Home » Hardware » Baterai » 7 Tips Agar Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet Digunakan

7 Tips Agar Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet Digunakan

by Elang Hendy Subrata

Kekuatan baterai HP sangat tergantung pada penggunaan dalam keseharian. Jika kita mampu mengatur penggunaan baterai HP maka kondisi baterai tidak akan berubah dari sejak pembelian. Bahkan, kondisinya dapat bertahan hingga lima tahun mendatang.

Maka dari itu, mau sebesar apapun kapasitas baterai HP tersebut, namun jika penggunaannya sangat buruk maka hal tersebut menjadi percuma. Untuk mengetahui apa saja Tips Agar Baterai HP Tidak Cepat Rusak, berikut ulasannya.

1. Kurangi aktivitas menggunakan HP setelah dayanya mulai habis

Kebiasaan buruk beberapa orang dalam menggunakan HP adalah tetap memainkannya sampai baterai benar-benar habis. Kebiasaan buruk tersebut tentunya sangat berdampak buruk pada performa baterai HP itu sendiri. Seperti yang telah diketahui bahwa baterai HP saat in dirancang untuk dapat diisi ulang meskipun daya baterai masih ada. Berbeda dengan jenis baterai HP zaman dulu yang tidak menglami masalah jika digunakan samapi habis.

Maka dari itu, saat indikator baterai sudah mencapai 20 persen, maka kita harus hentikan aktivitas penggunaan HP dan dapat dilakukan isi ulang dayanya. Jika dilakukan kebiasaan ini terus menerus, maka kesehatan baterai dapat dijaga dengan baik.

2. Jangan charger HP dalam keadaan panas

Setelah melakukan cas sebelum baterainya habis, Tips Agar Baterai HP Tidak Cepat Rusak selanjutnya adalah cas HP dalam keadaan dingin atau suhunya sudah stabil. Janganlah melakukan pengecasan ketika HP dalam keadaan panas. Sebab, suhu HP yang sedang panas sangat berakibat buruk pada baterai itu sendiri. Apalagi saat pengecasan berlangsung, daya listrik yang terhubung ke dalam baterai dapat memberikan hawa panas terhadap HP. Jika kita melakukan pengecasan saat kondisi HP sedang panas maka HP akan mudah rusak, bahkan baterainya juga. Jika perlu, Anda bisa cari aplikasi pendingin HP Android di berbagai sumber.

3. Tidak menggunakan Charger sembarangan

Sebagian pemikiran di masyarakat kita masih menganggap bahwa charger setiap HP dapat digunakan untuk semua. Padahal pemikiran tersebut sangat salah dan bisa menyebabkan baterai HP cepat rusak. Perlu Anda pahami bahwa setiap charger memiliki output yang berbeda-beda. Jika setiap output yang berbeda tersebut tidak sama dengan arus input pada baterai, maka baterai akan cepat rusak.

Pakailah charger original yang digunakan sejak pembelian. Charger original sudah tidak diragukan lagi keasliannya serta tentunya kualitas baterai tetap terjaga. Apabila charger original rusak, sebaiknya Anda membeli charger original yang baru.

4. Isi baterai sampai benar-benar penuh

Sebagian orang terkadang mencabut charger saat baterainya belum mencapai 100 persen. Kebiasaan buruk ini selalu terjadi saat dia sedang buru-buru untuk berangkat. Nah, kebiasaan buruk tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap kondisi baterai. Jika dilakukan sekali-kali, kondisi baterai tidak akan mengalami maslaah. Akan tetapi jika Anda melakukannya terlalu sering, maka kualitas baterai benar-benar akan menurun. Akibat buruknya adalah baterai bisa cepat rusak.

5. Matikan HP saat dicas.

Biasanya orang-orang akan mengecas Hp yang keadaannya masih hidup. Meskipun teknologi HP saat ini memungkinkan pengecasan HP dalam keadaan hidup tidak mengalami masalah berarti, namun alangkah lebih baik jika kita melakukan pengecasan ketika HP dalam keadaan mati. Hal ini dimaksudkan agar baterai dapat fokus melakukan pengisian tanpa dayanya digunakan untuk menghidupkan HP. Mematikan HP saat melakukan cas juga dapat memperpanjang umur baterai.

6. Tidak melakukan aktivitas ketika HP sedang dicas

Sering menggunakan HP ketika sedang dicas juga merupakan kebiasaan yang sangat buruk. Tidak hanay berpengaruh terhadap kinerja baterai, tetapi juga berpengaruh terhadap perangkat HP itu sendiri. Jika Anda sering melakukan aktivitas ketika HP sednag dicas, maka HP akan jauh lebih panas. Khususnya ketika Anda bermain game atau sedang menelepon. Akibatnya adalah baterai bisa meledak.

Apabila ada sebuah panggilan penting saat HP sedang dicas, sebaiknya lepaskan dulu proses casnya dan Anda terima telepon jika dirasa sangat penting. Kurangi juga bermain game saat HP sedang dicas. Anda harus bisa memahami bahwa proses pengecasan termasuk bagian penting dalam pemakaian HP sehari-hari.

7. Kurangi penggunaan Power bank

Power bank pada dasarnya adalah penyuplai daya pada handphone secara darurat saja. jadi, ketika Anda sedang dalam perjalanan dan baterai HP habis, maka gunakanlah power bank ini untuk menghidupkan HP untuk kepentingan mendesak. Meskipun begitu, bukan berarti Anda menggunakan power bank sebagai standar pengecasan setiap harinya. Sebab aliran listrik pada power bank tidak stabil seperti pengecasan pada stopk kontak listrik.Jika Anda terus menerus menggunakan power bank dalam waktu yang lama, maka kualitas baterai akan mudah rusak.  Jika Anda memang sangat membutuhkan power bank yang bagus dan terjamin kualitasnya, cobalah baca-baca mengenai tips memilih power bank di berbagai situs terpercaya.

Itulah 7 tips agar baterai HP tidak cepat rusak dan awet digunakan. Anda juga bisa pelajari beberapa tips memperpanjang usia baterai android dan cara memperbaiki baterai HP yang soak. Semoga bisa memberikan banyak manfaat.  

You may also like