indihome dan cara pemakaiaannya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

4a. Melalui Aplikasi myIndihome

MyIndihome merupakan aplikasi yang dimiliki oleh PT. Telekomunikasi Indonesia yang dibuat untuk kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam mengelola layanan Indihome seperti mengecek ketersediaan layanan di lokasi yang diinginkan, melakukan registrasi sekaligus memantau progres pemasangan Indihome, mendapatkan info dan promo Indihome, melakukan pengaduan layanan, memperoleh dan menukarkan poin myIndihome, mengecek dan melakukan pembayaran tagihan Indihome.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna tak perlu keluar rumah untuk mengecek tagihan indihome beserta beberapa layanan lainnya. Namun agar bisa menggunakan layanan ini kita harus download aplikasinya di playstore dan juga melakukan registrasi akun. Adapun cara registrasi akun aplikasi myIndihome akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Melakukan Registrasi Aplikasi myIndihome

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi myIndihome di Google Playstore
  2. Selesai didownload kita Buka Aplikasi myIndihome
  3. Setelah masuk ke Homepage kita Klik Menu Registrasi
  4. Setelah itu kita Masukan alamat email, password, ulangi password, nama pengguna, nomor handphone dan KTP/ Kartu Identitas lainnya
  5. Setelah semua sudah diisi kita Ceklis Kolom Persetujuan atas Syarat dan Ketentuan yang berlaku
  6. Setelah itu Kita Klik tombol Daftar
  7. Selang beberapa lama pihak Indihome akan mengirimkan Kode Verifikasi OTP (One Time Password) melalui sms
  8. Setelah itu kita masukan kode verifikasi OTP tersebut pada Kolom Verifikasi di halaman aplikasi
  9. Selesai. Proses registrasi pun telah selesai dan kita bisa menggunakan fitur yang ada di Aplikasi myIndihome termasuk mengecek tagihan paket layanan Indihome kita

Setelah Proses Registrasi selesai barulah kita dapat menggunakan fitur yang disediakan pada aplikasi Indihome. Adapun cara agar kita bisa cek tagihan Indihome akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Tagihan Indihome di Aplikasi myIndihome

  1. Pertama-tama kita Buka Aplikasi myIndihome di Hp kita
  2. Setelah itu kita Masukan email/atau nomor telepon beserta password yang telah di buat pada proses registrasi diatas
  3. Setelah kita berhasil Masuk ke halaman utama aplikasi maka kita Klik Menu Profil
  4. Lalu kita Klik Opsi Tagihan
  5. Lalu Aplikasi pun menampilkan jumlah Tagihan Layanan Indihome per bulannya yang harus kita bayar
  6. Bila kita ingin membayar tagihan tersebut kita bisa Klik Tombol Bayar dan setelah itu munculah informasi rincian tentang penggunaan dan jumlah tagihan paket Indihome kita

4b. Melalui Aplikasi Traveloka

Selain terkenal sebagai situs yang memberikan informasi dan pelayanan keperluan perjalanan seperti pemesanan tiket dan penginapan. Traveloka juga ternyata bisa digunakan untuk mengecek tagihan paket layanan Indihome yang kita gunakan. Adapun cara menggunakannya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Tagihan Indhome Melalui Aplikasi Traveloka

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Traveloka di Google Playstore
  2. Selesai di Instal Kita Buka Aplikasi Traveloka
  3. Setelah Masuk ke halaman utama kita Pilih Menu Tagihan dan Isi Ulang
  4. Setelah itu kita Masukan Nomor Langganan Indihome
  5. Lalu kita Klik Tombol Lanjutkan
  6. Selesai. Aplikasi pun menampilkan informasi tentang rincian Tagihan Indihome yang kita gunakan selama satu bulan

4c. Melalui Aplikasi Tokopedia

Selain populer sebagai situs tempat jual beli online. Ternyata Tokopedia juga menyediakan layanan untuk mengecek total tagihan paket Indihome yang kita gunakan. Dengan cukup buka aplikasi tokopedia yang telah didownload di HP. Kita pun dapat dengan mudah cek tagihan Indihome kita. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Cek Tagihan Indihome melalui Aplikasi Tokopedia

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Tokopedia di Google Playstore
  2. Selesai di Instal kita Buka Aplikasi Tokopedia
  3. Setelah Masuk ke Halaman Tokopedia kita Pilih Menu Top Up dan Tagihan
  4. Lalu Kita Pilih Menu Telkom atau Internet dan TV kabel
  5. Setelah itu kita Pilih Operator Indihome dan Masukan Nomor Langganan Indihome
  6. Kemudian kita Klik Tombol Bayar
  7. Lalu Munculah informasi rincian tentang Tagihan Paket Indihome yang kita gunakan selama satu bulan

Kesimpulan

Demikianlah Penjelasan kami mengenai Apa itu Indihome, Jenis dan Paket Indihome, Kelebihan layanan Indihome dan 7 Cara Cek Tagihan Indihome melalui sms, melalui website resmi, melalui virtual assistance Idira, melalui mesin ATM, dan melalui beberapa aplikasi seperti aplikasi myIndihome, aplikasi Tokopedia dan Aplikasi Traveloka.

Dengan membaca penjelasan diatas tentunya kini kita mengenal lebih jauh tentang layanan dan kelebihan dari paket yang disediakan oleh Indihome sehingga kita semakin tertarik untuk coba berlangganan. Selain itu kita juga kini tak bingung lagi bila harus mengecek tagihan paket Indihome kita. Sehingga kita bisa memantau dan mengontrol pemakaian layanan Indihome. Agar bila waktunya tiba untuk membayar tagihan, kita tidak terkejut dengan membengkaknya biaya tagihan Indihome kita karena penggunaan yang tidak terkontrol.








You may also like