Home » Tutorial » 7 Cara Menyambungkan Internet dari Hp Ke Laptop

7 Cara Menyambungkan Internet dari Hp Ke Laptop

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu di era 90’an bila seseorang ingin mengakses internet (online), maka pengguna tersebut harus menggunakan komputer sebagai medianya yang di lengkapi dengan beberapa perangkat jaringan komputer seperti Kabel LAN, Konektor, Router, Repeater, dan perangkat lainnya sehingga komputer bisa mengakses jaringan internet.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi kini kita juga bisa mengakses jaringan internet melalui perangkat smartphone kita. Terlebih setelah di ciptakannya sistem operasi android dan juga teknologi sinyal 4G. Hal itu membuat pengguna smartphone mampu mengakses internet dengan kecepatan tinggi dan memudahkan dalam hal penggunaan nya.

Selain itu karena kecepatan internet di masa kini, membuat jaringan internet di ponsel juga mampu di bagikan ke perangkat lain seperti perangkat komputer, laptop dan Tv. Untuk menerapkannya kita di haruskan melakukan proses tethering antara perangkat, baik menggunakan kabel maupun melalui jaringan nirkabel (Wifi).

Sehingga kedua perangkat baik laptop maupun smartphone mampu mengakses internet secara bersamaan yang tentunya kecepatan aksesnya pun otomatis terbagi dua. Meski begitu dengan menggunakan kartu jaringan seluler dari operator yang memiliki sinyal kuat maka kecepatan internet kedua perangkat tetap terjamin.

Tentu Hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang tidak memiliki modem internet atau bisa juga sebagai cara alternatif bila modem yang biasa di gunakan untuk mengakses internet di laptop sedang mengalami kerusakan.

Selain itu Cara ini juga bisa menjadi pilihan alternatif bila paket langganan tv interaktif dan tv jaringan yang kita gunakan telah habis. Sehingga cukup dengan menggunakan jaringan smartphone yang terhubung ke TV via tethering maka film favorit kita tetap bisa kita tonton secara streaming di TV.

Untuk menghubungkan jaringan internet Hp ke Laptop tentunya di perlukan beberapa pengaturan di ponsel dan laptop sehingga kedua perangkat mampu terhubung via tethering. Sebelum kami menjelaskan caranya, pada kali ini kami akan membahas apa itu Tethering Smartphone ke Laptop dan Pengertian Hotspot.

Lalu Apa itu Tethering?

Tethering adalah suatu penggunaan perangkat seluler (smartphone) dengan akses internet seperti layanan seluler 4G yang bertindak sebagai gerbang internet atau titik akses untuk perangkat lainnya seperti laptop, tv dan komputer. Yang di hubungkan melalui beberapa media penghubung seperti Kabel Data USB, Wifi dan Bluetooth.

Untuk melakukan tethering kita di haruskan melakukan pengaturan media penghubung di kedua perangkat seperti pengaturan Wifi, Bluetooth dan mode Kabel USB. Selain itu kita juga bisa menggunakan aplikasi agar proses tethering jadi lebih simple. Di luar negeri proses tethering dalam beberapa kondisi merupakan tindakan illegal dan di kenakan biaya yang tinggi oleh operator seluler. Sedangkan di Indonesia pengguna bisa bebas menggunakannya.

Fungsi Tethering

Saat paket data internet pada smartphone kita memiliki kuota internet unlimited (tak terbatas) maka kita bisa membagikan akses internet di ponsel ke laptop yang paket internet modem nya telah habis.  Selain itu dengan melakukan tethering kita juga bisa menggunakan beberapa aplikasi berbagi file seperti ShareLink, PC Link dan Airdroid. Sehingga kedua perangkat bisa saling berbagi file dengan cukup menggunakan satu koneksi internet utama.

Lalu Apa itu Hotspot?

Hotspot adalah sebuah tempat atau titik akses di mana seseorang bisa mengakses jaringan internet pada jaringan nirkabel (Wifi) yang tersedia dengan menggunakan berbagai perangkat pendukung seperti Laptop, Smarphone, Tab dan Komputer. Dimana jaringan Wifi yang tersedia biasanya memiliki password agar sinyal hotspot tidak di gunakan sembarang orang.

