Home » Tutorial » 6 Cara Transfer Pulsa Indosat Ke Operator Lain & Biayanya

6 Cara Transfer Pulsa Indosat Ke Operator Lain & Biayanya

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Semenjak mulai di perkenalkannya teknologi GSM dan kartu SIM di Indonesia pada tahun 90’an membuat layanan yang di miliki oleh operator seluler itu semakin diminati masyarakat karena kelebihan dan fitur yang di miliki.

Terlebih setelah munculnya layanan pesan singkat (SMS) di Indonesia tahun 2001. Hal itu membuat masyarakat memiliki opsi tambahan dalam hal berkomunikasi dengan pengguna lain melalui perangkat handphonenya.

Kepopuleran perangkat seluler (handphone) di luar negeri tahun 90’an juga salah satu yang mengilhami para pengusaha untuk mendirikan perusahaan operator seluler di indonesia. Dimulai dari di dirikannya PT Satelindo Palapa (Satelindo) tahun 1994 sebagai operator seluler pertama. Di susul dengan didirikannya  PT Telkom Indonesia (Telkomsel) tahun 1995 dan didirikannya PT.Exelcomindo Pratama (Excel Axiata) tahun 1996.

Semakin majunya perusahaan operator seluler di Indonesia dengan jutaan pelanggan, membuat munculnya beberapa perusahaan operator seluler baru di Indonesia seperti PT. Hutchinson 3 Indonesia (Tri),  PT. Indosat (Indosat), PT. Bakrie Telecom (Smartfren) dan perusahaan lainnya yang memiliki kelebihan layanan masing-masing.

Beberapa layanan yang di miliki oleh perusahaan operator seluler adalah layanan panggilan telepon, layanan pesan singkat (SMS), layanan paket data internet, layanan ring back tone dan lainnya dimana untuk menggunakan semua layanan tersebut pengguna harus mengisi pulsa baik melalui pulsa elektronik, voucher, maupun melalui internet.

Di zaman sekarang pengguna lebih sering mengisi pulsa kuota paket data internet di bandingkan dengan mengisi pulsa biasa. Hal ini di karenakan semua fitur seperti panggilan telepon, pesan singkat dan lainnya di lakukan secara online menggunakan aplikasi. Walaupun pulsa biasa juga tetap bisa di gunakan untuk daftar paket internet secara manual (Dialup).

Namun terkadang hal itu membuat pengguna lupa mengisi pulsa di saat paket kouta internetannya habis. Hal itu tentunya menjadi pengalaman tidak menyenangkan terlebih saat itu pengguna sangat membutuhkan akses internet untuk mengerjakan tugas. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan meminta pulsa dari pengguna lain.

Sehingga setelah pulsa biasa telah di transfer maka kita bisa kembali mendaftar paket data internet. Salah satu operator seluler yang menyediakan layanan transfer pulsa adalah indosat dengan ketentuan yang berlaku. Sebelum menjelaskan caranya pada kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu transfer pulsa dan operator seluler indosat.

Lalu Apa itu Transfer Pulsa?

Transfer Pulsa adalah salah satu layanan yang berikan oleh perusahaan operator seluler untuk mengirim & membagikan pulsa yang di miliki ke pengguna lain yang sedang membutuhkan dengan nominal tertentu dan biaya admin tertentu sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan oleh masing-masing perusahaan operator seluler.

Lalu Apa itu Indosat?

Indosat Ooredoo adalah merek dagang operator seluler yang di miliki oleh perusahaan bernama PT. Indosat Tbk yang merupakan perusahaan penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan pascabayar dan prabayar dengan produk bernama IM3 Ooredoo.  

Indosat juga menyediakan layanan komunikasi via suara untuk fix phone, sambungan langsung international IDD (International Direct Dailing), layanan multimedia, internet dan komunikasi data MIDI (Multimedia Internet Data Communication Services).

