3 Cara Sharing Antar Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Komputer saat ini sudah dipakai dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak seperti dahulu dimana semuanya dikerjakan secara manual, kini fungsi komputer bisa meningkatkan efektifitas kerja dalam sebuah perusahaan. Untuk meningkatkan efektifitas kerja dalam perusahaan, salah satu caranya adalah menerapkan sistem file sharing antar komputer.

ads

File sharing adalah sistem dimana satu atau beberapa orang bisa berbagi file atau dokumen yang dimiliki di komputer mereka melalui jaringan yang terhubung pada komputer mereka. Sehingga, seseorang yang membutuhkan suatu file dari orang lain tak perlu mendatangi orang tersebut untuk mendapatkan file yang diinginkan.

Penerapan file sharing seringkali dijumpai pada perusahaan yang menerapkan implementasi IT dalam kegiatan pekerjaannya. Lebih tepatnya, jaringan komputer yang mereka gunakan untuk menerapkan sistem file sharing ini hanya sebatas pada jaringan lokal pada perusahaan saja. Kecuali, jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memiliki banyak cabang, bahkan hingga lintas negara, maka penerapan file sharing tersebut dibantu oleh suatu server terpusat yang terhubung melalui jaringan internet yang aman. Salah satu cara menjaga keamanan jaringan komputer jenis ini adalah menggunakan proteksi jaringan komputer yang terpercaya.

Terlebih, salah satu manfaat jaringan komputer sebagai dasar dari file sharing adalah Anda tidak perlu menggunakan media penyimpanan seperti flash disk, harddisk eksternal, atau sejenisnya untuk saling berbagi data dengan orang lain. Jika Anda menggunakan flash disk, maka proses pembagian data menjadi tidak efisien, karena memakan waktu lebih lama, khususnya jika komputer yang Anda hubngkan banyak.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara sharing antar komputer dalam suatu jaringan lokal atau LAN. Batasan artikel kami kali ini tidak membahas mengenai file sharing antar komputer yang berbeda lokasi, karena hal tersebut membutuhkan jaringan internet yang lebih luas cakupannya dan jaringan tersebut harus terlindungi agar terhindar dari pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, kami juga tidak membahas mengenai file sharing melalui perangkat lunak jaringan komputer.

Cara yang akan kami bahas pada artikel ini berlaku untuk Anda yang menggunakan Windows Vista hingga Windows 10. Tanpa banyak kata, mari kita simak beberapa cara sharing antar komputer:

1. Atur pengaturan Network Sharing pada komputer Anda

Sebelum Anda memulai proses File Sharing atau berbagi file antar komputer, Anda harus mengatur dulu pengaturan Network Sharing pada laptop Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Control Panel pada komputer Windows Anda
  • Pilih Network and Sharing Center
  • Klik tulisan “Change advanced sharing settings” pada bagian kiri layar
  • Pada jendela “Advanced sharing settings”, cari profil yang sedang Anda pakai. Ada 2 profil yang tersedia, yaitu “Home or Work” dan “Public”. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda cukup melihat profil yang terdapat kalimat Current Profile.

Pada bagian ini, Anda akan dihadapkan pada beberapa kategori pengaturan. Berikut penjelasan dari tiap kategori:

  • Network Discovery. Biasanya ketika dinyalakan, komputer yang terhubung pada suatu jaringan akan mencari perangkat lain yang terhubung pada jaringan yang sama. Begitu juga dengan komputer lain yang mungkin bisa menemukan komputer anda dalam jaringan yang Anda pakai. Pilihan ini berfungsi untuk mengatur apakah komputer Anda bisa ditemukan oleh komputer lain atau tidak.
  • File and Printer Sharing. Pengaturan ini harus dinyalakan jika Anda hendak berbagi file atau sharing antar komputer. Pilih “Turn on file and printer sharing”
  • Public Folder Settings. Ketika pengaturan ini diaktifkan, Anda bisa berbagi file melalui folder Public pada komputer Anda dengan komputer lain. Folder Public ini juga digunakan oleh semua komputer yang terhubung dalam jaringan yang Anda gunakan untuk saling mengakses data pada komputer Anda. Namun, ada yang harus diperhatikan dari cara sharing antar komputer ini. Jangan mengaktifkan pengaturan ini jika Anda berada di jaringan umum, kecuali jika Anda percaya akan keamanan jaringan tersebut. Jika Anda berada di jaringan dalam rumah atau kantor, Anda boleh mengaktifkan pilihan ini.
  • Media Streaming. Pengaturan ini membolehkan Anda untuk mengakses file multimedia seperti gambar, video, dan musik dengan menggunakan software Windows Media Player. Untuk mengubah pengaturannya, klik “Choose media streaming options…”.
  • File Sharing Connection, Pengaturan ini berfungsi untuk enkripsi koneksi pada jaringan yang sedang aktif. Windows secara default telah mengatur enkripsi 128-bit. Jika ada anggota jaringan Anda yang masih menggunakan enkripsi 40 atau 56 bit, sebaiknya pilih “…that use 40 or 56-bit encryption”
  • Password protected sharing, pengaturan ini mengharuskan orang lain yang hendak mengakses file atau dokumen yang telah Anda bagikan untuk mempunyai username dan password, dimana kedua hal tersebut dibuat di komputer Anda.
  • Homegroup Connection, Secara default, Windows telah mengatur Homegroup agar mempunyai password yang sama pada tiap komputer yang sudah tergabung. Namun hal tersebut tidak direkomendasikan untuk keamanan. Oleh karena itu, pilih “Allow Windows to manage homegroup connections”

