Cara Mengecek Akta Notaris Online untuk Perusahaan dan Yayasan

Manfaat perkembangan teknologi komputer telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai banyak pihak. Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, berbagai kemudahan dan juga efisiensi waktu bisa lebih dioptimalkan. Contohnya saja, manfaat jaringan komputer dalam bidang pendidikan, saat ini berbagai informasi dapat dengan mudah diakses hanya dengan menggunakan smartphone yang sudah tersambung dengan jaringan internet.

ads

Melihat kemudahan seperti itu, pemerintah pun sudah meilrik teknologi dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Salah satu informasi yang dibutuhkan saat ini adalah akta notaris. Masalah yang dialami mengenai akta notaris ini adalah dari sisi keasliannya. Banyak kasus yang berbagai pihak terutama pihak-pihak yang berurusan dengan perusahaan dan yayasan yang bisa jadi terindikasi pemalsuan dokumen. Ada beberapa oknum yang menggunakan akta notaris palsu untuk dapat mencari keuntungan semata. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan berbagai pihak. Oleh sebab itu, pemerintah pun berupaya mencegah hal tersebut terjadi dengan membuat apliaksi AHU. Apa itu AHU? Bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasannya.

Aplikasi AHU

Aplikasi AHU adalah sebuah aplikasi yang diresmikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. AHU sendiri adalah kepanjangan dari Administrasi Hukum Umum yang merupakan bagian dari Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dapat lebih memahami informasi-informasi yang berhubungan dengan notaris, perusahaan, yayasan, wasiat, dan lain sebagainya. Untuk mengecek keaslian akta notaris perusahaan lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buka browser yang kau gunakan, baik itu Mozilla, Google Chrome, atau aplikasi browser apapun
  2. Ketik alamat di http://ahu.go.id di addres bar
  3. Jika berhasil, kamu akan langsung melihat halaman utama website AHU.
  4. Setelah itu. Sorot kursor pada bagian “Pencarian/unduh data” lalu klik
  5. Setelah kamu klik, nantinya kamu akan diarahkan ke halaman pencarian profil perusahaan
  6. Masukan nama perusahaan yang diinginkan
  7. Setelah memasukan namanya, klik “Cari”.
  8. Jika nama perusahaanya benar, maka akan muncul nama perusahaan yang dicari.
  9. Untuk mengetahui profil perusahaan ada dua cara untuk melakukannya, yakni tombol “Profil Lengkap” dan “Profil Terakhir”. Jika kamu memilih Profil Lengkap”, maka kamu harus membayar sebesar Rp 500.000 sedangkan jika memilih “Profil Terakhir”, kamu dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 saja.
  10.  Setelah kamu mengeklik salah satunya, maka kamu akan diarahkan pada halaman permohonan profil perusahaan yang dicari. Di sini kamu harus mengisi data-data seperti alamat email, nama lengkap, NIK, tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, tujuan permohonan dan juga nomor voucher yang sudah kamu beli sebelumnya. Jika belum mendapatkan voucher,  kamu juga bisa klik link pembelian voucher yang sudah disediakan di dalam halaman tersebut.
  11. Setelah berhasil memasukan kode vouchernya, maka kamu dapat melakukan unduh atau download yang tombolnya otomatis akan muncul.
  12.  Link unduh pun dikirimkan pada email yang sudah kamu masukan pada form awal tadi.
  13. Di sanalah kamu akan mendapatkan keterangan mengenai akta notaris perusahaan yang kamu cari.

Jika kamu ingin mengecek akta notaris pada yayasan, maka caranya pun hampir sama dengan perusahaan. Untuk caranya sendiri bisa kamu ikuti cara-cara berikut.

  1. Buka browser yang kamu gunakan, baik itu Mozzila, Google Chrome, atau aplikasi browser lainnya.
  2. Setelah itu, masukan alamat http://ahu.go.id pada bagian address bar
  3. Jika berhasil, maka akan muncul halaman utama dari AHU.
  4. Sorot kursor pada bagian “Pencarian/Unduh Data” lalu klik
  5. Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman pencarian seperti halnya perusahaan.
  6. Pada bagian pencarian ini, klik di bagian atas yang ada tulisan “Yayasan”. Nantinya kamu akan diarahkan ke pencarian khusus untuk yayasan.
  7. Setelah terbuka halamannya, masukan nama yayasan yang kamu cari.
  8. Nantinya akan muncul berbagai nama yayasan yang mirip dengan kata kunci yang kamu masukan tadi.
  9. Jika kamu sudah menemukannya, klik “Profil Lengkap” yang ada dibawah nama yayasan
  10. Setelah itu, akan muncul berupa pop-up yang sama dengan bagian perusahaan. Kamu harus memasukan data-data lengkap yang isinya juga mirip dengan bagian perusahaan.

  11. Jika kamu sudah memasukan data-datanya secara lengkap klik “Submit”.
  12. Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman tempat mengunduh berkasnya.
  13. Link untuk melakukan pengunduhan juga dikirimkan melalui email yang sudah dimasukan pada  saat pengisian data sebelumnya.
  14. Setelah diunduh, kamu dapat melihat profil yayasan yang kamu cari beserta akta notaris yayasannya.

Itulah cara mengecek akta notaris online untuk perusahaan dan yayasan. Perkembangan teknologi sudah memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan pelayanan untuk masyarakat. Dengan adanya aplikasi ini, kini siapapun dapat informasi yang akurat dan juga sangat mudah.

Meskipun begitu, dampak negatif internet dalam bidang pemerintahan pun juga tidak boleh dikesampingkan seperti contohnya saja macam-macam cyber crime yang cukup marak terjadi di internet. Kita tetap harus memanfaatkan internet dan dan komputer semaksimal mungkin sehingga manfaat yang didapatkan pun lebih besar. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu semua.

, , , ,