Home » Tutorial » 6 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

6 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu untuk menghubungkan sebuah perangkat elektronik satu dengan yang lain, maka di butuhkan sebuah kabel. Dimana di sebuah kabel tersebut sudah terpasang jalur untuk kelistrikan dan juga jalur untuk komunikasi data. Contohnya saja seperti perangkat TV dan Speaker. 

Namun Semakin berkembangnya teknologi masa kini membuat beberapa perangkat elektronik mampu terhubung melalui beberapa cara, selain menggunakan kabel. Contohnya saja seperti perangkat smartphone, laptop, Tv, speaker dan lainnya. Dimana semua perangkat tersebut bisa saling terhubung tanpa menggunakan kabel.

Adapun koneksi antara perangkat elektronik tanpa menggunakan kabel biasa di sebut dengan jaringan nirkabel. Dimana jaringan nirkabel biasanya menggunakan beberapa macam media transmisi seperti gelombang radio, gelombang mikro dan cahaya infra merah.

Salah satu perangkat yang menggunakan konsep jaringan tanpa kabel (nirkabel) adalah perangkat Bluetooth. Bluetooth sendiri di masa kini sudah banyak terpasang di beberapa perangkat elektronik seperti keyboard, mouse, remote, speaker, printer, headset, lampu, smartphone dan laptop.

Pada Laptop zaman sekarang biasanya sudah tertanam perangkat Bluetooth pada motherboard, sehingga pengguna tinggal menggunakannya. Namun ada kalanya pengguna tidak tahu cara mengaktifkannya dan mengganggap laptop tersebut tidak memiliki fitur bluetooth. Sebelum menjelaskan caranya, pada kali ini akan membahas apa itu Bluetooth.

Lalu Apa itu Bluetooth?

Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (PAN) tanpa kabel (nirkabel). Spesifikasi dari perangkat Bluetooth di kembangkan dan di distribusikan oleh perusahaan bernama Bluetooth Special Interest Group. Dengan Bluetooth pengguna bisa saling bertukar file, data & informasi antara perangkat yang di gunakan seperti smartphone, pc dan laptop.

Bluetooth bekerja pada pita frekuensi 2.4 GHZ dengan menggunakan sebuah frequency hopping transceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara realtime antara host Bluetooth dengan jarak terbatas.

Setelah kita mengetahui apa itu perangkat Bluetooth. Pada kali kami ini akan menjelaskan aplikasi dan layanan yang terdapat pada perangkat Bluetooth.

Aplikasi dan Layanan Bluetooth

Bluetooth mangirimkan sinyal yang di terima perangkat lain dengan jangkauan hingga 10 meter saja. Dengan kecepatan transfer data bervariasi tiap kanal perangkat seperti kanal suara (64 kbps), kanal asinkron (723,2 kbps), kanal sinkron (57,6 kbps) & kanal simetris (433,9 kbps).

Produk Bluetooth dapat berupa USB Adapter maupun PC Card yang di masukan ke dalam perangkat (Motherboard). Sedangkan beberapa perangkat yang bisa terhubung dan di kombinasikan dengan Bluetooth seperti perangkat kamera, headset, smartphone, laptop, printer, PDA dan lainnya.

Sedangkan aplikasi yang di sediakan oleh layanan perangkat Bluetooth seperti : PC to PC file sync (dekstop to notebook), PC to PC  file transfer, PC to Mobile Phone (Laptop ke Android), PC to PDA, Wireless Headset dan lainnya.

Setelah kita mengetahui beberapa aplikasi dan layanan yang terdapat pada perangkat Bluetooth. Pada kali ini kami akan menjelaskan salah satu perangkat yang bisa di kombinasikan dengan Bluetooth yakni perangkat laptop.

Meskipun biasanya laptop zaman sekarang sudah terpasang perangkat Bluetooth namun tak jarang beberapa pengguna tidak mengerti cara menggunakan dan mengaktifkannya. Namun sebelum itu cek terlebih dahulu apakah laptop kita sudah tersedia fitur Bluetooth atau belum. Adapun cara ceknya seperti di bawah ini.