Fungsi Hotspot

Dengan menggunakan sinyal hotspot maka kita bisa mengakses internet melalui perangkat yang kita gunakan tanpa harus kehilangan kuota internet, yang bisa di gunakan untuk berbagai keperluan seperti melakukan browsing, mengirim email, membuka media sosial, teleconference dll

Setelah kita mengetahui apa itu Tethering, Hotspot beserta fungsinya. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara menyambungkan akses internet dari Hp Android & IPhone ke Laptop. Baik menggunakan fitur bawaan maupun menggunakan aplikasi tambahan. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

7 Cara Menyambungkan Internet dari Hp Android dan Iphone ke Laptop

Melalui Hotspot Wifi Tethering

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk menyambungkan internet dari Hp ke Laptop adalah dengan menggunakan fitur tethering wifi hotspot. Untuk menggunakan cara ini nantinya kita di haruskan melakukan pengaturan Wifi di kedua perangkat sehingga internet kedua perangkat bisa terhubung. Adapun cara menyambungkan internet Hp ke laptop akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Aktifkan Hotspot Portable di Hp Xiaomi

  1. Pertama-tama Buka Menu Setelan di Hp Xiaomi kita
  2. Selanjutnya kita Klik Menu Hotspot Portable
  3. Setelah masuk ke halaman Hotspot Portable. Lalu kita Aktifkan Tombol Hotspot Portable dengan cara menggeser toogle ke kanan
  4. Selain itu kita juga bisa melakukan pengaturan hotspot portable android kita dengan cara Klik Menu Atur Hotspot Portable. Sehingga kita bisa memberi Password dan SSID pada Hotspot android kita
  5. Selesai. Kini Jaringan Hotspot di ponsel telah aktif yang bisa di lakukan tethering dengan perangkat lain

Setelah Fitur Hotspot Portable di Hp Android telah aktif. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan tethering dari Laptop ke Hp Xiaomi sehingga ke dua perangkat terhubung dan laptop bisa menggunakan akses internet dari Hp Xiaomi. Adapun caranya seperti di bawah ini.

Cara Tethering dari Laptop ke Hp Xiaomi

  1. Pertama-tama Klik Kotak Pencarian yang ada di taskbar windows
  2. Selanjutnya kita Ketikan Wifi pada Kotak Pencarian dan Klik Hasilnya (Wifi Setting) dan Klik Tombol Open
  3. Setelah berada di halaman Wifi Setting kita Klik Tombol Wifi hingga menjadi On
  4. Selanjutnya kita Klik Tombol Show Available Network
  5. Kemudian Munculah beberapa jaringan sinyal hotspot wifi yang terdeteksi oleh laptop kita
  6. Selanjutnya kita Klik Nama Hotspot Hp Xiaomi kita yang akan di lakukan tethering dan Klik Tombol Connect
  7. Bila Muncul Kotak Password maka Isi Password tersebut sesuai pengaturan password hotspot di Hp Xiaomi kita
  8. Selesai. Setelah terhubung maka Status Wifi di Laptop pun berubah menjadi Connected dan Laptop kita Kini bisa mengakses internet melalui jaringan internet ponsel android kita
  9. Untuk mengetes nya kita bisa membuka situs web melalui browser laptop kita seperti chrome dan Mozilla Firefox

Melalui Tethering Bluetooth

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk menghubungkan jaringan internet Hp ke laptop adalah melalui tethering Bluetooth. Dengan cara ini nantinya kita di haruskan mengaktifkan fitur Bluetooth tethering di ponsel dan pastikan laptop telah memiliki fitur Bluetooth yang bisa di aktifkan. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Aktifkan Tethering Bluetooth di Hp Xiaomi

  1. Pertama-tama Buka Menu Setelan di Hp Xiaomi kita
  2. Selanjutnya kita Pilih Menu Nirkabel dan Jaringan
  3. Kemudian kita Klik Tombol Lainnya
  4. Selanjutnya Munculah beberapa Opsi seperti Mode Pesawat, VPN dan Tethering Bluetooth. Kemudian kita Klik Opsi Tethering Bluetooth Hingga Tombol Tethering Bluetooth Aktif dan berwarna biru
  5. Selesai. Fitur Tethering Bluetooth di Hp Xiaomi kita telah aktif dan selanjutnya bisa di sambungkan ke perangkat lain

Setelah Tethering Bluetooth di Hp Xiaomi telah aktif. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Bluetooth di laptop kita agar bisa melakukan tethering dengan Hp xiaomi. Bila laptop tak memiliki fitur Bluetooth kita bisa membeli Bluetooth portable di toko komputer. Adapun cara mengaktifkan Bluetooth di laptop seperti di bawah ini.

