Home » Tutorial » 10 Cara Melihat Mac Address di Hp Android, PC & iPhone

10 Cara Melihat Mac Address di Hp Android, PC & iPhone

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu bila pengguna ingin melakukan pertukaran data dari satu komputer ke komputer lain maka akan kesulitan dan mengalami kendala di karenakan setiap pemasok (vendor) dan developer masing-masing perangkat memiliki protokol jaringannya sendiri sehingga di butuhkan usaha khusus agar bisa saling terhubung.

Untuk mengatasi masalah itu maka pada tahun 1977 di bentuklah sebuah model arsitektural jaringan bernama OSI (Open System Interconnection) oleh badan penetap standard international bernama ISO (International Organization for Standardization) di eropa.

Sehingga setelahnya setiap perangkat elektronik yang di buat vendor akan terpasang beberapa layer model OSI agar perangkat tersebut bisa saling berkomunikasi dengan perangkat lain. Model OSI sendiri terdiri dari 7 lapisan yakni Physical (Topologi jaringan), Data-Link  (Mac Address), Network (Routing), Transport, Session, Presentation (Workstation) dan Application (HTTP, FTP, NFS dan SMTP).

Dalam perkembangannya model OSI ini juga akhirnya di gunakan pada perangkat yang ada di masa sekarang seperti Smartphone, Bluetooth, ATM, Firewire, Wireless Network dan lainnya sehingga semua perangkat tersebut memiliki hardware address atau alamat fisik sebuah perangkat pada saat terhubung dengan jaringan dan biasa di sebut MAC Address.

Sehingga dengan keberadaan MAC Address pada setiap perangkat, maka setiap perangkat memiliki identitas masing-masing sebagai pembeda dan juga dengan mac address setiap perangkat bisa berkomunikasi satu sama lain.

Selain itu dengan MAC address juga pengguna bisa melihat perangkat mana saja yang terhubung dan menggunakan jaringan Wifi yang di miliki sehingga bisa dilakukan tindakan lanjutan seperti memblokir perangkat tersebut. Sebelum kami menjelaskan cara melihat dan memblokir MAC Address. Pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu MAC Address beserta fungsinya.

Lalu Apa itu Mac Address?

MAC (Media Acces Control) Address adalah sebuah alamat fisik pada perangkat antar muka jaringan yang sifatnya unik dan berbeda di setiap perangkat yang berfungsi sebagai identitas perangkat tersebut contohnya perangkat Bluetooth, Firewire, Ethernet, ATM, Wireless, Network, FDDI, Zigbee, IEE 803.5 token ring dan lainnya.

Mac Address memiliki panjang 48 bit yang terdiri dari 12 digit hexadecimal (0 sd F). Dimana 6 digit pertama biasanya merupakan nomor penanda dari pabrik pembuat kartu jaringan (NIC). Dan 6 nomor awalan sebagai penanda pabrik pembuat ini biasa di sebut OUI (Organizationally Unique Identifier). Contohnya perangkat Nortel memiliki Nomor OUI 00-04-DC, Cisco memiliki nomor OUI 00-40-96 dan Dell memiliki nomor OUI 00-14-22.

Setelah kita mengetahui apa itu Mac Address. Lalu apa fungsi Mac Addres pada perangkat kita?

Fungsi Mac Address

Fungsi Mac Address adalah untuk mengidentifikasi sebuah perangkat yang terhubung pada sebuah jaringan melalui nomor Mac Address yang dimiliki. Sehingga perangkat tersebut bisa berkomunikasi dengan perangkat lain dan pengguna bisa mengetahui perangkat mana yang sedang terhubung dengan jaringan yang di miliki sekaligus bisa melakukan pemblokiran perangkat tersebut.

Setelah kita mengetahui fungsi Mac Address pada perangkat jaringan yang kita gunakan. Lalu apa perbedaan Mac Address dan Ip Address?

Perbedaan MAC Address dan IP Address

  1. IP Address sering berubah tergantung dengan jaringan yang di gunakan, sedangkan MAC memiliki alamat yang tetap
  2. Mac Address adalah alamat yang di buat dan di tetapkan dari NIC, sedangkan IP Address bisa di ubah secara manual dan bersifat logic
  3. Mac Address di gunakan agar perangkat bisa berkomunikasi dengan perangkat lain melewati router yang ada, sedangkan IP Address digunakan untuk mengidentifikasi tujuan komunikasi paket jaringan

Setelah kita mengetahui perbedaan antara IP Address dan MAC Address. Pada kali ini kami akan membahas beberapa cara melihat dan memblokir MAC address pengguna di HP Android, iPhone dan laptop yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

