14 Cara Memperpanjang Usia Baterai Android Paling Mudah

Cara memperpanjang baterai smartphone, sama seperti cara memperpanjang umur baterai laptop. Baterai perangkat berbasis mobile atau gadget, membutuhkan proses charging dan perawatan lainnya guna mendapatkan hasil terbaik dari kualitas baterai yang ada. Baterai akan tetap terjaga kualitasnya dan lifecycle dapat dipertahankan pada kualitas terbaik. Cara memperpanjang usia baterai android bisa dilakukan baik dengn cara hardware maupun dengan cara software.

ads

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara memperpanjang usia baterai android. Hal apa saja yang dapat menghemat konsumsi daya baterai, selain itu juga bisa menjadikan life cycle baterai menjadi lebih panjang dan degredasi kinerja baterai lebih konstan. Selamat membaca.

1. Hindari dari overcharging

Cara memperpanjang usia baterai android yang pertama adalah, dengan sebisa mungkin hindari penggunaan overcharging atau pengecasan baterai secara over diluar batas waktu yang direkomendasikan. Meskipun pada umumnya smarphone berbasis android saat ini sudah mendukung fitur over-charge protection. Tetapi tidka berarti perlakukan charging smartphone bisa dilakukan serampangan atau membiarkan overcharging dilakukan Terus-menerus.

2. Kurangi jumlah aplikasi background


Sudah menjadi rahasia umum bahwa aplikasi background yang berjalan dibelakang layar, meski tak menampilkan jendela aplikasinya atau Kita tidak mengakses user interfacenya, tetap saja mengkonsumsi daya baterai. Hal ini mengingat aplikasi itu akan terus berjalan meskipun tidak dibuka. Beberapa contoh seperti whatsapp, bbm, dan line memang dibutuhkan dalam hal ini. Tetapi untuk aplikasi thir-party seperti game, aplikasi office, dan beberapa aplikasi utility yang memilik sifat persistent di background sistem, bisa Kita batasi penggunaannya.

3. Batasi kontras layar

Sama ada halnya seperti perangkat laptop, pengaturan kontras layar yang cukup tinggi pada perangkat smartphone android ini, tentu akan menguras daya baterai. Oleh karena itu, batasi pengaturan kontras layar pada ukuran yang ideal, jika tidak sedang digunakan, sebaiknya pengaturan kontras diminimalkan.

4. Atur auto-update play store

Update play store mungkin tidak akan menjadi hal yang terlalu berpengaruh terhadap degredasi daya baterai, jika kebutuhan aplikasi terinstal di smartphone Kita masih dalam batas wajar. Tetapi jika Kita terbiasa menginstal aplikasi atau game “huge” yang memiliki fitur melimpah dan ukuran aplikasi atau game yang besar mencapai 100-200MB, yang mana bisa menjadi sebab cara mengatasi playstore error. Maka fitur auto-update bisa menjadi hal yang cukup memboroskan daya baterai saat ada update otomatis terhadap aplikasi ini. Oleh karena itu, nonaktifkan atau jika tidak, atur batasan auto-update terhadap aplikasi ini.

5. Penggunaan mode pesawat

Penggunaan mode pesawat tidak mesti harus saat akan menggunaan transportasi udara seperti pesawat, tetapi juga baik digunakan saat smartphone memang tidak digunakan. Hal ini akan menghemat baterai sekian persen dan dengannya dapat memperpanjang umur pakai baterai pada smartphone android ini.

6. Menggunakan aplikasi third party saver

Untuk beberapa vendor smartphone seperti asus, sudah menyertakan aplikasi default untuk manajemen hemat daya battery seperti du battery saver, sedangkan untuk smartphone yang tidak menyediakan fitur built in battery saver bia menginstalnya sendiri melalui play store. Ada banya sekali aplikasi battery saver yang bisa Kita gunakan, DU battery saver dan DS battery saver merupakan 2 aplikasi manajemen hemat daya smartphone yang paling banyak dicari.

7. Batasi penggunaan lokasi

Cara memperpanjang usia baterai android yang ketujuh ini, adalah dengan mengatur penggunaan fitur lokasi. Penggunaan lokasi memang penting, bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, namun hal ini menyerap konsumsi baterai yang cukup menguras, mengingat koneksi data internet dibutuhkan, dan juga koneksi GPS diaktifkan. Penggunaan lokasi ini bisa dibatasi pada kebutuhan saja, jika memang tidak sedang digunakan, sebaiknya di nonaktifkan dulu saja.

