17 Manfaat Jaringan Komputer : Bagi Perusahaan dan Masyarakat Umum

Siapa yang tidak mengenal komputer? Ya, pasti saat ini sudah banyak sekali orang – orang yang sangat membutuhkan bantuan komputer untuk kebutuhan hidup sehari – harinya. Bagaimana tidak, saat ini hampir semua pekerjaan yang dilakukan oleh manusia hampir pasti mendapatkan bantuan dari komputer. Tidak hanya komputer yang kita kenal, seperti PC ataupun laptop, komputer saat ini juga merambah dunia otomotif, komunikasi dan juga bidang industri.

ads

Salah satu perkembangan komputer yang paling terasa di kehidupan manusia adalah perkembangan jaringan komputer. Ya, teknologi jaringan komputer memang saat ini sangatlah berkembang pesat. Tidak hanya mampu menghubungkan antar PC di dalam satu jaringan, namun juga semua beda yang memiliki pengoperasian menggunakan komputer bisa saling terhubung satu sama lain. Salah satu contohnya adalah beberapa jenis mobil yang sudah bisa saling terhubung dengan smartphone.

Jaringan komputer sendiri setelah pertama kali ditemukan dan juga dikembangkan, kira – kira pada tahun 1940 hingga 1950 an sudah memiliki andil yang sangat besar untuk kehidupan manusia, dan juga sudah mengalami berbagai macam fase perkembangan. Perkembangan jaringan komputer tersebut tentu saja memberikan dampak baik positif maupun negatif bagi kehidupan kita.

Apa saja manfaat jaringan komputer?

Tentu saja, jaringan komputer memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan. Dari beberapa bidang, kita juga dapat merakan manfaat dari sistem jaringan compute ini. Apa saja manfaat dari jaringan komputer? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sistem jaringan komputer :

Manfaat jaringan komputer bagi perusahaan, organisasi dan juga instansi

Manfaat dari jaringan komputer yang pertama berasal dari sebuah perusahaan, organisasi dan juga instansi. Tentu saja jaringan komputer bagi sebuah organisasi, perusahaan dan juga instansi akan memberikan bayak sekali manfaat bagi kelangsungan hidup dari organisasi tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer bagi sebuah perusahaan, organisasi dan juga instansi :

1. Mempermudah sharing files

Manfaat pertama dari jaringan komputer bagi perusahaan, instansi dan juga organisasi adalah dapat membantu mempermudah sharing files. Ya, suatu perusahaan ataupun organisasi pastinya memiliki banyak sekali dokumen ataupun file – file yang harus saling dilihat antar divisi ataupun bagian. Dengan adanya jaringan komputer, maka sudah pasti proses sharing dari file – file dan juga dokumen menjadi lebih mudah dan juga prosesnya menjadi lebih singkat.

Bayangkan apabila anda harus naik turun tangga atau lift terlebih dahulu untuk menyerahkan satu dokumen file saja, maka itu pasti akan sangat meyulitkan. Maka dari itu, apabila menggunakan jaringan komputer, cukup dengan sekali klik, maka semua komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut bisa memperoleh akses ke file atau dokumen yang anda kirimkan.

2. Menjaga data – data yang sifatnya rahasia

Jaringan komputer juga memiliki manfaat sebagai proteksi dan juga keamanan terhadap data – data penting dari sebuah organisasi ataupun perusahaan. Dengan menggunakan jaringan, terutama jaringan lokal, atau LAN, maka hanya komputer yang terhubung ke dalam jaringan itu saja yang bisa membuka dan juga mengakses data.

Hal ini tentu saja dapat menghindari kejadian tidak bertanggung jawab, seperti hacking dan peretasan data, yang dapat merugikan institusi organisasi atau perusahaan. Selain itu, pemberian atau sharing files dengan menggunakan jaringan komputer juga akan menjadi lebih aman, karena bisa menggunakan fitur private email, dimana tidak akan ada orang lain pun yang mengetahuinya, yang tentu saja sangat aman.

3. Memudahkan komunikasi antar divisi

Komunikasi merupakan salah satu elemen penting yang dapat menjaga kestabilan dan juga keharmonisan dari suatu perusahaan, organisasi dan juga instansi agar tetap utuh dan tidak terjadi kesalahpahaman. Dengan menggunakan pengaplikasian dari sistem jaringan komputer, maka komunikasi antar divisi dan juga antar personal di dalam satu ruang lingkup organisasi atau instansi akan menjadi lebih mudah.