Cara Tethering Bluetooth dari Laptop ke Hp Xiaomi

  1. Pertama-tama Klik Show Hidden Icon Pada Menu Taksbar yang ada di sebelah kiri bawah layar
  2. Kemudian Munculah beberapa icon. Lalu kita Klik Kanan Icon Bluetooth (berwarna biru) dan Pilih Opsi Join a Personal Area Network
  3. Selanjutnya kita akan di Arahkan ke halaman Bluetooth Personal Area Network Setting yang berisi daftar device yang terdeteksi sinyal bluetooth nya
  4. Kemudian kita Klik Kanan Nama Device Hp Xiaomi kita
  5. Lalu kita Pilih Opsi Conecting Using dan Selanjutnya Klik Opsi Direct Connection
  6. Kemudian Munculah Popup Notification Perizinan. Lalu kita Klik Opsi Izinkan
  7. Proses Tethering Bluetooth laptop ke Hp Xiaomi pun berjalan beberapa detik
  8. Selesai. Kini Laptop kita telah terhubung dengan Hp Xiaomi dan bisa mengakses internet menggunakan Jaringan internet Hp Xiaomi. Kita bisa mengetes koneksi yang telah terhubung dengan cara mengakses website di browser laptop kita seperti mozilla firefox dan google chrome

Menggunakan Kabel Data USB

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk menyambungkan internet dari Hp Xiaomi ke laptop adalah dengan menggunakan kabel USB. Untuk menggunakan cara ini pastikan kabel USB yang kita gunakan adalah berjenis kabel data, bukan kabel charger biasa karena memiliki bentuk yang mirip. Adapun cara tethering menggunakan kabel data (USB) akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Menyambungkan Internet Hp Xiaomi ke Laptop Via Kabel Data (USB)

  1. Pertama-tama Hubungkan terlebih dahulu Perangkat Laptop dan Hp Xiaomi menggunakan Kabel Data (USB)
  2. Setelah kedua perangkat terhubung. Lalu Buka Menu Setelan di Hp Xiaomi kita
  3. Lalu Pilih Menu Nirkabel dan Jaringan
  4. Kemudian kita Pilih Opsi Lainnya
  5. Selanjutnya kita Klik Tombol Tethering USB hingga tombol tethering usb aktif berwarna biru
  6. Proses tethering berjalan hingga beberapa detik
  7. Setelah Aktif Muncul Notif di layar HP xiaomi dengan tulisan Hotspot Seluler / Penambatan Aktif
  8. Selesai. Kini Laptop kita telah tersambung dengan jaringan internet ponsel. Dan kita bisa mengetesnya dengan membuka alamat website melalui browser di laptop kita

Menyambungkan Internet Hp Asus ke PC

Cara ke empat yang akan kami jelaskan adalah cara menyambungkan internet dari Hp ASUS Zenfone ke Laptop. Asus Zenfone sendiri sebuah merek dagang smartphone yang di rilis oleh perusahaan komputer asal Taiwan bernama Asustek Computer Inc. Adapun cara menyambungkan internet Hp Asus ke PC seperti di bawah ini.

Cara Menyambungkan Internet Hp Asus Zenfone ke PC

  1. Pertama-tama Hubungkan Perangkat Laptop kita dengan Hp Asus Zenfone menggunakan kabel data (USB)
  2. Kemudian Munculah Jendela Pop Up di layar Hp Asus kita dengan tulisan “Use USB for file transfer?”. Lalu kita Klik Tombol Yes
  3. Selanjutnya Tarik ke Bawah pada layar Hp Asus kita. Lalu Klik Tombol Setting berbentuk roda bergerigi
  4. Setelah itu Munculah beberapa Menu. Lalu kita Pilih Menu Connections
  5. Kemudian Klik Opsi Hotspot & Tethering
  6. Setelah berada di Halaman Hotspot & Tethering. Lalu kita Aktifkan Tombol “Portable Wifi Hotspot” & Tombol “USB Tethering”
  7. Setelah tersambung muncul notif di layar bahwa proses penambatan telah berhasil di lakukan
  8. Selesai. Kini Laptop kita telah bisa mengakses internet menggunakan jaringan Hp asus kita. Untuk mengeceknya kita bisa membuka website melalui browser di laptop kita seperti Chrome, Internet Explorer dan Firefox

Menyambungkan Internet Hp Oppo ke Laptop

Cara ke lima yang akan kami jelaskan adalah cara menyambungkan internet dari Hp Oppo ke laptop. Caranya sendiri hampir sama dengan proses tethering di ponsel merek lain, hanya saja yang membedakan adalah penamaan tool pengaturannya. Adapun cara tethering di Hp Oppo ke laptop akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Menyambungkan Internet Hp Oppo ke Laptop

