Home » Jaringan Komputer » Software Jaringan » 5 Cara Membersihkan Icloud Iphone Storage

5 Cara Membersihkan Icloud Iphone Storage

by Elang Hendy Subrata

Jika pengguna Android memiliki Google Drive, maka para pengguna Iphone memiliki Icloud sebagai media Cloud server untuk perangkat Apple. Icloud sendiri memberikan penyimpanan secara Cuma-Cuma sebesar 5GB selaam menggunakan perangkat Apple.

Sayangnya, kapasitas tersebut terkadang masih belum cukup bagi sebagian pengguna. Akibatnya, sering muncul peringatan “Storage Almost Full”. Apabila Anda sering mengeluhkan notifikasi tersebut, sebaiknya ikutilah beberapa Cara Membersihkan Icloud berikut ini agar ruang penyimpanan Icloud lebih lega.

1. Hapus data aplikasi

Cara Membersihkan Icloud pertama yang bisa kita lakukan adalah menghapus data aplikasi di dalam Iphone. Perlu kita ketahui bahwa selama kita menggunakan aplikasi di dalam iphone, secara tidak langsung banyak sampah yang menumpuk. Sampah-sampah tersebut bisa berupa chat maupun lampiran lama dari pesan instan sepert Whatsapp, Line, dan semacamnya, hingga data-data browser yang selalu kita pakai.

Untuk membersihkan data-data aplikasinya, pertama-tama masuk dulu ke bagian setting. Setelah itu, sentuh bagian akun Icloud milik Anda. Nantinya Anda akan melihat berbagai macam statistik data yang digunakan pada Iphone, bisa itu total memori yang digunakan, total memori kosong, dan total memori yang berisi file-file dokumen. Selanjutnya sentuh bagian “Manage storage”.  

Di dalam Manage Storage, Anda akan melihat berbagai aplikasi yang terpasang di dalam Iphone. Cobalah cek aplikasi mana yang banyak menggunakan memori? Anda bisa melihatnya di sebelah kanan aplikasi tersebut.  Jika sudah menemukan aplikasinya, selanjutnya adalah tap aplikasi tersebut dan tekan “Delete Data”. Maka secara otomatis, data-data akan terhapus semua. Anda tidak perlu panik jika menghapus datanya sebab Anda tinggal login kembali.

2. Hapus data Backup

Untu yang satu ini memang cukup berisiko karena kita harus menghapus data backup  yang ada di dalam iphone. Namun, anda dapat mengatur data backup mana saja yang harus dihapus. Dengan begitu, Anda bisa mengatur bagian mana yang memang layak dihapus dan mana yang sebaiknya tidak perlu.

Untuk caranya sendiri hampir sama dengan poin sebelumnya, yakni masuk dulu ke bagian setting. Kemudian sentuh bagian akun Icloud-nya. Selanjutnya adalah pilih “Backups”. Di dalam “Backups”, Anda akan melihat jumlah memori Backup yang digunakan berserta informasi tentang data yang dibackup. Msalnya saja, waktu terakhir melakukan backup, ukuran backup, dan sisa memmori Backup. Silakan Anda lihat terlebih dulu data mana yang tida perlu di backup. Dengan begitu, Anda tidak perlu kahawatir ada data yang terhapus nantinya. Setelah dipilih, Anda tinggal sentuh “Delete Backup”, maka semua data backup akan terhapus semuanya.

3. Menghapus foto dan video

Perlu Anda sadari bahwa file foto dan video merupakan file yang memiliki ukuran yang banyak memakan memori smartphone. Semakin besar resolusi foto dan kualitas video yang disimpan, maka semakin besar kapasitas memori yang dibutuhkan. Untuk itu, alangkah lebih baik jika Anda menghapus foto maupun video yang tidak begitu dibutuhkan.

Untuk cara menghapus foto maupun video di dalam Iphone, masuklah ke dalam aplikasi foto. Setelah itu, masuklah ke bagian foto yang letaknya biasanya ada di bagian bawah. Setelah itu, lihatlah beberapa foto maupun video yang terdapat di dalam galeri momen. Pilihlah video maupun foto yang akan dihapus. Setelah menentukannya, silakan tekan tombol pilih foto dan tekan ikon tong sampah. Secara otomatis, foto maupun video tersebut akan terhapus.

4. Hapus lampiran email yang masuk

Sama halnya dengan Google Drive, saat kita mendapatkan email dengan lampiran, maka secara otomatis lampiran tersebut akan masuk ke dalam memori backup Iphone. Maka dari itu, Anda harus sering-sering memeriksa apakah ada lampiran yang memiliki ukuran besar atau tidak.

Cara untuk menghapusnya adalah sebagai berikut. Masuklah terlebih dahulu pada email di dalam Iphone. Setelah itu, periksa email terutama, email-email yang sudah lama. Selanjutnya, pilihlah email-email yang sudah tidak Anda butuhkan sebanyak mungkin. Jika sudah, tahan dan tekan “delete”. Secara otomatis, email akan terhapus berserta dengan lampirannya.

5. Hapus cache Aplikasi

Hal ini berhubungan dengan poin pertama. jika pada poin pertama kita harus menghapus data aplikasi tersebut, maka pada poin ini, kita hapus bagian cache-nya saja. Cache ini bisa kita temukan pada setting aplikasi yang sudah diinstal. Biasanya aplikasi yang memiliki ukuran besar, maka chace-nya juga cukup banyak.

Cara menghapusnya pun cukup mudah, pertama masuklah ke bagian setting. Setelah itu, masuklah ke bagian aplikasi. Pilih Aplikasi yang memiliki ukuran yang cukup besar. Selanjutnya, buka salah satu akun dan pilih reset Account Cache. Nanti memori Cache akan terhapus semuanya.

Itulah 5 cara membersihkan Icloud yang mulai kepenuhan. Apabila Anda pengguna Iphone serie IOS 10, sebaiknya Anda pelajari fitur-fitur tersembunyi IOS 10 yang mungkin masih jarang diketahui banyak orang dan cara mengecek Imei Iphone secara online.semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat.

You may also like