Setelah kita mengetahui apa itu Transfer Data dan Operator Seluler Indosat. Pada kali ini kami akan menjelaskan beberapa persyaratan yang harus di ketahui dan dilakukan pengguna sebelum melakukan transfer pulsa. Sehingga proses transfer pulsa berhasil dilakukan. Adapun persyaratannya seperti di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Indosat

  1. Saat ingin melakukan transfer pulsa, Nomor Pengirim dan Penerima harus masih sama-sama aktif dan tidak dalam masa tenggang
  2. Setelah Proses Transfer Pulsa Selesai maka masa aktif Nomor Penerima akan bertambah hingga 45 hari sedangkan masa aktif pengirim tidak bertambah
  3. Satu Nomor pengirim hanya bisa mengirim pulsa indosat ke pengguna lain dengan nominal maksimal hingga Rp.200.000
  4. Setiap kali Proses Transfer Pulsa melalui menu pesan maka secara otomatis pulsa pengirim terpotong sebesar Rp.600 / Pesan
  5. Sisa Pulsa Pengirim harus lebih dari Rp. 6000 setelah proses transfer pulsa indosat selesai
  6. Usia Kartu Pengirim harus sudah di gunakan lebih dari 180 hari
  7. Pulsa yang di kirim oleh pengirim akan masuk sebagai pulsa utama pada ponsel penerima sehingga tidak akan hangus walau penerima mengubah paket yang digunakan

Setelah kita mengetahui persyaratan yang harus dilakukan pengguna (pengirim & penerima) untuk melakukan transfer pulsa sehingga prosesnya berhasil. Maka pada kali ini kami akan menjelaskan cara melakukan transfer pulsa Indosat baik ke sesama operator maupun operator lain yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

6 Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain / Sesama & Biayanya

Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama Operator

1.Melalui Layanan UMB (USSD Menu Browser)

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk melakukan transfer pulsa indosat ke sesama adalah melalui layanan bernama UMB (USSD Menu Browser). UMB Sendiri adalah aplikasi management interaktif untuk pelanggan dengan mengakses kode USSD untuk mendapatkan layanan tambahan dari sms center melalui menu dialup smartphone. Yang biasanya di akses dan di awali dengan tanda bintang, di ukuti dengan angka, dan di akhiri dengan tanda pagar pada menu dialup ponsel. Adapun cara transfer pulsa indosat melalui layanan UMB akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Transfer Pulsa Indosat Melalui Layanan UMB

  1. Pertama-tama kira Buka Menu Dialup Pada Smarthpone Android kita
  2. Kemudian Pada Kotak Dialup kita Ketikan *123*151# dan Klik Tombol OK atau Panggil
  3. Kemudian Munculah Jendela Popup yang berisi Konfirmasi tentang Transfer Pulsa
  4. Lalu kita Ketik Angka 1 untuk menyetujui dan Klik Tombol Send / Kirim
  5. Kemudian pada Kolom yang tersedia kita Isi Nomor Tujuan yang ingin di kirim pulsa indosat dan Klik Tombol Send
  6. Selanjutnya kita Isi Nominal Pulsa Indosat yang ingin kita transfer dan Klik Tombol Kirim
  7. Kemudian Operator Indosat akan Mengirim Nomor Token di kotak masuk sms
  8. Lalu Kirim Nomor Token tersebut dengan Format OK[spasi]Nomor Token dan Kirim ke 151. Contoh : OK 2609 dan Kirim ke 151
  9. Selesai. Bila Proses Transfer Pulsa Indosat berhasil maka akan muncul pesan sms masuk berupa notifikasi transfer pulsa telah berhasil

2.Melalui Layanan SMS (Short Message Service)

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk mengirim pulsa internet ke sesama operator adalah melalui layanan pesan singkat SMS. Cara ini cukup mudah karena kita cukup kirim pesan ke nomor operator indosat yang nantinya pihak indosat akan melanjutkan proses transfer pulsa. Namun untuk menggunakan layanan ini kita harus mengetahui kode format pesan yang harus di kirim. Adapun cara transfer pulsa indosat melalui layanan sms akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Transfer Pulsa Indosat Melalui Layanan SMS