  1. Pertama-tama Buka Menu Setting di Hp Oppo kita
  2. Selanjutnya Munculah beberapa menu. Lalu kita Pilih menu Other Wireless Connections
  3. Kemudian kita Pilih Menu Personal Hotspot
  4. Selanjutnya Aktifkan Tombol Slider di Pojok Kanan Atas layar hingga Hotspot Hp Oppo kita Aktif
  5. Selain itu kita juga bisa mengatur hotspot kita dengan mengklik Tombol Personal Hotspot Setting. Lalu Isi nama Hotspot Hp Oppo kita di kolom SSID dan Sandi pada Kolom Password
  6. Setelah fitur Hotspot telah aktif di Hp Oppo kita. Lalu Buka Menu Pengaturan Di Laptop kita
  7. Kemudian Pilih Wifi dan Klik Tombol Open
  8. Setelah berhasil masuk ke halaman Wifi Setting. Lalu Aktifkan Tombol Wifi hingga statusnya berubah jadi On
  9. Selanjutnya Klik Tombol Show Available Network yang ada di bawahnya
  10. Kemudian Munculah beberapa sinyal hotspot yang terdeteksi oleh laptop kita
  11. Setelah itu Klik Nama Sinyal Hotspot (SSID) milik Hp Oppo kita yang ingin di lakukan tethering dan Klik Tombol Connect
  12. Bila Muncul Kolom Password maka Isi Password tersebut sesuai dengan password yang telah di buat pada pengaturan hotspot hp oppo kita. Lalu Klik Ok
  13. Selesai. Setelah berhasil terhubung, maka status jaringan Wifi di laptop kita berubah menjadi Connected yang berarti laptop kita kini bisa mengakses internet menggunakan jaringan seluler 4G Hp Oppo
  14. Untuk mengetesnya kita bisa membuka situs web melalui browser yang terpasang di laptop kita seperti Firefox dan Chrome

Menyambungkan Internet Hp Samsung ke Laptop

Cara Ke enam yang akan kami jelaskan adalah cara menyambungkan internet dari Hp Samsung ke Laptop. Cara ini tentunya sangat berguna, terlebih banyaknya pengguna Hp Samsung di Indonesia baik yang versi entry level maupun Hp Samsung bertipe premium yang mahal harganya. Adapun cara menyambungkan internet Hp Samsung ke Laptop seperti di bawah ini.

Cara Menyambungkan Internet Hp Samsung ke Laptop

  1. Pertama-tama Buka Menu Setting di Hp Samsung kita
  2. Kemudian Munculah beberapa menu setting. Lalu kita Pilih Opsi More Setting
  3. Selanjutnya Pilih Menu Tethering. Lalu Pilih Opsi Portable Wifi Hotspot
  4. Kemudian Aktifkan Tombol Portable Wifi Hotspot hingga hotspot Hp Samsung kita menyala
  5. Di halaman ini kita juga bisa memilih mode koneksi untuk perangkat mana saja yang bisa terhubung dengan sinyal hotspot kita apakah mode koneksi “Allow All Device” atau “Only Allowed Device”. Dan di halaman ini kita juga bisa melakukan pengaturan hotspot berupa SSID dan Password dengan mengklik tombol Konfigurasi
  6. Setelah Hotspot di Hp Samsung kita menyala. Langkah selanjutnya adalah Aktifkan mode Wifi di perangkat lain (laptop) yang ingin di tethering
  7. Caranya Buka Pengaturan di Laptop
  8. Selanjutnya Ketik Wifi di kolom pencarian dan Klik Tombol Open
  9. Setelah Masuk ke Pengaturan Wifi Aktifkan Tombol Wifi hingga berubah status menjadi On
  10. Kemudian Klik Tombol Show Available Network yang ada di bawah tombol Wifi
  11. Diantara beberapa jaringan hotspot yang terdeteksi, Kita Pilih Nama Hotspot (SSID) Hp Samsung kita beserta password yang di minta sesuai dengan password yang kita buat di pengaturan hotspot hp Samsung kita
  12. Selanjutnya Klik Tombol Connect
  13. Setelah itu Status Jaringan Wifi kita di laptop berubah menjadi Connected
  14. Selesai. Kini laptop kita bisa internetan dan kita bisa membuka website melalui browser di laptop kita (Chrome)

Menyambungkan Internet Hp Iphone ke Laptop

Bila ke enam cara di atas adalah cara menyambungkan internet hp android ke laptop. Maka Pada kali ini kami akan menjelaskan cara menyambungkan internet Hp Iphone ke laptop. Tentunya hal ini berguna bagi pengguna Iphone Indonesia yang jumlahnya sangat banyak dengan fitur premium yang di miliki. Adapun caranya seperti di bawah ini.