10 Cara Melihat Mac Address di Hp Android, iPhone dan Laptop (Windows & Linux)

Cara Melihat Mac Address di Smartphone

Selain malalui PC, HP Android kita pun ternyata bisa juga mengidentifikasi Mac Address dari sebuah perangkat yang terhubung pada jaringan wifi kita. Baik itu menggunakan fitur bawaan pada smartphone maupun menggunakan aplikasi tambahan. Adapun beberapa caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Melalui Menu Wifi Setting

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk melihat MAC Address pada perangkat pengguna adalah melalui menu Wifi Setting. Dengan cara ini maka kita cukup buka menu pengaturan Wifi pada smartphone kita dan nantinya akan terlihat perangkat mana saja yang terhubung dengan jaringan Wifi kita beserta Mac Addressnya. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address Melalui Menu Wifi Setting

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pengaturan pada smartphone android kita
  2. Kemudian Munculah beberapa menu. Lalu kita Pilih Menu Wifi
  3. Setelah itu sambungkan HP kita ke salah satu perangkat yang terdeteksi (Wifi)
  4. Setelah di Klik perangkat tersebut. Lalu kita Buka Menu Pengaturan Lanjutan
  5. Setelah berhasil masuk ke pengaturan lanjutan. Lalu pada Kolom Mac Address kita bisa melihat nomor unik (Mac Address) yang di miliki perangkat tersebut
  6. Selesai. Setelah MAC Address di ketahui kita bisa melakukan tindakan lanjutan terhadap perangkat tersebut apakah di biarkan atau dilakukan pemblokiran

Melalui Menu Pengaturan (About Phone)

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk melihat MAC Address adalah melalui menu pengaturan about phone. Cara ini hanya bisa digunakan untuk melihat MAC Address pada perangkat yang sedang di gunakan (perangkat sendiri). Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address Melalui Menu Pengaturan (About Phone)

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pengaturan di Smartphone Android kita
  2. Kemudian munculah beberapa menu. Lalu kita Scroll terus ke bawah dan Pilih Menu About Phone / Tentang Sistem
  3. Setelah itu Munculah beberapa menu yang berisi informasi tentang ponsel kita
  4. Kemudian kita Klik Menu Status
  5. Setelah itu Gulir terus ke bawah hingga menemukan kolom Wifi Mac Address
  6. Selesai. Kini kita telah mengetahui Mac Address pada perangkat smartphone android yang kita gunakan

Menggunakan Kode Dialup

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk melihat Mac Address pada perangkat yang kita gunakan adalah menggunakan kode dialup. Dengan cara ini artinya kita di haruskan untuk mengetahui dan memanggil kode dialup jaringan melalui menu dialup pada smartphone android kita.

Dimana dengan kode dialup jaringan kita bisa mengakses informasi yang berkaitan dengan smartphone android kita seperti Kode IMEI, IP Address, Info Sinyal dan termasuk Mac Address tentunya. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address Menggunakan Kode Dial Up

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Dialup pada smartphone Android kita
  2. Kemudian pada Kolom Dial Up kita Ketikan Kode *#*#232338#*#* atau ##29889##
  3. Kemudian kita Klik Tombol OK / Panggil
  4. Setelah itu Munculah Halaman Baru yang berisi informasi mengenai Mac Address pada perangkat smartphone yang kita gunakan
  5. Selesai. Setelah kita mengetahui Mac Address perangkat smartphone android kita maka kita bisa mencatatnya untuk keperluan melakukan settingan dan cek jaringan wifi

Menggunakan Aplikasi Mac Address Finder

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk melihat Mac Address pada perangkat smartphone android kita adalah menggunakan aplikasi bernama Mac Address Finder. Aplikasi ini di kembangkan oleh perusahaan bernama Neno Tech yang bisa digunakan pengguna untuk menampilkan Mac Address smartphone yang kita gunakan.

Selain itu aplikasi ini juga akan menampilkan informasi terkait perangkat yang kita gunakan seperti alamat IP, nama perangkat, nama vendor, perangkat produsen dan lainnya. Adapun cara melihat Mac Address melalui aplikasi Mac Address Finder akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address Melalui Aplikasi Mac Address Finder

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Mac Address Finder melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nenotech.macfinder
  2. Setelah aplikasi terinstal. Lalu Buka Aplikasi Mac Address Finder
  3. Setelah Aplikasi terbuka. Lalu pada Layar Utama aplikasi Munculah Informasi jaringan pada smartphone android yang kita gunakan seperti IP Address, Nama Vendor, Nama Perangkat, Perangkat Produsen dan juga Mac Address tentunya
  4. Selesai. Setelah Mac Address kita di ketahui maka kita bisa mencatatnya guna keperluan konfigurasi jaringan di lain waktu

Aplikasi Mac Address Finder memiliki nilai rating sebesar 3.4 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.1 ke atas. Aplikasi Mac Address Finder Memiliki ukuran file sebesar 3.4 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 50 ribu pengguna.