Cara Cek Ketersediaan Fitur Bluetooth di Laptop Windows dan Mac

Cek Bluetooth di Laptop Windows

  1. Pertama-tama kita Klik Menu Start dan Klik Kanan Logo Windows yang berada di pojok kiri bawah layar
  2. Setelah itu Pilih Opsi Device Manager
  3. Kemudian Munculah Jendela Device Manager. Lalu kita cari apakah Adapter Bluetooth sudah ada
  4. Bila sudah ada maka dapat di pastikan laptop kita sudah tersedia fitur Bluetooth

Cek Bluetooth di Laptop Mac

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Apple hingga muncul menu drop down
  2. Setelah menu drop down muncul. Lalu kita Klik Opsi About this Mac
  3. Selanjutnya kita Pilih Opsi Report
  4. Lalu kita Pilih Menu Hardware. Dan Cari Adapter Bluetooth
  5. Bila Adapter Bluetooth tersedia maka bisa di pastikan perangkat Mac kita memiliki fitur Bluetooth

Setelah kita selesai mengecek ketersedian fitur Bluetooth di laptop kita. Barulah kita bisa melakukan langkah selanjutnya untuk mengaktifkan Bluetooth kita baik laptop yang memiliki Bluetooth maupun tidak. Adapun cara mengaktifkan Bluetooth di laptop akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

6 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 dan Menggunakannya

Melalui Menu Setting

Cara Pertama yang akan kami jelaskan untuk mengaktifkan koneksi Bluetooth di laptop windows 10 kita adalah melalui menu setting. Menu setting sendiri adalah sebuah menu yang berisi beberapa pengaturan di laptop kita baik itu pengaturan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Melalui Menu Setting

  1. Pertama-tama kita Klik Tombol Menu Start di pojok kiri bawah layar laptop
  2. Setelah itu Klik Menu Setting
  3. Kemudian Munculah beberapa menu pengaturan seperti System, Privacy, Apps, Device dan lainnya. Lalu kita Klik Menu Device
  4. Setelah itu Munculah beberapa menu Device seperti Printer & Scanner, Mouse, Bluetoth & Other Device dll. Lalu kita Klik Menu Bluetooth & Other Device
  5. Pada Halaman Bluetooth & Other Device kita Geser Tombol Bluetooth dari kiri ke kanan. Sehingga yang semula tombol Bluetooth Off jadi On
  6. Setelah Bluetooth berhasil menyala. Maka akan Tampil beberapa perangkat (smartphone / PC) lain yang terdeteksi di bawah layar. Lalu Klik Tombol Connect bila kita ingin melalukan pairing sehingga perangkat laptop dan smartphone bisa saling mentrasfer data

Menggunakan Tombol Fn + Icon Bluetooth

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk mengaktifkan fitur koneksi Bluetooth di laptop kita adalah dengan cara menekan tombol kombinasi Fn + icon Bluetooth pada keyboard laptop kita. Setiap laptop biasanya sudah terpasang icon Bluetooth di keyboardnya yang di sesuaikan dengan jenis laptop tersebut. Adapun caranya akan kami jalaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Menggunakan Tombol Fn + Icon Bluetooth

  1. Pertama-tama Nyalakan Laptop kita
  2. Setelah Laptop Menyala. Lalu kita Perhatikan keyboard laptop kita antara tombol F1 hingga F12 dan Cari tombol yang memiliki icon Bluetooth
  3. Setelah tombol icon Bluetooth ketemu. Lalu Tekan Tombol Fn + Icon Bluetooth secara bersamaan
  4. Kemudian Munculah icon bluetooth yang berada di pojok kanan bawah layar (taskbar) yang menandakan Bluetooth telah aktif dan bisa di gunakan untuk transfer data antara perangkat

Melalui Device Manager

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk mengaktifkan koneksi bluetooth di laptop kita adalah melalui menu device manager. Device manager sendiri adalah salah satu fitur yang di miliki sistem operasi windows yang berfungsi untuk melakukan managemen konfigurasi hardware. Baik berupa driver software maupun informasi hardware. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Melalui Device Manager

  1. Pertama-tama kita Klik Tombol Search di pojok kiri laptop
  2. Kemudian kita Ketikan Device Manager di Kolom Search tersebut
  3. Lalu Munculah Hasilnya dan Klik Device Manager
  4. Setelah itu Munculah Jendela Device Manager yang berisi beberapa hardware yang terpasang pada laptop seperti audio, cameras, batteries, disk drives, Bluetooth dan lainnya
  5. Selanjutnya kita Klik Kanan icon Bluetooth
  6. Lalu kita Pilih Opsi Enable
  7. Selesai. Kini Bluetooth di laptop kita pun telah aktif dan bisa di gunakan pengguna untuk melakukan transfer data dengan perangkat lain (smartphone)

Menginstal Driver Bluetooth

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop adalah dengan cara menginstal driver Bluetooth. Bluetooth driver sendiri adalah sebuah software ringan yang bisa kita gunakan ketika perangkat Bluetooth tidak terdeteksi oleh piranti (laptop atau PC).

