9 Fungsi Aplikasi Komputer untuk Administrasi Keuangan Paling Berguna

Perkembangan sebuah aplikasi maupun software komputer banyak dirasakan oleh berbagai pihak. Jika dulu hanya diperuntukan orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi dan bisnis. Kini, siapapun membutuhkan kehadiran sebuah aplikasi mauoun software komputer baik itu bidang ekonomi, bisnis, pendidikan, pemerintahan, dan mash banyak lagi.

ads

Berbicara mengenai dunia ekonomi dan bisnis, perkembangan komputer telah banyak membantu mempercepat kinerja perusahaan-perusahaan dan juga para jasa yang bergerak dibidang ekonomi dan bisnis. Khususnya pada bagian administrasi keuangan. Dengan diciptakannya sebuah aplikasi maupun  software yang dikembangkan, pengerjaan pada bidang adminisrasi keuangan terasa lebih mudah serta cepat. Selain itu, ada beberapa kemudahan lain mengenai diciptakannya aplikasi komputer untuk administrasi keuangan sebagai berikut.

1. Penyelesaian data keuangan lebih cepat

Sebelum diciptakannya sebuah aplikasi keuangan, para akuntan harus membuat laporan keuangan  secara manual. Sebab pengerjaannya membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal tersebut bisa terjadi karena prosesnya sendiri harus dilakukan setahap demi setahap. Nah, dengan adanya aplikasi keuangan, pengerjaan dalam laporan invoice bisa dilakukan dalam satu kali pengerjaan saja. Hal itulah merupakan keunggulan utama dengan diciptakannya aplikasi komputer.

2. Aman dalam menyimpan data

Dengan adanya aplikasi maupun software komputer, maka data-data yang sudah dibuat bisa lebih aman. Sebab aplikasi maupun software yang dibuat sudah dirancang khusus untuk melindungi data. Pada dasarnya itu sudah menjadi prosedur standar sebuah aplikasi mengenai cara menjaga keamanan jaringan komputer. Aplikasi komputer dapat menjamin menjamin hal tersebut karena di dalam aplikasinya sendiri sudah dipasang sebuah kode khusus yang membuat para haker dan juga para craker  akan kesulitan dalam membobol datanya.

3. Dapat dikerjakan di mana saja

Pada aplikasi tertentu apalagi yang basisnya sebuah web, para akuntan dapat mengerjakan neraca keuangan pada setiap perangkat dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Tentu saja syarat paling utama adalah adanya koneksi internet. Namun fitur ini dapat memudahkan para akuntan unuk mengerjakan laporan keuangannya apabila komputer yang digunakan mengalami masalah. Ditambah lagi penyimpanannya yang bisa menggunakan meode cloud. Data-data tidak perlu disimpan pada komputer sehingga kita bisa membukannya ketika ada koneksi internet.

4. Produktivitas meningkat

Selama ini, sebelum adanya aplikasi komputer, para akuntan hanya berkutat dengan pekerjaan mengenai neraca keuangan. Namun, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dengan adanya aplikasi komputer ini, maka pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan akan bisa diselesaikan lebih cepat. Dengan kata lain, para akuntan dapat mengerjakan tugas lainnya. Hal ini tentu saja sangat membantu perusahaan dari sisi efisiensi waktu.


5. Keakuratan dalam pehitungan

Salah satu kendala para akuntan dalam membuat neraca keuangan adalah dari sisi keakuratannya. Sebab jika sampai ada satu angka yang salah, maka hasil dari laporan keuangannya sudah pasti salah juga. Maka dari itu, dengan adanya aplikasi keuangan ini, tingkat keakuratannya mendekati seratus persen. Karena keakuratannya itu lah pengerjaan laporan keuangan dapat dilakukan lebih cepat.

6. Transparansi keuangan yang nyata

Keunggulan lain dari aplikasi keuangan ini adalah pada sisi tranparansi keuangannya. Selama ini, para pemilik saham kesulitan dalam mendapatkan laporan keuangan yang lebih detail. Nah, dengan dibuatkannya aplikasi keuangan ini, para pemilik saham dapat langsung melihat sejauh mana perkembangan keuangan perusahaannya melalui berbagai fitur yang ada pada aplikasi keuangan tersebut. Dengan begitu, percobaan kecurangan-kecurangan pun dapat diatasi lebih kecil.

7. Mengetahui strategi keuangan yang tepat

Karena pembuatan laporan keuangan jauh lebih cepat ketika menggunakan aplikasi keuangan, maka para pengusaha ataupun para pemimpin perusahaan dapat mengetahui strategi apa yang harus dilakukan agar keuangan perusahaan yang sedang dijalankan dapat mengalami keuntungan atau juga dapa menghindari kebangkrutan. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi setiap perusahaan.

8.  Mudah mengendalikan transaksi keuangan

Dengan adanya aplikasi keuangan, para akuntan dapat mengetahui transaksi keuangan setiap harinya. Sehingga, perusahaan dapat mengetahui mana biaya yang paling banyak pengeluarannya. Selain itu, perusahaan pun dapat mengantisipasi ketika terjadi pengeluaran yang tidak diinginkan.

9. Mengetahui data-data barang yang tersedia

Aplikasi komputer juga memiliki fitur untuk menyimpan data-data barang suatu perusahaan. Dengan begitu, perushaan dapat mengetahui apakah stok barang masih ada atau sudah habis. Ditambah lagi, aplikasi komputer memiliki fitur yang tidak terbatas sehingga perushaaan dapat mendata barang-barang sesuai dengan kebutuhannya.

Itulah fungsi aplikasi komputer untuk administrasi keuangan. Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi saat ini juga sangat membantu perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang bisnis. Saat ini sudah banyak macam-macam software akuntansi yang dapat digunakan oleh perusahaan berdasarkan kebutuhannya. Sebab, beberapa aplikasi maupun software akuntansi saat ini memiliki beberapa keunggulan dan juga kekurangannya masing-masing. Contohnya saja kamu bisa membaca artikel mengenai kelebihan dan kekurangan software myob dalam membuat laporan keuangan. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk semua

, , ,
Oleh :
Kategori : Akuntansi