4 Cara Mengecek IMEI Iphone Online Paling Mudah

Perkembangan dunia teknologi sudah menjadi sebuah kebutuhan penting bagi manusia. Kini sudah tidak dipungkiri lagi jika manfaat perkembangan komputer telah banyak membantu manusia di dalam kesehariannya. Mulai dari bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan, dan masih banyak lagi.

ads

Begitu juga dengan perkembangan ponsel saat ini yang sudah berubah menjadi smartphone. Ponsel yang dulunya lebih banyak digunakan untuk melakukan panggilan dan SMS saja kini sudah dapat menjelajahi dunia maya berkat semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses jaringan internet. Untuk bagian smartphone sendiri, ada dua jenis-jenis sistem operasi yang selalu bersaing ketat di pasar, yakni Iphone yang dimiliki Apple dengan Android yang dimiliki Google.

Berbicara mengenai Iphone, sistem operasi ini terbilang hanya diperuntukan bagi pengguna kelas atas. Hal itu terjadi karena Iphone terkenal dengan harganya yang selangit. Ditambah lagi, jika kamu ingin versi bekasnya, harganya juga jarang ada yang jatuh. Hal itu tidak terlepas dari sisi kualitas baik dari sisi hardware maupun  software yang dimiliki Iphone itu sendiri.

Namun, karena dari sisi harga yang relatif stabil, tidak jarang ada oknum-oknum nakal yang memanfaatkan Iphone hanya demi keuntungan semata. Tidak sedikit ada Iphone batangan yang dijual dengan harga yang sama dengan Iphone asli. Tentu saja ini merupakan bentuk penipuan kepada konsumen. Salah satu cara agar kamu dapat mengetahui Iphone yang kamu punya asli atau batangan adalah dengan mengecek nomor IMEI-nya.

Produk-produk Apple jarang atau bahkan tidak mengeluarkan kartu garansi dalam bentuk cetakan. Maka dari itu, semua informasi mengenai garansi, status smartphone dan lain-lainnya ada dalam nomor IMEI. Untuk mengetahui cara cek IMEI Iphone, berikut ulasannya.

1. Melalui pengaturan Iphone

Pada setiap smartphone memiliki cara tersendiri dalam memeriksa nomor IMEI-nya masing-masing. Untuk Iphone sendiri juga memiliki pengaturan sendiri sebagai berikut.

  • Masuk ke bagian “Setting”
  • Jika sudah, masuk ke bagian “General”
  • Setelah masuk ke dalam general, klik bagian “About”
  • Di dalam About, carilah nomor IMEI Iphone.

2. Cek slot sim card

Cara berikutnya adalah mengecek nomor IMEI pada bagian slot slim pada Iphone. Caranya pun sangat mudah yakni dengan membuka kesing ponsel, lalu buka baterainya dan kamu akan menemukan nomor IMEI pada bagian slot sim yang digunakan pada Iphone.

3. Melalui aplikasi iTunes

Tahukah kamu jika iTunes juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui nomor IMEI pada Iphone. Cara melakukannya pun terbilang mudah. Siapkan iPhone dan komputer atau laptop. Setelah itu hubungkan keduanya menggunakan kabel data. Jika sudah, tunggu hingga komputer atau laptop dan iphone terkoneksi dengan baik. Setelah terkoneksi, buka Itunes lalu klik menu “Library” yang terdapat di iTunes. Nantinya akan muncul data-data yang terdapat pada iPhone yang akan muncul di iTunes, salah satunya nomor IMEI.

4. Menggunakan kode

Sama halnya dengan smartphone lain, kamu juga dapat mengecek nomor IMEI Iphone hanya dengan menggunakan kode pada dial phone. Caranya pun mudah sekali. Pertama-tama, klik menu calls atau buka aplikasi untuk menelepon pada Iphone. Setelah itu, ketik kode *#06#. Jika berhasil, maka kamu akan melihat nomor IMEI smartphone pada layar.

Nah, setelah kamu mendapatkan nomor IMEI Iphone sekarang kita akan mengecek keaslian iPhone yang kamu punya secara online. Caranya ikuti petunjuk di bawah ini.

  • Pertama buka situsnya di https://checkcoverage.apple.com/id/in/
  • Setelah itu kamu akan dihadapkan pada halaman resmi Apple dengan Bahasa Indonesia. Setelah halamanannya muncul, masukan nomor IMEI yang telah kamu dapatkan pada sebuah kotak.
  • Setelah itu, masukan juga kode Captcha-nya.
  • Jika sudah berhasil, klik “Lanjutkan”

Apabila nomor IMEI-nya benar dan asli, maka akan langsung diarahkan ke halaman mengenai informasi garansi dari iPhone yang kamu punya. Biasanya ada tiga informasi yang disampaikan pada halaman tersebut. Penjelasan mengenai tiga informasi itu bisa kamu lihat berikut ini :


  • Repair and Service Coverage

Maksud dari keterangan ini adalah berisikan data-data tentang masa garansi iPhone yang kamu miliki. Pada umumnya, masa garansi dari produk Apple selama satu tahun saja. Jika Iphone yang kamu punya masih memiliki garansi, maka status garansi di halaman tersebt adalah “Active”. Jika kamu ingin melihat berapa lama garansi iphone-nya, kamu bisa melihat keterangannya di “Estimated Expiration Date”.

  • Valid Purchase Date

Maksud keterangan di bagian ini adalah sebagai tanda apakah iphone yang kamu gunakan pernah dipakai oleh orang lain atau tidak. Jika iphone yang kamu gunakan belum dipakai alias masih benar-benar baru, maka akan muncul keterangan “Please activate your Iphone”. Jika iphonenya sudah dipakai oleh orang lain, maka akan muncul keterangan “Active”.

  • Telephone Technical Support

Terakhir adalah keterangan Telephone Technical Support. Maskud dari keterangan ini adalah daftar nomor telepon yang bisa kamu hubungi jika ada masalah pada iphone yang kamu gunakan. Jika iphonemu masih baru, maka nomor ini akan ada karena masa berlaku nomor tersebut sekitar 90 hari sejak smartphone diaktifkan.

Itulah cara mengecek IMEI Iphone secara online. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu semua.

, , ,