5 Manfaat Komputer Di Bidang Komunikasi Jaringan Global dalam Kehidupan

Komputer, sebuah benda elektronik yang saat ini sudah menjadi barang yang cukup banyak dimiliki oleh setiap orang. Baik orang tua maupun anak muda, dari remaja hingga orang dewasa, mereka sudah akrab dengan perangkat elektronik satu ini.

ads

Jika kita kembali ke beberapa tahun yang lalu atau tepatnya sekitar tahun 90-an sampai awal 2000-an, komputer hanya dipakai sebagai pengganti alat ketik saja. Dulu, mesin tik masih populer digunakan oleh berbagai kalangan terutama pebisnis, jasa hukum, notaris, dan juga mahasiswa. Nah, baru sekitar tahun 2000-an, komputer mulai dikenal oleh masyarakat. Setelah komputer mulai meluas dimasyarakat, komunikasi jaringan global atau internet mulai masuk ke Indonesia.

Namun, Internet pada awalnya hanya diperuntukan oleh kalangan pebisnis, para pengembang software, dan para ahli yang berkecimpung di bidang teknologi dan informasi. Akan tetapi munculnya media sosial membuat perkembangan jaringan komputer di Indonesia mulai dikenal. Tidak hanya oleh kalangan tertentu saja, akan tetapi juga mulai dikenali masyarakat luas. Sejak saat itu, komputer memiliki berbagai manfaat pada bidang komunikasi jaringan sebagai berikut,

1. Media penghubung dengan dunia

Sebelum internet berkembang seperti sekarang, orang-orang seperti punya batas yang besar jika ingin mengetahui apa yang sedang terjadi saat ini di negara seberang. Memang ada media lain seperti koran, televisi, dan juga radio. Namun, media tersebut masih dirasa kurang karena jumlah beritanya memang sedikit porsinya jika dibandingkan dengan info di dalam negeri.

Baru setelah internet dikenal luas oleh masyarakat, kita bisa memperoleh informasi dari dunia sebanyak mungkin. Tidak ada batasan dan juga kita bisa mendapatkan informasi yang bahkan jauh lebih detil jika dibandingkan media yang lain. Tidak hanya informasi, kita pun juga dapat berbicara langsung dengan orang asing hanya dengan perangkat komputer dan internet saja. Oleh sebab itu, komputer menjadi salah satu media penghubung dengan masyarakat di dunia.

2. Alternatif media hiburan

Media hiburan saat ini bahkan bisa semua kamu dapatkan hanya dalam satu perangkat saja yakni komputer dan internet. Percaya atau tidak semua perangkat media yang ada saat ini bisa dilakukan menggunakan komputer. Contohnya, musik, radio, film. Secara tidak langsung, perangkat yang terpisah-pisah di zaman dulu seperti MP3, VCD Player, radio, dan Televisi dapat dilakukan hanya dalam satu perangkat saja.

Lalu apa hubungannya dengan bidang jaringan global? Dengan komputer dapat menjadi penghubung semua media hiburan yang sudah disebutkan tadi. Ingin mendengarkan musik atau radio secara online? sudah ada situs seperti Spotify. Ingin menjelajah video maupun tontonan secara online? Kunjungi Youtube dan juga Youtube TV. Bahkan, Tidak hanya dari dalam negeri saja, sama seperti poin pertama yakni kita dapat menemukan musik, radio, dan film dari seleuruh dunia dari internet yang menggunakan perangkat komputer.

3. Media pembuatan software dan aplikasi

Sudah menjadi hal pasti pentingnya komputer pada bidang ini adalah sebagai media untuk pembuatan software dan aplikasi. Tanpa komputer, programmer akan sulit membuat sebuah program maupun aplikasi. Ini sama halnya dengan kita ingin menulis tapi tidak ada alat tulis. Pada dasarnya memang komputer merupakan alat yang digunakan oleh para programmer unuk membuat sebuah aplikasi maupun software yang nantinya bermanfaat bagi orang banyak.

4. Media transfer file

Apabila kita memiliki file yang ingin dipindahkan ke komputer satu ke komputer lain biasanya menggunakan flash disk atau disket. Namun, dengan menggunakan internet hal tersebut tidak perlu menggunakan flash disk maupun disket. Sebab cukup menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.


Bahkan, dengan menggunakan internet, kita bisa mengirimkan file sebesar apapun menggunakan surat elektronik atau sering disebu dengan e-mail.

5. Media komunikasi

Dengan adanya internet saat ini, komputer juga dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan orang lain. Contohnya, saat ini banyak media sosial maupun forum-forum yang basisnya menggunakan komputer untuk saling berinteraksi. Dengan begitu, kita dapat berbincang-bincang dan juga saling tukar pikiran dengan orang lain baik itu di manapun dan kapanpun.

Bahkan seperti yang sudah disebutkan di awal. Kita tidak hanya berkomunikasi dengan orang di dalam negeri saja. Bahkan, kita pun dapat komunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Namun itu pun dengan catatan kita mengerti bahasa yang digunakan.

Itulah manfaat komputer di bidang komunikasi jaringan global saat ini. Tentunya kita harus berterima kasih kepada penemu pertama komputer dan juga penemu internet pertama di dunia. Tanpa beliau, mungkin saat ini kita tidak akan pernah tahu manfaat mempelajari ilmu komputer dan manfaat jaringan komputer sampai saat ini.

, , ,