Anda tidak perlu pergi ke gedung lain untuk sekedar memberikan memo atau catatan penting. Cukup anda ketik di komputer anda, lalu mengirimkannya ke alamat yang anda tuju dengan memanfaatkan jaringan tersebut, maka memo anda pasti akan sampai ke tempat yang anda tuju.

4. Mempercepat arus informasi

Jaringan komputer juga sangat bermanfaat bagi perusahaan ataupun instansi yang sedang berkembang, atau ingin cepat mencapai puncak keemasannya. Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan jaringan komputer, maka arus informasi di dalam suatu perusahaan atau instansi dan juga organisasi akan menjadi lebih cepat berjalan.

Dengan bertambah cepatnya arus informasi ini, maka hal ini tentu saja akan dapat membantu meningkatkan kinerja suatu perusahaan, instansi dan juga organisasi. Dengan meningkatnya kinerja suatu perusahaan atau organisasi, maka sudah pasti hal ini akan berdampak posistif bagi kelangsungan hidup organisasi tersebut.

5. Mempermudah akses data ke dalam server

Server merupakan salah satu elemen penting di dalam jaringan komputer. Dengan adanya server, maka semua data – data penting perusahaan ataupun instansi akan menjadi lebih mudah diakses. Server menyajikan data utama dari sebuah organisasi, sehingga bagi siapapun yang membutuhkan data penting tersebut, akan menjadi lebih mudah untuk diakses.

Misalnya, seorang bendahara HRD ingin melihat data keluarga dari karyawannya, maka saat itu juga, sang bendahara pun akan dapat dengan mudah mengakses data karyawan yang ingin dicari, karena komputer yang dia miliki sudah terhubung ke dalam server perusahaan tersebut.

6. Penghematan biaya

Semua kebaikan yang ditawarkan oleh sistem jaringan komputer memberikan keuntungan yang tentu saja sangat baik untuk kelangsungan hidup perusahaan, yaitu penghematan biaya operasional. Meskipun biaya untuk membangun suatu jaringan komputer di dalam suatu organisasi, instansi dan juga perusahaan cenderung tinggi dan sangat mahal, namun hal ini sebanding dengan manfaat yang diberikan. Dengan adanya jaringan komputer, maka biaya transportasi pastinya akan menjadi terpotong jauh. Misalnya saja ketika seseorang harus mengambil data dari kantor cabang di luar pulau, maka tanpa perlu mengeluarkan cost biaya perjalanan ke luar pulau, data tersebut bisa diperoleh dengan sekali klik.

7. Integrasi data

Sistemjaringan komputer juga menawarkan sebuah integrasi data yang akan membantu mempermudah pekerjaan banyak orang. Semua komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan omputer dan juga komputer server akan memilki fitur data yang sudah terintegrasi. Hal ini tentu saja dapat membantu menghemat biaya, dan mempermdah akses. Selain itu, dengan adanya integrasi data, seluruh data yang sudah ada dan juga tersimpan akan menjadi lebih up – to date, dan tidak ada kesalahan dalam meanfsirkan data yang ada.

Manfaat jaringan komputer bagi masyarakat umum dan juga personal

Selain memberikan manfaat yang sangat penting bagi bidang industri, dan juga organisasi, suatu jaringan komputer tentu saja juga memiliki banyak sekali manfaat bagi bidang personal dan juga masyarakat umum. berikut ini adalah beberapa manfaat jaringan komputer bagi masyarakat umum dan juga personal user :

  1. Email / Surat Elektronik

Manfaat pertama dari jaringan komputer bagi masyarakat luas dan juga personal user adalah email. Yap, email atau surat elektronik saat ini benar – benar sudah mengganti fungsi kartu post dan juga surat menggunakan pos. Dengan adanya email, hanya dengan sekali klik dan dalam waktu kurang dari 1 detik, anda sudah bisa mengirimkan email ke siap saja melalui jaringan komputer. Tentu saja dengan email anda bisa mengirim surat atau pesan apa saja, seperti :

  • Surat kepada teman yang berada di luar negeri
  • Surat lamaran pekerjaan
  • dan masih banyak lagi
  1. Social Media

Siapa yang tidak kenal dengan social media? Ya, social media ata yang sering disingkat sosmed ini merupakan salah satu produk unggulan dari jaringan komputer saat ini. Dengan adanya sosial media, maka hampir semua informasi dapat diperoleh secara mudah dan juga cepat. Mula dari berita terbaru, status pertemanan, kondisi seseorang, hingga lokasi seseorang bisa dilacak juga dengan menggunakan sosial media. Dan tentu saja sosial media merupakan salah satu hal yang memiliki banyak sekali manfaat bagi pengunanya.