Cara Menyambungkan Internet di Hp Iphone ke Laptop

  1. Pertama Buka Menu Pengaturan di Hp Iphone kita
  2. Kemudian kita Pilih Menu Seluler
  3. Selanjutnya kita Pilih Opsi Hotspot Pribadi
  4. Lalu kita Klik Tombol Izinkan Akses hingga hotspot Iphone kita berhasil aktif
  5. Setelah Hotspot di Iphone aktif, maka langkah selanjutnya adalah Mengaktifkan fitur Wifi di perangkat laptop kita
  6. Caranya adalah Buka Pengaturan di Laptop kita
  7. Selanjutnya Pilih Menu Wifi
  8. Setelah masuk ke pengaturan wifi laptop. Lalu Aktifkan Toogle Wifi hingga Status Wifi Laptop berubah jadi On
  9. Selanjutnya Klik Tombol Show Available Network yang ada di bawahnya
  10. Lalu Pilih Nama Hotspot (SSID) perangkat Iphone kita
  11. Kemudian Klik Tombol Connect dan Isikan Password sesuai dengan password hotspot perangkat Iphone kita
  12. Namun kita juga tidak perlu memasukan kata sandi hotspot bila sebelumnya kedua perangkat (Hp Iphone dan Laptop) telah menyalakan Bluetooth, Wifi dan ID Apple yang sama
  13. Ketika kedua perangkat berhasil tersambung via tathering, maka pita biru akan muncul di atas layar Iphone kita, dan icon hotspot pribadi akan muncul di perangkat laptop kita
  14. Selesai. Kini Perangkat Laptop kita bisa mengakses internet menggunakan jaringan seluler dari perangkat Iphone yang telah terhubung

Dampak Negatif Tethering Hotspot

Selain banyaknya manfaat yang di miliki saat kita melakukan proses tethering, ternyata kegiatan tethering hotspot juga memiliki resiko dan dampak negative pada perangkat yang di gunakan baik yang bersifat ringan maupun berat. Adapun dampak negatifnya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Dampak Negatif Tethering Hotspot

  1. Koneksi Internet Terganggu. Saat kita sedang melakukan proses tethering dari perangkat ponsel ke laptop, otomatis kecepatan akses internet ponsel akan di bagi dengan laptop. Hal itu membuat koneksi internet menjadi lemah dan lemot. Bila hal ini sering di lakukan maka sinyal internet di ponsel kita jadi sering putus bahkan mati sama sekali. Lalu kita harus melakukan factory reset untuk mengatasinya dan semua data dan pengaturan ponsel kita kembali ke awal
  2. Daya Baterai Lemah. Saat kita melakukan proses tethering, otomatis daya baterai ponsel kita akan bekerja lebih ekstra karena harus melayani 2 perangkat sekaligus yang sedang menangkap jaringan internet. Hal itu membuat baterai cepat panas dan sel-sel yang terdapat pada baterai melemah. Bila proses tethering terlalu lama dan sering di lakukan maka bisa memperpendek umur baterai bahkan menimbulkan ledakan karena terlalu kepanasan
  3. Kerusakan Komponen Hp. Bila Proses Tathering terlalu lama dan sering di lakukan maka Hp kita akan cepat panas. Panas berlebih yang di rasakan Hp kita dapat merusak komponen yang terpasang pada Hp seperti Prosesor, LCD, Baterai dan komponen lainnya

Oleh sebab itu untuk meminimalisir dampak negatif yang di timbulkan dari proses tethering hotspot WiFi, maka kita sebaiknya melakukan proses tethering sebentar saja tidak lebih dari satu jam. Selain itu kita di sarankan menggunakan modem USB saja bila ingin internetan melalui perangkat laptop yang sudah terbukti keamanannya sehingga perangkat smartphone kita tetap awet.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Tethering dan Hotspot beserta fungsinya. Selain itu di jelaskan pula beberapa cara menghubungkan internet dari Hp ke Laptop. Seperti Menyambungkan Internet Hp Xiaomi ke laptop melalui Wifi Tethering, Kabel Data USB dan Bluetooth Tethering. Selain itu di jelaskan pula cara menyambungkan internet Hp Samsung, Oppo, ASUS dan Iphone ke laptop.

Setelah membaca penjelasan di atas tentu kini kita jadi lebih mengerti mengenai apa itu Tethering dan Hotspot beserta manfaatnya. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita tidak bingung lagi bila ingin internetan di laptop namun kuota internet modem kita habis. Cukup menerapkan beberapa cara di atas kini perangkat laptop kita bisa Internetan melalui tethering hotspot dari perangkat smartphone kita.

You may also like