Pengontrol kecil ini mampu menambahkan semua peranti yang ingin kita hubungkan melalui Bluetooth, seperti perangkat PC, Smartphone, Headset, Mouse dan lainnya. Sehingga semua peranti mampu terdeteksi dengan cepat. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Menggunakan Driver Bluetooth

  1. Pertama-tama kita Cek Tipe dan Merek Laptop kita. Caranya dengan Mengetikan dxdiag di Kolom Search taskbar dan Klik hasilnya (dxdiag). Hal ini agar driver Bluetooth compatible dan bisa di install di laptop kita
  2. Setelah tipe dan merek laptop di ketahui, lalu kita Cari Driver Bluetoothnya. Bisa dengan membelinya di toko komputer maupun mendownload di internet
  3. Bila bingung cara downloadnya, kita bisa Googling dengan memasukan kata kunci (Tipe Laptop +  Driver Laptop) Contoh : Asus Driver Bluetooth
  4. Setelah situs downloadnya ketemu. Lalu Silahkan Download dan Instal Driver Bluetooth tersebut
  5. Selesai. Setelah Driver Bluetooth di Instal maka secara otomatis akan muncul icon Bluetooth di pojok kanan bawah taskbar yang menandakan Bluetooth di laptop telah aktif

Menggunakan Dongle Bluetooth

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop kita adalah dengan menggunakan perangkat bernama Dongle Bluetooth. Dongle Bluetooth sendiri adalah sebuah perangkat yang bisa di gunakan pengguna untuk menyambungkan perangkat PC dengan perangkat lain seperti smartphone, laptop, maupun konsol game melalui koneksi Bluetooth.

Perangkat ini digunakan karena tidak semua laptop atau komputer memiliki fitur Bluetooth bawaan. Cara menggunakannya sendiri mudah cukup colokan dongle Bluetooth ke port USB laptop atau komputer lalu laptop pun sudah memiliki koneksi Bluetooth. Hal ini di karenakan dongle Bluetooth memiliki sifat Plug and Play.

Selain itu ukurannya yang kecil plus di lengkapi colokan USB mirip flashdisk membuat perangkat dongle Bluetooth bersifat mobile artinya bisa di bawa kemana-mana dan sangat ringan. Dongle Bluetooth bisa di pasang ke berbagai perangkat laptop atau komputer manapun melalui port USB.

Untuk mendapatkan perangkat Dongle Bluetooth pengguna bisa membelinya di toko peralatan komputer maupun membelinya secara online di marketplace seperti shopee, lazada, bukalapak dan lainnya. Dengan harga yang hanya belasan hingga puluhan ribu rupiah tentunya tidak menguras kantong pengguna, terlebih dengan manfaat yang di berikan alat ini.

Memasang Bluetooth di Motherboard

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop atau PC adalah dengan memasang Bluetooth built-in di motherboard. Motherboard sendiri adalah papan sirkuit yang terpasang pada laptop atau PC yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa komponen elektronik di laptop. Seperti unit pemrosesan sentral, memori, dan konektor periferal lain salah satunya untuk perangkat bluetooth.

Untuk menggunakan cara ini maka pengguna minimal harus memiliki pengetahuan tentang komponen komputer dan cara reparasinya. Hal ini di karenakan nantinya pengguna di haruskan membuka casing laptop atau komputer dan memasang Bluetooth pada motherboard. Sehingga bila terjadi kesalahan dalam pemasangan bisa menyebabkan kerusakan serius pada motherboard.

Untuk itu bila tidak memiliki pengetahuan tentang komputer lebih baik menyerahkannya ke tukang service. Bluetooth untuk motherboard sendiri bisa di beli toko komputer maupun di online shop. Bluetooth motherboard masa kini bahkan telah di lengkapi teknologi wireless yang mampu memanjakan pengguna dengan harga yang bervariasi.

Cara Menggunakan Bluetooth Di Laptop

Setelah kita mengetahui cara mengaktifkan Bluetooth di laptop. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara menggunakan Bluetooth di laptop. Sehingga Bluetooth yang telah aktif bisa terhubung dengan perangkat lain dan saling transfer file. Adapun caranya seperti di bawah ini.