8. Hindari meletakkan smartphone di tempat yang panas

Sama halnya seperti penyebab charger laptop panas, permukaan yang panas, dapat menjadikan suhu baterai dari smartphone yang diletakkan diatasnya menjadi meningkat, dan Lama-kelamaan tentunya hal ini akan membuat Sel-sel baterai smartphone android ini mnejadi bermasalah bahka rusak. Sebaiknya perhatikan belum saat Kita meletakkan smartphone android Kita, baik saat diletakan di rumah, di mobil, ataupun di meja kerja.

9. Nonaktifkan fitur getar

Fitur getar juga mengonsumsi daya baterai, sama seperti kontras layar. Oleh karena itu, sebaiknya jika fitur getar tidak begitu dibutuhkan, misalnya, saat smaminimalisir dan dikurabgi, rtphone berada di dekat meja kerja Kita, fitur getar bisa dinonaktifkan. Dengan begitu konsumsi baterai bisa diminimalisir dan atau dikurangi.

10. Kurangi iklan

Kurangi iklan yang dimaksud disini adalah, mengurangi jumlah aplikasi yang menampilkan iklan secara sering, karena hal ini cukup menguras baterai. Selain menggunakan koneksi internet, juga dengan menampilkan iklan, maka aktivasi layar akan dilakukan, untuk iklan berbentuk video tentu akan lebih boros, Lebih-lebih untuk aplikasi yang sering menampilkan iklan video berdurasi sekian detik yang cukup lama. Oleh karena itu, sebaiknya Kita membatasi jumlah aplikasi yang menampilkan iklan.

11. Nonaktifkan notifikasi


Notifikasi yang tidak perlu, bisa dinonaktifkan untuk menghemat penggunaan baterai smartphone android. Mengapa notifikasi bisa juga mengurs konsumsi baterai, hal ini karena koneksi internet dibutuhakan untuk notifikasi berbasis messaging, di sisi lain, untuk aplikasi berbasis map, penggunaan lokasi juga dibutuhkan, sehingga akan lebih boros baterai.

12. Menggunakan wallpaper solid

Jika dibandingkan penggunaan wallpaper umumnya, Lebih-lebih animated wallpaper, penggunan wallpaper solid diyakini bisa menghemat penggunaan baterai smartphone android, selain juga menambah life cycle baterai itu sendiri. Wallpaper bisa menggunakan warna solid sesuai keinginan, atau jika tidak, penggunaan wallpaper hitam juga tidak menjadi masalah.

13. Merubah mode jaringan

Untuk smartphone dengan jenis HSDPA atau 3G, ada opsi untuk mengganti jaringan ke modem 2G. Sedangkan untuk ponsel 4G LTE, bisa menggunakan settingan 3G. Kelebihan jaringan 4G adalah kecepatan akses yang tinggi, namun boros baterai.

Hal ini dilakukan untuk menghemat penggunaan jaringan dimana dengan menurunkan jenis jaringan, akan menghemat penggunaan baterai smartphone. Namun, konsekuensi dari ini adalah, kecepatan jaringan, baik download maupun uplaod menjadi melambat.

14. Menjaga smartphone dari konsleting

Cara memperpanjang usia baterai android yang terakhir adalah dengan mencegah faktor konsleting pada smartphone. Konsleting di smartphone sendiri dapat menyebabkan kerusakan pada baterai smartphone android. Berbagai faktor terjadinya konsleting, bisa karena smartphone kemasukan air, terbanting, penggunaan charger yang tidak sesuai spesifikasi, dan faktor teknis lainnya. Oleh karena itu penting untuk menjaga smartphone dari kondisi diatas. Saat bepergian dalam kondisi hujan, gunakan juga plastic bag untuk smartphone yang memiliki fitur kedap atau anti air, disamping menggunakan mantel tas yang ada.

 

Demikianlah ulasan dari artikel cara memperpanjang usia baterai android ini, pelajari juga cara logout playstore. Semoga artikel yang sudah dituliskan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan bagi pembaca dalam hal menambah referensi pengetahuan tentang penanganan baterai android yang baik, selain juga mampu meningkatkan life cycle baterai smartphone android dengan cara menonaktifkan fitur yang tidak perlu sebagaimana tercanum diatas.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 19th, November 2017 / 02:13 Oleh :
Kategori : Baterai