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pesan di Smartphone Android kita
  2. Kemudian kita Pilih Menu Tulis Pesan / Pesan Baru
  3. Setelah itu pada kotak Pesan kita Ketik Pesan dengan Format Transferpulsa[spasi] Nomor Tujuan[spasi]Nominal Pulsa dan Kirim Pesan ke 151. Contoh : Transferpulsa 08578414** 20000 dan Kirim ke 151
  4. Setelah pesan berhasil terkirim, lalu akan Muncul Kode Token yang di kirim oleh operator Indosat
  5. Selanjutnya kita Kirim Kode Token tersebut dengan format OK[spasi]Kode Token dan kirim ke 151. Contoh OK 1992 dan Kirim ke 151
  6. Selesai. Setelah itu Operator Indosat akan mengirim sms notifikasi yang menyatakan proses transfer pulsa berhasil

3.Melalui Menu Dialup

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk melakukan transfer pulsa indosat ke sesama operator adalah melalui menu dialup. Dialup sendiri adalah sebuah cara menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon. Sehingga nantinya dengan kita mengetikan kode dialup melalui smartphone kita maka pihak indosat melalui sistem komputer akan menjalankan layanan yang di minta pengguna dan salah satunya adalah layanan transfer pulsa. Adapun cara transfer pulsa indosat melalui menu dialup akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Transfer Pulsa Indosat Melalui Menu Dialup

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Dialup di Smartphone Android kita
  2. Kemudian kita Ketik Kode Dialup Pada Kolom yang tersedia dan Tekan Tombol Ok/Panggil. Kode dialup untuk transfer pulsa sendiri berbeda-beda sesuai jenis kartu yang digunakan.
  3. Bila kita mengggunakan kartu Prabayar Indosat (Mentari Ooredoo & IM3 Ooredoo) maka kode dialupnya adalah *123*7*2*3*1# dan Tekan OK / Panggil
  4. Sedangkan bila kita menggunakan kartu Indosat Pascabayar (Matrix). Maka Kode Dialupnya adalah *123*7*1*6*1# dan Tekan Tombol OK / Panggil
  5. Setelah Kode Dialup di ketik. Lalu Muncul Jendela Popup berisi Panduan dari Indosat yang selanjutnya kita ikuti perintah panduan tersebut hingga proses transfer pulsa berhasil
  6. Selesai. Kini Pulsa Indosat kita berhasil di kirim ke nomor tujuan

Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain

Bila 3 cara di atas menjelaskan cara transfer pulsa indosat ke sesama operator. Pada kali ini kami akan membahas cara transfer pulsa indosat ke beda operator. Cara ini tentunya sangat bermanfaat terlebih ada banyaknya jenis operator seluler dan provider di Indonesia yang di gunakan oleh pengguna dengan kelebihan layanan masing-masing. Adapun cara transfer pulsa indosat beda operator akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

1.Cara Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel via USSD 123

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk melakukan transfer pulsa indosat beda operator adalah cara transfer pulsa indosat ke telkomsel menggunakan kode USSD 123 dari menu dialup di smartphone android kita. Cara ini tentunya sangat berguna terlebih dengan jutaan pelanggan yang di miliki oleh kedua provider. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel via Kode USSD 123

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Dialup di Smartphone Android kita
  2. Kemudian pada Kolom Dialup kita Ketikan *123*5*8*3*3# atau *123*7*2*3*1# atau *123*6*8*3*3# dan Tekan Tombol OK / Panggil
  3. Kemudian Muncul jendela Popup Layanan Indosat dengan beberapa Opsi yang bisa kita Pilih
  4. Lalu kita Pilih Opsi Nomor 1 Untuk Transfer Pulsa
  5. Kemudian kita Masukan Nomor Tujuan yang ingin kita kirim pulsa
  6. Selanjutnya kita Isi Nominal Jumlah Pulsa yang ingin kita transfer
  7. Lalu kita Pilih Opsi Nomer 1 untuk Setuju
  8. Selesai. Setelah pulsa terkirim ke nomor tujuan maka pihak indosat otomatis akan mengirimi notif bahwa proses transfer berhasil