Cara Menambah Device Bluetooth di laptop

  1. Pertama-tama Buka Menu Setting di laptop kita dengan cara Klik Start Menu lalu Pilih Opsi Setting
  2. Setelah itu Munculah beberapa menu di Halaman PC Setting. Lalu kita Pilih Opsi Device
  3. Pada Halaman Device kita Pilih Opsi Add Device
  4. Selanjutnya Bluetooth melakukan Pencarian terhadap perangkat lain yang menggunakan Bluetooth (contoh : smartphone)
  5. Setelah perangkat terdeteksi maka kita Klik Nama Perangkat tersebut
  6. Kemudian Muncul Sebuah Notif bertuliskan Compare the passcodes, yang berarti Laptop akan mengirimkan kode konfirmasi (pairing) ke perangkat (Hp Android) yang ingin terhubung melalui Bluetooth. Lalu Klik Tombol Yes di Laptop
  7. Selanjutnya kita Samakan Kode Verifikasi (pairing) tersebut di layar Hp Android kita
  8. Selesai. Jika Layar Komputer menunjukan notif “this device has been successfully” maka ke dua perangkat berarti telah terhubung

Cara Mengirim dan Menerima File via Bluetooth di Laptop

  1. Setelah ke dua perangkat berhasil terhubung (pairing). Lalu kita Tentukan File yang ingin kita kirim
  2. Setelah file di tentukan. Lalu Klik Kanan file tersebut dan Pilih Opsi Send by Bletooth to
  3. Selanjutnya kita Pilih Perangkat (smartphone) yang ingin kita kirim file dan Klik OK
  4. Proses pengiriman file dari laptop ke Hp pun berjalan hingga selesai yang di tandai dengan garis bar bergerak berwarna biru
  5. Selesai. Setelah proses transfer file selesai kita buka folder Bluetooth di mana kini sudah ada file yang di transfer dari laptop

Fungsi dan Manfaat Lain Perangkat Bluetooth di Laptop

Selain di gunakan untuk melakukan transfer file dari perangkat satu (laptop) ke perangkat lain (smartphone), ternyata perangkat bluetooth juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting dan canggih. Adapun fungsi lain yang di maksud akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fungsi Lain Perangkat Bluetooth

  1. Mendengarkan Lagu Tanpa Kabel. Fungsi ini biasanya di gunakan bila kita ingin mendengarkan lagu melalui Headset di laptop atau smartphone tanpa harus mencolokan kabel yang sering mengganggu dan melilit sehingga dengan koneksi Bluetooth kita jadi lebih nyaman
  2. Mencetak Dokumen Tanpa Kabel. Fungsi ini biasanya di gunakan bila kita ingin mencetak dokumen di printer tanpa harus repot-repot memasang kabel printer dan laptop sehingga mampu menghemat waktu dan jadi lebih praktis
  3. Untuk Mouse dan Keyboard Wireless. Teknologi masa kini telah menghadirkan perangkat mouse dan keyboard yang telah di lengkapi fitur Bluetooth sehingga pengguna tak perlu lagi mencolok kabel ke port laptop dan akselerasi pengguna jadi lebih leluasa
  4. Sebagai Modem Hotspot. Dengan fitur ini maka nantinya kita bisa berbagi koneksi internet (modem hotspot) melalui koneksi Bluetooth. Sehingga perangkat lain juga bisa mengakses internet
  5. Menghubungkan Speaker Mobil. Bila kita sedang menaiki mobil di kursi belakang dan ingin mendengarkan lagu. Maka kita bisa menghubungkan speaker yang ada di depan dashboard mobil dengan smartphone kita melalui bluetooth. Sehingga lagu maupun channel radio yang ingin di putar bisa kita atur melalui smartphone
  6. Menghubungkan Proyektor. Bila kita ingin menonton film favorit melalui proyektor maka kita tak perlu lagi menyambungkan kabel ke laptop / smartphone. Cukup aktifkan Bluetooth di smartphone atau laptop maka film favorit pun bisa di tonton sepuasnya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Bluetooth, aplikasi dan layanan Bluetooth beserta fungsinya. Selain itu di jelaskan pula 6 cara mengaktifkan Bluetooth di laptop dan cara menggunakannya. Seperti melalui Menu Setting, Kombinasi Tombol Keyboard, Menu Device Manager, Instal Driver Bluetooth, Menggunakan Dongle Bluetooth dan Bluetooth Motherboard.

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kini kita jadi tahu apa itu perangkat Bluetooth beserta fungsinya. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita jadi tahu cara mengaktifkan dan menggunakan koneksi Bluetooth di laptop windows kita. Sehingga laptop kita bisa saling bertukar file ke perangkat lain seperti smartphone contohnya tanpa harus menggunakan kabel data.

You may also like