  1. Chatting

Chatting hingga saat ini menjadi salah satu pilihan utama dalam berkomunikasi. Ya, biaya chatting yang cenderung jauh lebih murah dibandingakn degnan biaya SMS biasa membuat chatting saat ini menjadi pilihan utama. Dengan chatting anda bisa melakukan obrolan dengan siapa saj dengan mudah, dan pastinya tanpa memerlukan biaya yang sangat besar. Cukup koneksikan komputer anda dengan jaringan, maka anda pun sudah bisa melakukan chatting dengan siapa saja.

  1. Forum dan juga milis

Forum dan juga milis jga merupakan salah satu manfaat jaringan komputer berikutnya bagi masyarakat luas dan juga personal user. Dengan adanya forum dan jga milis, maka banyak dari masyarakat yang bisa saling terubung dengan forum – forum dan juga kompunitas tertentu dan berbagai banyak informasi mengenai ketertarikannya. Misalnya ada seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap mobil klasik, maka dia bisa masuk ke dalam forum ataupun milis penggemar mobil klasik, untuk saling berkenalan dan juga berbagai informasi menarik mengenai mobil klasik secara khusus.

  1. E-Commerce

Di samping sosial media, e-commerce saat ini juga sangat diminati dan banyak digunakan oleh user. E-commerce merupakan suatu proses transaksi jual beli yang dilakukan secara elektronik. Hal ini banyak dilakukan oleh online shop yang banyak bertebaran saat ini. Anda dapat membeli banyak barang dengan mudah, hanya dengan sekali klik, bahkan anda pun bisa membayar tagihan dan juga biaya dengan menggunakan e-commerce ini. Sangat praktis dan juga mudah bukan?

Selain itu, e-commerce juga bisa dimanfaatkan untuk memesan makanan, minuman, transportasi, booking hotel, dan masih banyak lagi. Fitur – fitur e-commerce ini tentu saja akan sangat memberikan kenyamanan bagi para usernya untuk membeli sesuatu.


  1. Kepentingan bermain games

Jaringan komputer juga masih sangat populer untuk bermain game. Ya, baik itu game offline maupun online, banyak yang membutuhkan koneksi jaringan komputer untuk bermain. BIasanya, hal ini muncul pada game – game yang memiliki fitur multiplater. Anda bisa mngkoneksikan baik itu ke dalam jaringan LAN, maupun jaringan internet untuk bisa bermain game tersebut.

  1. Mencari informasi khusus

Bagi anda yang merupakan seorang pelajar, ataupun seseorang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, maka jaringan komputer sangat bermanfaat abgi anda. Anda dapat mencari informasi – informasi khusus dengan menggunakan jaringan komputer. Anda bisa saja menggunakan internet untuk mencari informasi – informasi khsusu, atau anda juga bisa memanfaatkan jaringan yang ada di dalam sebuah perpustakaan untuk mencari katalog dan informasi – informasi khsusus mengenai koleksi perpustakaan tersebut.

  1. Update berita dan perkembangan terbaru di seluruh belahan dunia

Manfaat lainnya dari jaringan kompute, terutama jaringan internet adalah mengenai update informasi dan juga berita. Ya, saat ini kita dapat dengan mudah memperoleh informasi dan juga berita terbaru, cukup dengan menggunakan teknologi internet. Anda bisa membuka portal – portal berita, yang menyediakan berita yang akurat, tajam, dan juga terpercaya, sehingga dapat membantu menambah wawasan anda semua.

  1. Video call dan video conference

Saat ini pemanggilan telepon dengan menggunakan fitur video juga sudah menjadi salah satu kemudahan yang ditawarkan kepada masyarakat luas. Dengan saling terubung ke dalam jarinan, baik internet maupun jaringan lokal, maka banyak orang bisa saling terhubung dan juga berkompunikasi dengan menggunakan video call dan juga video conference.

  1. Internet Telephone

Pada awalnya telepon hanya bisa dilakukan oleh jaringan telekomunikasi, dan blum bisa digunakan oleh jaringan kompute. Namun demikian, berkat perkembangan jaman, saat inijaringan komputer pun sudah bisa dimanfaatkan untuk melakukan panggilan. Hal ini terjadi pada jaringan internet, dimana anda bisa melakukan panggilan dengan menggunakan fitur internet telephone, sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak pulsa untuk melakukan panggilan ke luar kota dan juga luar negeri.

Baca juga : Topologi Jaringan Komputer,  Perangkat lunak jaringan komputer, dan Perangkat keras jaringan komputer

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Wednesday 09th, September 2015 / 16:25 Oleh :
Kategori : Jaringan Komputer