Menggunakan Aplikasi What’s My Mac Address

Cara kelima yang akan kami jelaskan untuk melihat Mac Address pada perangkat yang kita gunakan adalah menggunakan aplikasi bernama What’s My Mac Address. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan bernama logocomune yang bisa di gunakan pengguna untuk melihat Mac Address smartphone android. Adapun cara menggunakannya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cata Melihat Mac Address Menggunakan Aplikasi What’s My Mac Address

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi What’s My Mac Address melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=net.mobizme.mymacaddress
  2. Setelah aplikasi terinstal. Buka Aplikasi What’s My Mac Address
  3. Selesai. Setelah aplikasi terbuka maka kita bisa lihat informasi mengenai jaringan ponsel yang kita gunakan seperti IP Address, Mac Address, Nama Vendor, Brand, SSID, Jenis Wifi dan informasi lainnya

Aplikasi What’s My Mac Address memiliki nilai rating sebesar 4.2 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.0 ke atas. Aplikasi What’s My Mac Address memiliki ukuran file sebesar 2.3 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 50 ribu pengguna.

Cara Melihat Mac Address di iPhone

Setelah 5 cara di atas menjelaskan cara melihat Mac Address di perangkat Android. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara melihat Mac Address melalui perangkat iPhone. Cara ini tentunya sangat penting terlebih banyaknya pengguna iPhone masa kini yang mampu menyaingi pengguna android. Adapun cara melihat Mac Address di iPhone akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address di iPhone

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pengaturan (Setting) di perangkat iPhone kita
  2. Setelah itu Munculah beberapa Menu. Lalu kita gulir ke bawah dan Pilih Menu Umum (General)
  3. Kemudian kita Klik Menu Mengenai (About)
  4. Lalu kita Gulir ke bawah dan Pilih Opsi Alamat Wifi (Wifi Address)
  5. Selesai. Kita bisa lihat Mac Address iPhone kita yang berada di Sisi Kanan Tulisan Wifi Address

Cara Melihat Mac Address di PC

Bila 6 cara di atas menjelaskan cara melihat Mac Address melalui perangkat smartphone. Pada kali ini kami menjelaskan bagaimana caranya melihat Mac Address di perangkat komputer/ laptop kita baik sistem operasi windows maupun sistem operasi linux. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address di Komputer atau Laptop

Melalui Menu Control Panel

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk mengetahui Mac address pada perangkat komputer atau laptop kita adalah melalui menu control panel. Control panel sendiri adalah sebuah fitur bawaan dari windows yang berisi berbagai pengaturan pada perangkat pc kita seperti pengaturan hardware, software, jaringan dan lainnya termasuk Mac Address. Adapun cara melihat Mac Address melalui menu control panel akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address Melalui Menu Control Panel

  1. Pertama-tama kita Klik Menu Start pada laptop kita
  2. Kemudian Ketikan Control Panel Pada kolom Pencarian dan Tekan Enter
  3. Setelah itu Klik Menu Control Panel tersebut
  4. Setelah itu munculah beberapa Menu. Lalu kita Pilih Menu View Network Status and Task
  5. Kemudian kita Klik Opsi Change Adapter Setting
  6. Lalu Munculah Jendela Network Connection yang berisi berbagai informasi tentang adapter jaringan komputer seperti adapter Bluetooth, Lan, Wifi dan lainnya
  7. Setelah itu kita Tentukan Adapter mana yang ingin kita lihat Mac Addressnya apakah LAN, Wifi atau Bluetooth
  8. Bila adapter sudah di tentukan. Lalu Klik 2 kali Nama adapter tersebut (Contoh : Wifi) hingga menampilkan jendela Status
  9. Setelah Jendela Status Muncul. Lalu Klik Tombol Detail
  10. Kemudian Munculah Jendela Baru yang berisi informasi tentang jaringan perangkat wifi tersebut dan salah satunya adalah Mac Address
  11. Selesai. Mac Address perangkat laptop pun kini telah di ketahui

Melalui Perintah CMD (Command Prompt)

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk melihat Mac Address pada perangkat laptop dan komputer kita adalah melalu perintah CMD (Command Prompt). Command Prompt sendiri adalah baris perintah penerjemah yang di eksekusi ke dalam sistem operasi yang terdapat pada sistem operasi windows. Adapun cara melihat Mac Address melalui CMD akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address Melalui Perintah CMD

