Cara Mengecek SLIK OJK Online dengan iDeb Viewer

Perkembangan teknologi komputer terus mengalami penigkatan. Berbagai bidang pun sudah mulai menggunakan sistem komputer dalam menjalankan roda kehidupannya. Sebut saja bidang pendidikan yang sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer sebagai pengganti Ujian Nasional yang berbentuk kertas. Bidang lain yang juga sudah menggunakan sistem komputer adalah bidang bisnis dan keuangan.

ads

Kita ambil contoh akuntansi, kini sudah ada macam-macam software akuntansi yang membantu keuangan perusahaan dalam mengatur neraca keuangannya. Fungsi aplikasi komputer untuk administrasi keuangan juga sudah diterapkan pada beberapa perusahaan di Indonesia. Contohnya saja Sistem Informasi Debitur (SID) milik Bank Indonesia (BI). Saat ini, BI Checking yang merupakan tugas dari Bank Indonesia telah beralih ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) sejak januari 2018 kemarin.

Sebenarnya apa itu SLIK? Jika merujuk pada penjelasan di website OJK, SLIK atau kepanjangan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan ini merupakan sebuah sistem informasi yang berisi data-data keuangan perseorangan maupun badan usaha terutama informasi debitur. Dengan menggunakan SLIK ini data informasi debitur menjadi lebih luas sebab pada sistem sebelumnya hanya unuk perusahaan yang menyangkut keuangan bank maupun perusahaan di bidang pembiayaan.

Untuk melakukan pengecekan debitur melalui SLIK, ada dua cara yakni datang langsung ke kantor OJK setempat atau menggunakan aplikasi yang bernama iDeb Viewer. Untuk cara menggunakan aplikasi iDeb Viewer, berikut tahapannya.

Instalasi Aplikasi iDeb Viewer

  1. Sebelumnya, kamu daftarkan akun baru terlebih dahulu di Otoritas Jasa Keuangan. Caranya bisa dengan menghubungi costumer service pihak OJK.
  2. Setelah kamu mendapatkan akun username dan juga passwordnya, tahap selanjutnya adalah mengunduh aplikasinya. Link aplikasinya bisa kamu dapatkan di https://slik.ojk.go.id/.
  3. Login terlebih dahulu menggunakan akun username dan password yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.
  4. Jika sudah login, buka menu “Administrasi” lalu pilih “Download Aplikasi” dan pilih “Download iDeb Viewer”.
  5. Jika berhasil terunduh aplikasinya, bukalah aplikasi tersebut dengan mengeklik dua kali pada aplikasinya.
  6. Pada tahap instalasi aplikasi, ini tergantung bagaimana operasi sistem komputer menanggapinya. Jika kamu menggunakan OS Windows 7, 8, Vista, ataupun 10, maka akan muncul pop-up mengenai perizinan pemasangan aplikasi. Jika muncul pop up semacam itu, klik “Run.”
  7. Secara otomatis, akan muncul pop-up lokasi aplikasi yang akan dipasangkan. Setelah menegtahui lokasinya, klik “Lanjut”.
  8. Nantinya akan muncul pop-up lagi yang isinya penambahan jalan pintas untuk aplikasi tersebut. Jika kamu ingin dibuatkan jalan pintas atau shortcut, ceklis pada bagian kotak yang telah disediakan dan klik “next” atau “lanjut”.
  9. Akan muncul pop-up lagi yang isinya mengenai rincian pemasangan aplikasi apakah sudah tepat atau ingin diubah kembali. Jika kamu rasa sudah sangat yakin, klik “pasang” .
  10.  Jika sudah, secara otomatis aplikasi akan dipasang pada komputer atau laptop kamu. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  11. Setelah aplikasi sudah selesai diinstal, bukalah aplikasinya.
  12. Jika berhasil, akan muncul halaman awal aplikasi dengan tulisan “iDeb Viewer”.

Cara mengecek informasi debitur

Tahapan berikutnya adalah cara mengecek informasi debitur yang telah diajukan melalui aplikasi SLIK OJK. Tahapannya adalah sebagai berikut ini.

  1. Buka aplikasi iDeb Viewer.
  2. Setelah itu, klik “buka berkas” yang berada di bagian kiri.
  3. Nantinya akan mucul pop-up mengenai lokasi unduhan file yang telah kamu unduh pada web SLIK sebelumnya. Setelah menemukannya, klik open.
  4. Secara otomatis, akan muncul form untuk memasukan password. Masukan password yang kamu gunakan juga untuk membuat profil di website SLIK. Setelah password sudah dimasukan, klik “OK” .
  5. Jika kamu lupa dengan passwordnya, kamu bisa mengeceknya dengan masuk ke website SLIK.
  6. Jika sebelumnya kam sudah login, klik profil lalu ceklis pada bagian check box yang ada pada bagian profi kamu. Nantinya akan muncul password yang sudah tidak disembunyikan lagi.

  7. Apabila, password yang kamu masukan sudah benar, maka akan muncul informasi debitur yang sesuai dengan kamu inginkan.
  8. Pada tahap ini, kamu bisa melakukan pencetakan sendiri atau mengubahnya menjadi file seperti PDF.

Itulah cara mengecek SLIK OJK secara online menggunakan aplikasi iDeb Viewer. Aplikasi ini merupakan contoh jika  manfaat jaringan komputer telah dirasakan oleh pihak pemerintah, khususnya bidang perekonomian. Dengan adanya kemajuan teknologi tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan dan juga kecepatan untuk semua manusia.

Meskipun begitu, dampak positif dan negatif internet tetaplah ada. Kita jangan sampai sangat bergantung pada teknologi karena kita akan kerepotan sendiri jika sangat bergantung pada teknologi. Contohnya saja dengan adanya hacker yang dapat mengancam akun privasi kamu sehingga dapat merugikan banyak orang. Perlu adanya cara menjaga keamanan jaringan komputer dari para hacker maupun cracker.

Oleh sebab itu, Anggap saja teknologi sebagai pembantu manusia, bukan sebagai pengganti manusia. Bijaklah dalam penggunaan teknologi sehingga manfaatnya akan sangat dirasakan oleh kita dalam keseharian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

,