2. Share file yang ingin dibagikan

Setelah mengatur beberapa pengaturan pada Network Sharing, selanjutnya Anda share beberapa file yang Anda inginkan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Windows Explorer
  • Pilih dulu folder mana yang ingin Anda share. Kemudian klik kanan pilih “Share with” > “Specific people”
  • Di bagian ini Anda tambahkan user “Everyone”, kemudian klik Add. Jika Everyone sudah ditambahkan, klik “Share”.
  • Setelah itu akan dapat konfirmasi “Your Folder is Shared”, kemudian klik “Done”.

Selain file atau folder, Anda juga bisa berbagi file yang terdapat pada drive komputer Anda kepada orang lain. Berikut caranya:

  • Tentukan dulu drive mana yang ingin dibagikan. Lalu, klik kanan pada drive yang akan dibagikan, kemudian pilih share with > advanced sharing.
  • Klik Advanced sharing.
  • Beri tanda centang pada “Share this folder”.
  • Klik “Permissions” untuk menambahkan user serta mengatur permission dari user tersebut.
  • Klik “Add” jika Anda ingin menambahkan user atau grup. Jika Anda ingin membagikannya untuk semua orang, pilih “Everyone”. Lalu atur permissions-nya.
  • Klik OK.
  • Kembali lagi ke jendela Properties. Sekarang Anda beralih ke tab security.  Klik tombol Edit untuk menambahkan user serta mengatur permissions.
  • Klik “Add” untuk menambahkan user
  • Pada jendela “Select User or Group”, klik “Advanced”.
  • Pada bagian ini, Anda bisa memilih user apa saja yang bisa mengakses data yang Anda share. Klik “Find now” terlebih dulu agar daftar user-nya muncul. Kemudian pilih “Everyone”.
  • Klik OK.
  • Pada object names yang sudah terisi, klik OK.
  • Atur permissionnya. Caranya klik Everyone, lalu atur permission sesuai keinginan Anda. Terakhir klik OK.

3. Cek koneksi jaringan Anda

Untuk mengecek apakah Anda sudah bisa sharing dengan komputer lain, caranya adalah dengan mengetikkan Internet Protocol (IP) address dari komputer yang ingin Anda akses filenya pada kolom alamat Windows Explorer. Cara cek IP Address dari komputer rekan Anda adalah coba cek Properties pada Network and Sharing Center. Contoh, alamat IP komputer rekan Anda adalah 192.168.40.34. Maka Anda ketikan “\\192.168.40.34” pada kolom alamat Windows Explorer Anda. Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa langsung mengakses file rekan Adan melalui menu Network di bagian kiri bawah Windows Explorer. Cari nama komputer rekan Anda, lalu klik pada nama komputer rekan Anda.

Cara yang sama juga dilakukan untuk mengecek apakah komputer Anda sudah bisa terhubung dengan komputer lain. Hanya saja, Anda perlu mengeceknya di komputer yang lain (selain komputer Anda) dan IP address yang diketik adalah IP address komputer Anda.

Jika Anda mengalami masalah yang sering terjadi pada jaringan LAN, maka kemungkinan besar Anda tidak bisa melakukan file sharing. Oleh karena itu, segera perbaiki masalah pada jaringan LAN Anda jika bermasalah.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara sharing antar komputer. Semoga cara-cara yang telah kami bahas di atas dapat membantu Anda untuk menerapkan sistem file sharing dalam lingkungan kerja Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 16th, November 2017 / 13:06 Oleh :