  1. Pertam-tama kita Klik Start di Pojok kiri bawah layar laptop kita
  2. Kemudian kita Ketikan CMD Pada Kolom pencarian dan Tekan Enter
  3. Setelah itu Kita Klik Command Prompt pada hasil pencarian tersebut
  4. Setelah itu Munculah Jendela Command Prompt
  5. Kemudian Pada Jendela Command Prompt kita Ketikan getmac
  6. Setelah itu Muncul 2 Kolom yaitu Physical Address dan Transport Name.
  7. Selesai. Mac Address Laptop kita pun di ketahui yang berada di bawah Kolom Physical Address
  8. Selain itu kita juga bisa Mengetikan ipconfig/all pada CMD bila ingin melihat semua informasi tentang adapter jaringan pada komputer kita seperti informasi Host Name, Node Type, Ethernet Adapter dan lainnya

Melalui Menu Setting di Windows 10

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk melihat Mac Address pada perangkat laptop kita adalah melalui menu setting pada windows 10. Cara ini terbilang mudah karena hanya melalui beberapa langkah. Namun cara ini hanya bisa di gunakan pada perangkat laptop dengan sistem operasi windows 10. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address Melalui Menu Setting di Windows 10

  1. Pertama-tama kita Klik Start pada Laptop Windows 10 kita
  2. Setelah itu Ketikan Setting pada Kolom Pencarian dan Klik Setting pada hasil pencariannya
  3. Setelah Jendela Setting terbuka. Lalu kita Klik Menu Network & Internet
  4. Selanjutnya kita Pilih perangkat jaringan yang ingin kita lihat Mac Addressnya
  5. Bila kita ingin melihat Mac Address Wifi maka kita Klik Opsi Wifi. Namun bila kita ingin melihat Mac Address perangkat Lan Maka kita Klik Opsi Ethernet
  6. Setelah perangkat jaringan di pilih (contoh wifi). Lalu kita Klik Tombol Hardware Properties
  7. Setelah Jendela Hardware Properties terbuka. Maka akan terlihat beberapa informasi jaringan perangkat Wifi kita seperti IPv6 Address, IPv6 subnet mask, Description, DHCP Server, DNS Servers, Physical Address dan Lainnya.
  8. Maka Mac Address wifi kita terlihat pada Kolom (Sisi Kanan) Physical Address
  9. Selesai. Kini Mac Address dari beberapa perangkat jaringan yang terpasang pada laptop windows 10 kita pun telah di ketahui

Cara Melihat Mac Address di Linux

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk melihat Mac Address di perangkat laptop kita adalah cara melihat Mac Address di sistem operasi Linux. Linux sendiri merupakan sistem operasi yang bersifat open source yang artinya kode sumbernya bisa di modifikasi dan di distribusikan secara bebas oleh pengguna. Adapun cara melihat Mac Address di perangkat linux akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Melihat Mac Address di Linux

  1. Pertama-tama Buka Terminal pada perangkat Linux kita dengan cara Tekan Tombol Ctrl + Alt + T  Secara bersamaan
  2. Setelah itu Munculah Jendela Terminal Linux kita
  3. Kemudian Pada Jendela Terminal kita Ketik ifconfig
  4. Setelah itu Munculah beberapa detail informasi mengenai jaringan komputer linux kita seperti IP Address, Broadcast Address, Broadcast Subnetmask, Rx Packet, HWaddr dan lainnya.
  5. Maka kita bisa melihat Mac Address Laptop Linux kita di sebelah Tulisan HWaddr yang berisi deretan 12 digit angka dan huruf. Contoh : HWaddr 00:IC:C4:21:25:63
  6. Selesai. Kini Mac Address pada perangkat Linux kita pun telah di ketahui

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Mac Address, Fungsi Mac Address dan Juga Perbedaan antara Mac Address dan IP Address. Selain itu di jelaskan pula 10 cara melihat Mac Address di perangkat smartphone dan android. Seperti melalui menu Wifi Setting, About Phone, Dialup, Aplikasi Mac Address Finder dan Aplikasi What’s my Mac Address (Android). Melalui Menu Pengaturan (iPhone). Melalui Control Panel, CMD (Command Prompt) dan Pengaturan windows 10 (Windows). Dan Melalui Terminal ifconfig (Linux).

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kini kita jadi lebih tahu tentang apa itu Mac Address beserta fungsinya pada perangkat jaringan kita. Selain itu dengan membaca beberapa penjelasan di atas kini kita jadi tahu bagaimana melihat Mac Address melalui beberapa perangkat yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengaturan jaringan.

You may also like