2.Cara Transfer Pulsa Indosat ke  XL, Axis dan Tri Via Menu Pesan

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk melakukan transfer pulsa indosat ke beda operator adalah cara transfer pulsa indosat ke XL, Axis dan Tri Melalui Menu Tulis Pesan. Dengan cara ini nantinya kita harus mengirim pesan sms ke nomor layanan indosat yakni 151 yang nantinya sistem akan melaksanakan perintah yang kita minta. Adapun cara transfer pulsa indosat ke xl, axis, dan tri melalui menu pesan akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Transfer Pulsa Indosat ke XL, Axis dan Tri Melalui Menu Pesan

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pesan di smartphone android kita
  2. Kemudian kita Pilih Tulis Pesan / Pesan Baru
  3. Lalu Pada Kotak Pesan kita Ketik pesan dengan format Transferpulsa[spasi]nomor tujuan[spasi]nominal pulsa[spasi] dan kirim ke 151. Contoh Transferpulsa 08387319**  50000 dan kirim ke 151
  4. Setelah itu Indosat Mengirim Kode Token. Lalu kita Kirim kode token tersebut dengan format OK[spasi]kode token. Contoh OK 6782 dan kirim ke 151
  5. Selesai. Kini Pulsa Indosat kita berhasil di kirim ke operator lain seperti xl, axis dan tri

3.Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain Via Aplikasi MyIM3

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk transfer pulsa indosat ke operator lain adalah menggunakan aplikasi MyIM3. Aplikasi MyIM3 sendiri merupakan aplikasi resmi yang dimiliki oleh perusahaan Indosat Ooredoo yang sengaja di buat untuk melayani pelanggan dengan beberapa fitur yang dimiliki seperti cek sisa pulsa, beli paket data, sms dan telepon dan layanan promo eksklusif lainnya

Untuk menggunakan cara ini tentunya kita harus mendownload aplikasi MyIM3 terlebih dahulu baik itu di Google Playstore (Khusus pengguna android), maupun di Apple Appstore (Khusus Pengguna iPhone). Adapun cara transfer pulsa indosat ke operator lain menggunakan aplikasi MyIM3 akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain Menggunakan Aplikasi MyIM3

  1. Pertama-tama Pastikan Smartphone kita telah terpasang Kartu SIM Indosat
  2. Kemudian kita Download dan Instal Aplikasi MyIM3 di Playstore atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pure.indosat.care&hl=in&gl=US
  3. Setelah Aplikasi terpasang. Lalu kita Buka Aplikasi MyIM3
  4. Setelah itu kita Lakukan Registrasi dan Login menggunakan Nomor Indosat yang kita miliki dan masih aktif sehingga proses registrasi berhasil terkonfirmasi
  5. Setelah berhasil masuk homepage aplikasi. Lalu kita Klik Tombol Tiga garis Horizontal yang berada di Pokok Kanan Atas
  6. Lalu Munculah Beberapa Menu Pilihan
  7. Kemudian kita Pilih Menu Transfer Menu
  8. Selanjutnya Pada Kolom yang tersedia kita Masukan Nomor Tujuan dan Nominal Transfer
  9. Lalu kita Klik Tombol Kirim atau Send
  10. Selesai. Setelah proses pengiriman pulsa selesai maka operator indosat akan mengirim pesan konfirmasi bahwa transfer pulsa berhasil di kirim

Aplikasi MyIM3 memiliki nilai rating sebesar 4.5 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan menggunakan smartphone android versi 4.4 ke atas. Aplikasi MyIm3 memiliki ukuran file sebesar 38 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 10 Juta pengguna.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu transfer pulsa, apa itu operator seluler indosat dan 6 cara melakukan transfer pulsa indosat baik ke sesama operator Indosat maupun ke operator lain seperti melalui Layanan UMB (USSD Menu Browser), Menu Dialup, Layanan SMS, USSD 123, Menu Pesan dan Melalui Aplikasi MyIM3.

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kini kita jadi lebih tahu tentang apa itu operator seluler indosat beserta layanan yang dimiliki. Selain itu kini kita Tak bingung lagi bila ingin mengirim pulsa kepada kerabat, keluarga dan orang yang sangat membutuhkan sehingga pulsa yang kita kirim berguna bagi pengguna lain dan hubungan kita dengan orang terdekat jadi semakin baik.

You may also like